Jalan Menuju Wisata New Selo Boyolali, Tiket Masuk + Menikmati Keindahan Gunung Merapi

Posted on
Wisata new selo boyolali merapi jalan menuju kecamatan tamang tiket masuk 2018 rumah bambu jawa tengah kabupaten merbabu gancik 57363 adalah altitude alamat arah dimana desa daerah dohori damfu video selop era original indonesia info jembatan jalur juhari ketinggian ketep pass lokasi letak nepali lok prem lopchan min lama magelang map gunung basecamp omah solo sherpa purano maya sejarah taman tinggi vidio york pendakian
New Selo, sumber: youtube.com

Alamat: Samiran, Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia 57363
Map: KlikDisini
HTM:  Rp 10.000,-/orang
Buka/Tutup: 08.00 – 19.00 WIB
Telepon:

New Selo adalah destinasi favorit ditawarkan oleh Pemerintah Kabupaten Boyolali untuk para pelancong dalam negeri atau pun mancanegara. Tidak perlu diragukan lagi dalam hal pesona pemandangannya.

Benar-benar memanjakan mata & dijamin segar kembali pikiran & tubuh kalian sesudah berada di destinasi liburan alam ini. Lanskap kegarangan Merapi seperti itu terang tampak di sisi selatan, kontras dengan lanskap kelembutan & keagungan Gunung Merbabu di sisi utara.

Dari destinasi New Selo dapat merasakan estetika lanskap trek pendakian Merapi & Merbabu. Fasilitas outbond disediakan, antara lain: fun game, flying fox, aneka permainan alam berbasis team work.

Walaupun penyelenggaraan adat istiadat & kesenian tradisional, antara lain: jatilan, reog ponorogo, turonggo seto, ketoprak, tari prajuritan, upacara sedekah bumi, topeng ireng. Untuk agrowisata, pelancong dapat mengunjungi kebun bermacam – macam ragam sayur seperti sawi, daun bawang, wortel, brokoli, bunga kol, sawi, selada merah milik penduduk setempat.

Gapura menuju New Selo, sumber: rynari.wordpress.com

Pengunjung dapat ikut serta menanam sekalian memanen aneka sayuran. Untuk liburan masakan disediakan aneka ragam makanan tradisional seperti jadah bakar & tahu bacem atau tempe.

Pelancong dapat mengabadikan peristiwa – peristiwa penting mereka ketika berada di jembatan gantung Desa Jrakah Selo berlatar belakang lanskap Merapi seperti itu memikat. Untuk menyaksikan film perihal kegunung – apian di Merapi Theater Joglo dapat dengan membayar retribusi sebesar 2.500 rupiah per orang.

Daya Tarik lainnya luar biasa adalah sumber mata air disebut “Tuk Babon”. Sumber mata air ini sanggup menghidupi keperluan air beberapa besar penduduk Kecamatan Selo & Kecamatan Cepogo. Atraksi liburan lainnya jangan dilewatkan oleh para pelancong adalah untuk menengok ke arah barat. Kita akan memandang dua gunung kembar, adalah Sumbing & Sindoro.

Sejarah Pembangunan New Selo Boyolali

Semenjak erupsi Merapi 2010, obyek liburan Selo yang familiar menawan itu rusak parah. Bermacam – macam fasilitas biasa dibangun untuk kepentingan destinasi sudah mengalami kerusakan parah & perlu dibangun kembali.

Pemandangan Merbabu dari New Selo, sumber: desalencoh.blogspot.com

Kerusakan ini tentu saja tidak sesuai diterapkan untuk aktivitas kepariwisataan. Oleh sebab itu, pemerintah tempat melaksanakan pembangunan baru secara berjenjang. Penataan & pembetulan ini mencontoh konsep master plan pariwisata trek Solo – Selo – Borobudur (SSB), di Boyolali.

Renovasi pembangunan sarana prasarana pasca erupsi Merapi diawali dari bangunan – bangunan yang rusak parah seperti Joglo, Gedung Merapi Theater, pembangunan jembatan gantung di sekitarnya. Untuk pembangunan liburan ini tidak cuma Desa Selo saja, tetapi juga melibatkan dua desa lainnya, adalah Desa Samiran & Desa Lencoh.

