12 Makanan Khas Malang Yang Paling Legendaris

Diposting pada

Selain Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Malang juga termasuk dalam urutan kota terbesar di Indonesia. Daerah tersebut terletak sekitar 90 meter di sebelah selatan Surabaya.

Dari segi geografis, Malang ini mempunyai kemiripan seperti Bogor yakni sama-sama menawarkan hawa sejuk sehingga menjadikannya sebagai kota incaran untuk liburan.

Selain berbicara tentang keindahan kota Malang, ada satu hal lagi yang tidak bisa dilewatkan dari daerah di Jawa Timur tersebut yakni kenikmatan kulinernya.

Bukan hanya bakso bakar, banyak lagi makanan khas Malang lainnya yang terkenal enak dan siap untuk memanjakan lidah Sahabat JejakPiknik. Mau tahu apa saja aneka macam kulinernya?

Nah, pada artikel berikut, ada 12 daftar nama makanan khas Malang yang harus dicoba oleh Sahabat  JejakPiknik. Silahkan disimak ya.

1. Ketan Susu  Batu

Foto By Garnesia.com

Makanan khas Malang pertama yang wajib dicoba oleh Sahabat JejakPiknik adalah ketan susu batu,  salah satu jenis penganan dengan sajian santan kelapa serta aneka varian topping lezat.

Selain memiliki resep sederhana,cara membuat  makanan cepat saji tersebut pun cukup mudah. Bagi Sahabat JejakPiknik penggila kuliner bercitarasa manis, wajib mencoba menu ini.

Nah, buat yang ingin mencicipinya, langsung saja datang ke Pos Ketan Legenda di Jln.Kartini, Ngaglik, Kabupaten Batu, Jatim. Di tempat ini harga kuliner tersebut biasanya dibanderol kisaran Rp.6.000-Rp.16.000/porsinya.

2. Orem-Orem

Foto By resepnusantara.id

Kuliner lainnya dari kota Apel  adalah orem-orem, salah satu masakan khas Malang berbahan dasar tempe dan bercitarasa sangat lezat.

Pada jaman tempo dulu, orem-orem hanya disajikan pada saat tertentu saja seperti pesta syukuran atau pernikahan. Namun sekarang,kuliner ini mulai dijual di warung-warung tradisional di Malang.

BacaJuga:  10 Gambar Taman Pelangi Surabaya, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat Peta + Sejarah

Selain lezat, ciri serta keunikannya terletak pada cara penyajiannya dimana orem-orem biasanya disajikan bersama ketupat dan tauge.

Bagi yang ingin mencobanya, Warung Orem-orem Khas Arema di jln.Blitar No.14, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Malang adalah tempatnya. Di alamat ini, menu tersebut dijual Rp.7.000-Rp.12.000 per porsinya, tergantung dari lauknya.

3. Soto Lombok

Foto By Widhiaanugrah.com

Meskipun nama daerah lain melekat pada menu tersebut, tapi jangan salah hidangan berwujud soto ini sebenarnya adalah makanan asli dari Malang.

Meskipun bisa ditemukan di daerah lain, tapi kuliner khas Malang satu ini rasanya unik. Bagi Sahabat JejakPiknik penggila wisata kuliner pedas, wajib hukumnyauntuk mencoba soto lombok ini.

Menurut resepnya, seporsi soto lombok enak ini isiannya terdiri dari kentang, telur rebus, irisan kol serta daging ayam kampung yang kemudian disiram kuah kental dan taburan koya.

Dan Warung Soto di jln Lombok No.01, kota  Malang adalah tempat paling top buat dikunjungi. Di warung makan ini, seporsi menu tersebut  harganya  dibanderol hanya berkisar Rp.22.500-Rp.35.500 saja.

4. Angsle

Foto By Fimela.com

Kuliner khas Malang lainnya adalah angsle, salah satu contoh makanan enak berupa wedang hangat yang paling sering ditemui di malam hari.

Menurut Wikipedia, angsle ini adalah sejenis minuman khas Jawa Timur. Bila dilihat dari gambar atau foto, penganan yang kerap dijadikan menu penutup tersebut mirip dengan kolak.

Mencicipi angsle pada malam hari menjadi budaya turun-temurun bagi masyarakat di Malang. Dan salah satu tempat paling pas buat menikmatinya adalah Angsle&Ronde Titoni.

Warung yang beralamat di jln.Zainul Arifin No.17, Sukoharjo, Klojen, Malang ini  menawarkan harga angsle cukup murah hanya kisaran Rp.5.000-Rp.10.000 saja seporsinya.

5. Tempe Mendol

Foto By tokopedia.com

Berikutnya ada tempe mendol, salah satu jenis makanan ringan yang diolah dengan bumbu khusus dan kerap dijadikan menu pelengkap saat menyantap pecel atau rawon.

kuliner yang terbuat dari tempe basi atau berwarna kehitaman ini sangat menyehatkan.Selain kerap dijadikan hidangan pendamping, juga kerap disantap sebagai camilan tanpa disertai menu lainnya.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Nganjuk Lepas Kunci Harga Murah 2019 Matic

Untuk menikmatinya, warung Madangkara di Jln.Kyai Tamin No.25, Malang adalah tempat paling pas buat dituju. Mengenai harga, kita cukup merogoh kocek sekitar Rp.5.000 saja untuk 10 biji mendol.

