5 Tradisi + 5 Objek Wisata Menarik Untuk Merayakan Libur Lebaranmu di Solo

Posted on
5 Tradisi + 5 Objek Wisata Menarik Untuk Merayakan Libur Lebaranmu di Solo
Rate this post
foto by en.surakarta.go.id

Tinggal menghitung hari, semua umat muslim akan merayakan lebaran. Lebaran merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu setelah melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Merayakan hari lebaran sangat identik dengan istilah “Pulang Kampung atau Mudik”

Mudik menjadi pilihan banyak orang ketika merayakan lebaran karena mereka dapat bersilaturahmi dengan sanak saudara yang ada di kampung halaman mereka.

Bagi mereka yang tidak mudik, pilihan lain untuk merayakan hari lebaran adalah melakukan perjalanan wisata baik dalam ataupun luar kota. Bagi anda yang tidak pulang ke kampung halaman dan ingin berlibur ke kota Solo bisa mampir ke beberapa tempat wisata yang pas untuk dikunjungi untuk mengisi hari libur lebaran anda.

Kota Solo memang merupakan salah satu kota dengan banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi ketika libur telah tiba terutama di hari lebaran yang akan datang.

Sebelum mengunjungi tempat wisata, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi tradisi warga Solo ketika merayakan Liburan.

1. Salat Idul Fitri

Saat mudik, tujuan utama dari para pemudik adalah dapat melakukan salat Id bersama dengan keluarga dan orang-orang tersayang. Sama halnya dengan warga kota lain, setiap warga kota pasti akan melakukan salat Id ketika hari kemenangan umat islam tiba.

Begitu juga dengan warga Solo, mereka juga melakukan salat Id dibeberapa tempat. Tidak hanya di masjid, warga juga melakukan salat seperti di halaman parkir Stadion Gelora Manahan dan sampai Keraton Solo.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Karang Bolong Kebumen, Harga Biaya Masuk, Lokasi Alamat, Fasilitas di Sekitar, Hotel Terdekat, Misteri Mitos + Rute Menuju Wisata

2. Nyekar ke makam keluarga

Setelah melakukan salat Id, warga solo juga melakukan tradisi nyekar ke makam-makam keluarga mereka secara beramai-ramai. Tradisi ini juga tidak hanya dilakukan oleh warga solo, tetapi hampir seluruh umat muslim juga melakukannya.

3. Menyantap ketupat dan opor ayam

Tradisi yang ketiga yang biasanya dilakukan ketika hari lebaran adalah menyantap makanan khas lebaran. Hal yang ketiga ini juga sudah mendarah daging dari kota ke kota. Hampir semua orang melakukan hal yang menyenangkan ini. Menyantap makanan bersama dengan keluarga tercinta.

4. Sungkeman

Sebelum tradisi menyantap makanan, biasanya mereka sungkeman terlebih dahulu kepada orang tua dan juga kepada yang lebih tua dari mereka. Mohon maaf atas kesalahan-kesalahan mereka kepada orang tua.

5. Bakdan

Tradisi terakhir yang dilakukan oleh warga solo adalah Bakdan. Sama halnya dengan openhouse, warga solo menyebutnya dengan istilah Bakdan. Bakdan adalah acara silaturahmi kepada saudara terdekat atau tetangga.

Setelah selesai melakukan beberapa tradisi diatas, tidak ketinggalan juga kita akan memberikan saran destinasi wisata yang dapat anda kunjungi ketika sedang merayakan lebaran di kota solo.

a) Taman Pelangi

Ketika melakukan perjalanan wisata edisi lebaran, Taman pelangi merupakan objek yang tepat dikunjungi ketika malam hari tiba. Tempat yang dikenal dengan air mancur menari atau dancing fountain ini menyuguhkan keindahan-keindahan lampion beraneka jenis dan bentuk di malam hari.

Taman pelangi ini berlokasi di kebun binatang Solo. Jadi setelah anda mengunjungi kebun binatang di siang harinya, anda dapat mengunjungi taman pelangi di malam hari. Lebih irit dan praktis dalam menghabiskan hari libur anda.

b) Pekan Swalayan Jurug Solo Zoo

BacaJuga:  10 Gambar Bukit Tranggulasih Purwokerto, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Rute Jalan Menuju ke Sana + Menikmati Pesona Keindahan Wisata?

Di kebun binatang Solo, selain memiliki tempat wisata taman pelangi, Solo Zoo juga akan menggelar sebuah pagelaran yaitu “Kirab” dan pementasan-pementasan seperti pementasan Jaka Tingkir yang diadakan tahun 2017 lalu. Pertunjukan akan berlangsung di tengah-tengah danau Solo Zoo

c) Bakdan Ing Balekambang

Balekambang menjadi salah satu taman yang cocok untuk dijadikan tempat wisata rekreasi bersama dengan keluarga. Selain tamannya yang sangat asri, di taman ini anda juga dapat menikmati berbagai wahana yang menarik serta beberapa permainan tradisional.

Selain dari menikmati wahana dan juga permainan tradisional, anda juga dapat menikmati berbagai kuliner yang ditawarkan oleh stan-stan yang ada di taman. Dan disini anda juga akan menyaksikan event-event kesenian.

Bagi anda yang membawa anak-anak kecil yang ingin mengisi liburan lebaran anda dengan edukasi, anda juga dapat menikmati wisata edukasi reptil yang ada di Balekambang.

d) Grebeg Swalayan

Hari ke-2 di hari lebaran biasanya Keraton Kasunanan Surakarta selalu menggelar Grebeg Swalayan, kegiatan ini merupakan prosesi kirab Gunungan Jaler dan Gunungan Estri. Perjalanan dimulai dari keraton Surakarta menuju Masjid Agung Surakarta.

Sesudah gunungan didoakan maka Gunungan Jaler akan direbutkan di halaman masjid sedangkan Gunungan Estri akan diarak kembali ke keraton Surakarta untuk dibagikan kepada warga. Warga solo sangat antusias untuk berebut gunungan yang diyakini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan.

e) Bakdan Neng Solo

Di halaman benteng Vastenburg, warga solo akan menggelar event Bakdan Neng Solo, sebuah event yang menggelar pementasan tentang Sendratari Ramayana. Acara ini mempertunjukkan drama tari kisah Ramayana. Acara ini tidak dipungut biaya dan akan digelar selama 3 hari setelah beberapa hari lebaran.

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.
BacaJuga:  10 Gambar Bukit Cinta Bayat Gunung Gajah Klaten + Rute Jalan Menuju Lokasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.