Camping ground New Selo, sumber: tempatwisatakeluarga.com

Desa – desa liburan ini berada di ketinggian sekitar 1.600 – 1.800 meter dari atas permukaan laut. Temperatur udara teduh antara 17 – 20 derajat Celcius. Kini, wilayah desa liburan ini telah menjelma jadi destinasi liburan yang benar – benar menarik dikunjungi sesudah pasca erupsi Merapi pada tahun 2010.

Lokasi & Transportasi

Dimana tempat Liburan New Selo di Lencoh Boyolali Jawa Tengah? seperti yang tertulis di atas terletak di Desa Selo, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia.

Lokasi New Selo, sumber: teluklove.com

 

Tapi kalian masih kebingungan di mana spot atau letak Liburan New Selo di Lencoh Boyolali Jawa Tengah saya sarankan kalian mencari dengan mengetik Liburan New Selo di Lencoh Boyolali Jawa Tengah di search google maps saja. Di Google maps telah tertandai dimana tempat yang kalian cari hal demikian.

BacaJuga:  10 Foto Benteng Vastenburg Solo Surakarta, Lokasi Alamat Map Letak + Sejarah

Bagi pelancong asal kota Boyolali telah tak kebingungan lagi untuk mendatangi spot Liburan New Selo di Lencoh Boyolali Jawa Tengah. Akan tapi bagaimana bagi pelancong luar kota pun luar negeri, tentu mereka kebingungan & takut kesasar. Tetapi jangan kuatir bagi pelancong luar kota Boyolali  saya memiliki solusinya supaya kalian semua agar tak kesasar.

Pesona New Selo, sumber: hipwee.com

Tentunya sarana transportasi apa kalian gunakan untuk berlibur ke New Selo di Lencoh Boyolali Jawa Tengah  dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti : Kendaraan beroda 4 atau motor pribadi. kalian dapat minta tutorial arah ke Liburan New Selo di Lencoh Boyolali Jawa Tengah di google maps terpasang di telpon seluler kalian. Sebab menggunakan kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada menggunakan kendaraan biasa.

Akan namun kalau kalian menggunakan kendaraan biasa  seperti : bus biasa atau angkutan lainnya juga bukan dilema sulit permasalahan besar, pasalnya kalian dapat stop di terminal bis kota Boyolali. Sesudah itu melanjutkan dengan memakai ojek maupun kendaraan pribadi kalian menuju Desa Selo sampai hingga di area liburan objek wisata di Lencoh Boyolali Jawa Tengah hal demikian.

Objek Wisata Sekitar New Selo

  1. Gunung Merapi

Siapa yang tidak ketahui Merapi, salah satu gunung vulkanik teraktif di Pulau Jawa & malahan di Indonesia. Wilayah Merapi terbagi antara propinsi Yogyakarta & Jawa Tengah. Salah satu kabupaten di Jawa Tengah mendapatkan potongan Merapi merupakan Boyolali.

Puncak merapi, sumber: tempatwisatadaerah.blogspot.com

Di Boyolali juga terdapat trek pendakian Gunung Merapi, adalah New Selo. Lokasi ini adalah pos permulaan pendakian Merapi berlokasi di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

Bagi kalian pecinta alam & bersuka cita mendaki gunung, telah tentu tak boleh melewatkan Merapi dalam daftar destinasi. Melainkan sebelum mendaki, konsisten observasi kelengkapan & keadaan tubuh agar bisa kembali ke rumah dengan selamat.

Ritual Nyadran di Selo, Merapi

KABUT pagi masih menaungi beberapa sisi lereng Gunung Merapi dikala beberapa warganya berjalan mengusung tenong menuju sebuah makam di Desa Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Pagi itu adalah hari istimewa bagi beberapa warga untuk menyambut bulan Ruwah penanggalan Jawa.

Ritual nyadran, sumber: katabijakramadhan.blogspot.com

Mereka akan berkumpul di rumit makam Kiai Hajar Saloko terletak di jurang Merapi & Merbabu untuk menggelar doa dalam ritual nyadran. Tahlil & doa dipanjatkan oleh puluhan orang.

Adat istiadat nyadran ini tumbuh turun – temurun dengan perpaduan poin Islam & kepercayaan lokal masyarakat setempat. Mbah Marto, warga desa setempat, menyatakan|mengucapkan|menyuarakan, nyadran merupakan peluang untuk mengingatkan kembali hidup manusia dikontrol kematian.

Dulu perkembangan nya, adat istiadat ini menjadi ruang bagi warga untuk berjumpa & berkumpul dengan membawa makanan ala kadarnya. ”Beriringan makanan dibawa jajanan pasar, seperti lemper, ketela, kacang rebus, & ingkung ayam,” cerita Mbah Marto.

Pergeseran isi makanan juga mulai terlihat lebih praktis & modern. Warga tak lagi direpotkan seharusnya memasak ubo rampe (perangkat upacara), seperti nasi tumpeng, dari rumah masing-masing. Mereka mulai banyak membeli makanan kemasan atau membeli buah – buahan.

Runtuhnya dengan sang surya mulai meninggi, warga meninggalkan area, mengusung kembali tenang mereka bawa.

  1. Gunung Merbabu
BacaJuga:  10 Gambar Masjid Agung Jawa Tengah MAJT Semarang, Hotel Dekat Lokasi + Sejarah Menara

Sama halnya dengan pendakian trek Merapi, salah satu pendakian Merbabu juga terdapat di Kabupaten Boyolali tepatnya di Kecamatan Selo.

Merbabu adalah salah satu gunung terindah di Pulau Jawa dengan jangka alam yang mempesona. Salah satu andalan dapat ditawarkan Merbabu merupakan padang savana yang benar – benar luas. Padang savana ini dapat pelancong peroleh dikala mendaki ke puncak Gunung Merbabu.

Pesona gunung Merbabu, sumber: nasionalisme.co

Merbabu adalah sebuah gunung yang telah lama mati dalam arti tak ada aktivitas|kesibukan vulkanis di puncak merbabu. Gunung secara geografis berlokasi secara geografis pada 7,5° LS & 110,4° BT. Puncak Merbabu berada pada ketinggian 3.145 meter di atas permukaan air laut.

Merbabu dengan puncak tinggi ini mempunyai kaki yang lebar tentunya adalah sebuah gunung tua dengan banyak letusan di masa lalu. Gunung ini pernah meletus pada tahun 1560 & 1797. Dilaporkan juga pada tahun 1570 pernah meletus, akan tapi belum dikerjakan konfirmasi & penelitian lebih lanjut.

Ada sebuah berita isu yang tak sempat di publikasikan adalah pernah penduduk setempat (di kaki Merbabu (Kecamatan Ampel) membikin sumur untuk menerima air. Dari penggalian kurang lebih dengan kedalaman 20 meter tak menerima air tapi lapisan batu lebar.

Nah uniknya demikian seperti itu lapisan batu itu terkikis tiba-tiba lapisan batu tersisa tadi runtuh. Rupanya lapisan batu itu tentunya diakibatkan adanya ruang di bawah batu. Domisili benar ada ruang di bawah lapisan batu hingga – hingga penggali sumur hampir jatuh ke dalam ruang dibawah lapisan batu tadi.

Dengan kecurigaan yang besar diambil senter untuk menerangi ruangan itu. Dari cahaya lampu senter ini tak menubruk dinding dalam arti terdapat gua besar dibawah kaki Merbabu.

  1. Omah Bambu

Letaknya omah bambu merapi tersebut berada di Dusun Plalangan, Desa Lencoh, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Mempunyai jarak sekitar 37 kilometer dari Kota Boyolali atau 38 kilometer dari kota Magelang. Omah bambu ini juga berada di trek pendakian Gunung Merapi sehingga cukup ramai dengan para pendaki yang mampir disini.

Omah Bambu New Selo Boyolali – Gunung Merapi memang tidak pernah ingkar komitmen. Keindahanya sanggup membikin siapa saja terbuai olehnya. Tidak heran kalau disekitar merapi ini banyak gardu pandang untuk merasakan gagahnya Gunung mempunyai ketinggian 2930 meter diatas permukaan air laut hal demikian.

Omah Bambu, sumber: beritaberbeda.com

Salah satunya merupakan Oemah Bamboo atau Omah Bambu (rumah bambu) yang berada di New Selo, Boyolali. Bangunanya yang unik & terbuat dari bambu membikin Oemah Bamboo berkembang pesat & viral di Instagram. Para pengunjung dapat berfoto di gardu pandang yang sudah disediakan dengan latar belakang akan gagah nya Gunung Merapi.

Inspirasi ini berada pada ketinggian 1700 meter diatas permukaan laut sehingga udaranya dingin dingin adem. Di Omah Bambu ini juga terdapat kedai kopi, sehingga kalian dapat menghangatkan badan dengan secangkir kopi sambil merasakan panorama di sekitarnya.

