12 Makanan Khas Manado Yang Bikin Ketagihan Meskipun Ekstrim

Diposting pada

Selain Surabaya, Malang, Bali dan Semarang, kota Manado juga dijuluki sebagai surganya kuliner. Disebut demikian karena di daerah ini banyak ditemukan aneka macam makanan khas yang eksotik dengan citarasa sangat menggoda. 

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang berencana berlibur ke Tanah Nyiur  ini, tidak ada salahnya untuk membaca artikel berikut agar tidak kebingungan saat akan berburu kuliner khas Manado nantinya.

Apa saja nama kumpulan menu enaknya? Berikut adalah daftar makanannya lengkap beserta cara pembuatannya, penjelasannya, resepnya hingga keunikannya. 

1. Kawok

Foto By sulawesita.com

Makanan pertama khas Manado ini bisa dibilang salah satu jenis kuliner extreme. Bagaimana tidak, bahan utama untuk pembuatannya saja menggunakan daging tikus berekor putih.

Untuk membuatnya cukup mudah dimana daging tikus dimasak dengan resep bumbu dapur serta cabai yang banyak agar menghasilkan rasa pedas namun tetap gurih.

Meski bahannya terasa menjijikkan tapi di tangan seorang pakar memasak, tikus ini disulap menjadi kuliner hewani yang bercitarasa enak. Bagaimana, berani mencobanya?

Nah, buat yang tertarik mencicipinya, silahkan datang ke kawasan pasar Tomohon di kota Manado, provinsi Sulawesi Utara. Disini harga kawok biasanya dijual kisaran Rp.10.000/porsinya.

2. Babi Putar

Foto By SuratKabar.id

Selain tikus atau kucing, masih ada banyak lagi makanan ekstrem lainnya yang tergolong non-halal di Manado, salah satu contoh adalah babi putar ini.

Untuk membuat kuliner ini cukup mudah  dimana seekor babi dibakar diatas bara api sambil diputar-putar agar matang merata. Masakan tersebut biasanya menjadi menu favorit orang Manado saat Natal ataupun Tahun baru. 

Jika  ingin menikmatinya, Babi Putar Anna Chin di kel. Kolongan, Lingk.I, kec. Tomohon Tengah ialah  tempat paling pas buat dituju. Disini, harga kuliner tersebut dibanderol sekitar Rp.1.300.000-Rp.1.800.000/ekornya. Wow, mahal juga ternyata ya?

3. Mie Cakalang

Foto By fimela.com

Makanan khas Manado selanjutnya ini tidak hanya tergolong unik karena terbuat dari ikan cakalang saja, melainkan juga disebabkan rasanya begitu istimewa berkat racikan bumbu yang spesial.

BacaJuga:  Bro Sis, Ini Loh 12 Oleh-Oleh Khas Manado Yang Paling Wajib Dibeli

Kuliner bernama mie cakalang ini umumnya disajikan bersama kuah bening yang dicampur sedikit merica dan dua jenis sambal yakni cabai merah serta lombok ijo agar rasanya pedas.

Nah, sudah tahu kan kenapa kuliner khas Manado banyak yang bilang citarasanya pedas-pedas, ya salah satunya dikarenakan bumbunya. Bagaimana, tertarik mencobanya?

Untuk menikmatinya, Rumah Makan Lidya di Jln.Wakeke No.15, Wenang Utara adalah tempat paling recommended. Berbicara soal rasa, tak perlu diragukan lagi karena mie cakalang yang dibanderol sekitar Rp.10.000/porsi ini sangatlah nikmat.

4. Ayam Rica-Rica 

Foto By bisnisayamkita.blogspot.com

Foto By bisnisayamkita.blogspot.comDari sejumlah kuliner khas Manado yang ada, mungkin yang paling terkenal di Indonesia ialah ayam rica-rica. Tak hanya di Tanah Nyiur, penganan tersebut juga bisa didapati di restoran ataupun rumah makan di berbagai daerah mulai dari Jakarta, Bandung,  Medan, Bogor hingga ke Jogja.

Penganan ini adalah salah satu hidangan berat berbahan dasar ayam yang dibumbui dengan cabai untuk menghasilkan citarasa pedas.

Dan salah satu spot paling terkenal akan ayam woku-woku  ini di Manado adalah RM.Bakar Rica di Jln.Balaikota, Komo Luar, Wenang, Manado. Tempat tersebut buka mulai pukul 11.00-01.30. Mengenai harga bisa dibilang masih sangat terjangkau.

5. RW(Erwe)

Foto By cookpad.com

Selain terkenal akan kuliner bercitarasa pedas, Manado juga populer dengan segudang makanan ekstrim yang katanya sangat menggugah selera, salah satunya seperti RW(Erwe) ini.

RW adalah sejenis kuliner tradisional yang bahan utamanya terbuat dari daging anjing. Hidangan ini dimasak seperti memasak olahan sapi pada umumnya dan biasanya, penganan tersebut hanya dinikmati oleh orang-orang tertentu saja.

Untuk mengetahui rasanya, mungkin Sahabat JejakPiknik bisa mencobanya sendiri di RM.Minahasa di Jln.Sam Ratulangi No.368, Manado. Disini, kita hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp.25.000 saja buat menikmati seporsi RW-nya.

