10 Makanan Khas Banjarmasin Yang Menggugah Selera

Diposting pada
10 Makanan Khas Banjarmasin Yang Menggugah Selera
5 (100%) 1 vote[s]

Banjarmasin tak hanya dikenal sebagai ibukota dari provinsi Kalimantan Selatan saja, namun daerah terpadat di luar pulau Jawa ini juga cukup populer dengan sebutan “kota Seribu Sungai”.

Selain menyuguhkan sejarah unik serta keindahan panorama seribu sungai, kota Banjarmasin ini juga mempunyai sederet makanan khas yang terkenal  enak dan sangat menggugah selera.

Nah, untuk Sahabat JejakPiknik yang belum mengenal apa saja makanan khas Banjarmasin, yuk kita simak beberapa daftar menu dari Kota Seribu Sungai berikut lengkap beserta dengan penjelasannya.

1.Soto Banjar

Foto By merdeka.com

Berkunjung ke Banjarmasin, belum lengkap rasanya bila kita tidak mencoba langsung kuliner khas yang paling terkenal dari kota ini yaitu soto banjar.

Soto Banjar adalah salah satu jenis makanan tradisional yang menjadi ciri khas kota Banjarmasin. Kuliner tersebut bahannya terbuat dari olahan daging ayam dengan resep aneka macam bumbu.

Untuk cara membuatnya termasuk sangat mudah, dimana seporsi soto banjar tersebut suwiran ayam dikombinasikan dengan potongan lontong serta tambahan telur asin dan kayu manis.

Dan satu tempat paling populer akan menu ini di Banjarmasin adalah Soto Banjar Bang Amat di jalan Pangeran Antasari No.18. Di warung makan dekat sungai Martapura tersebut harga seporsi sotonya hanya dibanderol sekitar Rp.23.000 saja.

Dan kuliner yang paling terkenal dari Banjarmasin ini pun kini sudah mulai dijajakan dibeberapa kota lain di Indonesia seperti di Jogja, Jakarta, Bandung hingga Bogor.

2.Nasi Kuning

Foto By telusuri.id

Nama makanan khas Banjarmasin selanjutnya yang patut dicicipi adalah nasi kuning. Bila dilihat dari gambar atau foto, kuliner ini tidak jauh berbeda dari sajian pada umumnya hanya saja tidak diberi daun salam melainkan pandan.

BacaJuga:  10 Pantai Yang Terkenal Indah di Kalimantan

Disamping itu, bahan utama yang digunakan untuk hidangan ini bukanlah beras perah  melainkan pulen. Dan untuk pewarnaannya sendiri masih sangat alami yakni menggunakan kunyit.

Bagi yang ingin mencicipinya, satu tempat paling top akan citarasanya adalah Nasi Kuning Cempaka di jln.S.Parman. Disini, seporsi menu tersebut dibanderol kisaran 14 hingga 20 ribu saja, tergantung dari lauknya.

3.Sop Mutiara

Foto By cookpad.com

Mendengar nama makanan satu ini, mungkin banyak orang berpikir bahwa bahan utamanya terbuat dari mutiara, namun pada kenyataannya bukanlah demikian.

Sop mutiara tersebut adalah sejenis masakan tradisional berbahan dasar olahan daging ayam yang digiling halus dan dibentuk bulat kecil menyerupai bakso.

Yang membuatnya lebih unik lagi, kuah dari sop mutiara ini tidak terbuat dari santan melainkan susu serta aneka kumpulan rempah pilihan seperti pala dan bawang merah juga bawang putih.

Penasaran? Nah, bagi yang ingin mencicipi bisa datang ke Depot Sop Mutiara Kirana di Jln.A.Yani, Kertak Hanyar, Banjar, Kalsel. Kedai ini buka mulai pukul 11.00-18.00 dan mengenai harganya, hanya dibanderol sekitar Rp.15.000 seporsinya.

4.Cacapan Asam

Foto By tribunnews.com

Kuliner khas Banjarmasin lainnya yang patut buat dicoba adalah cacapan asam, salah satu makanan nikmat berwujud sambal dengan citarasa pedas, asam dan juga asin.

Penganan cacapan ini bahannya terbuat dari kumpulan rempah seperti cabai rawit, bawang merah, asam jawa dan buah-buahan segar yang asam serta terasi.

