10 Makanan Khas Batak Yang Pantang Untuk Dilewatkan

Diposting pada

Indonesia memang sangat terkenal sebagai salah satu negara yang kaya akan suku dan kebudayaan, tak heran jika kedua hal ini pun menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Dan dari sekian banyaknya suku di Indonesia, Batak adalah salah satu paling populer  dari provinsi Sumatera Utara yang tidak hanya tersebar di Jakarta, Bandung, Makassar, Jogja atau Bali saja tetapi juga sudah sampai ke luar negeri.

Suku ini terdiri dari Batak Toba, Simalungun, Pakpak, Karo, Angkola serta Mandailing dari Tapsel. Dan keberagaman tersebut membuatnya mempunyai banyak sekali aneka macam kuliner yang enak.

Dan berikut  JejakPiknik telah sajikan ulasan tentang makanan khas Batak secara lengkap mulai dari nama menunya, resepnya, penjelasannya, cara membuatnya beserta dengan keunikannya.

1.Arsik

Foto By tokopedia.com

Kuliner pertama yang menjadi ciri dari tanah Batak adalah arsik, salah satu jenis masakan tradisional terlezat berbahan dasar ikan mas atau gurame.

Menurut keterangannya budaya orang Batak, masakan  arsik adalah salah satu menu hidangan yang wajib ada saat pesta pernikahan ataupun acara adat lainnya.

Kuliner tersebut  memiliki citarasa sangat unik karena dimasak menggunakan resep bumbu pilihan khas Batak seperti andaliman serta asam cikala untuk memberi rasa pedas pada menunya.

Makanan halal ini sangat mudah ditemukan  di rumah-rumah makan khas Batak di kawasan pesisir Pulau Samosir  dan untuk harganya cukup bervariasi, mulai dari Rp.10.000-Rp.50.000/porsi.

2.Saksang/Sangsang

Foto By guaorangbatak.blogspot.com

Makanan khas Batak selanjutnya adalah saksang, hidangan ini bahannya terbuat dari daging anjing, babi ataupun kerbau yang dimasak dengan lumuran darah.

Kuliner ini juga citarasanya sangat unik karena dimasak dengan bumbu khas seperti  andaliman, jahe, merica, lengkuas, ketumbar, jeruk purut, kunyit, daun salam dan santan.

Selain kerap disajikan sebagai hidangan pesta adat, saksang juga banyak dijual di lapo-lapo di daerah Samosir dan sekitarnya. Mengenai harganya biasanya dibanderol kisaran Rp.10.000-Rp.50.000/porsi.

3.Ombus-Ombus

Foto By takaitu.id

Kuliner  khas Batak lainnya yang terkenal adalah ombus-ombus, sejenis makanan ringan terbuat dari tepung dan dibagian tengahnya diberi gula merah lalu dibungkus dengan daun bambu.

Kue berukuran bulat kecil ini adalah salah satu menu sarapan favorit masyarakat Batak yang sangat enak dimakan dalam keadaan hangat sembari ditemani minuman hangat.

Kudapan ini paling mudah ditemukan di pagi hari dan biasanya dijajakan oleh  pedangan keliling di daerah Toba Samosir. Soal harga, hanya sekitar Rp.1.000-Rp.1.500 saja per bijinya.

4.Naniura

Foto By id.wikipedia.org

Naniura adalah salah satu penganan berasal dari Tanah Batak yang terbuat dari ikan mas dan konon katanya, kuliner ini dahuluhanya disajikan khusus untuk raja saja.

Disamping kenikmatannya, cara membuat kuliner ini pun cukup unik dimana ikannya tidak dimasak menggunakan api melainkan hanya diendapkan selama 4-5 jam bersama bumbu rempah-rempah  yang telah diberi banyak asam untuk memasaknya.

Kuliner tersebut paling muda didapatkan di warung-warung makan khas Batak di sekitar kawasan Samosir dan sekitarnya, soal harganya bisa dikatakan ramah dikantong.

