10 Makanan Khas Australia, Meski Aneh Tapi Sangat Enak

Diposting pada

Australia adalah salah satu negara tetangga yang paling sering dikunjungi oleh orang Indonesia baik itu untuk urusan pendidikan, bisnis ataupun sekedar berwisata.

Nah, Jika Sahabat JejakPiknik dalam waktu dekat kebetulan hendak berkunjung ke negara yang berada di daratan utama benua Australia ini, jangan lupa untuk mencoba makanan khas dari tempat tersebut ya.

Bingung apa saja makanan khas Australia yang terkenal serta paling wajib dinikmati kelezatannya? Yuk, kita simak 10 daftar lengkapnya berikut ini.

1. Pavlova

Foto By dreamers.id

Jika Sahabat JejakPiknik merupakan penggemar makanan bercitarasa manis, maka kuliner khas negara Kangguru pertama yang wajib buat dicoba adalah Pavlova.

Menurut Wikipedia, Pavlova merupakan makanan yang diambil dari nama seorang Bellerian dari Rusia yakni Anna Pavlova, dimana beliau dulu pernah berkunjung ke Australia pada tahun 1920.

Pavlova sendiri bahan utamanya terbuat dari tepung jagung, cuka serta vanila yang kemudian diberi topping aneka macam buah seperti berry, jeruk, mangga ataupun kiwi.

Namun sebelum ditaburi toppingpavlova terlebih dahulu dilapisi cream sehingga rasanya sangat manis. Kudapan ini biasanya disajikan sebagai menu penutup oleh masyarakat Australia.

Bila ingin mencicipinya, Ester’s Pavlova di 46-52 Meagher St, Chippendale, Sydney adalah tempatnya. Soal harga masih sangat terjangkau yakni sekitar A$2,30 atau 22 ribuan per porsinya.

2. Vegemite

Foto By food.detik.com

Setelah Pavlova, menu khas Australia selanjutnya yang juga patut buat dicicip adalah Vegemite, salah satu jenis selai berwarna kehitaman berbahan dasar ragi, garam dan mineral.

BacaJuga:  10 Rekomendasi Oleh Oleh Dari Hongkong Ini Wajib Masuk Kedalam Shopping Listmu

Vegemite ini memiliki ciri rasa cukup khas yakni perpaduan asin dan sedikit pahit sehingga membuat selai tersebut begitu disukai oleh masyarakat Australia.

Untuk penyajiannya, vegemite biasanya dioleskan ke atas roti panggang dengan sedikit mentega. Namun disamping menjadi selai, terkadang juga dibuat sebagai penambah rasa pada masakan sup.

Vegemite sendiri banyak dijual di supermarket ataupun toko-toko bakery dan biasanya dibanderol sekitar A$5 atau 50 ribuan saja.

3. Lamington

Foto By gotravelly.com

Dan makanan khas Australia selanjutnya adalah Lamington, salah satu kuliner tradisional berwujud kue bolu spons berbentuk persegi yang dilapisi saus cokelat serta ditaburi parutan kelapa di seluruh permukaannya.

Selain itu, ditengah kue ini biasanya diberi selai atau krim untuk menambah rasa nikmatnya. Dan lamington sendiri kerap dijadikan sebagai pendamping minuman hangat.

Bagi yang hendak mencicipinya tidak perlu khawatir karena kue ini selalu ada di setiap bakery atau supermarket di seluruh kota di Australia baik di Melbourne, Sidney ataupun Perth. Dan harganya hanya sekitar A$2,90 atau 29 ribuan saja.

4. The Lot

Foto By enterprenursquad.id

Dilihat dari gambar ataupun foto, The lot ini bentuknya sangat mirip dengan burger makanan khas Amerika, bedanya hanya dari isinya saja.

Jika burger pada umumnya berisi selada, tomat, daging serta keju namun The Lot masih diberi beberapa bahan lain yaitu beetroot atau akar bit dan irisan nanas.

Untuk mendapatkan kuliner ini bukanlah sulit, karena banyak tempat makan di sekitar Australia yang menjualnya dan harganya pun hanya berkisar A$7-A$13 atau sekitar 60-120 ribuan saja.

