Ke Blora, Jangan Lewatkan Beli 10 Oleh-Oleh Unik dan Enak Ini Ya!

Diposting pada

Blora tak hanya dikenal memiliki wisata unggulan saja, namun kehadiran wisatawan di kota Jawa Tengah ini juga didukung karena keanekaragaman makanan, minuman, kue tradisional serta jajanan pasarnya.

Disamping itu, Blora juga merupakan daerah penghasil jati terbaik di Jateng yang letaknya berada di perbatasan dua provinsi. Secara otomatis akan sering dilewati oleh  pengguna jalan baik dari Jawa Tengah menuju Jawa Timur atau sebaliknya.

Walaupun hanya sekedar melintas, tak lengkap rasanya jika kita lewat namun tidak membeli oleh-oleh yang menjadi khas dari daerah Blora tersebut.

Nah, bila Sahabat JejakPiknik kebetulan berkunjung ke kota tersebut dan tidak punya banyak waktu untuk mencari buah tangan, mungkin 10 daftar oleh-oleh khas Blora dibawah  ini bisa dijadikan referensi. Apa saja jenisnya?

1. Tape Sugihan

Foto By perpus.jatengprov.go.id

Oleh-oleh khas Blora pertama yang bisa dibawa pulang dan dibagikan ke saudara ataupun  tetangga namanya adalah tape sugihan.

Meski tape menjadi makanan tradisional Indonesia yang mudah ditemukan di setiap daerah namun khas Blora ini rasanya tidak kalah enak loh, Sahabat JejakPiknik harus mencobanya.

Bahannya memang sama seperti tape pada umumnya yakni menggunakan singkong yang diolah dengan cara fermentasi. Namun soal rasa, khas Blora ini tak boleh dianggap remeh.

Untuk menemukannya, Sugihan di desa Mojowetan, Kec.Banjarja, Blora adalah tempat yang paling pas buat dikunjungi. Soal harga hanya berkisar 3-6 ribu saja per jinah, dengan isi 10 bungkus tape.

2. Dumbeg

Foto By masbidin.net

Selain tepa sugihan, jajanan pasar yang bentuknya unik menyerupai terompet dan dikenal dengan nama dumbeg ini juga menjadi salah satu oleh-oleh paling tepat buat dibawa pulang.

Dumbeg adalah sejenis makanan tradisional berbahan dasar tepung beras, gula aren dan garam yang kemudian dibungkus dengan  daun lontar atau janur.

Dumbeg sendiri sangat mudah ditemui di pasar tradisional dan harganya biasanya dijual dengan sangat terjangkau, yang pasti tidak  membuat kantong kita bocor.

3. Manco

Foto By putratravel.net

Manco atau peli kipu juga menjadi salah satu oleh-oleh yang paling sering dibawa pulang saat berkunjung ke kota Blora di Jawa Tengah.

Jajanan tradisional satu ini memang terlihat sangat ndeso, tapi kalau soal rasa mancho tidak boleh diremehin loh, karena  sangatlah enak.

Kue manco ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional yang ada di Blora dan harganya dibanderol dengan sangat terjangkau hanya berkisar Rp.8.000-Rp.20.000/bungkus.

4. Egg Roll

Foto By camilankhasdaerahindonesia.wordpress.com

Oleh-oleh berikutnya yang juga sangat bagus buat dibawa pulang dari Blora adalah egg roll asal desa Cepu. Sahabat JejakPiknik pasti tidak asing lagi kan mendengar nama makanan ini?

Kudapan berbahan dasar telur ini rasanya empuk dan renyah, sangat cocok disajikan saat sore hari ditemani secangkir kopi sambil menyalurkan hobi.

Salah satu tempat terbaik untuk mendapatkannya adalah Toko Oleh-oleh Bu Alim di jalan Aryo Jipang Gg.V B/39, Balun Cepu, Blora.

Untuk harga satu kotaknya biasanya dibanderol hanya kisaran Rp.13.500 hingga Rp.20.000 saja. Selain lezat dan bergizi, egg roll tersebut juga aman dikonsumsi karena bebas dari bahan pengawet.

