Ini Dia 10 Makanan Khas Magelang Yang Siap Menggoyang Lidahmu

Diposting pada

Magelang adalah salah satu kota di wilayah provinsi Jawa Tengah yang cukup populer sebagai salah satu daerah dengan sejuta kesenian dan objek wisata.

Namun bukan hanya itu saja kabupaten tersebut juga ternyata sangat terkenal karena mempunyai segudang kuliner khas lezat yang patut buat dibanggakan.

Penasaran apa saja makanan paling terkenal khas Magelang? Berikut JejakPiknik akan mengulas 10 daftar nama kulinernya lengkap beserta dengan deskripsi, resep dan juga harganya.

1. Getuk

foto by masakandapurku.com

Getuk merupakan makanan ringan berbahan dasar dari singkong yang juga dikenal sebagai kuliner tradisional khas daerah Magelang.

Cara membuat Getuk tersebut bisa dikatakan tergolong sangat mudah karena hanya direbus, setelah itu ditumbuk halus hingga kemudian diberi pemanis, pewarna makanan dan ditaburi parutan kelapa.

Disamping sebagai makanan khas, kuliner enak ini pun kerap dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berasal dari luar kota.

Dan Getuk Eco adalah toko yang cukup terkenal di kab.Magelang, letaknya ada di jalan D.I Panjaitan No.05. Tempat ini biasanya buka hingga malam hari. Mengenai harga hanya dibanderol sekitar Rp.12.500 saja per kotaknya.

2. Wajik

foto by id.wikipedia.org

Selain Getuk, Magelang juga memiliki jajanan pasar yang tak kalah enak namanya yaitu Wajik, salah satu penganan manis bertekstur lembut berbahan dasar beras ketan.

Dan salah satu tempat yang mempunyai cita rasa paling pas untuk semua lidah adalah wajik Salaman di jalan raya Salaman No.110, Magelang.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Watu Prahu Bukit Cinta Klaten, Sejarah Legenda, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup + Jute Menuju ke Sana

Wajik Salaman ini banyak dibeli karena terbuat dari bahan-bahan berkualitas terbaik dan harganya pun hanya dibanderol sekitaran 18 ribuan saja untuk ukuran kecil.

3. Keripik Slondok

foto by slondok.com

Keripik berbahan dasar singkong yang diolah menggunakan bumbu rempah-rempah dan dijemur sampai kering ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Dan untuk mendapatkan keripiki ini cukup mudah, karena di Magelang sendiri ada banyak penjual Slondok yang harganya relatif sama.

Salah satu contoh adalah desa Sumurarum di Grabag. Di tempat tersebut harga perbungkusnya biasanya berkisar Rp.12.000 untuk yang telah digoreng dan Rp.15.000/kg jika masih mentah.

4. Tape Ketan

foto by resepnusantara.id

Dari sederet anekan masakan berat Magelang, Tape ketan adalah salah satu jajanan basah yang juga paling pas untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Menu yang menjadi ciri khas daerah Muntilan tersebut biasanya terdiri dari dua kemasan dimana ada dibungkus dengan plastik berisi ½ kg dan satunya lagi dimasukkan ke dalam stoples 1 kg.

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang ingin merasakan cita rasa terbaik boleh datang ke Tape Ketan 181 di jalan Pemuda no.181. Untuk harga biasanya hanya perlu merogoh kocek sekitar 35 ribu saja.

5. Geblek

foto by cookpad.com

Selain Slondok, masih ada satu lagi makanan yang namanya tak kalah unik yaitu Geblek. Sekilas memang terdengar lucu dan berkonotasi negatif. Tapi dibalik itu, menu tersebut banyak disukai oleh masyarakat, bahkan menjadi ikon kuliner di kota Magelang.

Sama seperti Getuk dan Slondok, Geblek juga berbahan dasar singkong dengan tekstur cukup alot. Namun sayangnya, keberadaan makanan ini sendiri mulai hilang sehingga sudah jarang ditemukan.

