Taman Wisata Puri Maerokoco, Spot Paling Instagramable Saat ini di Kota Semarang

Posted on
Taman Wisata Puri Maerokoco, Spot Paling Instagramable Saat ini di Kota Semarang
4 (80%) 2 votes
gambar by @deian_ratna

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Tawangsari, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50144
Map: Klik Disini
HTM: 10.000/Orang
Buka/Tutup: Senin – Minggu 08.00 – 18.00
Telepon: (024) 7606286

Indonesia terkenal akan suku bangsa dan budayanya yang beraneka ragam. Setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki keunikan tersendiri.

Untuk itu dibangunlah miniatur kecil yang mencakup kekayaan suku bangsa yang ada di Indonesia. Seperti miniatur yang berada di Ibu kota Indonesia, Jakarta, yaitu TMII (Taman Mini Indonesia Indah).

Foto: semarangplus.com

Di dalam Taman Mini Indonesia Indah terdapat berbagai macam anjungan dari beberapa provinsi di Indonesia. Seperti rumah adat, pakaian adat dan berbagai macam ikon Indonesia dan masih banyak lagi.

Dengan adanya TMII, masyarakat bisa lebih mengenal setiap budaya dari masing-masing wilayah yang ada di Indonesia tanpa harus menjelajahi seluruh Indonesia.

Selain Jakarta, Jawa Tengah juga mempunyai miniaturnya sendiri, yaitu Puri Maerokoco Semarang, Tempat wisata ini terletak di kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Miniatur yang berada di daerah Semarang ini tidak kalah menarik dari miniatur yang terdapat di TMII, Jakarta.

Jadi untuk anda yang bermukim di Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang, tidak perlu jauh-jauh datang ke TMII untuk bisa melihat berbagai jenis rumah adat dan kebudayaan dari Jawa Tengah.

Seperti halnya TMII, Puri Maerokoco juga memiliki berbagai macam anjungan dari daerah-daerah yang ada di Jawa Tengah.

Selain itu, dengan datang ke Puri Maerokoco, wawasan anda tentang Indonesia akan bertambah. Tentunya hal itu akan menambah rasa cinta terhadap tanah air Indonesia.

Rasa nasionalisme dan patriotisme anda pun akan meningkat sehingga anda bisa lebih baik lagi dalam melestarikan kekayaan budaya dan adat yang ada di Indonesia, khususnya Jawa Tengah.

Melihat banyaknya manfaat yang akan anda dapatkan bila berkunjung ke Puri Maerokoco ini, sangatlah pas bila anda mengajak anak-anak dan keluarga anda untuk menghabiskan waktu libur di Puri Maerokoco.

gambar by @widodoslamet7

Taman Wisata Puri Maerokoco Semarang

Taman Wisata Puri Maerokoco di resmikan oleh Gubernur Ismail pada kisaran tahun 1980-an.

Puri Maerokoco Semarang merupakan sebuah perwujudan dari miniatur provinsi Jawa Tengah yang merupakan salah satu tempat objek wisata bagian dari Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan Jawa Tengah (PRPP).

Puri Maerokoco terletak di Jl. Yos Sudarso, Tawangsari, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Puri Maerokoco Semarang menempati tanah seluas 23,84 hektar. Puri Maerokoco terdiri atas 35 anjungan yang di dalamnya mencerminkan 35 kabupaten dan kotamadya yang berada di provinsi Jawa Tengah.

Selain itu juga, anjungan tersebut di desain dengan ciri arsitektur asli dari Jawa Tengah.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, di tempat wisata keluarga ini terdapat berbagai macam miniatur objek wisata bersejarah peninggalan zaman dahulu yang bersifat tradisonal serta cukup populer di kalangan masyarakat umum.

Seperti, Miniatur Benteng Pendhem, Miniatur Masjid Agung Demak, Miniatur Masjid Menara Kudus, Miniatur Candi Borobudur, dan Miniatur Masjid Mantingan.

Foto: carismarent.com

Selain terdapat berbagai macam miniatur yang bersejarah dan juga menarik, di Puri Maerokoco ini juga terdapat wahana permainan yang sangat menyenangkan.

