10 Foto Makam Sunan Ampel Surabaya Raden Rahmat Wali Songo, Misteri + Hotel Dekat Lokasi Alamat Belum ada Bintang

Posted on
Makam sunan ampel raden rahmat surabaya lokasi gambar foto sejarah misteri wali songo alamat tempat kota sby jawa timur hotel dekat tempo dulu buah mengkudu giri gresik kejadian peta dimana bawean terletak malam hari ada ayah artikel area ayahnya arah menuju asal usul berada bapak mbah bolong berdoa biaya masuk jam buka berdirinya cerita penampakan doa air amalan east java ke gunung
Makam Sunan Ampel, Foto: rochmany.blogspot.com

Lokasi: Jalan Pertukangan I, Semampir, Ampel, Kota SBY, Jawa Timur 60151
Map: Klik Disini
HTM: Free
Buka/Tutup:
Telepon: (031) 30422884

Lokasi Makam sunan ampel raden rahmat surabaya berada di Jalan Pertukangan, Ampel – Surabaya. Sebagian masyarakat jawa yang mekukan wisata religi mengunjungi makam-makam walisongo pasti berziarah ke Sunan Ampel menjadi tujuan wajib mereka.

Beberapa gambar, foto, sejarah serta misteri salah satu wali songo akan diungkap lebih terperinci dibawah ini.

Ziarah Makam Sunan Ampel, Foto: sufitube.blogspot.com

Melakukan Perjalanan Religi Makam Sunan Ampel

Makam Sunan Ampel terletak dikawasan  makam belakang Masjid Ampel. Untuk dapat mencapai makam, Anda harus melintasi jalan di samping masjid dan 3 gapura. Penjaga makam pernah mengingatkan kepada peziarah untuk tidak mengmbil gambar makam sunan ampel.

Namun, banyak sekali beredar foto dan gambar makam sunan ampel di internet. Suasana di areal Makam Sunan Ampel mirip dengan areal masjid pada umumnya yaitu bersih dan tertata rapi meski tampak warna gapura yang telah memudar dan berlumut.

Nama gapura yang dilewati hendak ke kompleks makam sunan ampel bernama Gapuro Madep yang memiliki makna menghadap kiblat. Makam utama sunan ampel ini terletak disebuah kompleks yang sangat luas dan terdapat pula makam-makam pengikut beliau.

Salah satu pengikut beliau yang terkenal adalah Makam mbah Shonhaji yang juga populer dengan sebutan Mbah Bolong. Menurut cerita yang berkembang, dahulu saat orang-orang tidak yakin akan posisi kiblat yang ditetapkan oleh mbah Shonhaji atau mbah Bolong akhirnnya beliau melubangi dinding dengan jari.

Hasil lubangan dinding ini membuat para santri terperangah karena mereka dapat melihat langsung Ka’bah Mekah melalui celah yang telah dilubanginya. Mbah Bolang ini merupakan mantan nahkoda sebuah kapal sehingga beliau begitu fasih dalam ilmu menentukan arah, ilmu falaq atau astronomi.

Guci Air di Makam, Foto: mapio.net

Pengetahuan beliau inilah yang digunakan sebagai cara menentukan posisi arah kiblat masjid. Sebagai seorang nahkoda pastinya beliau sangat mengerti ilmu perbintangan dang menggunakannya untuk menentukan arah.

Sedangkan selanjutnya ada Gapuro Paneksen yang terletak di kawasan menuju Makam Sunan Ampel. Gapuro ini mewujudkan rukun isam esatu yaitu syahadat ‘asyhadu anla ilaaha illallah wa asyhadu anna muhammadan rasuulullah yang artinya tidak ada Tuhan melainkan Allah dan Nabi Muhammad utusan Allah’.

Selain itu, kebersihan makam selalu dijaga dan dirawat oleh juru kunci juga warga sekitar. Dalam area  makam Sunan Ampel ada pendopo sebagai tempat untu berteduh juga duduk-duduk bersantai menikmati suasana disini sedangkan halamanya sangat luas tersusun paving.