5. Meat Pie

Foto By gotravelly.com

Nah, bila pada umumnya pie di yang sering kita nikmati diisi dengan buah, kacang atau susu namun berbeda di Australia dimana isiannya adalah daging.

BacaJuga:  Short Escape Ke Malaysia Bareng Temen? Cek Rincian Budget Liburannya Disini!

Selain itu ukuran dari pie Australia ini juga lebih kecil sebesar cupcake dan diisi padat dengan daging cincang, keju serta jamur.

Dan meat pie sendiri kerap dijadikan sebagai menu makan malam oleh orang Australia dan biasanya disajikan bersama kentang tumbuk serta gravy(saus kental berbahan dasar kaldu).

Meat Pie  ini juga sangat mudah ditemukan di Pub, bakery, supermarket ataupun toko kelontong. Dan untuk harganya pun bervariasi mulai dari A$5-A$11 atau 49-100 ribuan.

6. Pie Floater 

Foto By gotravelly.com

Dari segi penampilan, kuliner pie floter memang tampak aneh dan unik karena dibuat asal-asalan. Tak heran banyak wisatawan asing ragu untuk mencicipi makanan khas Australia satu ini.

Tidak seperti meat pie, kuliner tersebut bentuknya berupa sup kacang polong yang dibuat sangat kental lalu diatasnya diberi pie daging serta saus tomat. Bagi orang Australia menu ini biasanya dibuat untuk menyembuhkan rasa mabuk dari alkohol.

Penasaran rasanya? Nah, untuk mencobanya silahkan datang ke Agent Go Go di 46A Semaphore Rd, Adelaide. Di pastry tersebut harga pie floater hanya berkisar A$5 atau 49 ribuan saja.

7. Daging Kangguru 

Foto By lifestyle.okezone.com

Meski merupakan simbol negara tapi kangguru juga merupakan salah satu daging yang paling banyak diminati oleh masyarakat Australia karena mengandung protein tinggi sama seperti sapi, babi atau koala

Daging kangguru tersebut diolah dengan bumbu khas lalu dikemas rapi dan banyak dijual di super market dengan harga sekitar A$26 atau 250 ribuan per kilonya.

8. Baramundi

Foto By gotravelly.com

Kuliner selanjutnya ini bahan dasarnya terbuat dari Barramundi , salah satu ikan sungai bersisik besar yang hidup di Australia.

Menurut resepnya, cara membuat kuliner ini sangat mudah karena tidak membutuhkan banyak bumbu hanya perlu merica, garam serta perasan jeruk lemon.

BacaJuga:  6 Titik Lokasi Perayaan Tahun Baru di Paris, Cantik dan Penuh Kemeriahan

Menu baramundi sendiri selalu ada di setiap restoran di Australia dan untuk harganya kita hanya perlu merogoh kocek sekitar A$14 atau 130 ribuan per kilonya.

9. Biskuit Anzac

Foto By journal.sociolla.com

Makanan ringan bernama Biskuit Anzac ini adalah salah satu jenis kue terbuat dari adonan telur, oat, tepung, gula, mentega, baking soda, air panas, golden syrup dan parutan kelapa.

Anzac sendiri merupakan singkatan dari Australian and New Zealand Army Corps. Tak heran jika kudapan orang barat satu ini lebih dikenal dengan biskuit tentara.

Dan biskuit tersebut pun banyak ditemukan di bakery ataupun supermaket di Australia. Soal harga hanya dipatok sekitar A$1,50 atau 14 ribuan saja.

10. Sausage Roll

Foto By sajiansedap.grid.id

Sausage roll adalah jenis makanan ala barat yang terbuat dari sosis kemudian dibungkus roti lalu ditambah irisan bawang bombay serta saus.

Kuliner ini sangat mudah ditemukan karena hampir setiap bakery atau pastry di negara Australia menjualnya dan harganya pun cukup murah hanya berkisar A$3,75 atau 37 ribuan saja.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.