10 Makanan Khas Pemalang Yang Nikmatnya Menggugah Selera

Diposting pada
Rate this post

Kota Pemalang adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Tegal, Purbalingga dan Pekalongan.

Meskipun namanya tidak sepopuler kab.Tegal atau Pekalongan, namun ada satu hal yang tidak boleh dipandang sebelah mata dari kota satu ini yakni keunikan serta keanekaragaman kulinernya.

Nah, penasaran kan apa saja nama makanan khas tradisional dari kota Pemalang tersebut? Tenang saja, karena tim JejakPiknik akan mengulasnya lengkap beserta resep hingga cara pembuatannya.

Langsung saja yuk kita intip 10 daftar makanan yang menjadi ciri khas dari kota Pemalang berikut ini.

1. Lontong Dekem

foto by food.detik.com

Kuliner khas daerah Pemalang yang terbuat dari potongan lontong dan daging ayam serta campuran daun bawang juga kletuk ini adalah salah satu makanan paling wajib buat dicoba.

Menu satu ini biasanya paling enak bila disajikan bersamaan dengan sate khas dekem dan ditaburi kletuk serta ditambah kerupuk. Membayangkan saja, air liur sudah pasti meleleh ya.

Nah, bila ingin mencicipi kuliner satu ini, tempat paling pas buat dituju adalah Lontong Dekem Pak Drajat di jalan Mochtar, Kebondalem, Pemalang, Jateng.

Di warung yang sudah kondang sejak tahun 1970-an ini, Lontong Dekem biasanya hanya dihargai sekitar Rp.10.000/porsinya.

2. Grombyang

foto by seputarpemalang.com

Hidangan khas Pemalang satu ini bisa dibilang sangat populer baik dulu maupun sekarang dan kuliner tersebut bentuknya persis seperti nasi rawon.

Bedanya, Grombyang terbuat dari daging kerbau atau sapi yang kemudian dicampur dengan kuah manis serta ditaburi daun bawang diatasnya.

BacaJuga:  Misteri Dibalik Keindahan Umbul Manten

Nah, penasaran kan bagaimana rasanya? Bagi yang ingin mencicipi, bisa datang ke Nasi Grombyang Pak H.Warso di jalan R.E Martadinata di Pelutan kabupaten Pemalang. Di warung kita hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp.15.000 saja untuk satu porsinya.

3. Ogel-ogel

foto by tokopedia.com

Ogel-ogel adalah salah satu contoh makanan ringan khas kota Pemalang yang kerap dibeli untuk dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Jajanan tradisional ini terkenal sangat lezat karena memiliki citarasa yang gurih dan renyah. Tak heran, banyak wisatawan ketagihan akan makanan unik tersebut.

Nah, untuk berburu kuliner tersebut, Toko Ogel-Ogel di Perum daerah Broji, Kaligelang, Taman, kota Pemalang adalah tempat paling direkomendasikan buat Sahabat JejakPiknik.

Toko ini biasanya buka hingga pukul 8 malam dan untuk harga Ogel-ogel sendiri hanya dikenakan sekitar Rp.10.000/bungkusnya.

4. Sate Loso

foto by willygaluh.wordpress.com

Kuliner satu ini merupakan salah satu sate khas Indonesia yang berasal dari kota Pemalang dengan bahan dasarnya adalah daging sapi atau kerbau.

Untuk cara membuatnya, daging sapi atau kerbau terlebih dahulu di bacem sebelum dibakar. Dan kemudian disajikan dengan bumbu kacang merah yang sudah dihaluskan.

Saat mencicipi makanan satu ini, bisa dijamin Sahabat JejakPiknik tidak ikhlas jika hanya mencoba sekali saja dan mungkin akan ketagihan.

Dan tempat paling enak buat mencicipinya adalah Sate Loso Pak Mul di jalan Urip Sumoharjo no.105, kab.Pemalang. Di warung tersebut kuliner ini biasanya hanya dikenakan sekitar Rp.25.000/porsi.

5. Kamir

foto by gulalives.co

Selain ogel-ogel, kamir juga menjadi salah satu jenis makanan khas kota Pemalang yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh buat keluarga tercinta.

