10 Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Bikin Ngiler

Diposting pada

Selain menyajikan keragaman bahasa daerah, tarian dan objek wisata menarik, provinsi Sulawesi Selatan juga menjadi salah satu destinasi paling tepat untuk berburu kuliner.

Pasalnya, sederet makanan khas yang ada di Sulawesi Selatan tersebut citarasanya tidak kalah lezat dengan kuliner tradisional di provinsi lainnya di Indonesia.

Penasaran apa saja nama makanan khas Sulsel yang terkenal akan kelezatannya? Nah, pada artikel berikut, JejakPiknik telah merangkum tentang macam-macam menunya secara lengkap mulai dari sejarahnya, penjelasannya, resepnya berserta dengan cara membuatnya.

1.Coto Makassar

Foto By ngalam.co

Nah, makanan khas andalan Sulawesi Selatan pertama adalah coto Makassar, salah satu jenis kuliner suku Bugis yang konon katanya merupakan hidangan khusus kalangan istana kerajaan Gowa.

Kuliner tradisional ini terbuat dari jeroan dan daging sapi. Untuk pembuatannya bisa dibilang cukup unik dimana kedua bahan pokok direbus dengan air cucian beras serta kacang tanah yang sudah dihaluskan.

Setelah itu masakan berat tersebut dimasak dengan resep bumbu pilihan agar citarasanya semakin nikmat. Menu cepat saji  ini biasanya paling nikmat bila disantap bersama ketupat ataupun buras.

Penasaran seperti apa rasanya? Nah, satu tempat paling recommended buat dituju adalah warung Coto dekat pantai Losari tepatnya di Jln.Nusantara No.32, Makassar. Disini, harga seporsinya murah yakni berkisar Rp.15.000 saja.

2.Kapurung

Foto By resepnusantara.id

Makanan khas Sulsel yang kedua ini, jika dilihat dari foto ataupun gambarnya  teksturnya mirip bak papeda, kuliner tradisional dari kota Maluku.

BacaJuga:  40 Tempat Wisata di Makassar, Nomer 10 Keren Banget

Sajian satu ini bahan dasarnya juga terbuat dari tepung sagu yang dimasak dengan aneka sayuran dan ikan ataupun daging.

Kendati makanan tradisional tapi hidangan ini juga bisa ditemukan di warung kaki lima dan salah satu contoh tempat paling terkenal adalah Rumah Makan Aroma Palopo di jalan Kasuari.

Menu kapurung di rumah makan ini tidak perlu lagi diragukan kelezatannya. Selain itu, harganya juga dibanderol murah berkisar Rp.16.000-Rp.19.000/porsinya, tergantung campurannya.

3.Sop Konro

Foto By fimela.com

Makanan khas Sulsel lainnya yang juga wajib dicoba adalah sop konro, salah satu jenis sup berbahan dasar iga sapi dengan citarasa sangat tajam namun memiliki tekstur daging  lembut.

Menurut keterangannya,cara membuat kuliner hewani satu ini bisa dikatakan cukup unik dimana iga sapi terlebih dahulu dibakar, setelah itu baru disajikan bersama kuah sop konro.

Dan salah satu tempat paling terkenal akan menu ini adalah RM.Sop Konro Karebosi di Jln.Gunung Lompobattang No.41-43. Rumah makan tersebut sangat terkenal di Sulsel bahkan kini sudah buka cabang di Jakarta.

Selain karena rasa sop konronya sangat enak, harga yang ditawarkan untuk satu porsinya juga relatif terjangkau berkisar Rp.38.000-Rp.40.000/porsinya.

4.Pisang Epe

Foto By aslibugismakassar.blogspot.com

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang mencari cemilan atau oleh-oleh khas Sulawesi Selatan, mungkin pisang epe khas Enrekang ini bisa menjadi pilihan kuliner paling tepat.

Cemilan ringan tersebut terbuat dari pisang kepok setengah matang yang dibakar secara bolak-balik sampai warnanya kecoklatan kemudian disajikan diatas piring lalu disiram gula merah cair. Kuliner ini  paling nikmat disantap bila ditemani minuman menyegarkan.

Kudapan tersebut paling banyak dijual di kawasan pantai Losari dan harganya hanya dibanderol sekitar Rp.10.000 -Rp.15.000/porsinya.

