3 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Lebaran di Surabaya

Posted on
Jual parcel lebaran di surabaya kue kering harga agen amplop murah distributor grosir toko tempat tukar uang promo plaza marina makanan khas macam baju jajanan maia toples penukaran baru diskon sewa mobil catering untuk acara libur enak mall bahasa tas ketupat pesan paket wisata saat pusat rental lokasi cuci buka lucu restoran yang suasana jadwal tradisi suzuki kartu ucapan lowongan kerja setelah hiasan angpao belanja hp liburan dibawah 1 jutaan jajan
foto by bacadulusini.com

Hai sobat traveler, nuansa lebaran sudah terasa, tentu kalian juga sudah mempersiapkan rencana akan menghabiskan waktu di mana bukan? Setiap daerah memiliki kisahnya masing-masing selama masa lebaran.

Kebanyakan, orang-orang yang bekerja di kawasan perkotaan akan memanfaatkan waktu untuk pulang ke kampung halamannya di masa cuti hari raya. Waktu yang cukup lama untuk bisa berlibur, bertemu dengan sanak keluarga, dan bertukar cerita.

Lebaran di Indonesia salah satunya ditandai dengan tingginya arus mudik dari kota ke desa. Benar begitu bukan sobat? Banyak dari kita yang memilih mengambil waktu untuk pulang ke desa, kampung asal, menikmati udara segar khas pedesaan.

Namun sobat, rupanya, tradisi mudik ke kampung halaman ini menimbulkan sukacita tersendiri. Kondisi perkotaan yang biasanya riuh dengan beragam kegiatan, akan lebih lenggang ketika masa lebaran tiba.

Sobat bahkan bisa mengendarai kendaraan dengan kecepatan cukup tinggi, seakan sedang berada di jalan tol. Sepi sekali, lapang rasanya. Hal ini akan sangat kalian rasakan ketika menghabiskan H hingga H+3 lebaran di kawasan Surabaya.

Lalu, kira-kira apa lagi ya yang terjadi di kota Pahlawan ketika lebaran tiba?

1. Keramaian Lebaran

Pusat keramaian masyarakat ketika masa Idul Fitri di Kota Surabaya rupanya ada di daerah pasar kawan. Lokasi ini masih tetap ‘hidup’ dan sangat ramai dipadati oleh masyarakat yang berbelanja untuk kebutuhannya.

Selain itu, satu tempat lain yang cukup ramai pengunjung adalah makam. Yak, kalian nggak salah baca kok. Pemakaman umum di kota Pahlawan ini memang cukup banyak mendapatkan pengunjung ketika masa lebaran.

BacaJuga:  10 Gambar Waduk Bajulmati Banyuwangi, Tiket Masuk Lokasi + Alamat Letak Rute Asal Usul

Beberapa diantaranya adalah masyarakat asli Surabaya atau mereka yang memang memiliki keluarga besar di kota ini. Biasanya, orang-orang akan datang ke pemakaman untuk nyekar, atau menabur bunga di pusara kerabatnya.

Tradisi ini sudah lama dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Biasanya kegiatan ini dilakukan beberapa waktu menjelang Hari Raya Idul Fitri. Kondisi ini juga menguntungkan bagi para penjual bunga. Harga bunga yang dipakai nyekar bahkan bisa melonjak naik.

2. Menikmati Panorama Jembatan Suramadu

Salah satu ikon kota pahlawan ini tentu tidak akan sepi pengunjung, bahkan selama masa liburan hari raya. Namun, sobat yang berada di sekitar Surabaya bisa lebih santai dan menikmati panorama Jembatan Suramadu ketika masa liburan ini.

Nggak perlu tergesa-gesa untuk melewati jembatan ini kawan. Tidak perlu juga mengkhawatirkan volume lalu lintas kendaran yang melonjak jauh. Kalian bisa sambil berkendara dan menikmati indahnya alam kita.

Eits, tapi ingat ya kawan. Jangan berhenti di tengah-tengah jalan jembatan hanya untuk berfoto-foto ya. Tetap patuhi rambu-rambu lalu lintas sekalipun suasana jalan sedang sepi ya kawan.

3. Mengunjungi Tempat Wisata

Ada beberapa destinasi wisata di kawasan Surabaya, yang mungkin kesulitan untuk didatangi ketika hari-hari biasa. Tentu karena tempat wisata ini begitu terkenal, akibatnya banyak masyarakat yang berbondong-bondong datang.

Tapi, karena kebanyakan masyarakat yang tinggal di Surabaya sedang ‘mudik ke kampung halaman’, sobat yang tetap stay bisa nih memanfaatkan waktu bersama keluarga untuk mengunjungi lokasi-lokasi ini. Ada apa saja sih?

a. Taman Bungkul

Ini adalah tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi serta menghabiskan waktu bersantai bersama dengan keluarga. Sobat, apakah kalian tahu bahwa lokasi ini pernah dinobatkan sebagai taman terbaik di Asia?

BacaJuga:  Pantai Ngliyep Malang Selatan Jawa Timur Angker + Sejarah & Rute Peta Lokasi Wisata

Tata kota dan taman daerah kita tidak kalah lho dengan yang ada di luar negeri. Taman Bungkul ini bisa didatangi oleh semua kalangan. Di sini, pemerintah menyediakan jalur khusus bagi penyandang difabilitas. Tidak ada perbedaan kawan.

Bagi generasi milenial, kalian juga dijamin akan betah kok berlama-lama di Taman Bungkul. Sudah tersedia free wifi di tempat ini sehingga kalian tetap bisa menikmati free time dengan cara kalian.

b. Monumen Kapal Selam

Sobat, pernah dengar nama lokasi wisata satu ini? Pastinya pernah dong. Monkasel ini salah satu dari banyak destinasi liburan terkenal di kota Pahlawan. Apalagi karena Monkasel terletak di kawasan pusat kota Surabaya.

Jelas m akin banyak wisatawan yang mengunjungi lokasi ini ketika hari-hari biasa. Nah, kalian bisa nih memanfaatkan momen liburan ini untuk mendatangi Monkasel. Selagi kondisi Surabaya tidak seriuh biasanya.

c. House of Sampoerna

Destinasi berikutnya yang bisa kalian nikmati selama lebaran di Surabaya adalah House of Sampoerna. Sobat, tahukah kalian bahwa Kretek Sampoerna sebenarnya berasal dari kota Pahlawan ini?

House of Sampoerna menyimpan aneka macam informasi mengenai Kretek Sampoerna. Sobat bisa melihat bagaimana sejarah terbentuknya Kretek Sampoerna melalui bangunan ini.

Termasuk juga menikmati gaya arsitektur khas Belanda ketika awal berdiri, serta barang-barang antik dari masa-masa lalu. Contohnya adalah beberapa replika bangunan, kios, pengolah tembakau, serta beragam jenis pemantik.

Masih banyak hal bisa kalian lakukan selagi berkumpul bersama keluarga kawan. So, selamat menikmati Idul Fitri!

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Jumiang Madura, Harga Tiket Masuk, Rute Menuju Wisata, Lokasi Alamat + Jam Buka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.