Bagi masyarakat Banjarmasin, cacapan asam ini biasanya dijadikan sebagai sambal pelengkap untuk menu yang digoreng ataupun dibakar.

Menu pendamping ini tidak dijual di warung makan manapun, namun begitu sambal tersebut bisa Sahabat JejakPiknik temukan di rumah-rumah warga Banjarmasin.

5.Amparan Tatak

Foto By suara.com

Kuliner dari Banjarmasin berikutnya adalah amparan tatak, salah satu sajian kue bercitarasa manis yang terbuat dari campuran santan serta tepung beras dengan isian pisang atau nangka.

BacaJuga:  10 Tempat Nongkrong Paling Asik di Banjarmasin, Millennials Banget!

Untuk membuat atau memasak kue ini tergolong cukup mudah, dimana semua bahan dicampur lalu dimasak selama 1-1½  jam. Selain menjadi menu pembuka, penganan tersebut pun cocok dijadikan hidangan penutup dan tentunya juga pas buat dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Kue ini banyak dijual di pasar tradisional di kota Banjarmasin dan untuk harganya hanya dibanderol sekitar Rp.11.000-Rp.15.000/potong, sementara seloyang berkisar 180 ribuan.

6.Mandai

Foto By travel.tribunnews.com

Menurut Wikipedia, mandai ini merupakan salah satu jenis lauk alternatif dari Kalimantan Selatan berbahan dasar kulit cempedak yang digoreng sampai kering.

Namun sebelum digoreng kering ataupun dibakar , kulit cempedak ini terlebih dahulu diawetkan menggunakan garam dalam waktu lama agar citarasanya semakin enak.

Bagi yang ingin mendapatkannya, bisa membelinya di Pusat Oleh-oleh Galuh Banjar di jln.S.Parman, Banjarmasin. Di lapak ini, mandai hanya dihargai sekitar Rp.15.000/bungkusnya.

7.Laksa

Foto By cookpad.com

Kuliner selanjutnya ada laksa, salah satu hidangan tradisional yang terbuat dari tepung beras dan siraman kuah santan kental gurih.

Hidangan satu ini citarasanya sangat nikmat apalagi jika ditambahkan isian ikan gabus kedalam. Dan bisa dijamin, Sahabat JejakPiknik akan ketagihan ingin mencicipinya lagi.

Berbicara soal citarasa, laksa Arabaya di pasar Pujasera, Barabai adalah tempat paling cocok buat menikmatinya. Warung ini buka mulai pukul 11.00 WITA. Dan disini, seporsi laksanya hanya dihargai sekitar Rp.10.000-Rp.15.000 saja.

8.Buras

Foto By idntimes.com

Buras adalah makanan khas Banjarmasin yang mirip dengan lontong ataupun ketupat. Kuliner ini terbuat dari beras dan biasanya paling nikmat bila disajikan bersama telur pindang ataupun sayuran.

Buras sendiri biasanya banyak ditemui di depot-depot soto di sekitar kota Banjarmasin. Mengenai harganya, masih sangat ramah dikantong.

9.Sunduk Lawang

Foto By cookpad.com

Sunduk lawang sebenarnya merupakan makanan khas kota Pontianak namun jajanan tradisional ini juga banyak ditemukan di Banjarmasin.

BacaJuga:  5 Tempat Sewa Kamera Banjarmasin, Rental Mulai Rp.30.000

Sunduk lawang terbuat dari tepung beras dan gula pasir, sekilas penganan ringan ini bentuknya mirip sekali dengan lemper, yang membedakannya adalah ukurannya lebih panjang.

Kue ini banyak dijual di sekitar jalan Pangeran Antasari dan biasanya harganya dibanderol hanya kisaran Rp.1.000/bijinya.

10.Ipau

Foto By cookpad.com

Terakhir ada Ipau, sejenis fastfood yang kerap disebut pizza ala Banjar berbentuk bulat bundar dan terdapat taburan daging diatasnya. Kue bernuansa khas Arab ini sangat lezat bila dipadukan bersama dengan guyuran santan.

Kue ipau sendiri banyak ditemukan di Jln.RE.Martadinata, tepatnya di depan Balaikota Banjarmasin dan mengenai harganya, biasanya dibanderol kisaran Rp.50.000-Rp.80.000/loyangnya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.