Selain Dodol, Ini Dia 10 Oleh-Oleh Khas Garut Yang Paling Wajib Diburu

Diposting pada

Siapa tak kenal dengan Garut? Salah satu kabupaten di Jawa Barat yang letaknya berada di sebelah tenggara dan sangat dekat ke kota Kembang Bandung.

Dengan letak cukup geografis dimana diapit dua buah gunung membuat kota ini memiliki banyak pemandangan indah dan hawanya pun cenderung sangat sejuk.

Tak hanya menawarkan keindahan alam yang eksotis, Garut juga kerap dijadikan sebagai tempat untuk berburu aneka kuliner enak.

Namun saat berkunjung ke kota Garut, tak lengkap rasanya jika kita pulang tapi tidak bawa apa-apa sebagai buah tangan buat orang di rumah.

Nah, biar orang di rumah tidak kecewa, berikut ada 10 daftar oleh-oleh khas Garut yang paling recommended buat dibawa pulang. Silahkan disimak baik-baik ya!

1. Jeruk Garut

Foto By garutnews.com

Penganan enak berupa buah ini bisa dibilang salah satu oleh-oleh yang paling wajib untuk dibeli dan dibawa pulang buat orang-orang tersayang.

Walau mudah ditemukan di setiap daerah tapi buah khas Garut ini wajib untuk diburu. Meski rasanya sedikit asam tapi jeruk tersebut sangat digemari loh.

Untuk mendapatkannya tidaklah sulit karena di sepanjang pinggir jalan Garut banyak berjejer pick up penjual jeruk dan harganya biasanya dibanderol hanya sekitar 9-10 ribu per kg.

Atau jika Sahabat JejakPiknik ingin petik sendiri dari kebunnya langsung bisa datang ke desa Situgede di kec.Cigedug, Garut. Untuk biaya memetik biasanya dikenai Rp.50.000 saja.

2. Dodol Picnic

Foto By agenkuliner.com

Disebut kota Dodol, Sahabat JejakPiknik pasti tahu kan apa oleh-oleh khas Garut berikutnya yang wajib untuk dibawa pulang ke rumah?

Yup, dodol. Di kota Garut jajanan tradisional ini memang sangat populer sebagai buah tangan primadona yang paling banyak diincar wisatawan.

Konon katanya, berkunjung ke  kota Garut, tidak afdol jika kita pulang tapi tidak membawa dodol sebagai buah tangan.

Selain citarasanya legit dan tersedia banyak varian rasa, dodol ini juga sangat mudah ditemui baik di pusat oleh-oleh atau toko-toko online. Soal harga, biasanya dibanderol hanya kisaran Rp.27.000/kotaknya.

3. Chocodot

Foto By liputan6.com

Nah, bagi Sahabat JejakPiknik yang ingin menyantap kenikmatan dodol dengan cara berbeda, maka wajib mencoba makanan  bernama chocodot khas Garut ini.

Jajanan chocodot ini bahannya terbuat dari coklat dan dodol. Rasanya yang enak juga nikmat, dijamin akan membuat Sahabat JejakPiknik makin ketagihan.

Chocodot sendiri banyak dijual di sentra oleh-oleh, salah satu tempat paling rekomendasi ialah Toko Mitra di jln.Otista, Garut. Soal harganya biasanya dibanderol hanya 10 ribuan aja.

4. Burayot

Foto By deskgram.net

Kendati namanya dan bentuknya unik, tapi soal rasa makanan khas Garut bernama burayot ini bisa dibilang sangat nikmat loh berkat manisnya gula aren.

Burayot sendiri bahan utamanya terbuat dari beras serta santan. Dan makanan ini tersedia dalam beberapa varian rasa ada strawberry, pandan juga mint.

Untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik bisa berkunjung ke kampung Cilageni di desa Karangtengah, Kec.Kadungora. Di kawasan ini produk tersebut dijual hanya dengan seharga Rp.27.000/bungkus.

5. Dorokdok & Kerupuk Kulit

Foto By kangapip.com

Dorokdok dan kerupuk kulit adalah salah satu cemilan terkenal dan paling laris yang banyak diincar oleh kalangan wisatawan.

