10 Oleh Oleh Khas Cianjur Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Diposting pada
Rate this post

Selain terkenal akan segudang tempat wisata menarik, Cianjur juga dikenal memiliki sederet oleh-oleh bagus yang bisa dibawa pulang buat keluarga di rumah ataupun orang tersayang.

Katanya, berkunjung ke kota Cianjur di provinsi Jawa Barat ini belum lengkap rasanya jika kita tidak membawa pulang oleh-oleh asli khas dari daerah tersebut.

Penasaran apa saja? Berikut adalah sederet daftar oleh-oleh khas kota Cianjur yang paling bagus dan recommended buat diburu versi JejakPiknik.com.

1.Roti Manis Tan Keng Cu

Foto By cianjurnews27.blogspot.com

Buah tangan khas Cianjur pertama yang patut buat diburu adalah roti manis tan keng cu. Penganan manis ini konon katanya sudah ada sejak tahun 1926 silam dan selalu menjadi primadonanya kuliner di kota tersebut.

Sebagai kuliner primadona yang bersifat tahan lama, tentu roti manis tan keng cu ini masuk dalam daftar jajaran oleh-oleh paling banyak diburu dari kota Cianjur.

Disamping cara pembuatannya masih sangat tradisional, roti manis ini juga menawarkan citarasa begitu lezat dengan tekstur cukup lembut.

Untuk mendapatkan roti legendaris ini, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke jln.HOS Cokroaminoto No.95, Muka, Cianjur. Di toko bakery tersebut ada banyak jenis kue dijual dengan harga mulai dari Rp.2.500-Rp.5.000/bungkusnya.

2.Asinan dan Manisan Buah  

Foto By liputan6.com

Salah satu buah tangan yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Cianjur adalah asinan dan manisan buah. Makanan ini sangat cocok disantap ketika  cuaca sedang panas ataupun hanya untuk sekedar kudapan ringan saja.

BacaJuga:  7 Alasan Mengapa Taman Topi Bogor Selalu Ramai Pengunjung Setiap Harinya

Untuk pembuatannya, bahan utamanya yakni kebanyakan menggunakan buah mangga, kedondong, sayuran bayam, terong hingga sawi yang kemudian diberi kuah sebagai bumbu.

Mengenai rasa, baik asinan maupun manisan tak perlu dipertanyakan lagi kelezatannya. Keduanya, sama-sama menawarkan citarasa asam manis ataupun pedas.

Asinan dan manisan ini pun sangat mudah ditemui di setiap sudut kota dan paling terkenal adalah Mulia Sari Ny.Tan di Jln.HOS Cokroaminoto. Selain enak harganya murah hanya 3 ribuan saja.

3.Roti Popon

Foto By gotravelly.com

Roti enak berbahan dasar tepung  yang diisi dengan coklat atau pisang satu ini juga bisa loh menjadi buah tangan andalan saat berkunjung ke kota Cianjur.

Roti bernama popon tersebut akan sangat nikmat jika disantap dengan secangkir kopi hangat atau segelas minuman segar lainnya.

Untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke Popon Bakery di Jln.Taifur Yusuf No.25, Kec.Pamoyanan, kota Cianjur. Jangan khawatir soal harga karena masih sangat terjangkau.

4.Tauco Cianjur

Foto By dpmptsp.cianjurkab.go.id

Meski mudah ditemui di pasar-pasar tradisional di daerah Sahabat JejakPiknik, tapi tak ada salahnya mencoba tauco khas Cianjur satu ini.

Selain cocok buat dijadikan bumbu pelengkap aneka macam sayuran, ternyata tauco ini juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk tetangga.

Dan salah satu tauco merk terkenal yang paling banyak diburu adalah Cap Meong buatan Ny.Tasma di jln.HOS Cokroaminoto. Tempat ini sudah buka sejak tahun 1886 silam. Disini, harga bumbu dapur tersebut dibanderol mulai Rp.12.000-Rp.16.000/toples.

5.Mochi

Foto By resepdanmasakan.com

Tak hanya di Bandung saja, di kota Cianjur kita juga akan menemukan makanan enak yang namanya mochi.  Penganan ini kerap dibeli untuk dijadikan oleh-oleh buat keluarga di rumah.

Makanan ringan ini bahan dasarnya terbuat dari tepung kanji yang bagian dalamnya diisi dengan kacang tanah. Tak heran jika rasanya pun cenderung gurih dan akan sangat nikmat jika dipadukan bersama secangkir kopi hangat.

BacaJuga:  10 Mall Termewah dan Terbagus di Depok Ada Bioskop, Dekat Stasiun

Untuk menemukannya tidaklah sulit karena hampir setiap toko oleh-oleh menjualnya dan makanan ini harganya sangat murah biasanya dibanderol mulai Rp.4.000 hingga Rp.6.000/box.

6.Kentang Stick

Foto By belitung.tribunnews.com

Camilan ringan bernama kentang stick ini rasanya juga sangat lezat dan enak, akan sangat cocok buat dijadikan sebagai buah tangan untuk orang-orang di rumah.

Sesuai namanya, penganan tersebut bahan dasarnya dibuat dari kentang yang dipotong kecil-kecil kemudian digoreng dan ditaburi bumbu khusus dengan berbagai varian rasa.

Camilan ini biasanya dihidangkan sebagai makanan ringan saat sedang duduk santai bersama teman ataupun keluarga tersayang.

Jika ingin membelinya, Sahabat Jejakpiknik silahkan saja datang ke jln.Yulius Usman dekat stasiun, di kawasan ini ada banyak warung-warung yang menjual kentang stick enak dan murah hanya 2 ribuan.

7.Tauco Cookies

Foto By dwigie.com

Nah, jika Sahabat JejakPiknik ingin mencicipi sensasi tauco yang berbeda, maka mencoba penganan khas kota Cianjur satu ini wajib masuk dalam daftar agenda ya.

Tak hanya sebagai bumbu dapur, kini tauco juga dimodifikasi menjadi kue kering yang sangat lezat dengan citarasa khas dan juga memiliki berbagai varian rasa ada coklat, kurma, pisang serta original.

Bila ingin mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik langsung saja datang ke Jln.Mangunkarso Gang Melati No.01, Cianjur. Disini, harga cookies tauco tersebut biasanya dibanderol mulai Rp.10.000-Rp.20.000/cup, tergantung rasa serta ukurannya.

8.Keripik Singkong

Foto By gotravelly.com

Untuk oleh-oleh lain yang juga bisa dibawa pulang saat berkunjung ke kota Cianjur namanya adalah keripik singkong. Nah, makanan ringan satu ini pasti Sahabat JejakPiknik sudah tahu kan apa bahan utamanya?

Walaupun mudah ditemukan di daerah-daerah lain tapi khas Cianjur ini citarasanya sedikit berbeda karena menggunakan singkong kualitas unggulan.

BacaJuga:  10 Gambar Curug Cikondang Subang, Rute Jalan Menuju ke Sana, Lokasi Alamat, Penginapan di Sekitar + Nomer Telepon

Untuk mendapatkannya tidaklah sulit karena hampir ditemui di setiap pusat pasar ataupun toko oleh-oleh dan mengenai harganya hanya berkisar Rp.8.000/bungkusnya.

9.Marici Putumayang

Foto By tempatwisataindonesia.id

Marici ini sebenarnya singkatan nama dari Makanan Ringan Cianjur. Dengan citarasanya yang gurih dan teksturnya pun sangat renyah membuat penganan tersebut banyak diburu orang.

Marici sendiri terdiri dari tiga varian ada putumayang, rengginang dan rangginang. Ketiganya dibuat menggunakan bahan dasar berbeda, jadi Sahabat JejakPiknik wajib untuk mencoba semuanya.

Untuk mendapatkannya Sahabat JejakPiknik silahkan saja langsung datang ke toko Marici di Cianjur atau bisa juga dipesan secara online. Mengenai harganya hanya berkisar Rp.37.500/pack.

10.Beras Pandanwangi

Foto By food.detik.com

Nah, oleh-oleh terakhir satu ini merupakan penganan mentah asli dari Cianjur. Beras pandanwangi tersebut rasanya  sangat enak dan memiliki aroma khas.

Meski harganya cukup mahal bisa dua kali lipat dari harga biasa namun Sahabat JejakPiknik tidak akan kecewa membeli bahan penganan satu ini. Bagaimana, tertarik?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.