Kamir adalah salah satu kue kering yang terbuat dari beraneka macam campuran seperti tepung terigu, tape, telur, mentega dan pisang ambon.

BacaJuga:  10 Foto Indahnya Taman Indonesia Kaya Semarang

Untuk cara pembuatan kue Kamir sendiri biasanya dibentuk bulat pipih dan memiliki warna kecoklatan mirip seperti makanan khas Lombok Timur.

Bagi yang hendak berburu oleh-oleh ini, bisa datang ke toko Kamir Bu Amanah di jln.Semeru, gang. Melati daerah Mulyoharjo. Tempat tersebut buka hingga pukul 8 malam dan untuk satu harga Kamir biasanya hanya berkisar Rp.10.000/bungkusnya.

6. Apem Comal

foto by bloggermaknyus.blogspot.com

Apem comal adalah salah satu makanan khas Pemalang berupa roti yang terbuat dari campuran tepung terigu serta gula merah dan memiliki rasa gurih juga manis.

Untuk cara membuat Apem Comal bisa dikatakan masih sangat tradisional. Tak heran kue tersebut memberi citarasa tersendiri bagi para penikmatnya.

Kue Apem ini banyak ditemui di kawasan Pasar Comal ataupun toko kue di sekitar kota Pemalang dan biasanya hanya dibanderol mulai dari Rp.1.000-Rp.2.000/bijinya.

7. Tahu Pletok

foto by kulinerpemalang-willygaluh.blogspot.com

Selain Apem Comal dan kue Kamir, Tahu Pletok juga merupakan jajanan tradisional khas daerah Randudongkal yang tidak boleh dilewatkan begitu saja saat tengah berkunjung ke Pemalang.

Untuk pembuatannya, tahu terlebih dahulu di goreng kering hingga sampai berwarna kecoklatan kemudian dipecah menggunakan tangan sebelum kemudian disajikan.

Bagi yang ingin mencicipinya, Tahu Pletok Pemalang di Jln.Raya Ds.Karangmoncol adalah tempat paling tepat buat dikunjungi. Warung tersebut buka hingga pukul 10 malam dan untuk harga biasanya hanya dipatok sekitaran Rp.10.000/porsinya.

8. Kraca

foto by makananoleholeh.com

Kraca adalah salah salah kuliner dari daerah Bodeh yang berbahan dasar keong dan makanan tersebut diketahui mengandung protein cukup tinggi.

Menariknya, keo

ng yang dianggap hama ini dimasak dengan bumbu khas seperti bawang putih, ketumbar, kemiri dan lainnya sehingga membuat rasanya menjadi semakin lezat.

BacaJuga:  5 Rental Sewa Kamera Kudus, Hanya Mulai 85 Ribuan Saja

Bila dilihat dari gambar atau foto, memang sangat aneh tapi saat mencicipinya Sahabat JejakPiknik akan dibuat ketagihan.

Bila ingin mencicipinya, warung milik Mak Kiwil di desa Bodeh adalah tempat paling tepat. Disini untuk satu porsi kraca biasanya hanya dikenai Rp.10.000 saja.

9. Manisan

foto by pemalangjawa.blogspot.com

Nah, buat yang berkunjung ke desa Moga, manisan adalah salah satu jajanan tradisional paling wajib buat diburu untuk dibawa pulang.

Jenis jajanan di daerah Moga ini cukup bervariasi, namun yang paling banyak diminati diantaranya adalah manisan pepaya dan cermai.

Untuk berburu jajanan tersebut, tempat paling populer buat dikunjungi adalah kawasan Sentra industri Nanas di Belik. Disini harga manisan biasanya hanya berkisar Rp.5.000/bungkus.

10. Lotek

foto by hipwee.com

Sekilas, makanan satu ini bisa dibilang mirip seperti pecel hanya saja rasanya cukup berbeda karena sayurannya tidak dicampur dengan bawang putih, daun jeruk maupun kencur.

Dan bagi yang ingin mencicipinya, Warung Lotek di Jln.Jebed Utara, Taman adalah paling pas buat didatangi. Tak hanya enak, tempat ini juga mematok harga cukup murah Rp.11.000/porsinya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.