5. Abon Lele

Foto By abontunasehat.blogspot.com

Buat Sahabat JejakPiknik yang bingung mencari apa saja oleh-oleh khas Blora favorit para wisatawan, mungkin abon lele bisa jadi solusinya.

Sesuai namanya, makanan enak tersebut bahan dasarnya terbuat dari daging ikan lele yang sudah dihaluskan lalu dikeringkan agar dapat bertahan lama.

Walaupun tidak sepopuler abon sapi tapi rasa makanan khas Blora ini sangat gurih dan tak kalah enak, apalagi jika disandingkan dengan seporsi nasi hangat.

Cukup mudah untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik tinggal pilih toko oleh-oleh mana yang ingin dikunjungi. Disamping rasanya enak, harganya juga ramah dikantong.

6. Souvenir Barongan

Foto By twitter.com

Selain dapat dinikmati secara langsung, kesenian barongan khas Blora kini juga telah disulap menjadi  gantungan kunci yang bagus buat dijadikan buah tangan.

Barongan tersebut diukir dengan sangat mendetail sehingga harganya pun bervariasi mulai dari Rp.15.000-Rp.100.000/lusin, tergantung ukuran serta tingkat kesulitan pembuatan.

Aneka gantungan kunci barongan ini bisa dengan mudah Sahabat JejakPiknik dapatkan di toko-toko souvenir yang ada di  sekitar kota Blora.

7. Gembol Jati

Foto By antarafoto.com

Tak hanya souvenir barongan saja yang bisa dibawa pulang dari Blora, gembol jati juga salah satu  kerajinan paling pas buat diburu saat berkunjung ke kota tersebut.

Souvenir unik khas Bloraini terbuat dari kayu jati yang kemudian dibentuk menjadi berbagai  macam ukiran seperti kursi, meja atau hiasan rumah lainnya.

Bagi Sahabat JejakPiknik yang berminat, bisa datang ke pusat-pusat kerajinan mebel di Blora namun jangan lupa sediakan uang banyak ya. Karena semakin bagus kualitasnya harganya juga akan makin mahal.

8. Batik Blora

Foto By myedisi.com

Tak hanya Pekalongan, Jogja atau Solo saja yang punya batik, meskipun daerah kecil namun Blora juga punya loh.

Selain cantik, batik khas Blora ini memiliki keunikan tersendiri dimana corak serta warnanya mencerminkan kearifan lokal seperti tayub, barongan serta pohon jati.

Batik tersebut juga sangat mudah ditemui di Blora dan mengenai harganya sangat bervariasi, tergantung bahannya serta tingkat kesulitan dalam pembuatan.

9. Kaos Samin

Foto By twitter.com

Nah, souvenir berikutnya ini merupakan kaos unik yang diberi gambar tokoh pahlawan lokal kota Blora yakni “Samin Surasentika”.

Selain nyaman, membeli kaos tersebut juga mengajak kita untuk mengenang kembali tentang perjuangan Samin saat berperang melawan penjajah Belanda tanpa kekerasan.

Kaos samin juga mudah didapatkan di toko oleh-oleh ataupun pusat souvenir di Blora dan harganya dijual dengan sangat terjangkau.

10. Kue Gendu

Foto By gayahidup.dreamers.id

Kue gendu adalah camilan lezat yang mirip seperti kukis dan didalamnya diberi isian buah durian. Sahabat JejakPiknik bisa bayangkan kan betapa enaknya makanan ini?

Kerap dijuluki kue ulat, karena makanan tersebut awalnya terinspirasi dari bentuk ulat daun jati. Meski resepnya sederhana hanya kuning telur dan durian tapi cemilan ini menjadi penganan paling disukai para atlet Asian Games 2018 loh.

Kue gendu juga mudah ditemui di seluruh toko oleh-oleh di Blora dan harganya pun terbilang  sangat ramah dikantong.

Nah, itu dia sederet daftar oleh-oleh khas Blora yang paling rekomendasi buat dibawa pulang. Bagaimana, bagus-bagus kan?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.