BacaJuga:  10 Paket Wisata Dieng Murah Untuk 2 Orang Mulai Rp.115.000 Dari Jogja

Seperti wahana permainan Borncar, Bianglala, Marry Go Around (Komedi Putar), Outbond yang terdiri dari Flying Fox dan Paint ball serta masih banyak lagi berbagai macam wahana permainan di Puri Maerokoco Semarang.

Taman wisata Puri Maerokoco di wujudkan dengan adanya pulau yang merupakan gambaran dari miniature Jawa Tengah. Yang dibatasi oleh Samudra Indonesia dan Laut Jawa, serta Lahan Jawa Barat dan Lahan Jawa Timur.

Selanjutnya di luar miniature ini terdapat sebuah jalan yang memiliki keliling sepanjang 6 meter. Jalan ini dapat digunakan untuk jalan kereta api mini dan lain sebagainya.

Puri Maerkoco ini juga merupakan taman mininya Jawa Tengah. Uniknya di dalam rumah adat yang ada di Puri Maerokoco terdapat berbagai macam hasil industri dari daerah masing-masing.

Selain itu ada juga berbagai macam kerajinan yang juga di produksi dari masing-masing daerah yang ada di negara Indonesia tercinta ini. Oleh karena itu Puri Maerokoco Semarang memang pantas di gunakan sebagai tempat wisata andalan Jawa Tengah.

Pintu Masuk, foto by @saifulumam1421

Sejarah Puri Maerokoco Semarang

Tempat wisata ini sebenarnya bernama Puri Maerakaca Semarang namun lebih di kenal dikalangan masyarakat dengan nama Puri Maerokoco Semarang.

Puri Maerokoco Semarang dibangun pada tahun 1993, yang kemudian di resmikan oleh Gubernur Ismail pada kisaran tahun 1980 an.

Pembangunan Taman Mini versi Jawa Tengah ini diharapkan akan menjadi ajang promosi kebudayaan dan rumah adat 35 kabupaten yang ada di Jawa Tengah Diberi nama Puri Maerokoco karena tempat wisata ini diambil dari salah satu bagian epos Mahabarata dalam sebuah pewayangan.

Dimana di dalamnya menceritakan tentang bagaimana keinginan salah seorang dewi yang mau memiliki seribu bangunan dalam jangka waktu hanya semalaman.

Dan juga bagaimana tempat di khayangan memiliki taman yang sangat indah, yang memiliki keindahan seluruh taman di permukaan bumi.

Dahulu tempat wisata ini pernah sepi akan pengunjung. Tetapi setelah perbaikan yang dilakukan disana sini, Puri Maerokoco mulai ramai akan pengunjung yang berdatangan dari berbagai macam daerah yang ada, baik dalam maupun luar negeri.

Maka tak heran bila banyak keluarga yang mengajak anak-anaknya untuk berekreasi di Puri Maerokoco ini karena penasaran akan keindahan dan nilai edukasinya.

Jalan di Atas Air, foto by @seputarsemarang

35 Miniatur Rumah Adat

Banyak miniatur rumah adat yang terdapat di Puri Maerokoco Semarang.

Jumlahnya ada 35 miniatur yaitu Ajungan Kabupaten Banjar negara, Anjungan Kabupaten Banyumas, Anjungan Kabupaten Batang, Anjungan Kabupaten Kudus, Anjungan Kabupaten Boyolali, Anjungan Kabupaten Brebes, Anjungan Kabupaten Cilacap, Anjungan Kabupaten Demak, Anjungan Kabupaten Grobogan, Anjungan Kabupaten Jepara, Anjungan Kabupaten Karanganyar, Anjungan Kabupaten Kebumen, Anjungan Kabupaten Kendal, Anjungan Kabupaten Klaten, Anjungan Kabupaten Blora.

Selanjutnya ada juga rumah adat Anjungan Kabupaten Magelang, Anjungan Kabupaten Pati, Anjungan Kota Tegal, Anjungan Kabupaten Pemalang, Anjungan Kabupaten Purbalingga, Anjungan Kabupaten Purworejo, Anjungan Kabupaten Rembang, Anjungan Kabupaten Semarang, Anjungan Kabupaten Sragen, Anjungan Kabupaten Sukoharjo, dan Anjungan Kabupaten Tegal.