Sesuai namanya, cemilan ringan tersebut bahan dasarnya terbuat dari kulit sapi dan kerbau yang kemudian dicampur dengan rempah-rempah agar citarasanya semakin nikmat.

Makanan tanpa pengawet yang tahan satu minggu ini bisa dibeli di toko Kerupuk Kulit&Dorokdok di jln.Ahmad Yani. Cukup dengan  budget 13 ribu saja, kita sudah bisa  bawa pulang sebungkus cemilan renyah tersebut.

6. Emplod

Foto By bukalapak.com

Selain burayot, Garut juga masih punya banyak lagi macam makanan enak lainnya yang namanya tak kalah unik, salah satu contohnya yaitu emplod.

Emplod adalah singkatan dari endog lowo yang artinya telur dari daerah Lewo Malangbong. Meskipun namanya terdengar asing tapi makanan ini juga cukup diminati wisatawan loh baik dari dalam maupun luar kota seperti Jakarta.

Emplod sebenarnya tidak terbuat dari telur melainkan campuran singkong dan aneka bumbu tradisional, sehingga tak heran jika rasanya pun begitu khas.

Untuk sebungkusnya, emplod biasanya dibanderol hanya Rp.15.000 di toko oleh-oleh dan tersedia dalam dua varian rasa yaitu original serta pedas.

7. Opak

Foto By tokopedia.com

Dengan bahan dasar terbuat dari ketan, garam serta sarikelapa, opak bungbulang juga hadir menjadi salah satu oleh-oleh paling banyak diincar wisatawan.

Sesuai namanya, opak ini memang dibuat sendiri oleh warga Bungbulang dan menjadi salah satu bisnis UKM yang banyak dijual di toko oleh-oleh.

Selain bebas dari bahan pengawet, opak ini juga dijual dengan harga sangat terjangkau hanya berkisar Rp.18.000/kemasan. Nah, murah banget kan?

8. Ladu

Foto By cookpad.com

Buah tangan khas Garut berikutnya yang tak boleh ketinggalan adalah ladu, yakni salah satu cemilan ringan bercitarasa legit dengan tekstur menyerupai dodol.

Sama seperti dodol, bahan dasar  ladu juga terbuat dari ketan tapi dengan tekstur lebih padat. Makanan ini biasanya bisa bertahan sampai 10 hari.

Salah satu tempat  untuk mendapatkannya adalah toko Ladu Faridah di jln.Paminggir, Garut. Mengenai harganya, hanya berkisar Rp.7000 aja.

9. Jaket Kulit

Foto By travel.detik.com

Berkunjung ke Garut, tak melulu harus berburu makanan, barang fashion seperti jaket kulit ini juga tentunya sangat cocok untuk dibawa sebagai buah tangan.

Jaket kulit khas Garut ini bahannya terbuat dari kombinasi kulit domba dan sapi berkualitas. Tak hanya nyaman, tapi juga fashionable untuk dipakai saat bepergian.

Dan salah satu tempat bagus untuk mendapatkannya adalah pabrik Royal Rabbani Ciparay, Tanjung Sari, Karangpawitan, Garut. Harganya yang paling murah mulai 900 ribuan sampai 1 jutaan, tergantung kualitasnya.

10. Batik Garut

Foto By buruan.co

Selain jaket kulit, satu lagi barang fashion yang juga bisa Sahabat JejakPiknik jadikan buah tangan dari Garut adalah batik.

Batik memang menjadi salah satu warisan nenek moyang yang bisa ditemui di setiap daerah di Indonesia, tapi khas Garut ini bisa dibilang berbeda karena motifnya cukup unik.

Batik yang didesain dengan menggunakan motif  pacul, peuteuy, kembang corong dan merak ngibing ini dibuat dengan makna berbeda-beda, sesuai falsafah hidup masyarakat di Garut.

Bila Sahabat JejakPiknik tertarik membelinya, Rumah Batik Enjoy di d.Sindanglaya No.116, Karangpawitan, Garut adalah tempatnya. Soal harga sangat bervariasi, tergantung kualitas.

Nah, itu dia sederet daftar buah tangannya. Sekarang Sahabat JejakPiknik tidak perlu bingung lagi kan bila diminta bawain oleh-oleh khas dari Garut?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.