10 Gambar Isi Museum Keprajuritan Indonesia TMII Taman Mini Jakarta + Koleksi Sejarah

Diposting pada
5.0
01
Museum keprajuritan tmii indonesia taman mini jakarta koleksi isi sejarah ada wilayah gambar kapan diresmikan alamat berdirinya denah diorama fungsi foto pada zaman dahulu tujuan dibangunnya singkat latar belakang letak lokasi laporan misteri makalah prewedding patung pengertian wikipedia
Museum Keprajuritan Indonesia, sumber: www.tripadvisor.com

Alamat: Taman Mini Indonesia Indah, Jl. Raya Taman Mini, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur
Map: KlikDisini
HTM: Rp 2.500/Orang
Buka/Tutup: Selasa – Minggu 09.00-16.00
Telepon: 021-8401080

Di Taman Mini Indonesia Indah di wilayah Jakarta terdapat banyak sekali museum – museum, salah satunya adalah Museum Keprajuritan Indonesia. Posisi museum tersebut berada di sebelah Museum Transportasi dibagian sebelah timur, dibagian sebelah barat terdapat Museum Pusaka dan Museum Serangga dan dibagian utara terdapat Anjungan Jawa Timur.

Meskipun terdapat banyak museum – museum di Taman Mini Indonesia Indah ini, Museum Keprajuritan Indonesia mudah ditemukan, karena faktor dari luasnya bangunan dan bentuk dari museum yang berbeda dari museum yang ada di TMII tersebut.

 Bangunan Museum Keprajuritan Indonesia

Kapan diresmikannya? Museum Keprajuritan Indonesia tersebut berdirinya pada tanggal 5 Juli 1987, yang meresmikannya adalah Presiden kedua Indonesia yaitu Presiden Soeharto. Latar belakang dibangunnya museum ini untuk mengingatkan pada para pahlawan di Indonesia dan juga bisa untuk wisata edukasi untuk para generasi penerus Indonesia.

Bentuk bangunan museum ini adalah berbentuk benteng yang mempunyai denah bangunan segi lima dan terdapat meriam pertahanan di atas benteng tersebut. Pada setiap sudutnya terdapat menara pengintai, dan bangunan tersebut dikelilingi parit yang digunakan untuk perlindungan dan pintu masuk besar yang dibuat dari kayu. Maksud dari bangunan tersebut adalah menggambarkan sebuah Negara kepulauan yang mempunyai doktrin Wawasan Nusantara. Luas museum ini ± 4,5 hektar dan luas bangunannya adalah 7.545 m².

BacaJuga:  15 Rekomendasi Tempat Makan di Tebet Jakarta Selatan

Maksudnya pembangunan museum ini, yaitu untuk tempat membudayakan, melestarikan dan memberikan rekam jejak tentang sejarang perjuangan Negara Indonesia yang berawal dari abad ke 7 hingga abad ke 19. Museum ini adalah salah satu museum Pendidikan bangsa, yang bisa memberikan info, khususnya untuk generasi muda Indonesia supaya bisa menghargai perjuangan para pendahulu agar menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.

Isi Museum:

23 Patung Pahlawan, sumber: www.indonesiakaya.com

23 Patung Pahlawan

Salah satu koleksi dari Museum Keprajuritan Indonesia terdapat 23 patung pahlawan Indonesia yang dibuat menggunakan bahan dasar perunggu. Patung – patung pahlawan ini berasal dari Sabang sampai Merauke. Pengertian dari menampilkan patung – patung yang berukuran 1¼ dari ukuran manusia adalah perjuangan membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini, waktunya tidak singkat dan tidak hanya dilakukan oleh satu suku atau satu golongan saja tapi diperjuangkan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Patung Pahlawan & Meriam Tiruan, sumber: www.indonesiakaya.com

Meriam Tiruan & Patung Pahlawan

Ketika masuk kedalam Museum Keprajuritan Indonesia langsung dapat ditemui Meriam, Meriam tersebut merupakan replika dari Meriam aslinya. Tidak hanya itu diruangan tersebut juga terdapat macam – macam patung pahlawan yang dilindung dengan lemari kaca. Patung – patung tersebut menggunakan pakaian perang adat khas daerah mereka masing – masing dan juga memegang senjata tradisional daerah.

Diorama Perang Besar, sumber: www.indonesiakaya.com

Diorama Perang Besar

Salah satu koleksi yang menarik didalam Museum Keprajuritan Indonesia adalah Diorama Perang Besar di Indonesia. Diorama ini fungsi nya untuk memberikan pengetahuan bagaimana perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah. Banyak sekali diorama – diorama perang didalam museum ini, mulai dari diorama perang besar ini dari diorama Perang Lombok, Perang Badung di Bali, sampai dengan Perang Padri semuanya terdapat didalam Museum Keprajuritan Indonesia ini.

BacaJuga:  Kece Parah! 6 Cafe Paling Instagramable di Jakarta Timur Ini Wajib Kamu Kunjungi
Kapal Phinisi & Kapal Banten, sumber: www.travel.kompas.com

Diorama Kapal Phinisi & Kapal Banten

Salah satu yang paling menarik perhatian Museum Keprajuritan Indoensia ini adalah terdapat dua kapal disebuah danau buatan pada halaman museum tersebut. Kapal tersebut mempunyai nama Kapal Phinisi dan Kapal Banten. Kapal Phinisi ini mempunyai tiang – tiang yang menjulang dan terdapat layer, warna kapal ini didominasi dengan warna putih. Untuk Kapal Banten ini posisi nya berhadapan dengan Kapal Phinisi, tetapi mempunyai bentuk kapal yang berbeda. Kapal Banten ini mempunyai atap kapal yang berbentuk melengkung dan terdapat  tiang pancang yang cukup tinggi, berbeda dengan Kapal Phinisi, Kapal Banten ini mempunyai dominasi warna coklat. Kapal – kapal tradisional ini mempunyai makna yaitu kekuatan maritim Negara Indonesia.

Bagian Atas Museum Keprajuritan Indonesia, sumber: www.indonesiakaya.com
Meriam Tiruan Diatas Museum Keprajuritan Indonesia, sumber: www.indonesiakaya.com

Meriam Tiruan Belanda

Di bagian atap Museum Keprajuritan Indonesia terdapat Meriam tiruan dari zaman dahulu penjajahan Belanda. Meriam ini dipajang atap gedung seakan – akan untuk mempertahankan benteng dari serangan penjajah.

Info Lainnya:

Patung Baju Perang Tradisional, sumber: www.indonesiakaya.com

Misteri

Banyak museum – museum di Indonesia mempunyai cerita misteri masing – masing. Dari cerita tahayul hingga cerita yang pernah terjadi oleh orang – orang. Untuk di Museum Keprajuritan Indonesia ini sebenarnya tidak terdapat cerita misteri dan belum ada laporan dari pengunjung. Tetapi dengan banyaknya terdapat patung – patung yang berbentuk menyerupai manusia, banyak yang merasa takut melihatnya jika dalam keadaan sepi.

Ruangan Depan Museum Keprajuritan, sumber: www.indonesiakaya.com

Pendidikan

Museum Keprajuritan Indonesia ini sering dikunjungi dalam rangka edu-wisata, seperti study tour. Banyak pelajar – pelajar yang datang ke museum ini untuk mendapatkan pengetahuan – pengetahuan tentang sejarah prajurit Indonesia, mulai dari pelajar SD hingga sampai Mahasiswa yang mengerjakan tugas makalah mereka. Tidak hanya itu, ada juga mahasiswa yang mengerjakan skripsinya menggunakan Museum Keprajuritan Indonesia sebagai tema nya.

BacaJuga:  Inilah 10 Hal Menarik di Kebun Binatang Ragunan Jakarta yang Membuat Liburan Berkesan
Foto Pre-wedding, sumber: riochipzphotography.blogspot.co.id

Foto

Tidak hanya untuk Pendidikan, lokasi ini juga sering dipakai untuk acara photo shoot, seperti foto pre-wedding. Karena banyak spot – spot menarik yang bisa dijadikan sebagai background foto tersebut. Tidak hanya itu di lokasi ini juga bagus untuk shooting film, karena dengan background yang menarik adalah salah satu faktor penting untuk shooting film.

Pintu Masuk Museum Keprajuritan, sumber: www.indonesiakaya.com

Setelah mengetahui info – info lebih jelas diatas mungkin bisa berguna untuk menambah pengetahuan kita tentang sejarah. Tetapi sangat disayangkan kita tidak bisa mendapatkan info lebih lengkap jika tidak mendatangi langsung ke museum tersebut. Karena kalau kita mencari di google pun tidak lengkap memberikan informasi tersebut, di Wikipedia pun hanya beberapa paragraph memberikan informasi tentang museum itu.

Jadi tunggu apalagi?

Kunjungi Museum Keprajuritan Indonesia hanya di Taman Mini Indonesia Indah.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.