Di tambah lagi dengan adanya Anjungan Kabupaten Temanggung, Anjungan Kabupaten Wonogiri, dan Anjungan Kabupaten Wonosobo, serta Anjungan Kota Magelang, Anjungan Kota Pekalongan, Anjungan Kota Salatiga, Anjungan Kota Semarang, Anjungan Kota Surakarta dan yang terakhir Anjungan Kabupaten Pekalongan. Semua rumah adat tersebut berasal dari provinsi Jawa Tengah.

photo by @ekokurnia_12

Fasilitas Yang Terdapat di Taman Wisata Puri Maerokoco Semarang

Tempat wisata Puri Maerokoco Semarang, selain terdapat miniatur rumah adat di seluruh Provinsi Jawa Tengah, terdapat juga fasilitas yang sangat seru dan menarik seperti adanya kolam pancing, masjid, gerai kuliner, arena permainan, pasar apung, hutan mangrove, Istana Anak dan masih banyak lagi.

BacaJuga:  10 Gambar Pulau Mandalika Jepara, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup, Keindahan Wisata + Misteri Mitos

Kid’s Park

Fasilitas wahana Kid’s Park ini di dalamnya terdiri dari sarana permainan untuk kalangan anak kecil. Seperti perosotan, jungkat-jungkit, ayunan dan masih banyak lagi.

Jadi bagi anda para pengunjung yang membawa anak kecil, anda dapat datang ke area wahana Kid’s Park ini, sebab area ini sangat cocok untuk semua kalangan anak kecil.

Kereta Gantung

Bagi anda yang datang berkunjung untuk melihat seluruh keindahan serta keunikan di tempat wisata keluarga Puri Maerokoco Semarang.

Hal yang harus anda lakukan adalah, mencoba menaiki fasilitas wahana Kereta Gantung. Karena Puri Maerokoco ini akan jauh lebih indah dan juga menarik apabila anda lihat dari ketinggian.

Tracking Mangrove, image by @sophiemorore

Pasar Apung

Apabila anda berkunjung ke tempat liburan keluarga ini, anda tak perlu bingung dengan apa yang harus anda bawa pulang sebagai oleh-oleh dari Puri Maerokoco Semarang.

Karena Puri Maerkoco menyediakan fasilitas Pasar apung yang bisa di bilang unik. Di Pasar Apung ini anda dapat memilih berbagai macam oleh-oleh khas dari Kota Semarang.

Hutan Mangrove

Bukan hanya memiliki arena permainan dan pusat oleh-oleh saja, tetapi terdapat juga Hutan Mangrove yang tak kalah menariknya dengan fasilitas wahana bermain di Puri Maerokoco Semarang.

Di Hutan Mangrove ini anda bisa melihat pemandangan yang ada dengan berjalan kaki. Selain itu anda juga bisa melihat keindahan yang ada dengan menggunakan sebuah perahu yang atapnya berbentuk daun.

Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan Hutan Magrove dalam lensa kamera anda ya.

Gedung Opera

Bagi anda berkunjung ke tempat wisata Puri Maerokoco Semarang. Kemudian anda ingin menonton film seperti di Bioskop dekat lingkungan rumah anda, anda tak perlu pergi ke mall ataupun XXI.

Karena Puri Maerokoco menyediakan fasilitas yang sangat cocok untuk anda serta keluarga, yaitu sebuah Gedung Opera.

Di Gedung Opera ini anda bisa menonton, tetapi bukan menonton sebuah film seperti di Bioskop langganan anda.

Melainkan anda akan diberikan sebuah pertunjukan opera yang sangat menarik. Tentunya menonton opera tak akan kalah seru dari sebuah film yang biasa di putar di Bioskop kesayangan anda.

foto by @ekokurnia_12

Istana Anak Indonesia

Bukan hanya TMII saja yang mempunyai fasilitas Istana Anak. Di tempat wisata Puri Maerokoco Semarang juga memiliki fasilitas Istana Anak Indonesia yang tak kalah serunya dari Istana Anak yang berada di TMII, Jakarta.

Disini anda bisa mengajak anak-anak untuk lebih mengenal kebudayaan khas Jawa Tengah dan membuat kerajinan ataupun kesenian dari Jawa Tengah.

Desa Wisata

Fasilitas berikutnya yang berada di tempat liburan keluarga Puri Maerokoco ini adalah Desa wisata. Anda serta keluarga dapat berjalan sambil melihat segala pemandangan yang berada di Desa Wisata ini.

