Medan Punya Spot Foto Mirip di Belanda, Merci Barn Namanya. Yuk Lihat!

Diposting pada
foto by @rumahvillamedan

Lokasi: Jl. Karya Jaya, Titi Kuning Medan, Sumatera Utara. (Sekitaran medan johor)
Peta:
 Klik Disini
Biaya Masuk: – (izin dari security atau pihak Medan Resort City)

Medan rasa Belanda, adalah kesan pertama saat melihat rumah ini. Karena letak Merci Barn berada di medan tapi arsitekturnya menggunakan gaya Belanda.

Tempat ini mulai terkenal saat akun instagram Medan Resort City mengunggah tempat ini, dan orang-orang medan yang melihatnya jadi penasaran dan segera datang ke Merci Barn.

Arsitektur Belanda, gambar: sorasirulo.com

Rute Menuju Merci Barn

Dari Lapangan Merdeka menghabiskan waktu selama 1 jam 39 menit, jarak tempuh sejauh 11,5 km. Jika tempat anda jauh dari lapangan merdeka, sesuaikan saja menggunakan Google Map, dan dari lokasi anda masukan tujuan ke Medan Resort City itu arahan paling mudah.

Karena Merci Barn ada di Sekitaran Perumahan itu, tinggal menanyakan kepada security disana, denah lokasinya bisa dilihat disini, gambarnya sangat jelas https://medanresortcity.com/location/.

Bangunan Unik di Kota Medan ini jadi Primadona, Foto: imgrum.com

Tentang Merci Barn Resort City

Medan Resort City disingkat menjadi Merci ya bukan Mercy, merupakan proyek terbaru dari Monaco Property Group yang terletak di Jalan Merci Raya, Yang menghubungkan dua jalan besar yaitu Jalan Karya Jaya, Jalan Johor A Haji dan juga jl Brigjend zein.

Perumahannya mempunyai fasilitas sebagai berikut: Waterboom, Windmill Tower, Polder System, French Garden, Go Green Concept, Restaurant Cafe, Versailles Lake, Lapangan Basket, Lapangan bulu tangkis, Security Gate, CCTV, Jogging Track.

Grand Opening baru dilakukan pada 14 Februari dan langsung menarik warga lokal setelah disebar melalui akun instagram Medan Resort City.

Dibuktikan dengan banyaknya foto masyarakat berlatar belakang bangunan khas eropa tersebut dimana fungsi sebenarnya adalah Kantor Pemasaran dari Medan Resort City (MERCI).

Bergaya Eropa, Foto: semedan.com

Rumah berarsitektur benua eropa ini belum pernah ada di Medan, maka hal ini lah yang membuat masyarakat sangat antusias dengan dibangunnya rumah tersebut.

Di pertengahan tahun ini Merci Barn akan rampung dan di isi oleh 2000 unit rumah, padahal Merci Barn sudah ada sejak 2015 lalu.

Konsep dari Merci Office dirancang setiap tengah malam oleh arsitek bernama Rudy, tidak hanya luarnya yang bernuansa Eropa tetapi interiornya juga berkonsep eropa.

Karena antusiasmenya yang begitu besar, dan lebih sering didatangi oleh anak muda, yang pada awalnya pihak Medan Resort City tidak mempermasalahkan kedatangan para pengunjung.

Eropa di Pinggiran Medan, Foto: lihat.co.id

Sekarang ini berbeda karena setiap yang ingin masuk ke Perumahan tersebut dan berfoto di halaman Merci Barn, wajib membawa surat izin dari pihak marketing office yang alamat lengkapnya di kantor Monaco Property Group di Jalan Adi Sucipto, komplek Polonia River View.

Hal ini penting, jadi sebelum anda datang sudah tahu apa yang harus dipersiapkan.

Peraturan ini dibuat pada 21 Maret 2016, karena jika tidak dibuat peraturan tersebut pihak keamanan akan kewalahan menangani pengunjung dan fasilitasnya tidak bisa dikontrol seperti diinjaknya rumput khusus dan bunga yang mempercantik area Merci Barn tersebut.