Di area ini terdapat pohon-pohon besar tumbuh rindang menaungi kawasan kompleks makam.  Menurut cerita dari penjaga makam, para peziarah sering datang ketika hari jum’at dan hari libur. Pada hari-hari tersebut tidak heran jika lokasi makam penug sesak para peziarah yang datang.

Puncak keramaian para peziarah adalah saat menjelang bulan ramadhan serta setelah ramadhan.  Para peziarah banyak juga yang menginap disini atau beri’tikaf di masjid. Anda akan melihat beberapa deretan gentong besar saat berada di dalam kompleks makam.

BacaJuga:  20 Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur Terbaru: Pantai, Air Terjun, Kebun Teh Terkenal Menarik
Kompleks Masjid dan Makam Sunan Ampel, Foto: wikimapia.org

Gentong-gentong besar tersebut berisi air yang berasal dari sumur di areal masjid ampel yang katanya terdapat kandungan tuah. Disini terdapat juga makam mbah soleh sejumlah 9 buah karena menurut sejarah beliau meninggal hingga sampai 9 kali.

Selama mbah soleh hidup, beliaulah yang bertanggung jawab sebagai penjaga kebersihan kompleks masjid ampel sehingga keadaan masjid seperti lantai dan halaman selalu dalam keadaan bersih dan rapi.

Sepeninggal mbah soleh, keadaan Masjid Ampel kurang terawat dan kotor. Pada waktu itu Sunan Ampel berkata seumpama mbah sleh masih ada pasti kondisi masjid bersih lagi. Setelah perkataan sunan yang demikian ini, menurut cerita akhirnya mbah soleh hidup.

Kejadian seperti ini terjadi berulang sampai 9 kali sehingga mbah soleh un dimakamkan sampai 9 kali juga dan tidak kembali hidup saat sepeninggal atau wafat sang sunan.

Cerita mengenai mbah soleh inilah yang kemungkinan menjadi inspirasi untuk selalu menjaga kebersihan dan merawat area kompleks masjid ampel yang memiliki alamat di daerah Semampir surabaya dan menjadi tempat ziarah di kota sby jawa timur yang sering dikunjungi.

Makam Sunan Ampel Surabaya, Foto: wisatadaily.id

Petilasan Sunan Kalijaga

Didalam area makam sunan ampel ini terdapat juga petilasan Sunan Kalijaga yang dipagar menggunakan besi dan tidak menjadi satu dengan areal  makam utama. Sunan Kalijaga merupakan salah satu wali songo yang sangat terkenal dan senang berkelana untuk melakukan syiar agama

leh karena itu dapat ditemui juga beberapa petilasan beliau bahkan ada yang di Cirebon. Ada juga petilasan Sunan Kalijaga di Gresik dan Kadilangu Demak. Tempat yang disebut paling akhir adalah makam disemayamkannya jasad sang Sunan.

Sunan Bonang merupakan putera dari Sunan Ampel, yang suatu hari telah mengubah cara hidup Raden Said yang kemudian memiliki julukan sebagai Sunan Kalijaga ini.

Istri Sunan Ampel

Makam Sunan Ampel sendiri ada dibalik sebuah pagar dan terletak didekat makam Dewi Condrowati atau memiliki sebutan Nyai Ageng Manila. Beliau ini merupakan isteri pertama Sunan Ampel dan puteri seorang Adipati bernama Tuban Arya Teja. Sunan Ampel mempunyai 5 anak dari Dewi Condrowati diantaranya:

Siti Syariah yang kemudian diperistri oleh Sunan Kudus

Siti Mutmainah yang kemudian diperistri oleh Sunan Gunung Jati

Siti Khafshah yang kemudian diperistri oleh Sunan Kalijaga

Raden Makdum Ibrahim atau Sunan Bonang)

Raden Qosim atau Sunan Drajad Sedayu

Dari Istri kedua Sunan Ampel(Dewi Karimah) dikaruniai 2 orang puteri yaitu Dewi Murthosiah yang diperistri Sunan Giri dan Dewi Murthosimah yang diperistri Raden Fatah. Sunan Ampel sepertinya lahir di Champa tahun 1401 di Champa. Namun, ada juga beberapa versi yang berbeda terkait asal usul beliau.

