Mie Ayam Tumini, Si Kuliner Legend Jogja Yang Rasanya Selalu Ngangenin

Diposting pada
Foto by instagram.com/dimasdhohir/

Alamat: Jalan Imogiri Timur Nomor 187, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY 55163
Map: KlikDisini
Jam Buka: 10.00-17.00 WIB (Senin-Minggu)
No. Telp: 0274 410 334
WhatsApp: 

Daftar Harga Menu

– Mie Ayam Biasa Rp. 10.000
– Mie Ayam Setengah Porsi Rp. 8.000
– Mie Ayam Setengah Porsi Ceker Rp. 11.000
– Mie Ayam Jumbo Rp. 14.000
– Mie Ayam Jumbo Extra Ayam Rp. 18.000
– Mie Ayam Jumbo Ceker Rp. 18.000
– Mie Ayam Extra Ayam Rp. 14.000
– Mie Ayam Setengah Porsi Extra Ayam Rp. 12.000
– Mie Ayam Ceker Rp. 14.000
– Mie Ayam Jumbo Extra Ayam & Ceker Rp. 22.000
– Sawi Ayam Rp. 8.000
– Sawi Ayam Ceker Rp. 11.000
– Ceker Rp. 3.000
– Kerupuk 3bh Rp. 2.000

Daftar Harga Minuman

– Teh Panas/Es Rp. 3.000
– Jeruk Panas/Ed Rp. 3.000
– Lemon Tea Rp. 4.000
– Kopi Rp. 4.000
– Kopi Mix Rp. 5.000
– Kopi Susu Rp. 6.000
– Kopi Gingseng Rp. 6.500
– Susu Cokelat/Putih Rp. 4.000
– Soda Gembira Rp. 8.000

Parkir Motor: Rp. 2.000
Parkir Mobil: Rp. 4.000

Foto by instagram.com/huntingmieayam/

Sebagai penikmat kuliner sejati, menjadikan Kota Jogja sebagai destinasi akhir pekan adalah keputusan yang sangat tepat. Karena di Kota Gudeg ini kamu bisa menemukan banyak sekali ragam kuliner yang beraneka macam.

Salah satu kuliner yang mudah ditemui, ramah dikantong dan cocok untuk lidah semua orang adalah Mie Ayam. Makanan satu ini memang kuliner yang mudah sekali kamu jumpai di Jogja, hampir di seluruh sudut kota pasti ada.

Tapi tahukah kamu kalau Jogja punya kuliner mie ayam yang sangat melegenda dan laris manis dari dulu sampai sekarang? Yap, kuliner tersebut bukan lain adalah Mie Ayam Tumini. Dari jaman dulu, Mie Ayam ini merupakan pilihan kudapan yang sangat favorit.

BacaJuga:  Main Air Atau Terjun Ke Sungai Dari Tebing? Coba Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Salah satu alasan mengapa mie ayam tumini ini memiliki banyak penggemar ialah karena harganya murah dan terjangkau. Budget yang perlu kamu siapkan untuk bisa menyantap semangkuk mie ayam tumini adalah mulai dari 8ribuan saja.

Jika kamu pesan minum es teh harganya cuman 4ribu. Itu berarti total biaya yang kamu keluarkan untuk menu makanmu ialah tak lebih dari 15ribu. Buat kamu yang bingung pengen cari menu makan siang apa, mendingan pesan Mie Ayam Tumini aja.

Jalan Menuju Lokasi

Foto by instagram.com/knights_seteven89/

Untuk bisa menjangkau lokasi tempat mie ayam tumini ini berada sangatlah mudah. Sebab, lokasi tempatnya sangat strategis dan mudah sekali ditemukan. Sekalipun kamu bukan masyarakat Jogja asli, pasti bakal gampang banget deh sampai di tempat makan ini.

Letak Mie Ayam Tumini ini berada di Jalan Imogiri Timur Nomor 187. Lebih tepatnya berada di utara Pintuk Masuk Terminal Giwangan. Maka untuk bisa menjangkaunya pun mudah sekali kamu bisa pakai kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Jika kamu dari arah pusat kota maka jarak dan waktu tempuh yang akan kamu lalui yaitu sekitar 6,7 kilometer selama kurang lebih 16 menit. Rute tercepat yang bisa kamu gunakan untuk bisa sampai ke lokasi ialah dengan menggunakan Jalan Nasional III.

Fasilitas

Foto by instagram.com/grabfoodid/

Kedai Mie Ayam Tumini ini hanyalah sebuah warung makan yang berdiri diatas bangunan sederhana. Tak banyak fasilitas yang bisa kamu nikmati sehingga jangan terlalu banyak berekspektasi.

Area tempat duduk yang disediakan oleh kedai mie ayam ini cukup memadai, setidaknya mampu menampung pelanggan hingga belasan orang.

Saat jam makan siang tiba belasan orang memenuhi ruangan kedai mie ayam tumini ini sampai kalau dilihat hampir tidak ada bangku kosong, selalu saja ada pengunjung yang datang dan pergi.

BacaJuga:  14 Wisata Goa Jepang di Indonesia: Mojoagung Jombang Bantul Kaliurang Jogja Bandung Wonosalam Lhokseumawe Bukittinggi

Agar dapat menciptakan suasana nyaman bagi para pelanggan, area atau ruangan makan kedai mie ayam ini juga dilengkapi dengan kipas angin. Adanya fasilitas ini akan sedikit mengurangi panas dan gerah didalam ruangan. 

Sekilas Mie Ayam Tumini

Foto by instagram.com/titoknugroho/

Banyak yang bilang kalau kurang komplit rasanya jika sedang singgah ke Kota Gudeg namun tidak sempat mencicipi kuliner Nusantara asli Jogja yaitu Mie Ayam Tumini.

Mie Ayam Tumini merupakan salah satu mie ayam legendaris di Jogja. Bagaimana tidak, makanan ini pertama dijual yaitu sejak tahun 1990 dan sampai sekarang masih eksis di kalangan para pecinta kuliner Jogja.

Foto by instagram.com/raditya_hibah_prasetyo/

Meskipun hanya warung sederhana tapi pengunjungnya cukup bikin geleng-geleng kepala. Dari awal buka sampai tutup, kedai mie ayam ini ramai dikunjungi oleh orang-orang yang kelaparan.

Bahkan tak sedikit pelanggan yang rela antre lama hanya demi menikmati kelezatan semangkuk mie ayam tumini ini. Konon saking banyaknya penikmati kuliner ini, kebutuhan daging ayam kedai mie ayam tumini mencapai 50 kilogram lho per harinya.

Foto by instagram.com/dapurawit/

Tak tanggung-tanggung, setiap harinya bahkan Kedai Mie Ayam Tumini ini dapat menjual lebih dari 700an mangkok. Wow! Untuk seukuran kedai mie ayam sederhana tentu ini jumlah yang cukup fantastis ya.

Jogja memang terkenal sekali dengan kesederhanaan serta keramahtamahannya, kedua image itulah yang coba ditonjolkan oleh Kedai Mie Ayam Tumini ini. Karena hal inilah para pelanggan akan selalu teringat dan kangen untuk makan disini.

Keistimewaan Mie Ayam Tumini

Foto by instagram.com/alphasbelly/

Mungkin sebagian dari kamu banyak yang bertanya, sebenarnya apasih keistimewaan dari mie ayam satu ini? Banyak alasan yang menjadikan Mie Ayam Tumini sebagai salah satu kuliner favorit di Jogja.

BacaJuga:  Upside Down World, Wisata Jogja Paling Hits di Kalangan Milenials

Beberapa diantaranya yaitu karena mie ayam tumini ini memiliki ciri khas atau cita rasa tersendiri. Dimana orang-orang akan bisa langsung menebak bahwa makanan yang mereka santap adalah mie ayam tumini.

Porsi yang tidak sedikit merupakan salah satu alasan mengapa kedai mie ayam ini selalu ramai dikunjungi, terutama saat jam makan siang. Dengan porsi tak biasa, para pelanggan akan merasa puas dan kenyang santap siang di kedai ini.

Foto by instagram.com/titirety/

Bukan hanya karena porsinya saja, mie ayam tumini juga terasa lebih spesial karena memiliki tekstur mie yang lembut dan kenyal dengan ukuran besar.

Selain itu, kuah dari mie ayamnya dibuat lebih kental dengan warna kecokelatan. Kombinasi antara rasa manis, gurih dan pedas seakan melebur jadi satu di mulut.

Keistimewaan lain yang bisa kamu dapatkan disini adalah adanya pilihan atau varian topping lain. Selain potongan atau suwiran ayam, disini kamu bisa pesan ekstra topping berupa ceker ayam yang bisa bikin rasa mienya makin nampol.

Foto by instagram.com/martinaritonang075/

Daging ceker ayamnya lembut, mudah terlepas dari tulangnya serta bumbunya meresap sampai kedalam. Rasanya? Beuh campur aduk banget deh enaknya, kamu harus cobain dan buktikan sendiri.

Kalau kamu tertarik pengen menyantap kuliner ini buruan deh datang ke Jalan Imogiri Timur Nomor 187. Karena kedai Mie Ayam Tumini ini hanya ada di satu tempat tidak buka cabang di daerah lain.

So, tunggu apalagi? Kalau kamu memang ngaku pecinta kuliner khususnya miayam, buruan manjakan perut dan lidahmu dengan semangkuk mie ayam tumini yuk!

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.