Inilah 10 Makanan Khas Vietnam Yang Siap Menggoyang Lidahmu

Diposting pada

Vietnam adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang kerapkali dijadikan sebagai destinasi wisata luar negeri oleh masyarakat Indonesia. Hal itu tidak lain karena letaknya masih sangat dekat dengan negeri kita tercinta.

Selain terkenal mempunyai segudang destinasi wisata menarik dan unik, ternyata Vietnam juga merupakan salah satu surga bagi mereka para pecinta kuliner.

Melancong ke suatu negara, tak lengkap rasanya bila kita tidak berwisata kuliner untuk mencicipi makanan khasnya yang ada. Sama halnya dengan Vietnam, tempat ini adalah satu tujuan paling pas buat menikmati aneka macam hidangan sehat dan segar.

Penasaran apa saja menu kulinernya? Nah, berikut ini adalah 10 daftar lengkapnya.

1. Pho

Foto By travel.tribunnews.com

Makanan khas Vietnam pertama adalah Pho, salah satu kuliner paling terkenal yang terbuat dari mie beras dan biasanya disajikan dengan semangkuk sup daging.

Jika dilihat dari gambar ataupun foto, penampilannya mirip soto khas Indonesia, karena dilengkapi tauge dan daun jeruk. Pho juga merupakan salah satu jenis makanan utama bagi orang Vietnam.

Penasaran ingin mencicipinya? Satu tempat terbaik untuk menikmati Vietnamese Noodle Soup ini adalah kedai Pho di jalan Ly Quoc Su No.10, Hanoi. Disini, seporsinya kita hanya perlu merogoh kocek sekitar 35000 VND atau 21 ribuan saja.

Menariknya, kuliner halal khas Vietnam satu ini pun kini sudah hadir di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta dan Bandung.

BacaJuga:  Backpacker-an Ke Jepang Selama 5 hari Tanpa Travel Tour? 10 Tips Berikut Wajib Dibaca!

2. Bun Cha

Foto By his-travel.co.id

Bun Cha adalah salah satu masakan tradisional Vietnam yang cukup populer di kalangan pecinta kuliner karena rasanya tak kalah nikmat dari Pho.

Bun Cha sendiri terbuat dari potongan daging babi panggang atau bakar yang dicelupkan ke dalam kuah kaldu lalu disajikan bersama bihun, tauge dan aneka sayuran mentah lainnya.

Dan kabarnya, Bun Cha Dac Kim di Jln.Hang Manh No.01 di daerah Old Quarter adalah paling enak. Di tempat ini, seporsi menu tersebut hanya dibanderol sekitar 90.000VND atau 55 ribuan saja.

3. Banh Cuon

Foto By idntimes.com

Banh Cuon adalah salah satu masakan tradisional khas Vietnam yang terbuat dari kue beras kukus dan biasanya disajikan dengan bawang goreng renyah, mentimun, irisan daging serta daun selada.

Citarasa hidangan ini bisa dibilang cukup unik. Dan di Vietnam, Banh Cuon biasanya disajikan dengan tempura udang serta gorengan kacang hijau untuk menambah kelezatannya.

Banh Cuon  banyak dijual di warung-warung pinggir jalan. Dimana seporsinya biasanya hanya dipatok sekitar 10 ribuan saja. Murah banget kan?

4. Goi Cuon

Foto By mldspot.com

Sahabat JejakPiknik sudah pernah mencoba gulungan salad yang berisi udang ataupun irisan daging? Nah, bila belum jangan lupa catat nama makanan ini baik-baik ya, yaitu Goi Cuon.

Menurut resep, cara membuat goi cuon tersebut tidak digoreng. Isian hanya digulung kedalam kulit lumpia lalu dicelup ke dalam bumbu kacang. Nah, sekarang tau kan kenapa makanan ini disebut hidangan sehat?

Tertarik mencicipinya? Nah, silahkan saja datang ke The Daun Restaurant di Le Thanh Ton, Ben Than Ward, HCMC. Sajian goi cuon disini terkenal sangat enak dan harganya pun ramah di kantong hanya 70.000VND atau 42 ribuan seporsinya.

BacaJuga:  5 Paket Wisata Murah Ke China Mulai 3 Jutaan Per Orang

5. Banh Xeo

Foto By gotravelly.com

Makanan khas Vietnam berikutnya yang juga wajib buat dicicipi adalah Banh Xeo, salah satu jenis penganan seperti pancake  dengan citarasa gurih dan renyah.

Makanan ringan yang sehat dan halal ini bahan dasarnya terbuat dari tepung beras, santan, kunyit, udang, tauge dan juga daging sapi.

Selain nikmat dijadikan sebagai hidangan penutup sembari menyeruput minuman teh, banh xeo pun bisa dibawa pulang buat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Bagi yang ingin mencicipinya, satu tempat paling pas buat dikunjungi adalah Banh Xeo Em Oi di 26 Thu Khoa Huan, kota Ho Chi Minh. Untuk harganya hanya sekitar  15.000VND – 50.000VND atau 9 hingga 30 ribuan saja.

6. Com Tam

Foto By gotravelly.com

Kuliner selanjutnya yaitu Com Tam, salah satu hidangan khas Vietnam yang terbuat dari beras patah-patah namun bertekstur lembut dan biasanya disajikan dengan irisan daging, bihun serta beberapa sayuran seperti tomat, acar serta timun.

Untuk mendapatkan kuliner ini tidaklah sulit, karena bisa ditemukan di kawasan streetfood Vietnam dan harganya pun sangat bersahabat yakni sekitar 25.000VND atau 15 ribuan seporsinya.

7. Banh Mi

Foto By idntimes.com

Banh mi adalah sandwich ala Vietnam yang terpengaruh akan kebudayaan bangsa Perancis pada zaman dahulu. Sajian tersebut terbuat dari roti baguettes dengan berbagai macam isian yaitu ada daging, bakso ikan, acar, wortel dan lobak.

Untuk menikmatinya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke Tao Dan Park di kota Ho Chi Minh. Disini, harga banh mi biasanya dibanderol sekitar 5.000VND atau 3 ribuan saja.

8. Ca Kho To

Foto By monngonsaigon.net

Makanan enak yang menjadi ciri khas Vietnam selanjutnya adalah Ca Kho To, salah satu jenis kuliner berupa daging ikan rebus dengan gula dan bumbu gurih.

BacaJuga:  Intip Budget Liburan Hemat Ke Jepang Ini, Dijamin Nggak Bikin Tabunganmu Menipis!

Masakan tersebut biasanya dihidangkan dalam clay pot guna untuk melembutkan dan mengentalkan daging yang direbus.

Untuk menyantapnya, Sahabat JejakPiknik bisa menikmatinya di Pineapple restaurant di 35 Hang Buom, distrik Hoan Kiem, Hanoi. Di tempat ini ca kho to harganya sangat ramah dikantong.

9. Chao

Foto By superadventure.co.id

Meskipun terlihat aneh, tapi bubur beras ala Vietnam ini  rasanya sangat nikmat lho karena dimasak dengan daging ataupun ikan.

Selain itu, chao juga memiliki tekstur begitu lembut dan kaya rasa berkat disajikan dengan daging, remahan roti renyah, taburan bawang, lada hitam, tauge serta jeruk nipis.

Untuk menikmatinya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke restoran 213 Hang Bong di Hoan Kiem, distrik Hanoi. Tak hanya enak, harganya pun murah.

10. Banh Cam

Foto By reservasiku.com

Nah, masih bingung mau beli oleh-oleh apa untuk dibawa pulang? Mungkin membeli banh cam bisa dijadikan sebagai pilihan.

Banh cam adalah cemilan nikmat berbentuk bola-bola yang terbuat dari ketan dan wijen kemudian di dalamnya diisi pasta kacang hijau. Makanan ini mirip dengan onde-onde khas Indonesia.

Banh cam banyak ditemui di toko oleh-oleh ataupun street food di Vietnam dan mengenai harganya bisa dikatakan relatif terjangkau.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.