Plesiran Ke Bandung, Ini Dia 12 Oleh-Oleh Paling Wajib Dibeli

Diposting pada

Sudah menjadi satu kebiasaan atau tradisi, kalau habis pulang liburan setiap wisatawan selalu menyempatkan diri untuk berbelanja oleh-oleh baik buat keluarga, teman terdekat atau pacar sekalipun.

Jadi tak heran jika hampir setiap daerah di Indonesia termasuk kota Bandung memiliki yang namanya buah tangan khas baik berupa makanan ringan, barang souvenir, baju atau lainnya.

Sama seperti Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor, Jogja, Lampung, Medan, Lombok, Surabaya, Bali, Semarang ataupun Tangerang, di Bandung juga berjejeran toko-toko yang menjual aneka oleh-oleh khas dari daerah tersebut.

Nah, untuk membantu dalam memilih oleh-oleh khas Bandung, JejakPiknik telah mengulas 12 daftarnya lengkap dengan harganya dan juga alamat tokonya.

Apa saja kira-kira nama oleh-olehnya? Langsung aja yuk kita simak sama-sama info lengkap berikut ini!

1. Pisang Bollen Kartika Sari

Foto By hargamenu.net

Nama oleh-oleh khas Bandung pertama yang paling wajib untuk Sahabat JejakPiknik beli dari ibukota Jawa Barat ini adalah pisang bollen Kartika Sari.

Kue kekinian yang tengah hits ini termasuk cemilan terbaru yang masuk dalam jajaran sebagai kuliner awet dan tahan lama. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan buah tangan.

Selain rasanya enak, harga pisang bollen juga relatif murah mulai dari Rp.46.000-Rp.65.000 per kotaknya, tergantung varian rasanya.

Untuk membelinya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke lokasi toko di jalan H.Akbar No.04, Bandung. Atau jika ingin variasi lain, dapat juga dibeli di pusat oleh-oleh Mayasari di Pasir Kaliki, Cicendo.

2. Picnic Roll Primarasa

Foto By ksmtour.com

Makanan ringan lainnya yang lagi tren dan sangat terkenal saat ini di Bandung namanya ialah Picnic Roll Primarasa.

Picnic roll merupakan makanan ringan berwujud kue yang terbuat dari daging berbumbu dan kemudian dibalut kulit pastry lalu dipanggang hingga warnanya kecoklatan.

Camilan yang diolah dengan resep khusus ini memiliki 2 varian rasa yakni daging ayam juga sapi, keduanya menawarkan citarasa sama-sama enak. Dan diijamin, pasti akan membuatmu ketagihan.

Untuk mendapatkannya tidaklah sulitlah karena tokonya sudah tersebar di 5 titik, beberapa diantaranya ada di Jalan Kemuning juga di Pasir Kaliki.

Berbicara soal harga tak perlu khawatir karena untuk membawa pulang satu kotak picnic roll ini kita hanya perlu merogoh kocek 50 ribu saja.

3. Peuyeum

Foto By travel.tribunnews.com

Buah tangan selanjutnya yang paling populer dan menjadi ikon kuliner Bandung namanya yaitu peuyeum atau biasa juga disebut dengan tape.

Peuyeum sendiri terbuat dari singkong yang diolah dengan cara fermentasi dan dapat dinikmati setelah 2-3 hari kemudian.

Untuk mencari peuyeum sangat mudah karena banyak dijual di sepanjang jalan Cihampelas dan harganya biasanya dibanderol Rp.12.000/kg. Nah, murah banget kan guys? Jajanan tradisional ini juga tersedia di toko-toko online loh.

4. Gepuk Nyonya Ong

Foto By telusurindonesia.co

Gepuk Nyonya Ong adalah salah satu kuliner yang harus masuk dalam daftar oleh-oleh Sahabat JejakPiknik ketika sedang berkunjung ke kota Bandung.

Gepuk adalah makanan hasil olahan daging sapi yang terdiri atas 6 varian rasa,  ada beef original, extra pedas, salty, less sugar, chicken dan chicken spicy.

Toko Nyonya Ong sendiri berlokasi di jln.Dr.Djunjunan No.155 E dan di pusat oleh-oleh ini harga gepuk dibanderol mulai dari Rp.17.500 hingga Rp.20.500, tergantung varian rasanya.

5. Brownies Amanda

Foto By usaha-asyik.blogspot.com

Sejak tahun 2000 lalu, brownies Amanda turut meramaikan daftar buah tangan khas di kota Bandung. Rasanya yang legit, teksturnya juga lembut dan harganya pun tidak mahal menjadi faktor pendongkrak kepopuleran kue tersebut.

Jika awalnya usaha brownies ini hanya ada di jln.Rancabalong No.29, tapi tidak dengan sekarang. Kini bisnis tersebut telah melebarkan sayapnya ke berbagai kota di Indonesia dan varian rasanya pun semakin beragam.

Untuk di Bandung sendiri cabang brownies Amanda sudah tersebar di beberapa titik ada di Cimahi, Pasteur, Dago, Buah batu, jalan Riau, Gempol sari dan lainnya.

Berbicara tentang harga, Sahabat JejakPiknik tak perlu khawatir karena brownies Amanda ini biasanya dipatok dengan harga bersahabat mulai dari Rp.20.000 saja.

6. Rujak Cireng

Foto By pesenmakan.id

Nah, kalau buah tangan khas kota Kembang satu ini adalah inovasi baru dari cireng atau aci di goreng yang kemudian disajikan dengan bumbu rujak. Soal rasa, penganan ini memiliki citarasa manis pedas dan juga gurih.

sebagai buah tangan, rujak cireng biasanya dijual dalam keadaan belum digoreng. Ya karena makanan ini paling enak bila disantap ketika kondisinya masih hangat.

Rujak cireng juga sangat mudah ditemui di pusat oleh-oleh atau toko online dan harganya umumnya dibanderol mulai dari Rp.10.000, tapi tergantung merk-nya.

7. Keripik Maicih

Foto By cipikastoreid.wordpress.com

Bagi Sahabat JejakPiknik pecinta cemilan pedas, tak perlu repot-repot mencari buah tangan apa paling cocok untuk dibawa pulang karena ada keripik Maicih yang bisa diandalkan.

Keripik kering ini bahan dasarnya bermacam-macam ada terbuat dari singkong, seblak, gurilem dan juga basreng alias baso goreng.

Yang unik dari cemilan terkini satu ini adalah Sahabat JejakPiknik bisa memilih tingkat kepedasan mulai dari level 1-10. Tapi sebelumnya jangan lupa siapkan tissue dan air minum ya karena rasanya memang benar-benar pedas.

Pusat toko Maicih sendiri berada di jalan Primagama No.06, Cingised, Bandung. Disini, kita bisa memilih varian keripiknya dengan harga kisaran mulai dari Rp.15.000/bungkusnya.

8. Tempe Gila

Foto By yogadibandung.wordpress.com

Satu lagi oleh-oleh khas kota Bandung yang tidak boleh dilewatkan begitu saja dan wajib untuk dicobain namanya yaitu tempe gila.

Sama seperti Maicih, tempe gila ini pun memiliki tingkat kepedasan tertentu. Tidak hanya para penggila makanan bercitarasa pedas yang suka cemilan tersebut tapi artis-artis juga loh.

Untuk mendapatkannya cukup gampang karena sudah tersebar  setiap sudut kota Bandung mulai dari pasar Baru, Lembang, terminal Leuwi Panjang, Pasteur hingga kawasan Kawah Putih. Dan harganya pun hanya 18 ribuan saja.

9. Martabak Bandung

Foto By brilio.net

Selain surabi, bolu dan moci, Bandung juga terkenal akan kenikmatan martabak manisnya. Ya hal tersebut dikarenakan rasanya sangat khas kemudian teksturnya pun begitu renyah, apalagi jika disantap dalam keadaan hangat.

Beberapa merk paling terkenal adalah martabak San Francisco, Good di Cibadak, Intisari di Sudirman, Andir di Jend.Sudirman dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk harga sekotaknya biasanya dibanderol mulai dari Rp.34.000-Rp.120.000, tergantung variasinya.

10. Makuta Cake

Foto By serbabandung.com

Artis cantik Laudya Cynthia Bella juga turut meramaikan daftar oleh-oleh khas di Bandung dengan membuka usaha kue bernama Makuta Cake.

Kue artis kekinian satu ini rasanya cukup enak, terbukti hingga saat ini banyak wisatawan yang membawanya pulang sebagai buah tangan alternatif.

Dan toko kue Makuta Cake sendiri sudah tersebar dibeberapa daerah di Bandung seperti di Cicendo juga Coblong. Mengenai harga cukup bervariasi tergantung rasanya, biasanya antara 69-75 ribuan saja.

11. Pakaian Khas Factory Outlet

Foto By pegipegi.com

Selain Sentra Rajut, Batununggal, Factory outlet di Cihampelas, Dago ataupun jalan Riau yang merupakan pusat oleh-oleh baju khas Bandung  juga menjadi spot paling wajib untuk dikunjungi.

Kenapa? Karena di Factory outlet ini, kita bisa menemukan berbagai jenis fashion trendi yang di desain dengan gambar dan foto unik baik itu berupa kaos, celana, tas atau topi.

Tidak hanya koleksi fashion cowok tapi ada juga buat cewek dan pada umumnya harganya dijual sama dengan harga grosir, tergantung jenisnya.

12. Tas dan Sepatu Khas Cibaduyut

Foto By tripzilla.id

Buah tangan terakhir yang cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh selain dari makanan adalah tas dan sepatu khas Cibaduyut.

Cibaduyut adalah kawasan wisata belanja murah di Bojongloa Kidul, Bandung Selatan yang menjual beragam item fashion berbahan kulit seperti dompet, tas, ikat pinggang atau sepatu.

Bagaimana, puas dengan aneka makanan dan souvenir khas Bandung diatas? Nah, cukup sekian dulu ya informasinya, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi!

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.