Didepan Merci Barn ada sepasang ekor sapi, disesuaikan dengan konsep Belanda yang identik dengan Keju yang bahannya dibuat dari Susu sapi.

Walau banyak masyarakat yang berkunjung, tapi arsiteknya lebih sering datang memonitor di dalam ruangan dan tidak merasa kesal walaupun ada beberapa bagian dari bangunan yang rusak.

Karena arsitek itu merasa senang karena hasil rancangannya berhasil membuat warga tertarik. Jika pihak pengelola mengadakan acara 1 bulan sekali dan mengundang Band yang membawakan music bernuansa eropa juga, pasti semakin terasa berada di benua biru sana.

Perumahan Baru, Foto: putrizakiah.blogspot.com

Jangan hanya di Merci Barn, jagalah keasrian tempat wisata dimanapun berada, tapi terutama bagi warga Kota Medan, karena baru Merci barn ini sebagai Pionir wisata bergaya Eropa.

Wisata Lain Sekitar Deli Serdang

Green Hill City Sibolangit, Tempat wisata untuk keluarga ini berada di Kecamatan Sibolangit, kabupaten Deli Serdang, Sumut atau dari Medan jarak perjalanan ditempuh sekitar 1,5 jam.

Jenis permainan yang ada diantaranya: Bioskop 4 Dimensi, Roller Coaster, kincir raksasa, taman hijau yang dapat dijadikan sebagai tempat berkumpulnya semua keluarga, dan masih banyak lagi permainan yng seru-seru.

Taman Buah Lubuk Pakam, merupakan perkebunan yang ditanami berbagai macam buah dan banyak tanaman-tanaman lainnya dalam bentuk yang kecil.

Berada di komplek perkantoran Perkab Deli Serdang, jelasnya ada di Jalan Karya Jasa dan dikelola langsung oleh pemerintah yaitu dinas pertanian juga dimanfaatkan sebagai Ruang Terbuka Hijau.

Keunikan lain disini yaitu jika anda minta izin kepada pengelola Taman maka anda boleh makan buah-buahan sepuasnya tanpa bayar aliasnya gratis.

Taman Buah Lubuk Pakam ini mempunyai luas kurang lebih 4 Hektar dan ditanami dengan berbagai macam tanaman buah.

Diantaranya: pohon mangga, jambu, manggis, sawo, durian, belimbing, rambutan, duku, nanas, dan masih banyak lagi macam tanaman buah lainya.

Sambil menikmati manisnya buah, Anda bisa menikmati pemandangan yang serba hijau yang sangat baik untuk merefresh pikiran. Tempat Wisata Danau Linting, merupakan sebuah danau kecil yang menampilkan pemandangan indah yang tak boleh terlewatkan.

Rumah Cantik di Medan, Foto: wonderfulllfe.blogspot.com

Danau yang berlokasi di Desa Sibunga-bunga hilir, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda ini memberikan nuansa liburan yang identik dengan ketenangan dan alami.

Air danaunya berwarna hijau tosca dan hangat juga mengandung belerang menjadi kelebihan dan keunikan tersendiri, ramai dikunjungi oleh wisatawan di hari biasa (senin-jumat) bahkan saat hari libur.

Pemandian Alam Sembahe, rindu ingin berenang di air yang segar khas pegunungan. Kesegaran air pegunungan memang bisa menghilangkan rasa penat dan lelah yang ada di dalam diri.

Wisata pemandian Alam Sembahe memiliki kondisi alam dan airnya yang sangat sejuk serta

Tempat pemandian ini terletak di Daerah Desa Sembahe Kecamatan. Sibolangit, Kabupaten. Deli Serdang dan berlokasi sangat strategis karena tempat wisata ini berada di pinggir jalan lintas Medan-Berastagi atau dapat ditempuh dari Medan dengan waktu 1 jam perjalanan.

Tempat pemandian air pegunungan ini setiap harinya ramai dikunjungi oleh wisatawan khususnya saat hari libur tiba.

Kesegaran dan kesejukan alam Sembahe sangat dimanfaatkan oleh semua wisatawan yang datang untuk menyegarkan badan dan pikiran karena hiruk pikuk kota dan stresnya saat bekerja di kantor.

