Ini Dia, 10 Daftar Oleh-Oleh Khas Ciamis Yang Paling Recommended

Diposting pada

Ciamis adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang didalamnya terdapat sebanyak 30 kecamatan dan juga sejumlah desa serta kelurahan.

Selain terkenal akan kelezatan aneka kulinernya, daerah Ciamis yang bersebelahan dengan kota Majalengka ini juga menawarkan banyak sekali jenis oleh-oleh menarik.

Saat bertandang atau liburan ke suatu daerah, tentu setiap dari kita tertarik membeli oleh-oleh yang khas akan tempat tersebut, tak terkecuali dengan kota Ciamis ini.

Nah, maka dari itu jika Sahabat JejakPiknik kebetulan sedang berkunjung ke Ciamis, jangan sampai lewatkan agenda untuk berburu oleh-olehnya ya.

Namun sebelumnya, apa Sahabat JejakPiknik sudah tahu apa saja oleh-oleh khas Ciamis yang paling hits dari kota ini? Langsung aja ya kita ulas sama-sama.

1. Galendo

Foto By azzamaviero.com

Oleh-oleh pertama yang cukup populer di Ciamis namanya adalah galendo, yaitu salah satu jenis makanan enak berbahan dasar sari pati atau santan kelapa.

Galendo berupa serbuk ini cara pembuatannya cukup simpel dimana endapan santan kelapa di press sampai minyaknya hilang, kemudian dikeringkan dan siap dipotong untuk disajikan ataupun dikemas sebagai oleh-oleh.

Penasaran seperti apa rasanya? Nah, membelinya sebagai buah tangan adalah ide paling oke. Sahabat JejakPiknik bisa pilih sendiri rasanya, ada original, lemon, strawberry, apel, susu ataupun keju.

Galendo adalah buah tangan paling banyak dijajakan di toko atau pusat oleh-oleh di sekitar kota Ciamis. Dan harganya umumnya dibanderol hanya kisaran Rp.35.000-Rp.40.000/kg.

2. Sale Pisang

Foto By azzamaviero.com

Buah tangan berikutnya yang juga bagus buat dibagikan ke tetangga ataupun sanak saudara usai berkunjung dari Ciamis adalah sale pisang.

BacaJuga:  Bukit Moko Bandung Wajib Kamu Coba!

Sale pisang khas Ciamis ini cukup populer loh, bukan hanya di dalam negeri saja tapi juga sudah sampai ke luar negeri.

Di Ciamis sendiri, pembuatan sale pisang berpusat di desa Padaherang, Banjarsari dan disini, makanan tersebut dibanderol dengan cukup murah, hanya dengan seharga 15-25 ribuan saja.

3. Dendeng Sapi

Foto By azzamaviero.com

Oleh-oleh khas Ciamis berikutnya yang harus masuk dalam daftar buruan adalah dendeng sapi. Nah, Sahabat JejakPiknik pasti sudah sangat akrab kan dengan makanan satu ini?

Dendeng adalah salah satu olahan daging sapi yang diiris tipis-tipis  kemudian diberi bumbu rempah dan setelah itu dikeringkan agar daya tahannya lebih lama.

Dendeng sapi ini sangat cocok bagi Sahabat JejakPiknik penikmat hidangan daging. Karena bisa bertahan berbulan-bulan, makanan tersebut juga sangat mantap bila dijadikan oleh-oleh.

Dan dendeng sapi Abon Cap Rajawali di jln.Rancapetir No.27, Ciamis adalah salah satu merk paling terkenal yang paling banyak diburu wisatawan. Selain nikmat, harganya pun murah hanya berkisar Rp.20.000-Rp.275.000, tergantung ukurannya.

4. Abon Sapi

Foto By azzamaviero.com

Selain dendeng, abon sapi juga menjadi oleh-oleh paling banyak diincar wisatawan ketika berkunjung ke kabupaten Ciamis.

Hal ini dikarenakan, abon sapi khas Ciamis sangat terkenal lembut dan memiliki bumbu lebih terasa. Tak heran jika makanan tersebut menjadi lauk favorit bagi masyarakat setempat.

Disamping rasanya yang sangat menggoda, abon sapi ini juga termasuk lauk yang tahan lama jadi akan sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Dan salah satu merk abon sapi paling terkenal di Ciamis adalah Cap Rajawali. Tokonya ada di jalan Rancapetir nomor 27.

