Lebaran di Jogja? Menikmati Waktu Eksklusif Selama Libur + Tips Wisata Yogyakarta

Posted on
Lebaran di Jogja? Menikmati Waktu Eksklusif Selama Libur + Tips Wisata Yogyakarta
Rate this post
Wisata jogja kalibiru kue kering tiket kereta jakarta ke yogyakarta eksekutif jalur mudik lebaran kardus bingkisan di untuk parcel hotel murah saat liburan jual libur suasana pantai parangtritis paket amplop jeha sewa mobil tradisi harga yang lowongan kerja kraton grosir baju tempat
foto by explorewisata.com

Momen lebaran sangat dinanti-nantikan. Selain bisa bersilaturahmi dengan keluarga, ini juga adalah waktu yang tepat untuk rehat sejenak dari beragam kesibukan kita. Sobat yang merantau di kota atau negara lain tentu juga sudah mempersiapkan rencana jauh-jauh hari bukan?

Beberapa orang memilih untuk pulang ke kampung halaman, berkumpul bersama dengan sanak keluarga. Beberapa yang lain memilih untuk stay di tempat di mana mereka berada, mungkin karena lokasi kampung halaman jauh atau waktu yang terbatas.

Nah, bagi sobat yang akan menghabiskan momen Hari Raya di Jogjakarta, ada beberapa kegiatan yang bisa kalian lakukan nih bersama dengan keluarga untuk menikmati kebersamaan kalian. Apa saja agenda di tahun 2018 ini? Yuk, simak!

Event Pariwisata Yogyakarta

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memang terkenal dengan pesona pariwisatanya. Banyak sekali pengunjung dari beragam wilayah yang memadati daerah ini, baik wisatawan domestic ataupun mancanegara.

Hal ini jugalah alasan bagi pemerintah untuk memberikan beragam event untuk meramaikan momen lebaran di tahun 2018 ini. Sobat yang menghabiskan waktu lebaran di Yogyakarta, jangan sampai ketinggalan menikmati beragam event ini ya. Ada apa saja sih?

Banyak sekali event yang diadakan di Yogyakarta, salah satunya adalah Gebyar Seni Mbeteng Minggir yang diadakan mulai tanggal 18-30 Juni 2018 di kawasan Pemakaman Benteng Minggir, Sleman.

Sobat traveler yang memiliki kecintaan terhadap kesenian daerah khas Indonesia, bisa juga datang ke Pameran Seni Rupa, Sirkuit: Ahli Waris Etape Satu. Sobat bisa datang dan menikmati pameran di Padepokan Seni Bagong Kussudiarja ini hingga tanggal 30 Juni 2018.

BacaJuga:  14 Wisata Goa Jepang di Indonesia: Mojoagung Jombang Bantul Kaliurang Jogja Bandung Wonosalam Lhokseumawe Bukittinggi

Atau rekan-rekan juga bisa datang ke Pentas Kesenian Bandara Internasional Adi Sutjipto. Di sini, sobat bisa menikmati beragam pementasan tarian serta juga alat music tradisional Yogyakarta. Bisa berlibur, silaturahmi, sekaligus menikmati budaya kita kawan.

Ada lagi lho kegiatan dalam rangka lebaran lain yang diadakan pemerintah. Diantaranya adalah Pentas Seni Kesenian Stasiun Tugu, Grebeg Syawal, Pasar Lebaran Sleman, Grebeg Syawal, Temu Kangen Jogja, serta juga menikmati Lebaran di Banyunibo.

Setelah aneka kegiatan dalam rangka Hari Raya Idul Fitri tersebut usai, rupanya pada bulan Juli masih akan ada satu lagi event yang tidak boleh dilewatkan. Wisata satu lagi adalah Festival Light di Gardu Pandang Kaliurang yang akan diadakan pada 9-11 Juli 2018.

Tips Wisata

Sebagai salah satu destinasi liburan, tidak heran kalau kawasan Jogjakarta tetap ramai dipadati pengunjung. Beberapa titik di Daerah Istimewa Yogyakarta juga tetap rawan dengan macet lho.

Lebih lagi karena Yogyakarta adalah salah satu dari beberapa wilayah ‘kampung halaman’. Banyak orang yang mudik ke Provinsi ini. Nah, untuk mengantisipasi kondisi di Yogya selama lebaran, yuk simak beberapa tips ini!

1. Jangan lupakan akomodasi

Sobat traveler, jangan lupa untuk segera booking penginapan selama kalian berlibur ya. Di Jogja memang tersedia beragam penginapan, baik resort, hotel, losmen, ataupun guest house. Harganya pun bervariasi.

Jangan membiasakan diri untuk dadakan booking penginapan di waktu liburan Hari Raya begini. Bisa jadi tempat penginapan murah sudah banyak yang penuh. Opsi lain juga adalah dengan menginap di rumah saudara ataupun kerabat.

Selain bisa menghemat biaya, tentu kalian sekaligus bisa bersilaturahmi.

2. Siapkan transportasi

Sobat, kawasan Yogyakarta akan sangat penuh dengan transportasi bila semua wisatawan membawa mobil pribadi. Salah satu opsi untuk mengurangi kemacetan adalah dengan berjalan kaki.

BacaJuga:  45 Tempat Makan di Jogja, Recommended Buat Makan Bersama Keluarga

Kawasan Yogya ini sangat representative bagi wisatawan untuk menikmati udara segar sambil berjalan kaki. Kalau sobat ingin bepergian ke tempat yang cukup jauh, kalian juga bisa mengambil pilihan naik transportasi umum.

Sobat bisa sekaligus memperkenalkan kendaraan tradisional seperti andong kepada anak-anak. Atau memilih menggunakan bus trans Jogja yang murah meriah.

3. Rencanakan destinasi wisata

Kawan, tujuan liburan di Yogyakarta bukan hanya satu dua, tapi puluhan. Hampir di setiap sudut terdapat event serta lokasi menarik untuk dikunjungi. So, rencanakan liburan kalian dengan bijak.

Pakailah kesempatan ini bukan hanya sekedar berlibur, tetapi yang lebih penting adalah untuk menjalin relasi dan mempererat hubungan dengan anggota keluarga yang lain.

Rekan-rekan juga disarankan memilih beberapa alternative wisata yang mungkin tidak akan penuh sesak dengan pengunjung. Sayang bukan jika waktu berharga kalian dengan keluarga terganggu karena berdesakan dengan wisatawan lain?

4. Utamakan kenyamanan

Sobat, yang paling utama dari berlibur di masa lebaran adalah kenyamanan seluruh anggota keluarga. Bicarakan dengan seluruh keluarga tentang rencana liburan. Tanyakan keinginan mereka, tempat mana saja yang ingin dituju.

Bagaimana kawan? Semoga informasi kali ini bisa memberi gambaran mengenai kondisi lebaran di Yogyakarta ya. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan selama menikmati momen Idul Fitri.

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Parangtritis Jogja Selatan, Sejarah Misteri Larangan Mitos + Video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.