5.Natinombur

Foto By pesona.travel

Kuliner khas Batak selanjutnya ada natinombur, salah satu jenis penganan paling sederhana namun bercitarasa sangat lezat dan bahan dasarnya hanya terbuat dari ikan bisa nila, gurame ataupun lele.

Untuk membuat natinombur bisa dibilang tidak sulit dimana ikan dibakar sampai matang  kemudian disajikan dengan sambal cocolan yang diracik dari rempah-rempah pilihan seperti andaliman.

Penganan ini juga sangat mudah di temukan di rumah-rumah makan khas Batak di sekitar kawasan Danau Toba ataupun Samosir. Untuk harganya biasanya dipatok mulai Rp.25.000-Rp.50.000/porsi.

6.Manuk Napinadar

Foto By dapurmamakita.blogspot.com

Dalam bahasa Indonesia, manuk napinadar diartikan sebagai masakan ayam yang telah dibakar dan diberi bumbu kemudian dicampur dengan darah segar dari ayam itu sendiri.

Soal rasa, manuk napinadar tak perlu diragukan lagi, citarasa pedas dan gurihnya akan membuat kita semakin ketagihan. Kuliner tradisional ini juga biasanya disajikan untuk acara tertentu.

Untuk menikmatinya, kuliner ini bisa ditemui di warung-warung makan khas Batak di Samosir dan sekitarnya. Meski sedikit agak mahal tapi Sahabat JejakPiknik tidak akan kecewa mencicipinya.

7.Babi Panggang Karo(BPK)

Foto By tutoba.com

Nah, kuliner khas Batak ini tidak baik untuk dikonsumsi masyarakat beragama islam karena makanan non-halal tersebut bahan dasarnya terbuat dari olahan daging babi.

Penganan yang berasal dari Batak Karo ini cara membuatnya cukup mudah dimana daging babi dipanggang lalu disajikan bersama bumbu khusus terbuat dari aneka rempah pilihan.

Menu ini paling banyak ditemukan di warung makan di daerah Karo seperti Berastagi dan Kabanjahe. Mengenai harganya cukup variatif, mulai dari Rp.15.000-Rp.30.000/porsinya.

8.Lappet

Foto By ceritamedan.com

Bila dilihat dari gambar atau foto, makanan ringan berwujud kue bernama lappet ini tekstur dan juga rasanya tidak jauh beda dari ombus-ombus.

Bedanya, ombus-ombus bentuknya bulat lalu dibungkus daun bambu sementara lappet berbentuk segitiga dan dibalut daun pisang. Penganan ini cocok untuk dijadikan sarapan pagi atau sebagai menu pembuka.

Dan lappet biasanya dijajakan pagi hari oleh pedagang keliling di sekitar kawasan Pulau Samosir. Soal harganya, pada umumnya dibanderol Rp.1.000/bijinya.

9.Terites

Foto By tobatabo.com

Terites adalah salah satu makanan Batak Karo yang terbuat dari isi perut(kotoran) sapi, rusa, kerbau atau kambing dan kemudian dimasak bersama santan serta rempah-rempah.

Penasaran? Nah, salah satu tempat terbaik untuk menikmatinya adalah RM.699 di Jln.Jamin Ginting Gg.Purba No.14, Padang Bulan, Medan. Di rumah makan khas Batak ini harga terites seporsi hanya dibanderol sekitar Rp.35.000 saja.

10.Itak Gurgur

Foto By travelingyuk.com

Selanjutnya ada itak gurgur, salah satu kue tradisional khas Batak yang biasa disajikan pada acara-acara tertentu dan dibuat dengan bahan sama seperti pembuatan lappet.

Untuk pembuatannya cukup unik dimana beras ditumbuk sampai halus bersama kelapa dan gula kemudian dibentuk dengan cara digenggam.

Namun cukup disayangkan, itak ini keberadaannya cukup langka jadi untuk bisa menikmatinya hanya di saat-saat tertentu saja seperti pesta adat atau acara Batak lainnya.

Nah, selain daftar diatas, masih ada banyak lagi contoh makanan khas Batak lainnya yang rasanya enak dan wajib buat dicoba seperti tipa-tipa, ayam gota, babi kecap, ayam holat atau bubur hare.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.