6. Binte Biluhuta

Foto By masakandapurku.com

Binte biluhuta ini merupakan sebutan untuk makanan khas Manado yang bahan dasarnya terbuat dari ongkol jagung manis, udang serta bumbu sedap.

BacaJuga:  Pesona Keindahan Menakjubkan Surga Tersembunyi Pulau Lembeh

Meski rasanya sedikit asam dan pedas, namun binte biluhutan ini menyuguhkan citarasa yang sangat menyegarkan saat disantap. Biasanya, kuliner tersebut disajikan sebagai menu pembuka di Manado.

Untuk mencicipinya, silahkan mampir ke kawasan kuliner Boulevard di Jln.Pierre Tendean dekat ke jembatan Kuning Manado. Soal harga, kuliner tersebut umumnya dibanderol Rp.10.000/porsinya.

7. Bobengka

Foto By sajiansedap.grid.id

Meski terkenal dengan sajian kuliner bercitarasa pedas, namun Manado juga mempunyai penganan enak yang rasanya manis namanya yaitu bobengka.

Kue ini bahan dasarnya terbuat dari adonan tepung ketan, kelapa muda, gula merah, kayu manis dan komposisi lainnya. Untuk ciri-cirinya, bobengka tersebut teksturnya sangat lembut manis serta gurih. 

Dilihat sekilas dari gambar ataupun foto, cemilan ringan ini mirip dengan brownies, hanya saja soal rasa, bahan serta cara pembuatannya berbeda.

Kue tersebut bisa dengan mudah didapatkan di restoran ataupun pasar tradisional dan toko oleh-oleh. Salah satu contohnya ada di Jln.Raya Manado, Kec.Airmadidi, Bitung. Umumnya, harganya dibanderol sekitar Rp.2.500-Rp.3.000/bijinya.

8. Tinutuan

Foto By manado.tribunnews.com

Tinutuan ini adalah penganan enak berwujud bubur yang terkenal sebagai ikon kuliner di Minahasa. Hidangan tersebut hanya berisikan sayuran, ikan, perkedel dan sambal roa saja tanpa ada daging.

Menurut sejarah, tinutuan ini biasanya disajikan sebagai menu sarapan pagi untuk menutrisi tubuh sebelum beraktivitas.

Bagi yang ingin menikmatinya, RM Lidya di Jln.Wakeke No.15, Wenang Utara adalah tempat paling pas buat dituju. Tak hanya nikmat, tinutuan disini juga dibanderol murah hanya Rp.10.000/porsi.

9. Gohu 

Foto By cookpad.com

Gohu merupakan sejenis makanan berwujud rujak ala Manado yang kerap dijadikan sebagi menu penutup dan bahannya sendiri terbuat dari buah pepaya.

Sajian berbahan buah pepaya yang direndam didalam air mengandung cuka, garam, gula, cabe serta jahe ini memiliki citarasa peraduan antara pedas, asam dan manis.

BacaJuga:  Nikmati Perayaan Tahun Baru Seru di Manado Dengan Mengunjungi 6 Tempat Berikut Ini

Untuk mendapatkan gohu bukanlah hal sulit, karena hampir setiap rumah makan bahkan toko online di sekitar Manado menjual menu ini. Mengenai harga, biasanya Rp.5.000/porsi dan Rp.15.000/cup.

10. Woku Belanga

Foto By merahputih.com

Kuliner berikutnya ini adalah salah satu makanan tradisional suku Minahasa berbahan ikan yang dimasak menggunakan daun woku, sejenis janur lebar. Kalau dilihat, mirip sekali dengan pepes.

Woku belanga ini sangat mudah ditemukan di restoran ataupun rumah makan di sekitar Manado dan soal harga, umumnya dibanderol hanya kisaran Rp.30.000-Rp.35.000/porsinya.

11. Nasi Jaha

Foto By sportourism.id

Nasi jaha ini adalah lemangnya orang Minahasa. Sama seperti kuliner pada umumnya, penganan tersebut juga dibuat dari beras ketan dan santan yang dimasak menggunakan bambu dan dibakar menggunakan kayu agar rasanya lebih khas.

Nasi jaha juga dapat dengan mudah ditemukan di restoran atau warung-warung makan di Manado dan harga penganan tersebut biasanya dibanderol Rp.25.000-Rp.30.000/bambu sementara per potongnya hanya Rp.1.250 saja.

12. Panada

Foto By berita.baca.co.id

Selain klappertaart, Manado juga masih punya kue enak lainnya yang bisa dijadikan camilan ataupun oleh-oleh, namanya yaitu Panada.

Panada ini sekilas dilihat mirip dengan pastel, hanya saja isiannya tidak menggunakan sayuran tapi cakalang ataupun ikan lainnya.

Dan panada sendiri dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional, di mall ataupun jajanan kaki lima. Mengenai harga, kue tersebut umumnya dibanderol sekitar Rp.1.250/biji.

Nah, selain daftar diatas sebenarnya masih ada banyak lagi makanan khas Manado lainnya yang rasanya enak namun belum disebutkan seperti tinoransak, koyabu dan paniki olahan daging kalelawar.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.