Museum Iptek

Selain dapat berjalan-jalan dan melihat berbagai macam rumah adat serta menikmati permainan yang tersedia tersedia di Puri Maerokoco Semarang ini, anda juga dapat mengetahui serta belajar tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Museum Iptek.

Museum Iptek sangat berguna untuk menambah pengetahuan tentang teknologi dan perkembangannya hingga masa kini. Tak heran banyak pelajar sekolah yang melakukan study tour ke Museum Iptek ini.

Kolam Renang dan Water Boom

Bagi anda yang sudah merasa lelah dan bosan berkeliling tempat wisata Puri Maerokoco Semarang dan ingin merasakan suasana yang berbeda.

Hal yang wajib anda lakukan adalah datang ke kolam renang yang satu ini. Dijamin Kolam Renang dan Water Boom yang terdapat di Puri Maerokoco Semarang tak kalah seru dengan wisata air lainnya.

BacaJuga:  Wisata Tuk Gong Adventure Magelang Candimulyo + Harga Tubing Murah

Outbond

Selain itu, bagi pengunjung yang ingin memiliki suasana yang berbeda dari suasana di Kolam Renang dan Water Boom.

Pengunjung juga dapat mencoba fasilitas wahana Outbon ini. Di dalam arena outbond terdapat arena Flying Fox dan Paint Ball yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Selain itu, wahana yang tak kalah seru dan menariknya dari fasilitas tersebut yaitu Becak Air, Sepeda Air, Perahu yang atapnya berbentuk daun yang akan mengelilingi Hutan Mangrove, Borncar, Bianglala, Marry Go Around (Komedi Putar).

Di dalam tempat wisata keluarga Puri Maerokoco Semarang ini terdapat kereta bagi para pengunjung yang datang.

Tak hanya itu saja, ternyata masih banyak lagi fasilitas yang terdapat di Puri Maerkoco Semarang yang tak akan pernah habis untuk dijelajahi.

Alamat PRPP dan Puri Maerokoco

Seperti yang sudah anda ketahui, bahwa tempat wisata Puri Maerokoco ini merupakan bagian dari PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan).

Puri Maerokoco beralamat di Tawangsari, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah, tepatnya berada di jalan Yos Sudarso Semarang. Jarak tempat wisata ini dari Tugu Muda Semarang hanya berkisar 5 kilo meter jauhnya.

Sedangkan PRPP ini terletak di Jl Anjosmoro, Tawangsari, Semarang Barat, Jawa Tengah (50114). Puri Maerokoco dan PRPP ini terletak di sebelah Barat Laut dari Kota Semarang.

poto by @ekokurnia_12

Tiket Masuk

Tempat wisata Puri Maerokoco Semarang merupakan tempat yang sangat menarik dan seru. Tempat ini wajib dikunjungi oleh anda dan keluarga untuk menghabiskan waktu liburan anda.

Untuk tiket masuk Puri Maerokoco ini sangatlah murah dan pas di kantong. Jika ingin berkunjung pada tahun 2018, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 10.000 rupiah per orang saja. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Namun harga tiket tersebut hanya untuk tiket masuk ke Puri Maerokoco saja. Adapun bila anda ingin memasuki dan menikmati wahana yang ada di Puri Maerokoco ini, anda harus membayar kembali.

Harga tersebut berbeda-beda tergantung dengan jenis wahana yang ingin anda nikmati.

Sedangkan untuk jam operasional, tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 18.00 WIB. Dengan jam operasional yang cukup panjang, anda bisa santai melihat pemandangan dan keunikan di Puri Maerokoco ini.

gambar by @muhammadsirojj17

Untuk rute jalan menuju tempat wisata Puri Maerokoco Semarang cukup mudah di jangkau dan dilewati dengan kendaraan umum seperti Bus, angkot, taxi maupun travel.

Anda bisa menaiki kendaraan umum tersebut dari Terminal Terboyo dan minta berhenti di Puri Maerokoco.

Selain itu, rute jalanan menuju tempat wisata ini juga dapat dengan mudah di jangkau dengan kendaraan pribadi baik roda 4 maupun roda 2 karena letaknya yang sangat strategis.

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.