10 Gambar Masjid Agung Surabaya Al Akbar, Sewa Gedung Marwah + Hotel Dekat Lokasi

Diposting pada
Masjid agung surabaya kegiatan nasional al akbar alamat sewa gedung sejarah hotel dekat gambar menara lokasi foto warung kauman marwah homestay malam hari susunan pengurus radio indonesia khutbah jumat sekitar no telp harga rumah peta terbesar map jambangan wikipedia jawa timur tempo dulu daerah mana jatim adzan acara untuk akad nikah arsitektur arsitek aula bekam bazar ramadhan imam besar berdirinya biaya pembangunan begal cafe contact person
Masjid Agung Surabaya, Foto: menulisartikeldanjurnalistik.wordpress.com

Alamat: Jalan Masjid Al Akbar Timur No.1, Pagesangan, Jambangan, Kota SBY, Jawa Timur 60274
Map/Peta online: Klik Disini
Jam Buka (Menara): Senin-Sabtu, 08.00-16.00
Harga Masuk: Rp3.000
Contact Person: (031) 8289755

Sekilas Sejarah

Dalam sejarah tempo dulu, sebenarnya keberadaan masjid agung Surabaya lahir dari kerinduan yang dalam dari masyarakat Surabaya untuk memiliki masjid berskala nasional dengan konsep arsitektur yang megah dan berukuran besar. Masjid Al-Akbar Surabaya merupakan wujud realisasi dari impian yang telah lama terpendam masyarakat muslim dan pemerintah kota Surabaya yang mencapai lebih dari 5 juta jiwa dan 35 juta masyarakat Jatim pada umumnya.

Masjid Al Akbar Surabaya, Foto: tribunnews.com

Masjid ini akhirnya mulai dikerjakan dan dibangun di atas tanah seluas 11 hektar dengan luas bangunan 28.500 meter2. Sejak awal mulai di bangun Masjid Al-Akbar Surabaya diproyeksikan sebagai sebuah masjid dalam arti global, sebagai Islamic Center (Pusat Islam) dengan peran multidimensi dalam berbagai bidang dengan sebuah misi keagamaan, budaya, dan pendidikan juga wisata religi.

Masjid Agung Surabaya (MAS) yang bernama asli Masjid Nasional Al Akbar adalah masjid terbesar kedua di Indonesia setelah masjid Istiqal Jakarta, masjid ini berada di jantung ibukota Jawa Timur, Kota Surabaya. Dalam catatan sejarah Masjid Agung Surabaya didirikan pada tanggal 4 Agustus 1995 oleh Wali Kota Surabaya saat itu yang bernama H. Soenarto Soemoprawiro.

Pembangunan masjid sempat terhenti beberapa saat nih sobat traveler pada saat masa krismon tahun 1998. Pada hari pahlawan tanggal 10 November 2000, berdirinya masjid diresmikan Presiden RI pada saat itu yaitu Bapak KH. Abdurrahman Wahid dan mampu menampung 60.000 jama’ah yang datang pada peresmian tersebut. Pembangunan masjid tersebut selesai pada tahun 2001.

Jejak Islam, Foto: blogdetik.com

Sobat Traveler perlu diketahui, bangunan ini merupakan karya lokal para arsitek Surabaya. Rancang bangun arsitektur Masjid Agung Surabaya dikerjakan oleh tim arsitek dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), yang bekerja sama dengan para konsultan ahli yang memiliki pengalaman sangat baik dalam membangun masjid-masjid besar di Indonesia.

Masjid Agung Surabaya berdiri di atas lahan yang cukup labil, karena itu sistem pembuatan pondasi menggunakan pondasi yang dalam yaitu paku bumi. Ada sekitar 2.000 tiang pancang yang digunakan untuk pondasi masjid ini.

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Foto: liputan6.com

Fasilitas

Sobat traveler, Masjid Agung Surabaya menjadi ikon situs wisata religi Kota Surabaya, salah satu tempat yang akan dikunjungi wisatawan muslim dan bahkan non muslim untuk melihat bangunan yang begitu megah dengan bernilai seni tinggi. Dengar-dengar nih, setelah cross check dengan Wikipedia, ternyata luas lahan Masjid Agung Surabaya adalah sekitar 11 hektar loh. Luas bangunannya sekitar 22.300 meter2. Wah, luas sekali.

Jika sobat traveler berkunjung ke Masjid Agung Surabaya ini maka Sobat akan menjumpai beberapa fasilitas masjid seperti kantor pengurus sekretariat sebagai pusat untuk mengelola Masjid dan penyedia informasi seputar masjid, ruangan Al-Marwah dengan luas ruangan 36 m x 42 m yang dilengkapi dengan karpet, sound system yang bagus, AC beberapa buag, dan tentunya kesukaan orang jaman now..ya spot wifi, kursi, ruang ganti pria dan wanita, juga toilet yang bersih. Ruangan ini dapat menampung 2000 undangan bila ada suatu kegiatan pengajian akbar atau kegiatan lain yang berlangsung di sana.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Tamban Di Malang + Rute Akses Jalan Menuju Lokasi
Sistem Informasi Masjid, Foto: kemenag.go.id

Bangunan masjid ini terdiri dari dua lantai ada fasilitas lift juga dan sebuah menara yang terbuka untuk umum. Di atas Menara ini, sobat dapat menikmati pemandangan yang terbilang unik dan patut dicoba, yaitu melihat kota Sidoarjo, Surabaya, dan Bangkalan dari ketinggian. Tiket untuk masuk dan naik ke atas menara tidak mahal ko cukup dengan membayar Rp3.000,00 per orang, sobat sudah bisa menikmati pemandangan ini.

Di samping itu Masjid Agung Surabaya juga biasa dipakai untuk melakukan bermacam kegiatan keagamaan selain ibadah 5 waktu shalat dan shalat jumat, biasanya kegiatan dilakukan di beberapa aula yang cukup besar dan bisa disewa, seperti pengajian akbar, pengobatan bekam, dan untuk acara pernikahan, juga sering dipakai untuk bazar murah bagi masyarakat sekitar.

Tampak Depan, Foto: tripadvisor.com

Ada informasi harga sewa nih bagi Sobat Traveler yang barangkali mau mengadakan resepsi pernikahan di MAS.

  • Ruang as shofa 1) siang hari : Rp8.000.000,00 2) malam hari: Rp8.500.000,00
  • Ruang al marwah 1) siang hari : Rp8.500.000,00 2) malam hari: Rp9.000.000,00.

Cukup murah bukan dengan gaya arsitek bangunan yang begitu indah dan religius, menjadi salah satu pilihan tempat yang tepat untuk melangsungkan akad nikah.

Bagi sobat traveler yang rumahnya luar kota dan berniat untuk menikmati beberapa waktu di Surabaya dan mengunjungi  Masjid Agung Surabaya, di sekitar kawasan masjid ada banyak hotel dan homestay dengan harga murah ko dan cukup nyaman. Kalau lapar bisa mencari makan di sekitar masjid, ada cafe dan warung makan yang menyediakan cukup banyak jenis kuliner dengan harga yang tidak menguras kantong. Di utara masjid ada satu warung yang sudah terkenal sejak lama, yaitu Warung Kauman, tempatnya unik dan asik.

Salah Satu Masjid Terbesar di Indonesia, Foto: strategidanbisnis.com

Daya Tarik Bangunan

Di samping fasilitas yang sudah disebutkan tadi, Masjid Agung Surabaya juga merupakan sebuah bangunan dengan gaya arsitektur yang menarik minat bagi para pelancong dari berbagai daerah. Kalau rekan-rekan perhatikan, susunan kubah masjid ini bentuknya daun loh. Desainnya dikombinasikan dengan warna biru dan hijau. Hm.., sangat penuh dengan filosofis ya. Berikut beberapa gambaran beberapa hal yang menjadi daya tarik di MAS

  1. Atap dari masjid ini merupakan sebuah kubah yang besar, ditambah dengan kubah kecil berbentuk limasan berjumlah empat. Angka lima merupakan simbol dari rukun Islam. Bentuk kubah mirip setengah bulatan telur yang memiliki ketinggian 27 meter. Rangka atas dan kubah masjid, ditutup dengan menggunakan tiga lapisan, yaitu  Atap Kedap Air (AKA), Ehamel Steel Panel (ESP), dan penutup plafon.

Sedikit informasi menenai bahan-bahan penutup ini, yang menjadikan atap dan kubah masjid menjadi daya tarik. ESP merupakan sebuah plat baja yang diberi warna dan  kemudian dipanaskan hingga suhu 800o C. Plat tersebut dipotong-potong dengan ukuran tertentu untuk dapat digunakan sebagai lapisan penutup atap.

Gelar Program Ngaji Internet, Foto: tribunnews.com

Desain ini sangat khusus karena memiliki ketahanan panas, hujan, dan karat yang baik. Masjid ini tidak perlu untuk melakukan renovasi cepat-cepat, karena setiap bagiannya di desain untuk bertahan dalam waktu cukup lama.

Pada bagian bawah terdapat penutup rangka. Bahan yang digunakan adalah bahan kedap suara, yang memungkinkan akustik suara terangkum di dalam bangunan.

BacaJuga:  6 Hal Mengapa Pantai Sine Tulungagung Wajib Masuk Dalam Daftar Liburan Kita

Ketika jam-jam shalat, sobat akan dengar suara Adzan dari imam besar masjid atau ada orang ngaji, suara yang kita dengar akan sangat nyaman dan menyejukan hati.

  1. Selain kubah, masjid itu juga dilengkapi sebuah menara setinggi 99 meter. Angka ini mewakili 99 Asmaul Husna, nama agung dari Allah SWT. Sebenarnya rencana awal masjid tersebut akan didirikan tujuh menara. Tetapi karena pada saat awal dibangun dalam keadaan krisis ekonomi 1997-1998, maka berimbas pada biaya pembangunan dan hanya ada satu menara di bagian utara Masjid Agung Surabaya.
  2. 45 pintu. Uniknya setiap pintu terdiri dari dua daun pintu kayu jati yang besar dengan lebar sekitar 1,5 meter dan tinggi 4,5 meter, atau dengan kata lain terdapat 90 daun pintu di MAS yang dihiasi dengan ukiran yang indah.
  3. Bedug. Di serambi masjid terdapat sebuah bedug tua yang sangat besar dan kentongan dengan ornamen ukiran yang dibuat secara khusus.
  4. Mimbar. Mimbar masjid sabgat besar,  tingginya adalah 3 meter hal ini jelas sangat mendukung khutbah, mibar tersebut unik karena ada sentuhan etnis dan hiasan ornamen Suku Madura. Mengapa demikian? Karena Mimbar tersebut khusus dipesan dan dikerjakan oleh seniman dan perajin di Madura.
  5. Dinding. Wah kalau Sobat Traveler sekalian masuk dan lihat bagian dinding akan takjub dengan berbagai ornamen ukir dan kaligrafi yang mendominasi dan menghiasi dinding masjid agung Surabaya. Boleh diizinkan ambil foto ko.
  6. Kaligrafi. Di bagian atas masjid, bagian dalam, tepatnya di bagian kubah masjid, ada ornamen kaligrafi Alqur’an yang begitu indah dan membuat decak kagum dengan panjang tulisan 180 meter dan lebar 1 meter….waaa besar
  7. Rak kitab suci Alqur’an. Di bagian mihrab, bagian relung imam, dan bagian dinding utama ditempatkan rak-rak Alqur’an yang berukiran indah.
  8. Lantai. Kalau kita mulai masuk nih, kita akan menginjak lantai masjid berupa marmer dengan kualitas yang sangat baik, batu marmer untuk membuat lantai tersebut dari perbukitan di Provinsi Lampung. Bagian lantai dirancang oleh arsitek dengan ketinggian 3 meter dari permukaan laut nih sobat, lumayan tinggi.
  9. Halaman. Halaman masjid agung Surabaya dibangun dengan konsep yang sangat unik, yaitu menyatukan antara estetika lingkungan dan fungsi halaman sebagai lapangan ibadah tertentu, seperti Shalat Ied ketika akhir bulan Ramadhan. Luas halaman sekitar 500an meter persegi dengan bahan lantai yaitu batu paving.
  10. Pencahayaan yang tepat. Lebih lanjut tentang daya tarik arsitekturnya, keindahan masjid ini tidak perlu diragukan lagi, keindahannya juga dapat dilihat dari pencahayaan yang baik yang membawa dampak sehat bagi ruangan di dalam masjid. Bukan hanya di dalam ruangan saja loh ternyata, tetapi juga halaman taman dan lampu yang menerangi menara serta kubah. Semuanya ditata denga apik dan rapi.

Tidak cukup hanya sampai di situ saja kawan, ternyata masih ada lagi loh keunikan masjid ini. Yaitu di bagian desain interior masjid, yaitu ornament kaca yang dipasang dengan cantic, menghiasi masjid. Ornamen ini bukan hanya sekedar kaca, tetapi memiliki nilai seni dan kreativitas yang tinggi. Ternyata kawan, konsep ini bukan hanya sekedar untuk pemanis atau penghias saja, tetapi juga untuk melakukan penghematan energy. Wah. Penuh perjuangan pastinya membangun konsep masjid seperti ini ya.

BacaJuga:  Berlibur di Wisata Tertua Kota Malang, Taman Rekreasi Tlogomas
Wisata Religi Surabaya, Foto: davatrans.com

Lokasi

Sobat, lokasi masjid ini sangat mudah ditemukan dan terbaca jelas oleh maps google, yaitu berada pas di samping Jalan Tol antara Surabaya-Porong. Sangat mudah ko mencari tempatnya, langsung saja menuju Jalan Pagesangan, kecamatan Jambangan, kota Surabaya. Dari jauh sudah akan nampak ko, kubahnya yang besar berwarna biru dan dikelilingi 4 kubah kecil yang juga berwarna biru.

Masjid Agung Surabaya memiliki peranan yang krusial di kota Pahlawan ini, Masjid Agung Surabaya didirikan dengan tujuan untuk membangun kehidupan umat muslim dengan berbagai program. Masjid tersebut berperan sebagai

  1. Menjadi Benteng pertahanan Moral
    Melihat kondisi bangsa saat ini yang penuh dengan kerusakan moral dan kurangnya pendidikan moral di berbagai kalangan maka melalui pengajaran Agamalah kondisi seperti ini bisa ditanggulangi, diperbaiki, dan diminimalisir sejauh mungkin sejak usia dini. Masjid Agung Surabaya menawarkan kegiatan-kegiatan keagamaan untuk memulihkan dan membangun kembali moralitas bangsa.
  2. Islamic Education Centre
    Masjid Agung Surabaya memegang peranan penting sebagai salah satu penyelenggara pendidikan Islam. Hal ini sangat diperlukan oleh masyarakat secara luas diberbagai daerah di Indonesia. Indonesia adalah negara beragama dan di dominasi oleh penganut agama Islam, maka sudah sewajarnya masjid-masjid dimanapun berada harus mengupayakan pengajaran agama kepada masyarakat. Beberapa program ini seperti MI (Madrasah Ibtidaiyyah), LAZ MAS, Ayo Ngaji, Ma’had Aly, dan TPQ.
  3. Pusat untuk Kajian Syi’ar Islam
    MAS memiliki program penting yaitu syi’ar, yang berguna bagi kehidupan Islami di kota Surabaya secara khusus, sekarang sih sudah ada siaran radio streaming dari pengurus MAS. Kekhasan tujuan ini terpancar dari berbagai macam acara yang didukung dengan penegakan hukum syariah Islam. Acara-acara ini seringkali dilaksanakan di ruangan Zam-zam. Selain itu, ruangan Zaitun dan ruangan Yasmin, disediakan juga untuk melakukan kegiatan penyuluhan agama.
  4. Pusat Wisata Religi
    Di Indonesia sendiri beberapa masjid agung menjadi pusat perhatian jamaah dari berbagai kalangan dan daerah, perhatian tersebut muncul baik dari keunikannya entah menyangkut aspek historis maupun budaya. Masjid Agung Surabaya termasuk dalam pusat Wisata keagamaan daerah Jawa Timur.
  5. Pusat Layanan Kesehatan
    Ups jangan salah, walaupun fungsi utamanya adalah tempat beribadah dan melakukan kegiatan keagamaan tetapi juga dilakukan untuk mengerjakan amal ibadah lain yaitu melayani kesehatan masyarakat.
Kebanggan Masyarakat Surabaya, Foto: wikipedia.org

Rute ke MAS

Sobat traveler, untuk menuju ke lokasi ini ga sulit ko. Masjid Al Akbar terletak di Kawasan Surabaya bagian Selatan, tepatnya di Jalan Masjid Al Akbar No 1, Pagesangan. Jika mengawali perjalanan dari Terminal Bungurasih Sobat bisa menggunakan bus kota atau transportasi jaman sekarang, ojek online yang sudah menyebar luas di kota Surabaya menuju Joyoboyo atau langsung ke TKP. Kalau naik Bus, sesampainya di Joyoboyo naik angkutan kota menuju Menanggal.

Sebuah masjid sejatinya adalah tempat untuk beribadah, menjadi rumah ternyaman bagi jiwa yang letih dan lelah, siapapun seharusnya bisa masuk ke dalamnya dan menikmati suasana khusuk dengan Sang Pencipta di dalamnya. Selamat berkunjung, keep safety!

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.