Di toko ini, harga satu bungkus abon sapi dibanderol mulai dari 20 ribuan sampai ratusan ribu tergantung ukurannya serta bahannya.

BacaJuga:  5 Biro Travel Umroh di Cirebon Mulai Rp.20.000.000, Ada Yang Plus Piknik ke Turki

5. Gula Aren

Foto By azzamaviero.com

Meski tampak sederhana, namun gula aren khas Ciamis adalah salah satu buah tangan yang layak buat dipertimbangkan untuk dibawa pulang.

Gula aren tersebut terbuat dari cairan nira yang disadap dari pohon aren dan diolah dengan cara  tradisional sehingga kualitas rasanya masih terjamin orisinil.

Meski gula aren mudah ditemui ditempat lain tapi penganan khas Ciamis ini dapat menjadi bingkisan menarik buat para tetangga.

Gula aren sangat mudah didapatkan di kawasan pasar-pasar tradisional. Dan soal harga, tak perlu khawatir karena bumbu dapur tersebut dijual dengan harga  terjangkau.

6. Gula Kelapa

Foto By putratravel.net

Buah tangan berikutnya ini rasanya juga tak kalah enak bila dibanding dengan gula aren. Bisa dimakan langsung begitu saja ataupun menjadi bahan makanan lainnya.

Sesuai namanya, gula ini bahan dasarnya terbuat dari kelapa baik yang sudah tua ataupun muda. Hanya saja perbedaannya akan muncul pada saat penggunaannya.

Seperti halnya dengan gula aren, bumbu dapur tersebut juga sangat mudah ditemui di pasar tradisional di Ciamis dan harganya pun masih sangat terjangkau.

7. Surabi

Foto By tokomesin.com

Surabi atau serabi adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang sangat terkenal karena rasanya enak dan juga gurih.

Pada awalnya surabi khas Ciamis ini disajikan dengan cairan gula merah ataupun oncom, tapi seiring berjalannya waktu makanan tersebut pun kian dimodifikasi dan memiliki banyak rasa serta aneka topping unik.

Surabi juga sangat mudah ditemui di Ciamis dan harganya cukup bervariasi mulai Rp.5.000-Rp.15.000 saja, tergantung topping pilihan Sahabat JejakPiknik.

8. Kecimpring

Foto By elrajab.com

Makanan ringan khas Ciamis bernama kecimpiring ini adalah salah satu jenis kerupuk yang bahannya terbuat dari singkong dan  bumbu rempah-rempah.

BacaJuga:  7 Rekomendasi Tempat Sewa Kost Harian di Cibinong yang Murah Mulai Rp.50.000

Sahabat JejakPiknik bisa membelinya di pasar-pasar tradisional ataupun di pusat oleh-oleh baik dalam keadaan mentah maupun  sudah digoreng.

Harga kecimpring ini biasanya berkisar antara Rp.10.000-Rp.20.000/bungkus atau Rp.20.000 sampai Rp.30.000/kg untuk versi mentahnya.

9. Saroja

Foto By jejakpiknik.com

Mendengar nama buah tangan berikutnya ini mungkin masih asing di telinga, namun ketika melihatnya, Sahabat JejakPiknik pasti sudah sangat akrab akan rasanya.

Saroja adalah salah satu jenis kue tradisional yang terbuat dari tepung terigu dan memiliki bentuk seperti bunga sedang mekar.

Kue yang kerap disajikan menjelang hari raya ini rasanya gurih dan cukup renyah. Jadi akan sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai cemilan di tengah perjalanan ataupun oleh-oleh buat orang-orang tersayang.

Cemilan orang Sunda ini paling mudah ditemui di toko oleh-oleh ataupun pasar tradisional Rancah dengan kisaran harga hanya Rp.2.000/bungkus, dengan isi 10 biji saroja. Murah kan?

10. Cocorot

Foto By survive-giezag.org

Nah, buah tangan terakhir yang tidak boleh dilewatkan dari Ciamis adalah cocorot yaitu salah satu jenis kuliner tradisional berbahan dasar beras serta gula aren.

Cocorot ini cirinya sangat unik dimana adonan beras dan gula merah dibungkus dengan daun kelapa muda lalu dibentuk mirip terompet.

Cocorot ini paling mudah ditemui dekat Pangandaran, Cimerak, Cijulan dan juga Parigi. Soal harga, tenang saja masih sangat terjangkau kok.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.