10 Gambar Curug Leuwi Lieuk, Harga Tiket Masuk + Letak Rute Jalan Menuju Lokasi

Posted on
Leuwi lieuk harga tiket curug bogor cipet sentul alamat wisata dimana gambar jalan lokasi letak rute cibadak pabuaran jawa barat indonesia cepet ciung review
Curug Leuwi Lieuk, Foto: verdian276.weebly.com

Lokasi: Pabuaran, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830
Map: Klik Disini
HTM: Rp.10.000/Orang
Buka/Tutup: 06.00-18.00
Telepon: –

Pesona Keindahan Leuwi Lieuk Sentul Bogor

Berbicara destinasi wisata di kota hujan Bogor tidak akan ada ujungnya. Selalu saja ada tempat-tempat menarik yang harus didatangi. Di kota Bogor mencari jenis destinasi wisata semuanya tersedia. Bagi yang tertarik dengan sejarah, banyak sekali tempat-tempat wisata budaya yang ada dikota Bogor. Bagi yang menyukai alam, dapat melakukan pendakian gunung, kegiatan berkemah dibanyak kawasan camping ground, dan banyak lainnya. Satu lagi sebuah keindahan yang tersembunyi dibalik rimbunnya Peg. Sentul Selatan yaitu Curug Leuwi Lieuk. Tempat ini merupakan saudara dari Leuwi Hejo.

Airnya Jernih, Foto: portalwisata.co.id

Jalan yang ditempuh untuk menuju ke Leuwi Lieuk sama dengan jalur menuju Leuwi Hejo. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi baik mobil atau motor dapat menggunakan jalur Citereup atau Sentul. Anda harus hati-hati karena medan jalan tidak terlalu bagus bahkan banyak yang rusak. Area parkir Leuwi Lieuk sama dengan Leuwi Hejo yaitu di dekat Posyandu atau naik sedikit ke atas. Jika diparkirkan diarea agak menanjak keatas otomatis berjalan kaki jadi lebih dekat dengan lokasi.

Sebenarnya dalam satu area ini ada 3 tempat yang lokasinya cukup berdekatan yaitu Leuwi Lieuk, Leuwi Hejo dan Curug Barong. Jadi jika Anda kemari sejak pagi hari mungkin dapat menikmati 3 tempat dengan keunikan panoramanya masing-masing ini dalam satu waktu. Seperti kata pepatah sekali mendayung dua tiga pulau terlampau. Sekali datang kesini, tiga tempat wisata dapat dikunjungi sekaligus.

Ditempat loket pembayaran itu terdapat MCK, parkiran dan warung-warung penjual makanan serta minuman. Ada sebuah persimpangan jika Anda terus lurus adalah jalur mengarah ke Leuwi Hejo sedangka jalur yang menanjak atau naik keatas adalah jalur mengarah ke Curug Barong dan Leuwi Lieuk. Dari tempat pembayaran tiket masuk menuju Leuwi Lieuk hanya berjarak seperempat jam perjalanan menuruni anak bukit.

Lokasi Curug Leuwi Lieuk Sentul Bogor Jawa Barat, Foto: ngetripyuk.id

Terdapat juga sebuah leuwi bernama Leuwi Cepet. Ini juga merupakan wahana wisata. Namun karena kurangnya perawatan dan tempatnya yang kurang menarik jika dibandingkan dengan dengan Leuwi Lieuk ataupun Leuwi Hejo. Leuwi Cepet seringnya digunakan sebagai tempat transit saja sebelum ke Leuwi Lieuk.

Air di Leuwi Lieuk berwarna kehijauan sangat  jernih dan bersih sekali serta ada dua tebing lumayan tinggi-tinggi yang mengapitnya. Suasana disini seperti di Pangandaran Green Canyon. Tapi jika Green Canyon Pangandaran memiliki tebing yang jauh lebih tinggi-tinggi sehingga tersedia juga wahana body rafting. Anda juga dapat melakukan kegiatan yang menantang di Leuwi Lieuk ini selain hanya berenang yaitu melompat dari atas tebing. Ada 3 spot lompatan dengan aneka variasi ketinggian dari yang paling tinggi 6-7 meter, medium 5 meter dan terpendek 3 meter. Namun bagi yang tidak bisa berenang, jangan coba-coba! Bagi yang menyukai tantangan, terjun dari tebing memiliki kepuasan tersendiri dan sensasi luar biasa. Untuk yang tidak menyukai hal-hal berbau tantangan lebih baik tidak usah dicoba karena khawatir terjadi sesuatu diluar kendali.