Jangan lupa untuk selalu waspada, jika membawa keluarga pastikan berada dalam jangkauan anda, takut terjadi hal yang tidak diinginkan.

Rumah Selfie di Medan Johor, Foto: tribunnews.com

Wisata Kuliner di Sekitar

Restoran Terapung, Menikmati indahnya pemandangan laut, lokasinya tidak begitu jauh dari kota Medan. Tempatnya murah , karena hanya menyediakan jasa memasak yang dibeli dari Tempat Penampungan Ikan (TPI) yang nelayan sediakan.

Harga dan jenis ikan adalah sebagai berikut: Ikan Sembilang dengan harganya Rp 25.000, Udang Tiger Rp 55.000, Ikan Lembur Kuring Rp 25.000, Ikan Pari Rp20.000, Ikan Bletong Rp 25.000 dan Ikan Swalo Rp 30.000 per-kilogramnya.

Selain ikan, ada Kepiting Renjong Rp15.000, Kepiting Kelapa Rp 30.000, Sotong Rp 25.000, dan Kerang Rp 25.000 tiap kilogramnya. Tiba di Restoran Terapung, wisatawan membutuhkan waktu kira-kira 15 sampai 20 menit lamanya dari dataran.

Tempat Berkumpul, Foto: tribunnews.com

Fauna yang bisa dilihat saat menuju Restoran terapung adalah Burung Bangau, Burung Elang dan burung laut lainnya sehingga menambah warna sebuah perjalanan.

Luas Restoran sekitar 625 meter persegi, ada 6 tempat lesehan, dan 6 meja panjang yang dapat menampung 30 sekitar orang. Setelah selesai menyantap, nanti orang yang membawa sampan akan datang mengantar anda kembali ke pinggiran daratan.

Waroeng Wong Rame, terletak di Jalan Raya Medan KM 16,8. Buka setiap hari pukul 11.00 s/d 22.00.

Tadinya rumah makan ini menjual durian saja, tetapi karena buahnya musiman pemilik restoran menghidangkan seafood sebagai penggantinya, ternyata banyak yang menyukainya.

Durian tetap ada sebagai ikon restoran ini, hadir dalam bentuk minuman favorit jus durian seharga Rp 25.000 per gelas.

Makanan favorit adalah ikan bakar, yaitu ikan aji-aji, per ekor satu kilogram dihargai sekitar Rp 70.000, ada juga ikan gurami, bawal, ayam-ayaman dan udang biasa.

Tempatnya Instagramable, Foto: rumahdijual.com

Cara memasaknya bisa asam manis, dibakar, dikukus disajikan dengan sambal kecap dan terasi. Makanan pendukungnya yaitu gulai daun ubi, tumis genjer, tumis bunga papaya, kerang bumbu tauco dan rebusan daun pepaya.

Harganya sekitar belasan ribu Rupiah, sebelum makan pastikan mana masakan yang membuat anda tidak alergi, karena masakan seafood sering membuat alergi.

RM Burung Goreng, Ayam dan daging sudah biasa jadi santapan, cobalah varian makanan burung di rumah makan ini.

Lokasinya di Jalan Medan, Lubuk Pakam KM 17,8. Burung yang bisa anda makan adalah burung tiung, puyuh, ruak ruak, juga burung ayam ayaman. Sebelum digoreng, burung diungkep dulu lalu digoreng sampai renyah sesuai pesanan.

Rasanya gurih karena bumbunya meresap, teksturnya lembut di dalam, renyah di luar. 1 Porsi burung goreng disajikan bersama sambal kecap dan sambal terasi. Tiga ekor burung puyuh berukuran kecil, dijual Rp 18.000.

Burung ayam-ayaman ukuran lebih besar, harga Rp 24.000/ekor. Jika ingin makan ayam, tersedia ayam kampung goreng, sambal kerang dan sambal tempe untuk anda yang tidak suka burung goreng. Restoran ini buka pukul 10.00 sampai 16.00 waktu setempat.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.