4 Tips Libur Lebaran di Bandung, Pilih Tempat Wisata Yang Masih Sepi

Diposting pada
foto by bogor.net

Bagi warga asli Bandung, mudik ke kota kembang menciptakan kebahagiaan tersendiri. Kota yang dijuluki sebagai kota kembang ini tak henti-hentinya membenahi diri disana dan sini. Tak ayal kalau kota Bandung selalu padat saat momen lebaran tiba.

Bukan hanya warga asli Bandung yang memadati setiap sudut kota, tetapi pendatang yang tak mudik juga melakukannya. Terlebih setiap tempat wisata yang selalu menggoda untuk dikunjungi tatkala momen liburan tiba.

Bandung identik sebagai kota sejuk yang kaya akan tempat wisata alam. Sebut saja gunung Tangkuban Perahu, Kawah Ciwideuy dan Lembang yang menyajikan alam nan indah.

Menghabiskan momen lebaran di Bandung, rasanya tak lengkap tanpa mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Sebelum berkunjung, ada tips bermanfaat yang membantu anda berlibur menyenangkan selama lebaran, yaitu:

1. Hindari area rawan macet

Permasalahan yang kerap dirasakan oleh para pemudik adalah kemacetan. Tingginya arus mudik lebaran menambah parah mobilitas jalanan. Jalan yang sebelumnya tak ramai dilewati oleh pengendara mendadak menjadi macet.

Belum lagi beberapa tol yang tak banyak membantu malah menambah kemacetan. Agar tak terjebak dalam kemacetan selama berjam-jam, sebaiknya hindari beberapa titik rawan macet.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps dan Waze untuk mencari tahu alternatif jalan lain.

Bagi anda yang menuju kota Bandung, hindari keluar melalui jalan tol Pasteur. Rute ini menjadi pilihan favorit para pengendara dari dan menuju Bandung.

BacaJuga:  10 Gambar Jalan Margonda Depok, Lokasi Alamat + Apartemen Hotel di Sekitar

Pilih jalur alternatif, seperti Moh. Toha, Buahbatu, Kopo dan Pasirkoja. Jika anda baru berangkat pada H+ lebaran, tol Pasteur umumnya jauh lebih lengang dan sepi.

Pasalnya pusat kemacetan berpindah ke beberapa pusat wisata di tengah maupun pinggiran kota. Area yang wajib anda hindari selama lebaran adalah area selatan atau timur yang menuju Ciwideuy.

Pemudik yang membawa kendaraan sendiri dan melintasi Bandung, ada baiknya memilih jalur tengah. Jalan ini menjadi alternatif untuk para pengendara sepeda motor yang melintasi perjalanan di sekitar Bandung.

2. Pilih tempat wisata yang tak begitu ramai

Sulit memang menemukan tempat wisata yang cukup lengang di hari libur lebaran. Rata-rata semua tempat wisata sudah dipadati oleh pemudik maupun orang dari luar kota. Sehingga sangat riskan dengan kemacetan maupun penumpukan massa.

Bagi anda yang tak terlalu nyaman dengan keramaian, sebaiknya pilih alternatif tempat wisata lainnya. Ada begitu banyak tempat wisata yang bisa dipilih, seperti Trans Studio, The Lodge Maribaya atau Kampung Gajah.

3. Tentukan waktu berlibur

Silahturahmi dan berziarah menjadi dua hal penting yang selalu dilakukan saat berlebaran. Umumnya masyarakat melakukannya pada hari H atau H+ lebaran. Di beberapa kawasan pinggiran Bandung, tradisi tersebut dapat berlangsung selama beberapa hari.

Jalanan akan terlihat ramai dan padat oleh masyarakat yang ingin mengunjungi sanak saudara di tempat lain. Adapula orang-orang yang sengaja datang ke makam untuk menziarahi keluarga yang telah meninggal.

Beberapa tempat wisata juga tidak buka pada hari-hari tersebut. Meskipun begitu, banyak diantaranya yang sengaja buka sebagai pilihan berlibur untuk keluarga yang tak mudik atau bersilahturahmi.

Anda mungkin bisa memanfaatkan kesenggangan tersebut untuk berlibur dengan orang-orang tercinta. Pastikan anda melakukan persiapan yang tepat agar tak mengalami kendala berarti selama di perjalanan.

BacaJuga:  10 Gambar Kawah Ratu Bogor, Harga Tiket Masuk Wisata + Sejarah Legenda Misteri

Pasalnya tak semua supermarket atau restoran buka, jadi anda harus membawa perbekalan pula dari rumah.

4. Mencicipi kuliner khas Bandung

Mudik ke Bandung tentu belum lengkap tanpa menyicipi kembali jajanan semasa kecil. Aktivitas pusat kuliner di Bandung bisa dibilang 24 jam non stop.

Layaknya aktivitas manusia, pusat kuliner tersebut menyediakan kebutuhan pengunjung selama liburan panjang. Tak perlu khawatir saat berlibur di tengah suasana berlebaran, pasalnya pusat kuliner di area Burangrang dan Lembang buka untuk para pengunjung.

Jajal semua jajanan yang sudah anda rindukan dari lama, apalagi ini momen lebaran. Lupakan sejenak diet anda, nikmati makanan yang terhidang di hadapan anda.

Wisata kuliner juga bisa dilakukan di beberapa pusat perbelanjaan. Hampir semua mall beroperasi selama libur lebaran berlangsung. Pusat jajanan masih buka guna memenuhi hasrat para pengunjung yang ada di dalamnya.

Bawa uang secukupnya dan jajal semua jajanan yang tersedia. Lupakan sejenak diet yang tengah anda jalani dan nikmati lezatnya kuliner khas kota Bandung, seperti seblak, siomay, atau batagor.

Beberapa pilihan tempat wisata yang paling direkomendasikan untuk para pemudik atau orang-orang dari luar kota adalah kawasan Lembang, Tangkuban Perahu dan Ciwideuy.

Ketiga tempat tersebut masih menempati urutan teratas sebagai tempat wisata favorit pilihan masyarakat.

Tiket masuk ke berbagai lokasi tersebut sangat terjangkau, tidak sampai membuat kantong anda bolong. Ajaklah keluarga dan orang-orang tercinta untuk lebaran sambil berlibur di tempat-tempat pilihan.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.