Anda juga harus berhati-hati mengenai kedalaman kolam di Leuwi Lieuk, semakin ketengah kolam semakin dalam. Meskipun kolam disini tergolong cukup dangkal yaitu sekitar 4 meter lebih dalam di Leuwi Hejo yang kedalamannya mencapai 5-6 meter. Namun Anda tetap harus berhati-hati. Ditempat ini tidak disediakan perlengkapan yang cukup seperti pelampung, pegangan yang kuat dsb. sehingga yang tidak bisa berenang diharapkan tidak nekat mengikuti aksi lompat. Disini hanya tersedia seutas tali di ketinggian 5 dan 7 meter sebagai alat memanjat tebing untuk para pengunjung yang ingin melompat  ke kolam. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati karena tebing-tebing tersebut cukup licin. Kalian harus memanjat tebing-tebing licin tersebut untuk bisa meloncat. Untuk yang suka tantangan pasti ketagihan ingin lompat terus.

Leuwi Lieuk tergolong masih baru karena baru saja dibuka dan sengaja dijadikan tujuan wisata sehingga belum banyak orang yang mengetahuinya. Pemandangan diisni begitu asri khas wisata alam pegunungan dengan udara sejuk yang tidak dapat ditemui diperkotaan.

Seperti Kolam Renang, Foto: kesiniaja.com

Harga Tiket Masuk Leuwi Lieuk

Untuk masuk ke kawasan wisata ini, Anda dikenakan biaya retribusi sebesar Rp.10.000,- per orang. Sedangkan tarif parkir motor sebesar Rp. 5000 dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp. 10.000. Fasilitas-fasilitas seperti tempat makan, warng-warung yang menjajakan makanan ringan dan aneka minuman, toilet, kamar mandi berada dalam satu area dekat parkir. Perlu Anda ketahui bahwa area parkir tidak begitu dekat dengan kawasan Leuwi Lieuk sehingga manfaatkan untuk membeli berbagai makanan ringan atau minuman apalagi jika Anda tidak membawa bekla sama sekali dari rumah.

Rute Jalan Menuju Leuwi Lieuk

Rute dimulai dari Bundaran Sentul Nirwana, dari sini Anda belok ke arah kiri menuju ke Jungleland. Sesampainnya Anda di Jungleland dipintu masuk sebelah kanan terdapat jalan yang menanjak, ikutilah jalan ini sampai Anda bertemu dengan pertigaan. Di pertigaan tersebut, pilihlah rute jalan ke kiri karena yang belok kanan adalah rute menuju Gunung Pancar. Setelah kira-kira melakukan perjalanan kurang lebih 5 kilometer akan melihat tulisan Curug Leuwi Hejo. Kenapa tulisannya Leuwi Hejo bukan Lieuk? Dua Leuwi ini masih dalam satu kawasan hanya berbeda belokan saja. Jika merasa tersesat Anda tanya saja pada penduduk sekitar karena plang petunjuk arah menuju kawasan Leuwi Lieuk lumayan sedikit.

Medan jalan menuju ke Leuwi Lieuk cukup beragam ada yang lurus mendatar, sebagian medan juga cukup curam dan menanjak. Ketika telah mendapat 10 menit perjalanan dari parkiran ada sebuah pertigaan. Dari pertigaan Anda pilih belok kanan yang mengarah ke Leuwi Lieuk. Jangan ambil yang kiri karena ini jalur menuju Curug Barong. Selain melewati bukit, ke Leuwi Lieuk dapat dapat menggunakan jalur yang melintasi kolam berkedalaman 1, 5 meter. Jika melewati kolam atau biasa disebut Leuwi Cepet, badan tidak bisa tidak kering. Terserah Anda mau lewat yang sebelah mana. Kebanyakan memilih lewat bukit atau yang menanjak ke atas daripada lintasan sungai karena tidak ingin tas bawaan menjadi basah.

