10 Makanan Khas Madiun Yang Paling Enak dan Bikin Nagih

Diposting pada
Rate this post

Madiun adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal mempunyai banyak potensi wisata dan sangat pantas untuk dijadikan destinasi liburan bagi Sahabat JejajPiknik pecinta traveling.

Disamping mempunyai banyak potensi wisata, jalan-jalan ke daerah Madiun tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas kota tersebut.

Pasalnya, makanan khas Madiun terkenal sederhana dan murah namun begitu sajiannya mampu memuaskan indra pengecap. Tidak hanya didominasi satu rasa tapi beraneka ragam, ada manis, asam, asin hingga pedas.

Nah, pada kesempatan kali ini tim JejakPiknik ingin berbagi informasi tentang 10 daftar nama menu tradisional khas dari kota Madiun lengkap beserta resepnya, sinopsis, asal-usul serta bagaimana cara membuatnya. Dan berikut adalah review singkatnya.

1. Nasi Pecel

foto by masakandapurku.com

Hampir setiap daerah di Jawa Timur memiliki varian pecel masing-masing, namun yang ada di kota Madiun ini sedikit berbeda baik itu dari resep maupun lauknya.

Jika di daerah lain identik dengan aneka macam sayuran, pecel di Madiun ini justru diberi kembang turi, yakni sejenis lalapan berwarna putih kesukaan orang jawa.

Lauknya pun bukan rempeyek atau tempe melainkan kerupuk nasi alias lempeng. Dan untuk lauk tambahan biasanya ada tahu, telur dadar, ayam goreng, ikan hingga ampela.

Dan untuk bumbu sendiri dibuat dari beraneka jenis rempah seperti cabai, kunyit, kacang tanah, jahe, gula aren sesuai dengan resep turun-temurun.

Satu tempat yang masih populer akan kuliner ini adalah kawasan Alun-alun Madiun, di areal tersebut berjejer penjual bumbu pecal sebagai oleh-oleh dengan harga mulai Rp.30.000/bungkus.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Museum Wisata Planetarium di Surabaya

2. Nasi Jotos

foto by kulineranyuk12.blogspot.com

Dikenal dengan nama ‘Nasi Jotos’ dikarenakan bentuk bungkusnya mirip kepalan tangan. Bila dilihat dari gambar ataupun foto, tampilannya persis seperti sego kucing khas Jogja.

Selain berisi nasi putih, tempe, tahu, bihun dan telur, kuliner ini juga memberi rasa tersendiri lewat sambalnya yang sangat nikmat.

Dan tempat yang paling terkenal akan Nasi jotosnya adalah warung makan Bu Khoyin di jln.Mangga, dimana harga untuk satu porsinya hanya sekitar Rp.5.000/bungkusnya.

3. Soto Kutilang

foto by travelingyuk.com

Selain nasi jotos, soto kutilang juga menjadi salah satu makanan khas yang wajib untuk dicoba saat berkunjung ke kota pusat Karesidenan Madiun.

Kuliner satu ini bahannya sama seperti yang ada di daerah lainnya di Indonesia, hanya bedanya soto Kutilang tersebut disajikan dengan cara berbeda.

Dan satu warung yang terkenal dengan hidangan enak nan gurih adalah Soto Ayam Kampung Bu Topo di jln.Kutilang, Nambangan Lor, Mangu Harjo, kota Madiun.

Warung yang tak pernah sepi pengunjung ini sotonya terkenal sangat lezat dan hanya dibanderol sekitar Rp.10.000/porsinya. Cukup murah bukan?

4. Tahu Panggung

foto by travelingyuk.com

Makanan berbahan dasar berupa lontong, tahu, telur ini nikmatnya begitu menggoda, apalagi saat disiram dengan bumbu kacang serta taburan bawang goreng.

Dan satu warung yang sangat populer akan kelezatan kuliner tersebut adalah Depot Tahu Panggung di Jln.Merbabu No.02, Pangongangan, Mangu Harjo.

Warung makan Depot Tahu Panggung ini buka mulai pukul 10.00-21.00 dan untuk satu porsinya dikenakan harga sekitaran Rp.10.000 saja.

5. Pentol Corah

foto by madiunae.id

Bagi penikmat kuliner pedas, jangan sampai melewatkan kuliner Madiun yang dikenal dengan nama Pentol Corah ini ya.

Pentol Corah adalah salah satu jenis kuliner yang menjadi ciri khas kota Madiun berbahan dasar tepung terigu, kanji dan aneka bumbu rempah.

BacaJuga:  Sekar Arum Madiun, Bisa Jadi Alternatif Wisata Edukatif Untuk Anda

Cara membuat kuliner ini yakni setelah diuleni, adonan kemudian dimasukkan ke dalam tahu lalu dikukus. Setelah matang, selanjutnya dihidangkan bersama campuran bumbunya.

Bagi yang ingin menikmatinya, tempat paling rekomendasi buat dikunjungi yaitu warung Pentol Corah Madiun di Purba Jaya, Rejomulyo, Katoharjo. Disini untuk harga satu porsinya biasanya hanya dipatok sekitar Rp.5.000 saja.

6. Bluder Cokro

foto by ksmtour.com

Bluder cokro adalah salah satu contoh oleh-oleh khas Madiun yang populer berupa makanan ringan berwujud sebuah roti.

Roti yang sudah terkenal sejak masa kolonial Belanda ini memiliki bentuk unik dan bertekstur lembut karena cara pembuatannya masih sangat tradisional serta bebas dari bahan pengawet.

Bagi yang ingin berburu oleh-oleh ini, tempat paling pas buat dituju adalah toko Bluder Cokro di jln. Hayam Wuruk No.51-53, Mangu Harjo. Disini terdapat banyak varian rasa dengan harga berkisar Rp.8.000-Rp.10.000.

7. Brem

foto by jadiberita.com

Kuliner yang menjadi ikon daerah Caruban tersebut terbuat dari hasil fermentasi sari ketan dengan bentuk kotak pipih dan berwarna putih kekuningan.

Makanan yang dikenal dengan nama Brem ini menyuguhkan rasa segar dan melebur di mulut, sehingga saat di makan manisnya melebar di lidah.

Nah, bagi yang ingin berburu oleh-oleh ini, toko Mirasa di Jln.Panglima Sudirman No.210 adalah tempat paling pas. Selain menyediakan aneka rasa, harganya juga cukup murah yakni berkisar Rp.10.000-Rp.20.000/bungkusnya.

8. Kue Manco

foto by makanandaerahindonesia.blogspot.com

Menurut sejarah, kue manco ini adalah salah satu makanan warisan nenek moyang yang hanya bisa ditemukan di daerah Tambak Mas.

Jajanan berbahan ketan ini bentuknya menyerupai donat, hanya saja kuliner tersebut terkadang diberi perisa seperti beras ataupun kacang.

Nah, bagi ingin mendapatkannya, silahkan datang ke toko oleh-oleh khas Madiun di Jalan Raya Ponorogo, Demangan. Disini Kue Manco hanya dibanderol kisaran Rp.5.000-Rp.10.000 saja.

BacaJuga:  Berapa Harga Tiket Wisata Petik Apel Malang 2019? Baca Ini

9. Madumongso

foto by resepnusantara.id

Kudapan yang kerap disuguhkan pada saat lebaran ini terbuat dari campuran tape ketan hitam, santan serta gula. Bila melihat tampilannya, teksturnya mirip seperti dodol.

Jajanan tradisional ini dibungkus menggunakan kertas warna-warni dan memiliki bentuk bervariasi serta menyuguhkan rasa sedikit asam.

Bila ingin mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke Madumongso Wahyu Temurun di jln.Timbangan no.19, Banjarejo. Di tempat ini harga kudapannya biasanya hanya Rp.5.000/ons.

10. Wedang Cemoe

foto by zakyfamily.com

Kuliner berwujud minuman berbahan dasar santan kelapa, potongan roti dan kacang tanah tersebut paling enak diminum saat keadaan hangat sembari menikmati aneka gorengan.

Nah,bagi yang ingin menikmatinya, Wedang Bu Sumar di Jln.Bali adalah juara rasanya. Di tempat tersebut minuman ini biasanya hanya dipatok mulai dari Rp.3.000/mangkuk.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.