Kawasan Omah Bambu ini bermula dikala Liyo sang pemilik berharap membikin kedai kopi. Udara di wilayah tersebut yang dingin, membikin meminum kopi menjadi isu terkini disini. Inspirasi Lencoh kebetulan mempunyai kopi khas bernama Arabica.

Jadi daerah liburan yang sedang hits di Boyolali & sekitarnya ini juga ikut serta memberi tahu kopi orisinil Lencoh. Semenjak lebaran tahun lalau, satu persatu gazebo mulai dibangun. Semua kini ini telah ada tujuh gazebo dengan ukuran 3 x 3 meter, 3 x 4 meter & satu gazebo dengan ukuran besar seperti auditorium.

BacaJuga:  Jam Buka Pgs Pusat Grosir Solo, Apa Yang Dijual: Kosmetik Helm Jilbab Tas Batik Kaos Distro Makanan Ringan

Diantara gazebo – gazebo hal yang demikian, terdapat 2 gardu pandang dengan ketinggian delapan & sepuluh meter. Saat bangunan disini dijadikan dengan bambu, sehingga tampak benar – benar fotogenik.

Di lokasi Omah bambu New Selo ini, para pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi.

Selain cuaca sedang cemerlang cemerlangnya, 7 gunung sekalian dapat kelihatannampak|menonjol mulai dari Gunung Merapi, Gunung lawu, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Telomoyo Gunung Sumbing, & Gunung Slamet. Apabila panorama disekitar area ini yang berupa persawahan hijau juga menjadi estetika tersendiri.

Pokoknya viewnya sungguh – sungguh menyegarkan mata & pikiran.

  1. Alam Sutra Selo

Alam Sutra merupakan titik liburan yang berupa gardu pandang berada di tengah perkebunan milik warga sekitar tidak jauh dari wilayah liburan ini. Tepatnya, liburan ini berada berdampingan dengan Petilasan Kyai Kebokanigoro. Alam Sutra menyuguhkan panorama benar – benar eksotik Kota Boyolali serta Gunung Bibi.

Udara dingin serta teduh khas pegunungan. kegiatan warga sekitar sedang bercocok tanam pada perkebunan sekitar, menciptakan gardu pandang ini sesuai untuk dikunjungi waktu pengunjung mampir tempat wilayah liburan ini. Selain mujur, pengunjung juga bisa menjumpai Elang Jawa serta sejumlah monyet hutan sedang berkeliaran.

Desa liburan itu tercipta sebagai wujud kesadaran masyarakat setempat mengenai pemanfaatan lahan tebing sebagai objek liburan. Disini, akan akan dikagetkan dengan banyaknya titik ciamik. Gardu pandang yang berada di desa liburan itu sendiri disusun dengan nyaman, agar kau bisa merasakan hamparan pohon-pohon dengan latar pegunungan.

Apabila gardu pandangnya kalian juga bisa mengunjungi Petilasan Kebokanigoro yang katanya menjadi daerah Ki Kebokanigoro mukso. Atau menyaksikan bermacam – macam variasi tanaman sayur serta buah-buahan terhampar seperti itu luas.

Terdapat sebagian daerah atau gardu pandang yang bisa pengunjung gunakan untuk berfoto selfi. Terdapat gardu pandang ada artikel Alam Sutra. Gardu pandang yang ada artikel Pohon Tak. Tidak cuma itu, gardu pandang yang ada ornamen berbentuk hati diciptakan dari bambu, & lain sebagainya.

Liburan wisata untuk menuju ke Desa Liburan Alam Sutera dapat dibilang cukup bagus. Untuk bisa hingga pada daerah ini, bisa diakses dengan memakai sepeda motor. Dari pintu masuk kurang lebih mencapai 5 – 7 menit dengan memakai sepeda motor. Tapi, benar – benar tak dianjurkan kalau membawa kendaraan beroda 4 karena jalannya yang cukup sempit.

Tidak setapaknya cuma bisa untuk 1 hingga 2motor saja. Selain terpaksa tak bisa membawa motor, tersedia jasa ojek siap antar di depan pintu masuk wilayah ini. Dianjurkan juga membawa motor matic, karena medan yang cukup berat & sungguh – sungguh terjal. Perlu diamati kawasan ini lahan parkirnya masih demikian itu sempit, malahan dapat dibilang tak ada bagi pengunjung yang berharap ke daerah ini dengan membawa motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *