10 Makanan Khas Jember Yang Enak dan Paling Sayang Untuk Dilewatkan

Diposting pada

Jember yang merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur ternyata memiliki banyak sekali aneka macam kuliner enak dan layak buat dicicipi saat sedang berkunjung ke daerah tersebut.

Untuk itu, saat bertandang ke kota Jember ini tak ada salahnya dong  buat Sahabat JejakPiknik mampir barang sebentar mencoba kelezatan kuliner khas dari daerah tersebut.

Nah, Sahabat JejakPiknik bingung mau mencicipi makanan apa saja yang khas dari Jember? Tenang saja, kami sudah merangkum daftar lengkapnya, jadi jangan sampai kelewatan ya!

1.Suwar-Suwir

Foto By genpi.co

Nama menu makanan pertama yang menjadi ciri khas kota Jember dan paling wajib buat dicicipi adalah suwar-suwir, salah satu jenis penganan ringan terbuat dari campuran tape singkong serta gula.

Bila dilihat sepintas dari gambar atau foto, suwar-suwir ini mirip seperti dodol dan memiliki tekstur agak keras. Penganan tersebut dibuat dengan beragam rasa, ada kacang, strawberry, sirsak serta cokelat.

Tak hanya pantas untuk menjadi cemilan santai dengan ditemani secangkir teh, Suwar-suwir juga dapat dijadikan oleh-oleh buat teman maupun keluarga di rumah.

Cemilan ini banyak dijual di pusat oleh-oleh dan salah satunya adalah Toko Primadona di Jln.Trunojoyo No.137, Kaliwates. Mengenai harga, hanya dibanderol mulai Rp.15.000-Rp.20.000/bungkusnya.

2.Pecel Gudeg

Foto By travelingyuk.com

Pecel dan gudeg adalah 2 jenis makanan berbeda, namun di kota Jember kedua penganan tersebut telah dimodifikasi dan dikolaborasikan menjadi satu.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Teleng Ria Pacitan Jawa Timur + Harga Tiket Masuk dan Letak Lokasi-nya

Selain terdapat pecel dan gudeg, seporsi sajian menu satu ini juga dilengkapi aneka bahan pelengkap seperti daging, cecek, rempeyek serta sambal khas Jember.

Berbicara soal rasa, warung nasi gudeg Lumintu di Jln.Kertanegara No.33 Jember adalah juaranya. Walau tempatnya harus melewati gang, tapi lapak ini sangat terkenal dan selain itu, harganya juga murah hanya berkisar Rp.14.000/porsinya.

3.Proll Tape

Foto By hipwee.com

Selain suwar-suwir, masih ada satu lagi makanan khas Jember yang bahan dasarnya terbuat dari tape, namanya yaitu proll tape.

Menurut resepnya, penganan ini terbuat dari olahan tape singkong, tepung terigu, susu, margarine dan telur, sehingga tak heran jika kue tersebut memiliki rasa manis, asam serta gurih.

Proll tape tersebut juga memiliki varian rasa yang enak seperti cokelat, kismis, keju dan original. Selain cocok dijadikan buah tangan, penganan ini juga pas buat disajikan sebagai hidangan saat berkumpul bersama keluarga.

Dan oleh-oleh satu ini juga bisa Sahabat JejakPiknik dapatkan di Toko Primadona di jalan Trunojoyo No.137, Kaliwates, Jember. Soal harga, masih sangat ekonomis hanya berkisar Rp.36.000/kotaknya.

4.Pia Tape

Foto By tokopedia.com

Selanjutnya ada pia tape, aneka makanan khas Jember lainnya yang bahan dasarnya sama seperti suwar-suwir dan memiliki berbagai macam rasa seperti strawberry, pisang, cokelat serta blueberry.

Ciri dari pia tape ini adalah warnanya agak cokelat kekuningan dan tekstur kulitnya sedikit keras namun lembut dibagian dalamnya.

Nah, karena pia tape ini dapat bertahan lama, Sahabat JejakPiknik bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh buat keluarga ataupun rekan sekantor.

Pia tape sendiri banyak ditemukan di toko oleh-oleh yang ada di sekitar daerah Jember dan harganya pun dibanderol kisaran Rp.13.000-Rp.20.000/kotak, tergantung rasanya.