Wisata Alam Di Bogor, Foto: bobocantik.com

Tips Berkunjung ke Leuwi Lieuk Bogor

Berikut ini Tips saat mengunjungi Leuwi Lieuk menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

  • Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima baik mobil atau motor karena pasti sangat merepotkan sekali jika mesin kendaraan tiba-tiba mogok ditengah perjalanan
  • Persiapkan pula kondisi tubuh karena Anda akan menghadapi medan jalan yang naik turun dan rusak parah sehingga butuh kesabaran tingkat tinggi serta tenaga yang besar.
  • Dibutuhkan waktu sekitar 30 menitan dari parkiran ke lokasi dengan istirahat yang sangat minim.
  • Ada cukup banyak anak-anak kecil yang meminta-minta dikawasan ini sehingga Anda perlu waspada.
  • Jika berkunjung dialam bebas usahakan selalu bertindak dan berkata sopan, jangan sombong dan kelewat batas.
  • Tiket masuk bayarnya per orang per tujuan misalkan ingin ke Leuwi Lieuk, Leuwi Hejo ataupun curug Barong. Masing-masing harus bayar tiket sendiri-sendiri tiap lokasi.
  • Kamera yang bagus (jika punya). Jika kualitas kamera bagus hasil jepretan pun akan mempengaruhi menjadi bagus pula. Tapi, jika tidak punya kamera tersendiri cukup menggunakan ponsel untuk menjepret setiap moment. Jangan lupa pula baterai handphone pastikan terisi peruh karena tidak ada colokan buat ngecharge.
Melompat ke Air, Foto: lowcosttraveler.wordpress.com

Leuwi Hejo

Berbicara mengenai lokasi air terjun di Bogor seakan tidak ada habisnya. Pesona lainnya yang berada di kawasan wisata Sentul adalah Leuwi Hejo. Curug ini lebih dulu populer daripada Leuwi Lieuk yang terhitung masih baru. Setelah dari Leuwi Lieuk, jika masih ada waktu, cobalah mampir kemari. Anda pasti akan berdecak kagum dengan pemandangan luar biasa yang disuguhkan. Lokasinya berada di di Kamp. Wangun Cileungsi, Des. Karangtengah, Kec. Babakanmadang, Kab. Bogor. Suatu ketika pernah terjadi tanah longsor di kawasan ini sehingga sempat ditutup untuk para pengunjung secara sementara. Tapi, kini telah dibuka kembali untuk destinasi wisata.

Kenapa tempat tersebut dinamakan Leuwi Hejo? Hal ini berawal dari warna air yang jernih dari aliran Sungai Cileungsi memancarkan warna kehijauan. Sehingga terciptalah nama untuk tempat ini oleh penduduk setempat. Curug Leuwi Hejo adalah sebuah air terjun berukuran kecil yang airnya ditampung di sebuah kolam. Air yang mengalir disini begitu bening, jernih dan rasanya dingin.

Untuk mencapai ke lokasi Leuwi Hejo sama persis seperti ke Leuwi Lieuk. Dari area Sentul City, Anda akan melintasi Giant dan Jungle Land. Dari Giant pilih jalur yang mengarah ke kantor Polsek Babakan Madang. Setelah itu Anda lurus saja hingga bertemu Pasar Babakan Madang dan pertigaan Gunung Pancar. Di pertigaan ini, Anda pilih arah belok kekanan sampai di pertigaan Gunung Pancar dan juga Karang Tengah. Di pertigaan Gunung Pancar, pilih jalur yang mengarah ke kiri atau yang menuju Des. Karang Tengah. Jalan saja terus hingga melihat plang bertuliskan ‘Selamat Datang di Wisata Curug Leuwi Hejo’.

Airnya Dingin dan Sejuk, Foto: lowcosttraveler.wordpress.com

Pemandangan elok dengan suasana asri kehijauan akan menyambut kedatangan Anda disepanjang jalan. Anda akan disuguhkan hamparan sawah yang menghijau begitu terata rapi dan indah sekali. Dikawasan ini selain Curug Leuwi Hejo, ada beberapa spot air terjun keren  seperti Curug Barong dan ada pula Curug Leuwi Cepet. Menurut penuturan warga akses jalan untuk sampai di Curug Leuwi Hejo sekarang sudah lumayan bagus. Hal ini disebabkan jalan menuju curug telah dicor rapi sehingga kondisi jalan cukup nyaman untuk dilalui para pengunjung.