Tapi jangan salah, Sahabat JejakPiknik juga masih bisa mencicipinya di Getuk Trio di jalan Tentara Pelajar No.58. Di tempat ini terdapat Geblek yang cukup enak dengan harga sekitar 10 ribuan saja.

BacaJuga:  15 Rekomendasi Sewa Kost Harian di Solo yang Murah Mulai Rp.45.000

6. Kupat Tahu

foto by lifestyle.sindonews.com

Kuliner khas Magelang yang terdiri dari kupat, tahu dan campuran lain seperti bawang goreng, daun seledri, kubis, tauge, bakwan, saus kacang serta kecap ini adalah makanan paling wajib disantap.

Kuliner ini sendiri termasuk menu yang sangat mudah ditemukan baik di warung makan ataupun gerobak. Dan salah satunya bisa kita temukan di Kupat Tahu Pojok di jalan Tentara Pelajar no.14.

Meskipun dibanderol murah hanya Rp.15.000/porsi tapi makanan tersebut rasanya tidak murahan. Bisa dijamin akan membuat air liur Sahabat JejakPiknik meleleh.

7. Pothil

foto by olx.co.id

Dari gambar ataupun foto yang tersedia di internet, Photil ini merupakan sejenis makanan ringan berbahan dasar singkong dan memiliki bentuk menyerupai cincin kecil.

Rasanya yang lezat dan gurih, membuat camilan ringan satu ini cocok jika dijadikan lauk makan. Jadi, jangan lupa masukkan menu tersebut ke dalam daftar oleh-oleh Sahabat JejakPiknik ya.

Nah, buat yang ingin berburu makanan khas satu ini, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke Getuk Eco di jalan D.I Panjaitan. Harga Pothil disini biasanya hanya dibanderol mulai dari 8 sampai 10 ribuan saja.

8. Grubi

foto by seputar-jateng.com

Bila sebelumnya banyak makanan khas berbahan dasar singkong, kini saatnya Sahabat JejakPiknik untuk mencicip kuliner yang terbuat dari ubi jalar, namanya yakni “grubi”.

Tak hanya namanya saja unik, irisan ubi yang memanjang dan dibentuk seperti bola-bola juga makin membuatnya kian menarik. Disamping itu, camilan tersebut juga rasa manis serta renyah saat digigit.

Untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke pusat Grubi di Dusun Pete Dawung milik Bu Nurul Hidayah. Disini kita akan mendapatkan harga yang sangat murah meriah yakni berkisar Rp.500 saja per butirnya.

BacaJuga:  Malu Dengan Rambut Acak-Acakan? Gaspol Ke 10 Barbershop Paling Top di Semarang Ini!

9. Wedang Kacang

foto by masakandapurku.com

Menu yang termasuk salah satu santapan paling favorit buat warga kota Magelang ini juga kerap disebut sebagai minuman. Ya mungkin dari namanya saja orang bisa menebak bagaimana wujudnya.

Hidangan ini sendiri bahannya terbuat dari kuah jahe, kacang juga ketan. Dan untuk mendapatkan menu tersebut ada salah satu tempat penyedia yang terkenal kelezatannya yaitu Wedang Kacang Kebon di jalan Pajang.

Menurut review pengunjung, selain lezat Wedang Kacang Kebon juga mematok harga yang cukup murah yakni hanya berkisar Rp.12.000 saja per mangkuknya.

10. Sego Godog

foto by resep-tempatkuliner.blogspot.com

Nama kuliner ini diambil dari bahasa Jawa dimana “sego” artinya nasi dan “godog” sendiri adalah rebus. Sehingga jika dipadukan menjadi nasi rebus.

Setelah direbus, kemudian nasi rebus tersebut diberi bumbu dengan campuran beberapa lauk lainnya seperti ayam, telur dan mie.

Dan tempat paling populer untuk menikmati Sego Godog adalah warung pak Manto di Alun-alun kota Magelang. Tak hanya nikmat, kuliner ini pun dibanderol dikisaran 12 ribuan saja per mangkuk.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.