5.Es Pisang Ijo

Foto By merahputih.com

kuliner berikutnya ini bahan dasarnya terbuat dari olahan pisang yang dibalut dengan tepung warna hijau kemudian dikukus lalu disajikan bersama kuah santan kental.

BacaJuga:  10 Gambar Trans Studio Makassar, Harga Tiket Masuk, Sejarah Asal Usul, Lokasi Alamat, Hotel di Setikar Wisata + Jam Buka Tutu

Es pisang ijo ini adalah salah satu ikon kuliner kota Makassar yang kerap dijadikan sebagai menu buka puasa favorit oleh masyarakat Sulawesi Selatan.

Nah, penasaran ingin mencicipinya? Sahabat JejakPiknik silahkan datang ke Warung Bravo di jalan Sultan Alauddin No.27, Mangasa, Tamalate, Makassar. Di tempat ini harga es pisang ijo dibanderol sekitar Rp.22.500/porsinya. Masih sangat terjangkau bukan?

6.Jepa

Foto By resepnusantara.id

Jepa adalah sejenis penganan khas suku Mandar yang bahan dasarnya terbuat dari umbi-umbian serta parutan kelapa dan diolah menjadi makanan cepat saji berwujud roti pipih.

Menurut sejarah, jepa ini adalah salah satu makanan pokok suku Mandar yang cara pembuatannya sangat unik dan dimasak dengan dibakar.

Meskipun langka namun kita bisa mendapatkannya di rumah makan tradisional milik Asna di dekat bandara Tampa Padang, Kabupaten Mamuju. Disini, harga jepa dibanderol sekitar Rp.5.000/lembar.

7.Barobbo

Foto By steemit.com

Nah, makanan yang menjadi ciri khas Tanah Bone bernama barobbo ini terbuat dari jagung yang sudah dihaluskan dengan pisau dan kemudian dicampur bersama aneka macam rempah-rempah.

Bila dilihat sekilas dari gambar, menu serealia ini mirip dengan bubur Manado, hanya saja bahan utama yang digunakan bukan beras tapi jagung.

Bagi yang ingin menikmatinya, RM.Kapolo di jalan Faisal XII No.06, Makassar adalah tempat paling pas buat dikunjungi. Mengenai harga, cukup terjangkau hanya Rp.13.000/porsinya.

8.Beppa Janda

Foto By akbarpost.com

Kue khas daerah Barru berwujud kue tradisional tersebut bahannya terbuat dari adonan gula merah cair dan tepung terigu  yang kemudian dimasak dengan cara digoreng.

Beppa janda sendiri banyak dipasarkan di toko oleh-oleh di sekitar kabupaten Pangkep. Mengenai harganya, kumpulan lapak di kawasan ini biasanya membanderol kisaran Rp.400-Rp.5.00/bijinya.

9.Baje Canggoreng 

Foto By cookpad.com

Camilan khas Pare-pare satu ini terbuat dari gula merah dan kacang tanah yang sudah disangarai lalu kemudian dibentuk diatas loyang bulat dan setelah itu dibiarkan hingga mengeras.

BacaJuga:  Kete Kesu, Desa Wisata yang Harus Anda Kunjungi Saat Berada di Toraja

Setelah mengeras kemudian baje canggoreng dibungkus bisa menggunakan daun pisang atau plastik. Citarasa kudapan tersebut rasanya gurih bercampur manis ketika digigit.

Untuk mendapatkannya, mengunjungi Toko Keradjinan di Jln.Somba Opu-Jln.Wahab Taru adalah tempat paling tepat. Mengenai harganya hanya dipatok kisaran Rp.5.000/bungkusnya.

10.Barongko

Foto By cookpad.com

Kue tradisional khas daerah Pinrang ini terbuat dari pisang yang sudah dihaluskan dan kemudian dicampur dengan bahan kue lainnya, lalu dibungkus menggunakan daun pisang.

Bagi yang ingin membelinya, bisa datang ke toko oleh-oleh Baronis di Jln.Sultan Alauddin No.98,Ruko Pabaeng-baeng, Makassar. Di tempat ini, barongko hanya dihargai sekitar Rp.27.000/bungkusnya.

Nah, selain ke-10 daftar diatas masih ada banyak lagi makanan khas Sulsel yang rasanya tak kalah enak buat dicicipi seperti Lappa khas Sinjai atau Pa’Piong dari Tana Toraja.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.