10 Gambar Museum Sunan Giri Gresik, Lokasi Alamat, Jam Buka + Koleksi

Posted on
Museum Sunan Giri, Foto: instagram.com/kpmi.indonesia

Lokasi: Jalan Pahlawan No. 24, Desa Bedilan, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur 61114
Map: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 08.00-15.00
Telepon: (031) 3981990

Gresik. Sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur ini terkenal dengan industri semennya. Meski demikian, bukan berarti daerah yang berjuluk Kota Pudak tersebut tidak mempunyai ruang terbuka hijau dan tempat-tempat hiburan.

Koleksi Surban di Musem, Foto: instagram.com/kpmi.indonesia

Di sana sebetulnya banyak spot-spot semacam itu. Hanya saja belum diketahui oleh para wisatawan. Walau ada beberapa yang telah membagikannya di Youtube dan sosial media.

Museum Sunan Giri, misalnya. Objek wisata pendidikan, budaya dan religi ini dapat dikunjungi bersama anak-anak untuk memberi pengetahuan pada mereka tentang peninggalan-peninggalan anggota Walisongo yang bernama asli Raden Paku tersebut. Apa saja isinya?

Sejarah Museum Sunan Giri

Gapura di Depan Lokasi Musem, foto: instagram.com/kpmi.indonesia

Museum Sunan Giri diresmikan pada tanggal 9 Maret 2002, bersamaan dengan Hari Jadi Kota Semen. Tapi, baru difungsikan di tahun berikutnya, yakni 17 Maret 2003.

Tujuan didirikannya bangunan ini adalah untuk menampung tinggalan arkeologi dan melindungi serta menjadi pusat informasi dan edukasi tentang sejarah purbakala di Kabupaten Gresik.

Diberi nama demikian karena untuk menggambarkan tokoh pemuka agama yang karismatik modernis nan mampu membawa Kota Pudak sebagai kerajaan Islam dan pusat perdagangan, politik, sosial, budaya serta pendidikan agama melalui pesantren.

Koleksi Gentong, foto : instagram.com/kpmi.indonesia

Sunan sendiri berasal dari kata “Susuhunan”, yang berarti “yang dijunjung tinggi” atau “Suhun” yang artinya “dijunjung di atas kepala”. Sementara Giri adalah tempat dimana Sunan Giri alias Muhammad Ainul Yaqin berkuasa.

Sebagai pusat pemerintahan di Kota Gresik pada kala itu, Giri ternyata cukup disegani oleh kerajaan-kerajaan lain di Indonesia. Bahkan internasional sepanjang era kesunanan dari tahun 1487-1605 M.

BacaJuga:  10 Gambar Alun Alun Kota Malang, Hotel Murah Dekat Lokasi + Sejarah

Koleksi Museum Sunan Giri

Museum Sunan Giri menyimpan beragam koleksi menarik, di antaranya:

Koleksi Rebana di Museum, foto: instagram.com/kpmi.indonesia
  • Fragmen Sajadah

Berasal dari Kompleks Makam Sunan Giri yang berada di Desa Giri, Kecamatan Kebomas, benda ini menjadi koleksi unggulan di museum tersebut.

Berdasarkan data foklor, sajadah berukuran 68 x 23 cm yang mempunyai warna dasar merah dengan motif tumbuhan ini dulunya dipergunakan Sang Sunan untuk menjalankan sholat.

Keleksi Kaligrafi, instagram.com/kpmi.indonesia
  • Kaligrafi

Sama dengan yang sebelumnya, kaligrafi dari kayu jati dengan dimensi 57 x 31 x 3 cm ini berasal dari Kompleks Makam Sunan Giri. Kaligrafi tersebut berisi peringatan berpulangnya Panji Arun Kusumawardhana, seorang tokoh pembesar di Kota Pudak, pada 1875 M.

  • Naskah

Ada beberapa naskah yang dapat dijumpai di museum ini, antara lain Al-Qur’an, Kitab Khutbah Jum’at dan babat yang menceritakan tentang Sindujoyo. Semuanya ditulis tangan pada kertas daluang dengan tinta Cina.

Ruang Koleksi yang Ada di Dalam Museum, foto: instagram.com/kpmi.indonesia
  • Surban Sunan Giri

Menurut data foklor, surban yang dipindahkan dari Masjid Ainul Yaqin di Desa Giri itu dulu dipakai Sunan Giri ketika dakwah menyebarkan agama Islam. Ia dibuat dengan teknik tenun dan memakai bahan kain salami dari Persia.

  • Bedug

Salah satu koleksi unggulan di Museum Sunan Giri ini didapatkan dari Masjid Desa Pasucinan, Kecamatan Manyar. Berdasarkan foklor yang berkembang, ia merupakan peninggalan Sunan Gresik, Maulana Malik Ibrahim.

Koleksi Alquran, foto: instagram.com/idris_nr
  • Terbang atau Rebana

Alat musik tradisional dari Timur Tengah ini sangat lekat dengan perkembangan agama Islam di Nusantara. Ia dimainkan sebagai pengiring syair atau lagu yang materinya bersumber pada ajaran Islam. Terbang atau Rebana di museum itu sendiri merupakan titipan dari Masjid Ainul Yaqin.

  • Keris Kalam Munyeng

Seperti koleksi-koleksi lainnya, keris ini juga diyakini merupakan milik Sunan Giri. Menurut foklor, benda itu konon dibuat dari kalam beliau dalam mengajarkan Agama Islam maupun baca tulis Al-Qur’an. Keris aslinya kini tersimpan di situs kubur Sunan Giri, sedangkan yang dipamerkan adalah replikanya.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Jolosutro Blitar Jawa Timur + Rute dan Sejarah Asal Usul
Gedung Lama Museum, foto: instagram.com/kpmi.indonesia
  • Tombak

Senjata yang telah berkembang dari jaman pra sejarah ini awalnya tersimpan di Masjid Ainul Yaqin. Menurut keterangan takmir, ia merupakan bagian dari persenjataan Dinasti Giri.

Selain benda-benda di atas, terdapat beberapa koleksi lain yang wajib Anda lihat saat bertandang ke sana, seperti pelana kuda, umpak tiang bangunan, lumping uang kuno, genteng dan wuwung, guci, piring oval, patung Dwarapala kecil, lampu gantung serta koleksi foto.

Lokasi Museum Sunan Giri

Tiruan Masjid Sunan Giri, foto: instagram.com/idris_nr

Museum Sunan Giri terletak di Jalan Pahlawan No. 24, Desa Bedilan, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Hanya berjarak sekitar 900 meter dari pusat Kota Pudak. Pengunjung bisa mengakses lokasi dari Jalan Panglima Sudirman ke arah Jalan Pahlawan.

Untuk memasuki museum, Anda tidak dikenai tarif apapun. Lumayan sekali, bukan? Padahal fasilitas di objek wisata itu termasuk lengkap, mulai dari area parkir, tempat penitipan barang, perpustakaan, ruang pameran tetap, toilet, sarana ibadah dan lain-lain.

Sampai saat ini, Museum Sunan Giri terus berbenah dan memperbanyak koleksi yang baru berjumlah sekitar 50 buah dari periode klasik, awal perkembangan Agama Islam hingga kolonial.

Sehingga, pengunjung dapat memanfaatkannya untuk lebih mengenal dan mempelajari benda-benda bersejarah di Kabupaten Gresik.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.