10 Makanan Khas Gresik Ini Siap Menggoyang Lidahmu

Diposting pada
Rate this post

Berlibur ke Gresik dan merasakan makanan khas daerah tersebut pasti akan menjadi agenda yang paling menyenangkan. Selain dapat mengisi perut, kita juga dapat merasakan keunikan kuliner enak dari sana.

Nah, bila Sahabat JejakPiknik kebetulan berkunjung ke Gresik, Jawa Timur, maka sempatkanlah barang sebentar untuk mencoba aneka hidangan kuliner yang ada di kota tersebut.

Bingung apa saja makanan khas Gresik yang patut buat dicoba? Nah, pada artikel kali ini JejakPiknik akan  mengulas tentang macam-macam kulinernya lengkap beserta resepnya, penjelasannya, sejarah hingga cara pembuatannya.

1.Jubung

Foto By idntimes.com

Makanan khas Gresik yang dikenal dengan nama jubung ini adalah salah satu kuliner paling wajib buat dicoba. Penganan sejenis cemilan ringan tersebut terbuat dari ketan hitam dan taburan wijen.

Meskipun sudah mudah ditemukan di berbagai kota, tapi jubung khas Gresik tersebut memiliki citarasa lebih enak,  hal ini dikarenakan penganannya dibungkus menggunakan kulit pohon pinang.

Jajanan tradisional  mirip jenang ini sangat mudah ditemukan disepanjang jalanan kota Gresik dan salah satu tempat paling recommended adalah Jenang Jubung Mutiara Rasa Pak Temon di Jln.KH. Abdul Karim No.07, Trate, Pekelingan, Kecamatan Gresik.

Toko oleh-oleh ini buka mulai pukul 08.00-18.00 dan mengenai harga jubung , hanya dibanderol sekitar Rp.8.000/bungkusnya.

2.Bonggolan

Foto By lifestyle.okezone.com

Berikutnya ada Bonggolan, makanan satu ini termasuk salah satu contoh penganan unik dengan ciri-ciri dibungkus daun pisang dan bentuknya bulat memanjang.

Menurut resep, bonggolan ini bahan dasarnya terbuat dari daging ikan yang kemudian dibalut dengan menggunakan adonan tepung kanji.

Untuk membuat bonggolan bisa dibilang cukup mudah, dimana adonan tepung kanji dicampur terlebih dahulu dengan bumbu serta penyedap rasa, setelah itu dibalut ke daging ikan.

BacaJuga:  Jual Apa Saja Pasar Atom Mall Surabaya: Butik Dress, Wisata Kuliner + Buka Jam Berapa?

Bonggola dapat ditemukan di daerah pesisir Gresik khususnya bagian utara mulai dari Pulau Mengare, Kecamatang Bungah sampai dengan Sidayu. Dan soal harga, hanya dibanderol 6-8 ribu per bungkusnya.

3.Pudak

Foto By idntimes.com

Makanan khas Gresik lainnya adalah pudak atau ope. Kuliner ini adalah sejenis penganan berwujud kue yang rasanya sudah dijamin sangat enak dan pasti akan membuat ketagihan.

Kudapan ini terbuat dari santan kelapa, gula jawa serta tepung beras. Untuk membuatnya terbilang  cukup mudah dimana adonan dicampur lalu dituangkan kedalam contong, setelah itu dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus.

Tak hanya enak disantap saat masih hangat, pudak ini juga banyak dibeli orang untuk dijadikan sebagai oleh-oleh buat keluarga tercinta.

Nah, untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke toko oleh-oleh di Jln.Sindujoyo, kota Pekalongan. Di tempat ini harga pudak dijual murah sekitar Rp.15.000-Rp.20.000/renteng, dengan isian 10 bungkus.

4.Nasi Krawu

Foto By idntimes.com

Menurut masyarakat Gresik, nasi krawu ini citarasanya sangat nikmat. Ya wajar saja, penganan tersebut dimasak dengan resep bumbu khusus sehingga rasanya pun lebih istimewa.

Dan yang membuatnya lebih istimewa lagi yaitu karena seporsi nasi krawu ini diberi berbagai macam lauk tambahan seperti sambal petis, suwiran ayam, serundeng, belacan, tahu, belut, babat, paru goreng serta semur usus sapi.