Pembangunan Museum Makam Sunan Ampel, Foto: khazanah.republika,co.id

Hotel Dekat Lokasi Makam Sunan Ampel

Berikut ini daftar hotel dekat dengan kawasan makam sunan ampel yang nyaman dan memiliki review customer lumayan baik, diantaranya:

Hotel Pesonna Surabaya yang berada di Jalan Benteng No. 1, Pabean Cantian Nyamplungan, Surabaya dan hanya memiliki jarak 0.5 km dari Masjid Ampel.

BacaJuga:  Lokasi Pantai Trianggulasi Banyuwangi Terletak di Taman Nasional Alas Purwo

POP! Hotel Stasiun Kota Surabaya jaraknya sekitar 1.3 km dari masjid ampel.

Arcadia Surabaya Hotel yang berjarak sekitar 1 km dari Masjid Ampel.

Hotel Majapahit Surabaya memiliki jarak sekitar 3.4 km dari Masjid Ampel.

The Hostel memiliki jarak 3.4 km dari Masjid Ampel.

Four Points By Sheraton Surabaya memiliki jarak sekitar 3.6 km dari Masjid Ampel.

Wisata Ziarah Yang Sering Dikunjungi, Foto: tempatwisatadibogor.net

Kawasan Ampel Tempo Dulu

Sejak zaman dahulu, surabay merupakan salah satu diantara kota yang memiliki pelabuhan paling besar serta menjadi pusat aktivitas dagang di wilayah  Indonesia timur. Hal tersebut nampak dari banyaknya pasar dan toko-toko disekitar area pelabuhan. Anda dapat melihat pemandangan ini di daerah Ampel Surabaya.

Daerah ini memang terkenal sebagai usat perdagangan bahkan sejak tempo dulu masa kolonial Belanda menjajah khususnya sistem perdagangan tradisional grosiran dikarenakan letak Ampel yang dekat dnegan Pelabuhan Tj. Perak.

Di foto tempo dulu kawasan pelabuhan tampak bahwa pada zaman dahulu transportasi barang memanfaatkan cikar. Ini merupakan sebuah alat transportasi yang ditarik oleh kerbau atau sapi. Daerah ini adalah area multiculture karena memang sebagai pusat kegiatan perdagangan.

Ada banyak warga pendatang yang mendiami dan bekerja di kawasan ini. Sebab ada banyak sekali penduduk yang berasal dari berbagai pelosok menjadikan adanya akulturasi budaya di kawasan ini. Hal ini juga terlihat dari gaya arsitektur bangunan yang menggambarkan latar budaya.

Untuk Anda yang gemar melakukan perjalanan wisata sejarah atau menyusuri kota-kota tua, cobalah berkunjung ke kawasan Ampel Surabaya. Ini bisa digunakan sebagai destinasi pilihan wisata merasakan suasana tempo dulu. Hingga sekarang, daerah Ampel Surabaya masih memiliki gedung-gedung tua yang kokoh berdiir peninggalan zaman kolonial.

Daerah Ampel ini sebagian besar menganut kepercayaan islam. Anda dapat melihat adanya menara-menara masjid dan orang-orang yang meneganakan pakaian muslim. Ampel Surabaya tidak hanya terkenal dengan makam sunan ampel yang memiliki mistos buah mengkudu berkhasiat untuk memiliki keturunan namun juga wisata kota tuanya.

Wisata Religi Di Makam, Foto: youtube.com

Seorang bangsawan dari Belanda yang bernama N.V. H. Van Ingen Soerabaja sekitar tahun 1920-an menerbitkan sebuah kartu pos yang menggambarkan suasana di Jl. Ampel suci yang menghadap ke arah utara menggunakan Gerbang serta Masjid Ampel sebagai latar belakangnya.

