10 Makanan Khas Malaysia Paling Menggigit

Diposting pada

Malaysia adalah salah satu negara tetangga Indonesia yang wilayahnya masih termasuk ke dalam Asia Tenggara dan penduduknya sendiri terdiri dari tiga etnis yakni India, Melayu serta Cina.

Dengan keanekaragaman itu, tak heran jika kebanyakan makanan khas Malaysia dipengaruhi ketiga etnis tersebut.

Tak hanya itu, gaya kuliner khas Malaysia juga ternyata masih dipengaruhi beberapa etnis lainnya seperti  Arab dan Thailand. Penasaran apa saja makanan khas dari Negeri Jiran yang terkenal?

Nah, dari sederet masakan khas Malaysia, JejakPiknik telah merangkum 10 daftar nama menu paling enak yang harus dicoba lengkap beserta resepnya ataupun cara membuatnya. Berikut infonya!

1.Cekodok

Foto By blog.reddoorz.com

Menurut Wikipedia, cekodok adalah kuih kodok atau kue cucur yang berasal dari Brunei dan terbuat dari adonan pisang  serta tepung terigu.

Cemilan ringan ini sangat mudah dibuat dimana bahan dihaluskan kemudian dicampur terigu serta baking powder lalu dibentuk bulat-bulat, setelah itu digoreng hingga berwarna cokelat kehitaman.

Jajanan kaki lima ini banyak dijual dipinggir jalan atau di pasar tradisional dan harganya,  dijual sekitar RM 1(Rp.3.400) untuk 6 butirnya, tergantung besar kuenya.

2.Nasi Lemak

Foto By food.detik.com

Aneka kuliner khas Malaysia lainnya adalah nasi lemak, salah satu jenis hidangan favorit masyarakat Negeri Jiran yang namanya sudah mendunia  dan berasal dari Kuala Lumpur.

Dilihat sekilas dari gambar atau foto, kuliner tersebut sangat mirip dengan nasi gurih, salah satu jenis makanan favorit masyarakat  Jakarta ataupun Surabaya.

Untuk membuat nasi lemak ini bisa dibilang cukup mudah dimana dimasak menggunakan santan dan kemudian ditambahkan daun pandan saat ditanak, sehingga tak heran rasanya pun begitu gurih.

Penasaran ingin mencicipinya? Kedai Makan Dan Minuman Ikhbal di Jln.Lobak, Negeri Sembilan, Malaysia adalah tempatnya. Selain terkenal enak, warung ini menyuguhkan harga nasi lemak termurah seantero Negeri Jiran yakni kisaran RM 0,70(Rp.2.400) sebungkusnya.

3.Rojak/Pasembur

Foto By womensweekly.com.sg

Berikutnya ada Pasembur atau Rojak(dalam bahasa Melayu artinya “campuran”). Sajian ini adalah salah satu perpaduan kuliner antara India dan Malay.

Kuliner halal mirip rujak ini terdiri dari mentimun, kentang juga seafood yang kemudian disiram saus  hasil olahan kacang tanah, cabai merah, gula serta asam jawa.

Jajanan kaki lima ini paling mudah didapatkan di kawasan pasar Tekka dan mengenai harga biasanya dibanderol kisaran RM 3-10(Rp.10.000-Rp.34.000) seporsinya.

4.Roti Canai

Foto By tokomesin.com

Roti canai adalah salah satu contoh jajanan tradisional berasal dari Johor Bahru yang merupakan akulturasi menu suku Melayu dan India Tamil.

Disamping resep cukup sederhana, kuliner terbuat dari tepung terigu, garam dan mentega ini cara pembuatannya juga mudah dimana adonan diuleni sampai tidak lengket dan tercampur rata lalu dipipihkan.

Kuliner favorit rakyat Melayu ini banyak dijual di pinggir jalan dan harganya dibanderol sekitar RM 1,5(Rp.4.500) per bijinya.

5.Nasi Ganja

Foto By malaymail.com

Mendengar nama makanan khas daerah Ipoh, Perak satu ini mungkin terdengar sangat mengerikan, namun pada kenyataannya kuliner ini tidaklah terbuat dari ganja.