Tiket masuk ke Curug Leuwi Hejo adalah Rp 15.000,- /orang. Sedangkan biaya untuk tiket masuk kendaraan roda dua sebesar Rp 8.000,-/ motor. Di area Curug Leuwi Hejo sudah disediakan bermacam fasilitas seperti MCK, kamar ganti, warung makanan minuman, tempat makan, dll. Harga makanan ringan yang ditawarkan disini cukup terjangkau juga. Curug Leuwi Hejo memiliki ketinggian yang mudah dijangkau karena memang terbilang kecil ukuran air terjunnya. Meskipun tidak terlalu tinggi, tempat ini memberikan rasa nyaman dan ketagihan karena setelah dari sini pasti ingin kembali lagi dan lagi jika memiliki kesempatan. Air yang bening dan sejuk dilengkapi dengan pemandangan eksotis menjadi perpaduan yang sempurna. Terdapat batuan besar disepanjang kolam membuat setiap yang melihat tergoda berendam di air terjun ini.

Masih Terjaga Alami, Foto: wisatalengkap.com

Curug Barong

Jika masih ada waktu sisa perjalanan ke Curug Leuwi Lieuk atau Curug Leuwi Hejo, hendaknya mampir juga ke Curug Barong yang masih dalam satu kompleks. Curug Barong dikenal hanya oleh beberapa orang tertentu misalnya warga sekitar atau para traveller yang gemar menjelajah alam. Kendati ada beberapa yang tahu, mereka memilih ke curug lain karena akses kesini cukup sulit sehingga melilih air terjundengan akses yang mudah. Air terjun disini sebenarnya tidak begitu tinggi hanya mencapai 10 meter. Yang membuat tempat ini layak dikunjungi adalah kondisi air yang jernih dan tentunya menyegarkan.

Curug Barong mendapatkan aliran air dari Sungai Cirangrang. Tantangan yang terberat saat menyambangi tempat ini adalah kontur jalan yang cukup menyulitkan. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di lokasi Curug Barong dari parkiran sekitar 40 menit. Anda akan dihadapkan dengan track jalan yang tidak mudah. Anda akan melewati area persawahan dan jalan setapak yang lumayan tricky. Bagi yang jarang melakukan aktivitas berjalan kaki pasti akan sangat melelahkan. Namun pemandangan alam selama perjalanan cukup membuat rasa nyaman dan kesenangan tersendiri. Bagi Anda yang suka tantangan, cobalah datang kesini dan merasakan trekking menuju lokasi Curug Barong pasti ada keseruan tersendiri.

Tebing Loncat Indah Curug Leuwi Lieuk, Foto: thenomaddict.wordpress.com

Kendati di Curug Barong tidak bisa mendengar gemuruh suara air terjun yang keras karena memang tidak terlalu tinggi, tetapi tetap menyuguhkan panorama alam yang luar biasa. Tepat di bawah curug berada sebuah kolam bentukan alamiah alam yang ukurannya tidak begitu luas. Meskipun tidak terlalu besar, kolam ini masih bisa dibuat berendam, basah-basahan,  bahkan berenang.

Menghabiskan liburan panjang atau ketika weekend mengunjungi kawasan wisata yang ada di Desa Karang tengah ini pasti mengasyikkan terutama jika pergi rame-rame bersama keluarga, kerabat atau sahabat.

Keindahan Curug Leuwi Lieuk, Foto: tribunmetro99.blogspot.com

Selain lokasi ratusan air terjun yang ada di Bogor, kota ini juga memiliki tujuan wisata lain selain puncak yang populer itu. Destinasi lain yang cukup terkenal di Bogor adalah kebun raya bogor, taman nasional pegunungan halimun salak dan banyak lagi lainnya. Jangan lupa ketika Anda pergi berwisata kemanapun agar menyiapkan tubuh yang fit dan pengeluaran yang telah direncanakan agar sehabis liburan atau travelling tidak jatuh miskin diakibatkan pengeluaran yang tidak terencana. Ketika berada di tempat wisata seyogyanya para pengunjung juga turut menjaga kelestarian dengan tidak melakukan vandalisme dll. Buang sampah pada tempatnya adalah hal tersepele namun yang sering dilupakan para wisatawan.

Demikian informasi mengenai tempat wisata air terjun yang ada di Bogor yaitu Leuwi lieuk. Daftar harga tiket untuk ke curug Leuwi lieuk bogor, cipet, sentul teladh dijelaskan. Annda dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan petunjuk alamat menuju tempat wisata di Sentul ini dengan mudah. Jika Anda masih merasa belum mengerti dimana lokasi tepatnya dapat bertanya kepada penduduk setempat karena semuanya mengerti akses jalan menuju tempat ini. Semoga semua gambar, info jalan, lokasi, letak, rute dari cibadak pabuaran jawa barat atau dari daerah-daerah lain di indonesia termasuk ke curug leuwi cepet atau ciung dan review tempatnya dapat membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *