10 Makanan Khas Kediri Yang Paling Maknyus, Jangan Coba Lewatkan!

Diposting pada

Kediri merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berjarak sekitar 130 km dari pusat kota Surabaya. Daerah ini terkenal mampu menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke sini melihat keindahan alamnya.

Dan selain memiliki banyak daftar tempat unik, masih ada satu hal lagi yang tidak boleh dilewatkan saat ketika berkunjung ke kota ini yaitu mencicipi macam-macam makanan khasnya.

Tanpa basa-basi, langsung saja yuk kita cek apa saja nama makanan khas dari Kediri yang terkenal enak dan paling wajib buat dicoba. Berikut adalah info lengkapnya.

1.Stik Tahu

Foto By jatim.idntimes.com

Kuliner pertama yang menjadi ciri khas Kediri adalah stik tahu. Tak bisa dipungkiri, daerah ini memang dijuluki sebagai kota tahu, jadi tak heran jika sebagian besar makanannya  terbuat dari bahan tersebut.

Tak hanya enak dijadikan cemilan menemani minuman dingin menyegarkan, penganan kering yang terbuat dari olahan kedelai berkualitas tinggi ini juga banyak dibeli untuk dijadikan oleh-oleh.

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang ingin berburu makanan ringan satu ini, bisa datang ke Pusat Oleh-oleh Oen di Jln.Yos Sudarso No.92, Kab.Kediri. Pada umumnya, stik tahu tersebut dijual sekitar 12 ribuan saja  per bungkusnya.

2.Gethuk Pisang

Foto By blog.misteraladin.com

Kuliner tradisional khas Kediri selanjutnya adalah gethuk pisang.  Penganan asal desa Kandangan satu ini wajib buat dicoba karena bercitarasa manis, asam dan sedikit legit.

BacaJuga:  10 Makanan Khas Jember Yang Enak dan Paling Sayang Untuk Dilewatkan

Bila dilihat dari gambar atau foto, bentuk jajanan tradisional tersebut mirip dengan lontong yang dibalut menggunakan daun pisang.

Untuk menemukan gethuk pisang di Kediri bukanlah hal sulit, karena di sepanjang jalan Dhoho, kita akan  menemukan lapak-lapak penjual kuliner ini dan mengenai harganya, hanya dibanderol sekitar Rp.700-Rp.6.500/bijinya.

3.Tahu Takwa

Foto By vivahotelkediri.com

Berikutnya ada tahu takwa, salah satu kuliner asli Kediri yang dikenalkan oleh seorang pengusaha asal Cina dan sudah menjadi oleh-oleh favorit sejak tahun 1912.

Menurut resep, cara membuat penganan ringan ini terbilang masih sangat tradisional dimana dibuat dengan tangan tanpa ada bantuan tehknologi.

Penamaan kuliner ini sendiri diambil dari bahasa Mandarin yang berarti aroma. Tahu takwa tersebut mempunyai rasa gurih, kenyal dan tidak ada rasa masam seperti yang biasanya.

Dan untuk mendapatkan penganan ini,  Pusat Oleh-oleh Oen di Jln.Yos Sudarso No.92, Kab.Kediri adalah tempat paling recommended. Disini, tahu takwa dibanderol kisaran  Rp.3.000/bungkusnya.

4.Soto Kediri

Foto By cookpad.com

Kuliner berikutnya yang wajib dicicipi dari Kota Tahu yaitu soto. Meskipun banyak ditemukan di daerah lain tapi sajian khas Kediri ini memiliki citarasa tersendiri bagi penikmatnya.

Adapun perbedaan yang ditonjolkan dari soto khas Kediri ini adalah pada kuahnya, karena sajian menu tersebut diberi santan dengan resep bumbu pillihan sehingga citarasanya pun begitu gurih, nikmat dan sangat sedap.

Nah, buat yang ingin mencicipinya, Soto Ayam Bok Ijo milik Pak No di timur eks terminal Tamanan Kediri adalah tempat paling recommended. Selain terkenal enak, seporsi soto ini pun harganya sangat murah, cukup dengan Rp.5.000 saja kita sudah bisa menikmatinya.

5.Nasi Pecel Tumpang

Foto By resepnusantara.id

Berbicara soal nasi pecel, mungkin sudah bukan penganan asing lagi bagi kita. Pasalnya, masakan satu ini sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan salah satu paling terkenal adalah dari Kediri.

BacaJuga:  12 Rental Sewa Mobil di Malang Murah Mulai Rp.350.000

Kuliner tradisional berbahan dasar nasi  ini biasanya disajikan diatas pincuk daun pisang kemudian diberi  aneka sayuran tambahan dan selanjutnya disiram sambal pecel serta tumpang.

Bila dilihat dari penampilannya, nasi tumpang ini memang sedikit menjijikkan, namun soal rasa tidak boleh anggap remeh, dijamin Sahabat JejakPiknik pasti akan ketagihan.

Dan salah satu tempat paling popular akan menu ini adalah Pecel Tumpang Mak Tun di Jln.Kusuma Bangsa-Durenan, Pare, Kediri. Untuk menikmati seporsinya, kita hanya perlu  budget 2-8 ribuan saja per porsinya.

6.Sate Emprit

Foto By tribunnews.com

Nah, bila pada umumnya sate terbuat dari daging kambing atau ayam, namun tidak demikian dengan Kediri, di kota ini justru menggunakan burung emprit sebagai bahan utamanya.

Emprit itu adalah sejenis burung pencuri padi atau lebih dikenal dengan nama pipit. Untuk membuat sajian ini bisa dibilang cukup unik dimana dagingnya diberi air campuran asam, gula merah serta bawang putih dulu sebelum dibakar.

Dan setelah dibakar lalu dioles bumbu sate seperti kecap dan sambal kacang, selanjutnya disajikan bersama lalapan seperti timun.

Dan soal citarasa, sate Pak Darmanto di Jln.Ahmad Yani, Wonojoyo, Gurah, Kediri adalah pemenangnya. Mengenai harga sangat ekonomis hanya berkisar Rp.20.000 saja seporsinya.

7.Sate Bekicot

Foto By s.picmix.it

Selain emprit, bekicot juga ternyata dijadikan sebagai bahan utama pembuatan sate oleh warga Kediri. Meski terdengar menjijikkan tapi sebenarnya dagingnya enak dan tidak ada bau amis sama sekali.

Pusat sate bekicot ini berada di desa Djengkol, Kec.Plosoklaten, kota Kediri. Letaknya tepatnya 10 km dari kawasan Monumen Simpang Lima Gumul. Untuk seporsinya, dikenai sekitar Rp.8.000 saja dengan isi 20 tusuk.

8.Carang Mas

Foto By putratravel.net

Oleh-oleh khas Kediri lainnya yang bagus buat dibawa pulang adalah carang mas, sejenis jajanan ringan yang terbuat dari olahan ubi jalar.

BacaJuga:  Kebun Teh Kertowono, Si Penghasil Teh Berkualitas Dunia!

Makanan ringan satu ini paling mudah ditemukan di sejumlah toko oleh-oleh yang ada di sekitar Kediri dan harganya pun dibanderol cukup murah hanya Rp.22.000/bungkusnya.

9.Kerupuk Tahu Pedas

Foto By rumahmesin.com

Nah, kuliner selanjutnya ini sangat cocok buat Sahabat JejakPiknik yang gemar akan makanan bercitasa pedas nan gurih.

Sesuai namanya, cemilan tersebut bahan dasarnya terbuat dari tahu yang kemudian digoreng lalu diberi bumbu khusus agar rasanya pedas.

Untuk mendapatkannya, Pusat Oleh-oleh Oen di Jln.Yos Sudarso No.92, Kab.Kediri adalah tempatnya. Di toko ini, kerupuk tahu pedas enak hanya  dibanderol kisaran Rp.24.000/bungkusnya.

10.Cenil

Foto By japarrshopkediri.blogspot.com

Nah, penganan  yang kerap dijadikan menu pembuka satu ini juga sudah bukan makanan asing lagi bagi masyarakat Indonesia, tak terkecuali dengan Kediri.

Ciri dari cenil ini sendiri biasanya memiliki bentuk kotak atau persegi panjang, berwarna-warni dan kemudian diberi taburan parutan kelapa, sama seperti klepon.

Makanan tersebut banyak ditemui sekitar pasar tradisional ataupun angkringan kaki lima di sekitar kota Kediri dan harganya hanya dibanderol sekitar Rp.5.000/porsinya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.