5.Nasi Langgi

Foto By bisnisusahaonline.com

Nah, kuliner khas Jember satu ini adalah salah satu jenis masakan tradisional yang paling wajib buat dicoba oleh Sahabat JejakPiknik.

BacaJuga:  10 Pantai di Tuban Yang Indah dan Paling Bagus

Pasalnya nasi langgi ini rasanya sangat lezat, apalagi karena ditambah daging sapi, petis, sambal goreng tempe, bumbu bali, kentang, telur asin, abon sapi, mentimun dan juga sambal khas Jember.

Untuk mencicipinya, Depot Jawa Timur di jln.Gatot Subroto No.08, Kepatihan, Kaliwates, Jember adalah tempat paling recommended. Di warung makan ini harga nasi langgi dibanderol kisaran Rp.20.000/porsi.

6.Jenang Waluh

Foto By pegimakan.id

Nah, jenang waluh ini juga adalah salah satu makanan khas Jember yang juga bisa dijadikan sebagai buah tangan buat keluarga tercinta.

Jenang waluh ini bahan dasarnya terbuat dari labu kuning dan biasanya disajikan bersama olahan ketan yang sudah dicampur dengan parutan kelapa tua. Rasanya begitu nikmat  jadi sangat recommended buat dicoba.

Penganan ini juga bisa ditemukan di Toko Oleh-oleh Primadona di jalan Trunojoyo No.137, Kaliwates, Jember. Soal harga, hanya dibanderol kisaran Rp.25.000/kotaknya.

7.Tahu Hwa

Foto By wisataria.com

Tahu Hwa adalah sejenis kuliner asal Jember berbahan dasar ampas tahu yang kemudian disajikan bersama dengan kuah jahe.

Meski rasanya agak sedikit pahit, tapi karena diberi campuran kuah jahe membuat citarasa tahu hwa ini menjadi manis dan sangat khas.

Kuliner ini biasanya dijual pake sepeda motor di POM Bensin Ahmad Yani di Jember dan harganya hanya dibanderol sekitar Rp.8.000-Rp.10.000/porsinya.

8.Sate CR

Foto By 7terbaik.com

Sate adalah salah satu sajian kuliner paling sering ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, tapi yang berasal dari Jember ini agak sedikit berbeda tentunya karena memiliki citarasa tersendiri.

kuliner yang dikenal dengan nama sate CR ini bahannya merupakan kombinasi antar daging kambing dan ayam, kemudian disiram bumbu kacang.

Tidak hanya dagingnya saja yang empuk, rasanya juga gurih. Tak heran, jika sate CR ini menjadi salah satu makanan favorit bagi masyarakat Jember.

BacaJuga:  10 Gambar Pura Agung Blambangan Banyuwangi + Sejarah Asal Usul Silsilah Kerajaan

Satu tempat paling rekomendasi untuk mencicipinya adalah Sate Kambing dan Ayam Al-huda di jalan Melati No.176, Kab.Jember. Mengenai harga sangat bersahabat yakni berkisar 25-30 ribu per porsinya.

9.Martabak Malabar

Foto By qupas.id

Nah, kuliner berikutnya ini tak jauh beda dari martabak pada umumnya yang ada di daerah lain baik dari cara membuat ataupun segi resepnya.

Hanya saja, martabak Malabar ini memiliki sisi unik lain yaitu isinya diberi daging kambing empuk dan rempah khas agar aromanya tak bau amis.

Untuk mencicipinya, silahkan datang ke Warung Martabak Malabar Achmad di pertigaan jln.Trunojoyo Jember. Harganya  biasanya dibanderol sekitar Rp.15.000-Rp.30.000 saja seporsi.

10.Sop Kuda

Foto By travel.tribunnews.com

Kuliner yang terbuat dari daging kuda ini adalah salah satu contoh makanan ekstrim khas Jember berasal dari daerah Tanggul. Meski bahannya sedikit agak seram, tapi rasanya begitu nikmat.

Penasaran? Nah, Sahabat JejakPiknik bisa mencicipinya di rumah makan Munawati di Jln.Raya Jurusan Jember,kec.Tanggul. Di tempat ini harga sop kuda dibanderol hanya sekitar Rp.28.000/porsinya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.