12 Rekomendasi Oleh-Oleh Paling Otentik Dari Bali

Diposting pada

Bali adalah salah satu provinsi di Bumi Indonesia yang terletak di kepulauan Nusa Tenggara dan memiliki ibukota yakni Denpasar.

Selain terkenal akan keindahan bahari di Kuta, Ubud atau Nusa Dua, Hawaii-nya Indonesia ini juga hadir menawarkan keanekaragaman oleh-oleh khas yang sangat istimewa.

Sama seperti Semarang, Jogja, Balige, Bandung, Surabaya, Jakarta, Malang, Depok, Bogor, Lombok dan kota lain di Indonesia, di Bali juga ditemukan sejumlah toko-toko yang menjajakan berbagai macam oleh-oleh khas.

Buah tangan khas Bali ini bentuknya beraneka macam contoh ada berupa makanan, jajanan ringan, camilan enak, item fashion, pakaian hingga gelang.

Sejumlah buah tangan ini tentunya sangat cocok untuk dijadikan cinderamata baik buat keluarga, pacar ataupun teman-teman terdekat.

Lalu apa saja sih kira-kira oleh-oleh khas Bali yang harus dibeli dan paling rekomendasi buat dibawa pulang? Nah, ini dia daftar namanya lengkap dengan lokasi toko beserta harganya.

1. Kaos Joger

Foto By picdeer.org

Nama buah tangan pertama yang paling terkenal dan wajib untuk dibeli kalangan pecinta fashion dari pulau Bali adalah kaos joger.

Selain terkenal akan kekhasannya, souvenir berupa baju tersebut juga termasuk cinderamata yang tahan lama dan memiliki berbagai jenis ukuran baik untuk laki-laki, wanita atau anak-anak.

Berkunjung ke Bali katanya tidak afdol kalau belum beli kaos Joger. Di daerah wisata belanja ini bukan hanya baju saja yang dijual tapi juga ada sandal, tas, gantungan kunci dan aneka aksesoris lainnya.

Kaos Joger ini memang terkenal karena kata-kata dan gambar atau foto yang dibuat sangat unik sehingga banyak wisatawan senang membelinya. Dan akan cocok dijadikan buah tangan untuk cowok atau cewek.

BacaJuga:  Uluwatu Surf Villas, Tempat Asyik Nikmati Sore di Pecatu Kabupaten Badung Bali Indonesia

Jika ingin membelinya, bisa datang ke Jln.Raya Kuta atau Denpasar-Bedugul KM 37,5. Soal harga hanya dibanderol mulai 100 ribuan saja. Dan sekedar informasi penting, Joger asli khas Bali ini tidak dijual secara online ya.

2. Pie Susu

Foto By travel.kompas.com

Untuk Sahabat JejakPiknik yang ingin berburu buah tangan berupa makanan, pie susu adalah makanan paling wajib buat dibawa pulang.

Pie susu adalah salah satu makanan kekinian bercitarasa enak yang lagi hits di Bali. Dibuat dengan resep khusus, tak heran jika kue ini rasanya legit, lembut dan creamy.

Dari banyaknya brand yang ada, merk paling terkenal adalah “Pie Susu Asli Enaaak”. Toko ini berada di alamat Jln.Nangka Selatan No.163. Untuk harganya biasanya dibanderol hanya sekitar Rp.25.000/kotak. Murah kan?

3. Kacang Disco

Foto By backpackerjakarta.com

Selain kaos Joger, cemilan ringan bernama kacang disco ini juga termasuk makanan tahan lama jadi akan sangat bagus dijadikan buah tangan buat orang terdekat.

Cemilan halal yang terbuat dari kacang dan tepung ini varian rasanya beraneka macam dan bisa dengan mudah ditemukan di pusat oleh-oleh di Bali.

Salah satu contohnya di toko Rama Krisna di jln.Raya Tuban. Soal harga, spot yang buka 24 jam ini menawarkan kacang disco hanya dengan kisaran Rp.25.000 aja untuk satu bungkusnya.

4. Pia Legong

Foto By 17sekians.com

Bukan hanya pie susu, pia legong juga turut meramaikan daftar oleh-oleh khas Bali yang wajib untuk dibawa pulang.

Makanan tahan lama satu ini citarasanya sangat khas karena dibuat tanpa bantuan mesin dan terdiri atas 3 jenis yakni ada keju, kacang hijau juga cokelat.

Adapun tempat paling pas untuk mendapatkannya yaitu di jln.By Pass Ngurah Rai, Ruko Kuta Megah 15, Bali. Dan biasanya harganya hanya Rp.90.000dos  dengan isi sebanyak 8 potong pia legong.

5. Baju Bali

Foto By booking-bali-villas.com

Selain Joger, souvenir unik lainnya yang juga cukup rekomendasi untuk dibawa pulang dari Pulau Dewata ini adalah berupa baju khas Bali.

BacaJuga:  10 Gambar Gunung Batur Bali Kintamani, Wisata Mendaki, Sejarah Meletus + Letak Lokasi Sunrise

Baju Bali ini mudah ditemui karena sudah tersebar di pusat oleh-oleh dan pasar-pasar, salah satunya adalah Toko Agung di jalan Sunset road no.18 dan disini harga souvenir tersebut dibanderol dengan sangat bersahabat.

6. Kerajinan Manik-Manik

Foto By tribunnews.com

Jika Sahabat JejakPiknik ingin membawa pulang buah tangan khas Bali yang murah meriah, maka kerajinan manik-manik adalah pilihan paling tepat.

Kerajinan manik-manik ini variasinya beraneka ragam dan begitu mudah untuk didapatkan di sejumlah pusat-pusat souvenir yang terdapat hampir di semua sudut pasar Bali.

Salah satu referensi tempat paling pas dituju adalah toko Cening Bagus di daerah Sukawati, kabupaten Gianyar. Disini semua aksesoris khas Bali bisa ditemukan dengan mudah, tak kalah lengkap dari Cah Ayu Shop.

7. Gelang

Foto By baliexpress.jawapos.com

Untuk melengkapi kerajinan manik-manik, Sahabat JejakPiknik juga bisa membeli gelang-gelang lucu buat dijadikan buah tangan.

Selain harganya murah meriah hanya Rp.3.500 aja per bijinya, gelang-gelang ini juga mudah ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh, salah satunya toko grosir Erlangga di Denpasar.

8. Kacang Matahari

Foto By agenkuliner.com

Nah, buah tangan khas Bali ini juga tak kalah legendarisnya dengan kacang-kacang lainnya dan memiliki ciri ukuran lebih kecil kemudian rasanya sangat gurih.

Berbicara masalah harga, kacang matahari termasuk dalam jajaran oleh-oleh khas Bali yang murah meriah alias tidak mahal sehingga cocok diborong banyak buat dijadikan buah tangan.

Salah satu tempat untuk membelinya adalah toko Larisa di Jln.Raya Kuta No.45B. Disini, pemilik lapak tersebut menawarkan kacang matahari dengan harga sangat bersahabat dan pastinya sangat terjangkau.

9. Baju Barong

Foto By piknikdong.com

Tidak hanya batik dan joger, buah tangan khas Pulau Dewata lainnya yang juga bisa diandalkan oleh Sahabat JejakPiknik namanya yaitu baju barong.

Dinamakan demikian karena baju ini coraknya diberi gambar kepala barongsai sehingga terkesan sangat khas dan cukup nyaman untuk dipakai sehari-hari.

Untuk mendapatkannya, satu toko yang bisa dikunjungi adalah Pusat oleh-oleh Mahadewi di Sukawati, Gianyar. Soal harga tak perlu khawatir masih sangat terjangkau kok.

BacaJuga:  10 Gambar Goa Gajah Bali Gianyar Ubud, Tiket Masuk Wisata + Sejarah Pura

10. Dodol Singaraja

Foto By lifestyle.okezone.com

Selain terkenal akan kebudayaan dan beragam tempat romantis yang cocok untuk dikunjungi saat valentine, Bali juga menawarkan kenikmatan sebuah masakan tradisional sebagai oleh-oleh namanya yaitu dodol Singaraja.

Keunikan dodol ini terletak pada pembungkusnya. Bila biasanya terbuat dari kertas namun tidak dengan khas Singaraja ini dimana dibungkus menggunakan kulit jagung yang sudah dikeringkan.

Dodol ini sangat mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh dan harganya juga cukup bersahabat dengan kantong.

11. Salak

Foto By kintamani.id

Nah, kalau Sahabat JejakPiknik mau cari oleh-oleh khas Bali yang terkesan natural dan sehat maka beli salak khas Pulau Dewata adalah alternatifnya.

Dibanding dengan salak Pondoh, buah khas Bali ini rasanya lebih manis dan bijinya pun kecil. Meski mudah ditemui diberbagai kota, tapi tak ada salahnya kan untuk membelinya sebagai oleh-oleh.

Untuk menemukannya, Sahabat JejakPiknik bisa membelinya di pasar tradisional. Mengenai harga biasanya hanya dibanderol sekitar 20 ribuan saja.

12. Tas Rotan Bulat

Foto By merahputih.com

Untuk melengkapi item fashion Sahabat JejakPiknik, tas rotan khas Bali favorit bule-bule ini juga wajib buat dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Selain di beberapa toko, tas rotan bulat yang unik ini juga mudah ditemui di pasar tradisional di Ubud ataupun Sukawati. Dan harganya biasanya dipatok hanya kisaran Rp.150.000 sampai Rp.350.000/pieces, tergantung ukurannya.

Demikianlah 12 daftar buah tangan khas Bali yang patut buat dibeli sebagai hadiah untuk orang di rumah versi terbaru dari  JejakPiknik. Semoga bermanfaat dan happy shopping.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.