12 Makanan Khas Bogor dan Spot Terbaik Untuk Menikmatinya

Diposting pada

Jika ditanya mengenai makanan apa yang identik dengan Bogor, mungkin kita akan menyebutkan asinan, benar? Yup, jawaban sangat lumrah karena penganan satu ini memang begitu terkenal di dunia kuliner Indonesia.

Namun, pada nyatanya makanan khas Bogor variasinya cukup banyak. Hampir semua citarasa ada di kota hujan ini baik itu yang manis, asin, gurih, pedas hingga asam. 

Nah, dengan kehadiran  aneka macam kuliner enak  tersebut menjadikan kota Bogor  layak masuk dalam rencana wisata berikutnya.

Lalu, apa saja sih makanan khas Bogor yang wajib untuk dicoba? Pada artikel berikut ini JejakPiknik telah  mengulas tentang beberapa kumpulan menunya.

1. Doclang

Foto By baksomisterius.com

Nama makanan khas Bogor pertama yang wajib buat dicoba adalah doclang, salah satu jenis kuliner enak dengan isian pesor(sejenis ketupat), irisan tahu, kentang rebus, bumbu kacang dan lainnya.

Sekilas dilihat dari gambar atau foto, doclang ini mirip dengan kupat tahu maupun lontong sayur  bedanya, bihun serta taugenya diganti kentang dan telur rebus.

Dan salah satu tempat terbaik buat menikmati doclang ini adalah warung Pak Odik di jln.Pasir Kuda  sebelum pintu masuk Kebun Raya Residence.

Di lokasi milik pak Odik ini,citarasa doclangnya sangat menggugah selera. Didukung dengan harga yang terjangkau mulai 8-10 ribu seporsi membuatnya selalu antri akan pembeli.

2. Toge Goreng

Foto By ncc-indonesia.com

Sesuai dengan namanya, bahan utama dari kuliner nabati  ini memanglah sayur toge. Meski menu termasuk penganan sederhana tapi makanan ini memiliki citarasa sangat gurih karena menggunakan resep bumbu khusus.

Namun  untuk cara pembuatannya tidaklah toge tidak digoreng melainkan hanya direbus lalu dicampur dengan mie kuning serta tahu goreng kemudian diberi bumbu oncom, tauco dan kecap.

BacaJuga:  10 Gambar Pondok Zidane Depok, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup, Villa di Sekitar + Nomer Telepon

Untuk menikmati menu ini, Toge Goreng Haji Omah di Jln.Jend. Sudirman No.23A, Pabaton, Sempur, Kabupaten Bogor Tengah, Jawa Barat adalah tempatnya.

Rumah makan legendaris milik Haji Omah ini sudah buka sejak 1970-an. Selain menyajikan rasa yang nikmat, sepinggan menu tersebut juga dijual murah hanya Rp.15.000.

3. Cungkring

Foto By priangansari.co.id

Diberi nama demikian bukan merujuk pada postur tubuh seseorang, tapi karena di dalam bahasa Sunda, kata cungkring itu artinya adalah kikil sapi.

Menurut resepnya, untuk membuat penganan tradisional ini dibutuhkan potongan kikil serta bagian kepala sapi yang telah dimasak dengan bumbu kuning.

Masakan berbahan dasar hewani ini memiliki ciri yang sama dengan sate dan sangat cocok untuk dikombinasikan bersama nasi putih serta parutan kelapa.

Tertarik ingin mencoba? Nah, Cungkring Pak Jumat di Jln.Surya Kencana No.285, Pasar Babakan, Kab. Bogor Tengah adalah tempat paling pas buat menikmatinya. Selain enak, harga makanan berat ini juga dibanderol hanya Rp.15.000 saja.

4. Asinan

Foto By magazine.job-like.com

Berlibur ke kota Hujan belum lengkap rasanya bila kita tidak mencicipi langsung makanan khas Bogor yang dikenal dengan nama asinan ini.

Sama seperti Banjarmasin, asinan yang kerap dijadikan menu pembuka atau penutup ini merupakan sejenis kuliner perpaduan antara budaya asli Bogor dan Tionghoa.

Kuliner enak tersebut jenisnya ada tiga yaitu asinan buah segar, sayur serta campuran keduanya. Dan menu ini sangat enak dimakan baik ketika siang ataupun malam hari.

Dan salah satu spot terbaik untuk menikmatinya adalah Asinan Gedung Dalam di jalan Siliwangi No.27C, Sukasari, kab.Bogor Timur. Dengan bermodalkan 20 ribu saja kita sudah bisa menikmati satu porsi asinannya yang enak.

5. Talas

Foto By bogorraincake.com

Sebagai ikon kuliner di kota Hujan, talas adalah salah satu makanan yang paling wajib buat Sahabat JejakPiknik santap saat sedang berkunjung ke Bogor ini. 

Merujuk pada Wikipedia, sejarah talas Bogor berupa tumbuhan umbi-umbian ini diduga berasal dari Asia Tenggara dan diperkirakan sudah dibudidayakan sejak aman purba.

Talas ini adalah salah satu contoh bahan makanan tahan lama yang bisa diolah dengan cara dikukus untuk dijadikan sebagai cemilan berwujud kue brownies.

Penganan tersebut dapat dengan sangat mudah ditemukan di pusat oleh-oleh ataupun di toko-toko online dan soal harga produk, cukup variatif hanya kisaran Rp.30.000-Rp.50.000/kotaknya.

6. Laksa

Foto By pontianak.tribunnews.com

Makanan khas kota Hujan ini hampir mirip dengan laksa dari Betawi namun dengan sedikit sentuhan unik dimana kalau di Bogor penganan tersebut tidak menggunakan mie dan diberi oncom. 

Meski teksturnya sedikit kasar karena diberi kelapa, tapi citarasa laksa khas Bogor ini tetap enak dan gurih apalagi jika disajikan bersama tahu kuning, telur rebus serta taburan serundeng.

Dan Laksa Pak Inin yang berlokasi di Jln.Palasari, Cijeruk, Bogor adalah tempat paling top buat kita menikmati citarasa terenak. Mengenai harga, hanya diperlukan budget sekitar Rp.10.000 saja.

7. Gepuk Karuhun

Foto By tribunnews.com

Menurut sejarah, gepuk karuhun ini dulunya merupakan salah satu menu yang wajib disediakan buat masyarakat kelas atas oleh suku Sunda. 

Dinamakan gepuk karena untuk membuatnya daging sapi dipukul-pukul sampai teksturnya empuk kemudian diungkep bersama bumbu lalu digoreng hingga kering sebelum disajikan.

Dan di kota Bogor, salah satu penjual penganan ini yang cukup terkenal adalah Gepuk Karuhun di jln. Raya Sukasari I No.12A, Semplak. 

Awalnya tempat tersebut merupakan restoran namun kini telah berubah menjadi satu perusahaan dan disini harga gepuk biasanya dibanderol kisaran Rp.130.000 saja. 

8. Roti Unyil

Foto By bangdzul.com

Dinamakan roti unyil, karena oleh-oleh khas Bogor berwujud makanan ringan ini bentuknya sangat kecil dan dapat dinikmati hanya dengan sekali lahap saja.

BacaJuga:  10 Rekresasi Wisata Air Kolam Renang Unggulan di Cirebon

Rasanya yang lezat, tak hanya cocok untuk dijadikan camilan menemani minuman segar seperti es pala tapi roti unyil ini juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh buat keluarga di rumah.

Untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik bisa membelinya di toko bakery Venus baik di Pajajaran No.01, Sukasari atau di Siliwangi No.27E. Soal harga cukup ekonomis hanya berkisar Rp.1.500 saja.

9. Seblak

Foto By Fimela.com

Tak hanya di Bandung, di Bogor juga banyak dijumpai seblak, salah satu makanan khas Sunda yang terbuat dari kerupuk basah dan dimasak dengan sayuran dan sumber protein  seperti boga bahari.

Makanan bertekstur kenyal ini memiliki citarasa pedas, membuatnya menjadi santapan paling pas buat  menemani cuaca dingin khas Puncak baik saat pagi atau malam hari.

Dan salah satu tempat paling hits akan kuliner ini adalah seblak Umi di sekitar area kampus Pakuan. Hanya dengan bermodalkan 7-16 ribu saja, kita sudah dapat menikmati menu enak tersebut.

10. Bolu Lapis Sangkuriang

Foto By anekatempatwisata.com

Bolu lapis sangkuriang adalah salah satu cara terbaru untuk menikmati talas Bogor. Kudapan nikmat berwujud kue ini diolah sedemikian rupa kemudian diberi beraneka macam topping.

Kue ini sudah tersebar di toko-toko bakery di setiap sudut kota Bogor mulai dari Cibinong hingga ke Cileungsi. Sahabat JejakPiknik tinggal memilih tempat terdekat saja dan untuk harganya dibanderol hanya kisaran Rp.28.000-Rp.33.000/kotak.

11. Soto Mie

Foto By resep-masakan-spesial.blogspot.com

Nah, jika Sahabat JejakPiknik kebetulan berada di dekat stasiun Bogor, tak ada salahnya mampir sebentar untuk mencicipi soto mie khas kota Hujan.

Soto mie khas Bogor ini rasanya sangat nikmat karena seporsinya diisi dengan mie kuning, bihun, daging sapi, jeroan serta risol dan siraman kuah kaldu kental.

BacaJuga:  10 Gambar Taman Labirin di Bandung Indonesia + Tiket Masuk Lokasi Wisata

Untuk menikmatinya, warung Mang Ohim di jln.Cimanggu Raya No.22, Kedung Waringin adalah spot terdekat dari stasiun yang bisa dikunjungi. Lapak ini sudah sangat populer karena selain enak harga seporsinya juga murah hanya Rp.15.000 saja.

12. Pia

Foto By ksmtour.com

Pia tak hanya terkenal Jogja, di Bogor kue ini juga cukup populer. Penganan tersebut kerap dibeli untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Untuk mendapatkannya, Papapia di Jln.Dalurung I No.16,Bantarjati, Bogor adalah tempat paling pas buat dituju. Disini, satu box pia-nya dibanderol hanya sekitar 25-30 ribu saja. Murah kan?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.