6. Strudel

Foto By dream.co.id

Malang memang sangat terkenal akan kreativitas kulinernya. Bagaimana tidak, kue pastry strudel yang awalnya populer di Austria tersebut kini menjadi salah satu makanan tradisional terbaru di kota Apel ini.

Untuk mencicipi kue berlapis yang diisi dengan aneka buah-buahan ini, ada sederet toko oleh-oleh milik aktor terkenal ,Teuku Wisnu bisa dikunjungi baik di Singosari, Alun-alun ataupun di Soekarno Hatta.

Di sejumlah toko oleh-oleh ini tersedia berbagai macam varian rasa strudel dan soal harganya hanya dibanderol mulai Rp.53.000-Rp.79.000 saja, tergantung rasanya.

7. Bakso Malang

Foto Bymalangtoday.net

Tak hanya di Malang, bakso juga menjadi makanan primadona di Bumi Pertiwi ini. Mulai dari depot, warung, pedagang kaki lima, hingga restoran yang ada di Indonesia seperti di Palembang menyajikan kuliner tersebut  sebagai menu andalannya.

Nah, tertarik ingin mencicipi bakso khas Malang,  silahkan berkunjung ke depot Duro di jalan Raya Trunojoyo, Barat Stadion Kanjuruhan, Kec.Kepanjen.

Di depot satu ini sangat terkenal di Malang karena selain enak, seporsi baksonya hanya dibanderol sekitar Rp.3.000 saja. Murah kan?

8. Sempol

Foto By Fimela.com

Sempol adalah salah satu jajanan khas Malang yang terbuat dari adonan daging sapi, kanji, terigu serta telur dan ditusuk menyerupai sate.

Jajanan kaki lima berbentuk melonjong yang menjamur di pinggir jalan atau di daerah kampus dan sekolah ini rasanya sangat menggoda, apalagi jika ditambah saos kacang.

Nah, dari sekian banyaknya pedagang, ada satu spot yang selalu ramai dikunjungi yaitu Super sempol di Jln.Sigura-gura. Selain terkenal enak, harganya juga murah hanya Rp.1.000/tusuknya.

9. Cwie Mie

Foto By gldelapan.com

Selain kuliner ala India dan Jepang, di Malang Sahabat JejakPiknik juga bisa menemukan makanan dari Tionghoa contohnya adalah cwie mie.

BacaJuga:  2 Lokasi Pantai Jatisari Sluke Rembang dan Banyuwangi Yang Lagi Hits

Tak hanya kerap dijadikan makanan pembuka saja oleh masyarakat Malang, cwie mie juga sering disantap sebagai sarapan pagi. Bentuk dari penganan tersebut tak jauh beda dari biasanya, hanya saja ukuran mie nya cenderung lebih kecil.

Untuk menikmatinya, satu tempat paling recommended adalah Hot CMM di jln.Raya Mojorejo No.99 kota Batu. Di depot ini seporsi cwie mie hanya dibanderol sekitar Rp.20.000 saja.

10. Onde-onde

Foto By aremafood.com

Selain terkenal akan apelnya, kota Malang juga ternyata cukup populer akan onde-onde yang enak dan gurih.

Nah, tertarik mencicipi onde-onde khas Malang, ada satu toko grosir yang bisa Sahabat JejakPiknik Kunjungi yaitu  Han Tjwan Sing(HTS) di Jln.Dr.Wahidin 123,Lawang. Disini, harganya biasanya dijual Rp.10.000/kotak.

Dan selain toko oleh-oleh di Malang, Sahabat JejakPiknik juga bisa membeli produk ini secara online baik di Tokopedia ataupun agen lainnya.

11. Pia Mangkok

Foto By piknikdong.com

Kue pia tak hanya ditemui di Jogja ataupun Bali, di Malang makanan ini juga bisa Sahabat JejakPiknik temukan dan jadikan sebagai oleh-oleh.

Untuk mendapatkannya, toko Pia Cap Mangkok di jln.Semeru No.25 adalah tempat paling pas buat dituju. Disini harga kue tersebut dibanderol sekitar Rp.11.500-Rp.53.000, tergantung ukuran serta varian rasanya.

12. Keripik Ceker 

Foto By gotravelly.com

Tak hanya buah dan tempe saja yang dijadikan keripik, di kota Malang ceker ayam juga dikreasikan  menjadi cemilan renyah nan garing. Selain bercitarasa nikmat, penganan tersebut juga dipercaya kaya akan gizi.

Bagi yang ingin berburu keripik ceker, toko Lancar Jaya di Jln.Tumenggung Suryo No.86,kota  Malang adalah tempatnya. Di sentra oleh-oleh ini harga kuliner tersebut dibanderol hanya Rp.13.500 saja per bungkusnya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.