Disebelah kana dan kiri jalan nampak deretan toko-toko menjajakan berbagai keperluan ibadah dan makanan timur tengah dan penjualnya yang sedang sibuk melayani para peziarah. Tidak ada keterangan secara terperinci mengenai kartu pos yang diberi judul ‘Ampel Kesoemba’.

Kemungkinan sang pemberi judulnya ini agak kebingunan mengenai letak persis kawasan ini. Di area sebelah timur Masjid Ampel terdapat Jl. Ampel Kesumba Pasar yang menuju juga ke masjid tapi disini tidak dapat melihat gerbang dari Masjid Ampel langsung. Sedangan disisi timur masjid terdapat jalan yang juga tidak dapat melihat gerbang sama sekali.

BacaJuga:  10 Gambar Karo Adventure Banyuwangi + Harga Paket Wisata Arung Jeram / Rafting

Daerah Ampel Surabaya atau dikenal juga dengan Ngampel merupakan derah di bagian utara kota Surabaya yang sebagian penduduknya berasal dari Arab. Pusat kawasan ini berada di Masjid Ampel yang konon pembangunannya dimulai sejak 1872 yang juga merupakan bekas lahan masjid abad 15.

Masjid Ampel dirancang dengan model bangunan jawa kuno dan memiliki sebuah menara mencapai 35 m berarsiektur Arab sebelum dilakukan perbaikan di tahun 1970-an. Dibelakang masjid terdapat komplek pemakaman sunan ampel 1401-1481.

Sejuta Rasa Penasaran di Makam Sunan Ampel Surabaya, Foto: jelajah-nesia2.blogspot.com

Sunan Giri Gresik

Sunan Ampel yang makamnya selalu ramai penuh peziarah ini juga memiliki seorang murid yang juga merupakan salah satu walisongo yaitu Sunan Giri. Makam Sunan Giri Gresik berada di derah Jawa Timur juga tepatnya di Des. Blambangan Kebomas Gresik.

Ada beberapa kejadian diluar akal manusia yang terjadi kepada para walisongo yang sulit diterima oleh akal sehat namun memang nyata terjadi seperti kisah mbah soleh dan banyak lagi.

Sunan Giri berguru ke Sunan Ampel. Beliau ini menjadi gurunya dan mengetahui segala sesuatu mengenai sunan giri bahka sosok aslinya. Suatu hari, sang guru yang tidka lain adalah sunan ampel mengirimnya ke Pasai dimana ayah sunan tinggal. Sunan giri kesana ditemani sunan bonang untung bertemu ayahnya yaitu Maulana Ishaq.

Untuk Anda yang ingin berziarah ke Gresik, peta okasinya dapat dicari di google. Sedangkan dimana sunan bonang yang juga salah satu wali songo wafat adalah di bawean sedangkan makamnya terletak di Tuban. Banyak juga yang berziarah dimalam hari ada juga yanga semalam suntuk mengaji didepan pesarean bersama ayah, keluarga, teman atau sendirian.

Ramai Pengunjung, Foto: kotamini.com

Artikel tentang area makam para walisongo dan ayahnya (bapak) dari para walisongo banyak sekali serta arah menuju kesana dan juga asal usul yang melatarbelakangi makam tersebut berada. Kisah dari mbah bolong sunan ampel memang cukup terkenal karena kepiawaiannya menetukan arah.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Banyak peziarah yang berdoa disini agar segala hajat dikabulkan Allah SWT. Tidak dipungut biaya masuk sama sekali dan jam buka selama 24 jam. Sejarah berdirinya masjid ampel telah disampaikan diatas. Meskipun cerita penampakan di area makam ini lumayan santer namun tidak ada yang takut dan melanjutkan aktivitas doa kemudian minum air dari sumur.

Beberapa orang ada yang mempercayai amalan agar mendapatkan ini atau itu hingga menyalahgunakan makam-makam orang soleh termasuk sunan ampel east java sebagai tempat meminta atau bahkan sampai ke gunung. Praktek yang menyimpang dari ajaran agama ini masih memiliki banyak pengikut. Semoga saja mereka mendapatkan hidayah.

Berapa Bintang yang Pantas Untuk Tempat Diatas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.