Nasi Ganja adalah sejenis kuliner tradisional unik berbahan dasar nasi putih, ayam serta aneka macam sayuran yang dimasak menggunakan periuk tembaga sehingga membuatnya istimewa.

Dan salah satu tempat paling populer untuk mencicipinya adalah Rumah Tumpangan dan Kedai Kopi Yong Suang di Jln.Yang Kalsom, Taman Jubile, Ipoh, Malaysia.

Tempat makan favorit Perdana Menteri Malaysia ini sangat terkenal akan kelezatannya. Selain itu, harga nasi ganja juga murah hanya RM 4.80(Rp.16.000) seporsinya.

6.Kolo Mee

Foto By vkeong.com

Kolo mee adalah mie ayam ala Malaysia yang berasal dari daerah Kuching, Serawak.Konon katanya, sajian ini sudah ada sejak zaman kerajaan Cina di masa lalu.

Bila dahulu kolo mee kerap dihidangkan bersama daging babi, kini kuliner tersebut telah dimodifikasi dengan daging sapi. Tak peduli pagi, siang atau malam penganan ini siap disantap kapan saja.

Untuk menikmatinya, satu tempat paling recommended adalah Annie Kolo Mee di 236, Jln.Padunan, Kuching, Serawak, Malaysia. Di warung makan ini harga seporsinya dijual sekitar RM 3,5(Rp.12.000).

7.Lemang Periuk Kera

Foto By merdeka.com

Lemang Periuk Kera adalah sejenis jajanan tradisional yang terbuat dari beras ketan dan santan lalu dibungkus menggunakan kantong semar kemudian ditanak hingga matang.

Tak hanya kerap dijadikan sebagai menu pembuka atau penutup, lemang ini juga menjadi salah satu penganan paling populer saat perayaan hari lebaran atau Ramadhan bagi orang Malaysia.

Lemang priuk ini biasanya dijajakan oleh para pedagang keliling dan harganya dibanderol sekitar RM 6(Rp.20.000) untuk 3 kuntum ukuran besar.

8.Asam Laksa Penang

Foto By rasamalaysia.com

Selanjutnya ada sajian asam laksa yang berasal dari Penang. Kuliner ini bahannya terbuat dari bihun, kemudian ditambah kuah kental, selada, timun, nanas, ikan mackerel serta cabai sebagai topping.

Sajian yang merupakan perpaduan kuliner Melayu dan Cina ini bercitarasa pedas namun tetap lezat. Penganan tersebut banyak dijual di pinggiran jalan di Penang, Malaysia utara. Soal harga, dibanderol sekitar RM 6-8(Rp.20.000-Rp.27.000) seporsinya.

9.Nasi Daun Pisang

Foto By steemit.com

Sesuai namanya, kuliner tradisional berasal dari India ini adalah sejenis sajian nasi yang dibungkus menggunakan daun pisang dan biasanya disajikan bersama rendang, telur goreng serta sayuran.

Untuk menikmatinya, restoran Anu Ja di 23, Jln.Desa 2/3, Amanpuri, Kepong, Malaysia adalah tempat paling terbaik. Disini harga seporsi menu ini dibanderol sekitar RM 16(Rp.54.000) saja.

10.Otak-Otak/Satak

food.detik.com

Sepintas dilihat, kuliner khas Pantai Timur Semenanjung Malaysia ini sama dengan otak-otak dari Indonesia, bedanya rasanya lebih khas.

Makanan ringan berukuran kecil ini adalah sejenis oleh-oleh yang terbuat dari ikan tenggiri tumbuk, kelapa parut serta bumbu rempah kemudian dibalut dengan daun pisang dan berbentuk segitiga.

Jajanan ini banyak dijual di daerah Seberang Takir dan Trengganu. Untuk harga per tusuknya dipatok sekitar RM 2(Rp.6.800), terdiri dari 4 buah satak.

Namun selain daftar diatas, sebenarnya masih ada beberapa makanan khas Malaysia yang juga wajib buat dicoba seperti:

  • Ee Ji Ban Chicken Rice Ball khas Malaka/Melaka
  • Keropok Kering Gotea khas Kelantan
  • Ambuyat khas Sabah
  • Manuk Pansuh kaum Iban dan
  • Bak Kwa khas imlek.
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.