Satu tempat paling pas untuk menikmatinya adalah Nasi Krawu Buk Tiban II di jalan Veteran No.118, Gresik. Di warung yang buka 24 jam ini, seporsi menu tersebut hanya dibanderol sekitar 20 ribuan saja.

Nah, kabar gembiranya buat warga Surabaya yang ingin menikmati nasi krawu, kini Buk Tiban sudah buka cabang baru loh di Jln.Prabatan, Bubutan.

5.Otak-otak Bandeng

Foto By resepmedia.com

Nah, kuliner selanjutnya ini tak hanya ditemukan di kota Sidoarjo saja, di Gresik otak-otak bandeng juga banyak ditemukan dan tentunya rasanya sedikit berbeda.

BacaJuga:  10 Gambar Bendung Gerak Sembayat Gresik, Lokasi Alamat + Waktu Pembuatan Proyek Bendungan

Otak-otak bandeng khas Gresik ini termasuk salah satu contoh oleh-oleh yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Selain rasanya enak, penganan tersebut juga dimasak tanpa bahan pengawet apapun.

Untuk mendapatkannya, bisa datang ke toko oleh-oleh Bu Muzanah di Jln.Sindujoyo No.68, Telogo Pojok 1, Lumpur, Kec.Gresik. Di lapak tersebut, otak-otak bandeng dijual hanya seharga Rp.55.000/ekornya.

6.Gempo 

Foto By matawitakuliner.blogspot.com

Sepintas dilihat dari gambar, gempo ini mirip dengan gethuk, bedanya penganan tersebut terbuat  dari kacang merah dan teksturnya pun lebih padat.

Tak hanya enak dijadikan teman menyeruput minuman segar, gempo ini juga layak buat dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk rekan atau keluarga.

Dan warung Klepon Devi di dekat Alun-alun kota Menganti adalah tempat paling tepat untuk berburu gempo enak. Mengenai harganya, kita cukup menyediakan budget sekitar 8 ribu saja.

7.Petis Bawean

Foto By bukalapak.com

Kuliner khas Gresik selanjutnya yaitu petis bawean, salah satu jenis oleh-oleh yang terbuat dari olahan ikan dan sangat cocok buat dijadikan sebagai sambal rujak ataupun teman nasi putih.

Nah, untuk mencicipinya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke warung Rujak Asriyah di ds.Pudakit Timur, Kec.Sangkapura, Pulau Bawean. Disini, harga petis lengkap dengan rujaknya dibanderol sekitar 7-10 ribu per porsinya.

8.Ayas

Foto By resepnusantara.id

Nah, ayas ini bahan utamanya tidak jauh beda dengan jubung yakni sama-sama menggunakan ketan dan taburan wijen, bedanya yang digunakan adalah ketan putih.

Kue tradisional satu ini bentuknya persegi panjang dan dibuat dengan berbagai warna menarik tetapi tetap sehat dan nikmat.

Untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke toko oleh-oleh Pudak’99’ di Jln.Veteran, kota Gresik. Soal harga ayas, dibanderol hanya kisaran Rp.8.000/bungkusnya.

9.Gulai Ubus

Foto By imgrum.pw

Berikutnya ada gulai ubus, salah satu masakan tradisional khas Gresik yang berisi daging sapi dan roti maryam serta kuah santan kental.

BacaJuga:  10 Pantai di Sumenep Ini Tak Kalah Indah Dengan Bali

Kuliner ini paling mudah ditemukan di kawasan makam Sunan Giri dan Alun-alun Gresik. Berbicara soal harga, gulai ubus ini pada umumnya dibanderol sekitar Rp.14.000/porsinya.

10.Bubur Masin

Foto By kaskus.co.id

Kuliner recommended terakhir yang layak buat dicicip dari Gresik adalah bubur masin, salah satu sajian empuk berbahan dasar tepung jagung atau maizena.

Makanan khas lebaran favorit masyarakat Gresik ini rasanya begitu nikmat, apalagi karena dicampur dengan santan dan diberi racikan bumbu khusus.

Namun sayangnya, kuliner ini termasuk makanan musiman hanya ditemukan saat menjelang lebaran saja dan tidak dijual di warung makan manapun di Gresik.

Itulah sederet makanan khas Gresik, namun selain daftar diatas, masih ada beberapa lagi kuliner lainnya yang juga patut buat dicoba seperti sate lulur lowayu Dukun dan soto jeroan dari Benjeng.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.