10 Makanan Khas Sidoarjo, Semuanya Sangat Enak dan Lezat

Diposting pada
Rate this post

Sidoarjo, mendengar nama kota satu ini mungkin di pikiran Sahabat JejakPiknik langsung terbersit tentang lumpur lapindonya yang fenomenal kan?

Yup, memang sudah tidak dapat dipungkiri lagi, kalau lumpur lapindo kini sudah menjadi gambaran bahkan ikon untuk kabupaten Sidoarjo yang ada di dekat kota Surabaya ini.

Namun pada artikel kali ini kita tidak akan membahas tentang lumpur lapindo, karena masih ada banyak hal menarik lainnya untuk dibahas dari kota Sidoarjo di Jawa Timur tersebut , salah satunya tentang makanan khas-nya.

Setiap daerah tentunya memiliki makanan khas yang bisa dicicip atau bahkan dijadikan oleh-oleh. Tak terkecuali dengan Sidoarjo, kota di Jatim ini juga mempunyai banyak kuliner tradisional enak lho.

Ingin tahu apa saja makanan khas dari Sidoarjo? Berikut info lengkap beserta keterangannya.

1. Lontong Kupang

foto by travelingyuk.com

Lontong Kupang adalah salah satu masakan khas Sidoarjo yang terkenal begitu lezat. Berkunjung ke kota udang tapi belum menyicip makanan ini, Sahabat JejakPiknik pasti akan rugi.

Komposisi dari makanan ini diantaranya ada lontong, kupang, lentho dan siraman kuah serta bumbu petis juga bawang putih. Kuliner tersebut paling nikmat bila ditemani minuman seperti es degan.

Kupang adalah sejenis kerang laut berukuran kecil berwarna putih, sementara lentho merupakan olahan kacang telo berbentuk oval yang digoreng, mirip perkedel.

Dan satu tempat penjual lontong kupang yang paling juara adalah milik Pak Misari di Jln.Mojopahit No.62, Bulusidokare, Sidarjo. Warung tersebut buka mulai pukul 09.30-13.00, dimana harga satu porsinya hanya Rp.8.000 saja.

BacaJuga:  Keindahan Candi Penampihan di Tulungagung

2. Bandeng Asap

foto by masakandapurku.com

Makanan enak selanjutnya yang menjadi ciri khas dari Sidoarjo adalah Bandeng Asap, salah satu kuliner paling sering dibeli wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Sesuai namanya, bahan utama dari kuliner ini adalah ikan bandeng yang dimatangkan melalui cara pengasapan kemudian ditambah saus untuk selanjutnya dikemas dalam box.

Bagi yang ingin membelinya, Bandeng Asap Bu Nasor di jln.RA Kartini no.133B adalah tempat paling recommended. Selain enak dan gurih, harganya juga terjangkau mulai Rp.9.000-Rp.25.00/ekornya, tergantung ukurannya.

3. Bandeng Presto

foto by masakandapurku.com

Selain di asapi, di Sidoarjo bandeng juga diolah dengan cara di presto, salah satu tehnik memasak menggunakan uap air bertekanan tinggi untuk melunakkan tulang-tulang ikan itu sendiri.

Disamping aroma dan rasanya yang menggugah selera, bandeng presto juga dikenal memiliki citarasa tersendiri. Tak heran banyak orang gemar mengonsumsi makanan satu ini.

Untuk Bandeng Presto yang paling terkenal akan kelezatannya adalah warung Tombu Luwe di perumahan Magersari Blok BW-3. Tempat tersebut sudah buka sejak tahun 2003 lalu dan soal harga biasanya hanya dipatok sekitar 10-20 ribuan, tergantung ukuran ikannya.

4. Petis

foto by koran-jakarta.com

Petis adalah masakan berbahan dasar cairan sisa perebusan ikan yang dipanasi sampai menjadi kental seperti saus dan memiliki tekstur lebih padat, kemudian ditambah gula merah agar rasanya terasa manis.

Dibalik resepnya yang sederhana, petis juga menjadi salah satu contoh makanan tambahan paling mantap untuk menemani lontong kupang atau aneka gorengan.

Nah, bagi yang ingin berburu petis, silahkan datang ke toko oleh-oleh Ny.Siok di Jln.Gajah mada 34, Sidokampul. Di warung yang buka mulai pukul 09.00-17.00 ini, kita cukup merogoh kocek mulai Rp.16.000 saja per kilonya.

BacaJuga:  Air Terjun Lawean Penampihan di Tulungagung, Keindahan yang Tersembunyi

5. Telur Asin

foto by jatenglive.com

Telur asin merupakan makanan cepat saji bersifat praktis yang dapat dipadukan dengan beraneka macam kuliner seperti nasi lengko atau lainnya.

Cemilan ringan ini terbuat dari telur bebek yang diolah melalui cara pengasinan(diawetkan dengan diberi garam banyak agar enzim perombaknya tidak aktif)

Telur asin ini banyak ditemui di desa Kebonsari dan tersedia banyak pilihan rasa. Kudapan tersebut biasanya hanya dibanderol sekitar Rp.4.000/biji.

6. Kerupuk Udang

foto by ujiandeliaayumaya.wordpress.com

Kuliner selanjutnya ini adalah salah satu makanan tradisional berbahan dasar adonan tepung tapioka dan udang yang ditumbuk halus kemudian diberi bumbu lalu dikukus sampai matang dan setelah itu diiris tipis.

Setelah di iris, dijemur dibawah terik matahari selama 2-3 hari dan jika sudah kering, kerupuk ini pun siap untuk digoreng kapanpun.

Nah, buat yang doyan cemilan ini, silahkan datang ke toko Mitra di jln.Mojopahit no.50. Selain gurih, harga kerupuk udangnya juga sangat terjangkau, hanya berkisar Rp.10.000/bungkus.

7. Otak-otak Bandeng

foto by masakandapurku.com

Olahan otak-otak yang dibuat di Sidoarjo tersebut rasanya tidak sama seperti di kota Gresik dimana isiannya menggunakan kelapa sangrai, telur dan bumbu rempah halus.

Bagi yang ingin menikmati citarasa kuliner ini, satu tempat paling rekomendasi buat dituju adalah warung Tombu Luwe di perumahan Magersari Blok BW-3. Disini, harga otak-otak bandeng hanya berkisar Rp.15.000-Rp.30.000/pack, tergantung ukurannya.

8. Rawon

foto by zonareseponline.blogspot.com

Nah, bila kebetulan Sahabat JejakPiknik sedang berkunjung ke daerah Krian, jangan lupa buat nyicip nasi rawon khas Sidoarjo ya.

Meski resep serta cara penyajiannya masih sama seperti yang ada di daerah lain tapi nasi rawon khas Sidoarjo ini rasanya beda lho.

Dan satu tempat yang paling populer akan kelezatan nasi rawon adalah Depot Mila di daerah Krian. Selain enak, harga untuk satu porsinya juga sangat terjangkau.

BacaJuga:  5 Destinasi Wisata Kolam Renang Pilihan di Daerah Pacet Jawa Timur

9. Kue Lumpur

foto by smily.id

Diberi nama kue lumpur, karena kuliner satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut, jadi ketika masuk ke dalam mulut maka rasanya langsung meleleh.

Kue ini sudah ada sejak lama namun mulai terkenal setelah terjadi bencana lumpur lapindo. Dan satu tempat yang paling populer akan kudapan tersebut adalah warung Bu Lilik di jln.Hangtuah.

Warung ini buka mulai pukul 06.30-17.00 dan untuk harga kue lumpurnya hanya dibanderol sekitar Rp.2.000-Rp.2.500 saja, tergantung isiannya.

10. Wader

foto by travelingyuk.com

Bila dilihat dari gambar atau foto, kuliner tersebut bahan dasarnya terbuat dari ikan wader yang diolah menjadi cemilan kriuk dan siap untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Olahan ikan tawar ini biasanya paling nikmat bila dijadikan sebagai makanan pendamping nasi dengan campuran sambal terasi.

Nah, bila ingin berburu oleh-oleh ini, toko Omira di jln.Pahlawan, Jetis adalah tempat paling pas buat dikunjungi. Disini, harga Wader kriuk biasanya hanya dipatok sekitar Rp.20.000/pack.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.