10 Oleh-Oleh Khas Indramayu Yang Wajib Dibawa Pulang

Diposting pada

Indramayu adalah salah satu daerah di Jawa Barat yang dijuluki sebagai Kota Mangga dan terkenal memiliki sejuta pesota wisata menarik serta mengesankan.

Nah, jika  Sahabat JejakPiknik kebetulan mengunjungi kota yang penuh wisata budaya dan pantai ini, jangan lewatkan agenda berburu oleh-oleh untuk dibawa pulang ya.

Pasalnya, ada banyak oleh-oleh khas Indramayu yang bagus untuk dibawa pulang. Apa saja? Yuk, kita simak sama-sama ulasan lengkap JejakPiknik dibawah ini.

1. Mangga

Foto By saungbibit.com

Dikenal dengan julukan “Kota Mangga” membuat banyak wisatawan kerap membawa pulang buah ini sebagai oleh-oleh  untuk orang tersayang.

Selain rasanya manis, buah mangga juga menjadi salah satu oleh-oleh praktis yang tahan lama dan pastinya akan disukai semua orang baik kalangan muda maupun tua.

Meski mudah ditemui di daerah lain di Indonesia, tapi mangga khas Indramayu ini rasanya sangat berbeda. Jadi akan sangat cocok buat dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Buah mangga ini sangat mudah ditemui di sepanjang jalur pantura. Dan untuk harganya, umumnya dibanderol hanya kisaran Rp.20.000 saja per kilogram. Masih sangat terjangkau bukan?

2. Dodol Mangga

Foto By blanja.com

Sebagai penghasil mangga terbesar di Jawa Barat, tak heran jika ada banyak sekali makanan khas Indramayu yang bahan dasarnya terbuat dari buah tersebut, salah satu contohnya ya seperti dodol.

BacaJuga:  60 Tempat Rekreasi di Bandung Yang Terkenal Edukatif Untuk Anak Kota Selatan Timur Cimahi Dago Terbaru 2019 Gratis

Dodol ini dibuat dengan tujuan untuk memperpanjang daya simpan buah serta cara lain untuk kita menikmati mangga.

Untuk pembuatannya sendiri, jajanan tradisional  ini dibuat dengan cara yang tidak jauh berbeda seperti dodol pada umumnya.

Jika Sahabat JejakPiknik berniat membelinya sebagai buah tangan untuk kerabat, bisa datang ke toko oleh-oleh di jalan Ahmad Yani. Satu plastik dodol mangga ini biasanya dijual dengan harga Rp.10.000 saja. Murah dan terjangkau bukan?

3. Keripik Tike

Foto By rumahukmkdh.wordpress.com

Setiap daerah pasti punya yang namanya oleh-oleh khas, tak terkecuali dengan Indramayu. Salah satu buah tangan paling terkenal dari kota ini adalah keripik tike.

Keripik ini bahan utamanya terbuat dari rumput  teki. Rasanya yang sangat gurih dan enak, membuat cemilan tersebut banyak digemari orang-orang. Berkunjung ke Indramayu, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi gulma renyah tersebut.

Keripik tike sendiri sangat mudah ditemui di pusat oleh-oleh yang ada di sekitar Indramayu dan mengenai harganya bisa dibilang sangat terjangkau, yakni kisaran Rp.100.000/kg.

4. Terasi

Foto By bukalapak.com

Tak hanya Cirebon yang punya terasi, Indramayu juga ada. Bahkan bumbu dapur satu ini kerap dibeli untuk dijadikan sebagai buah tangan buat  ibu-ibu tetangga.

Terasi khas  Indramayu satu ini unsur gizinya cukup tinggi dan biasanya paling nikmat bila dijadikan sebagai sambal cocolan ikan goreng ataupun nasi putih.

Dan terasi paling mudah ditemui baik di pasar tradisional ataupun di toko oleh-oleh. Soal harga, tak perlu khawatir, Sahabat JejakPiknik hanya perlu budget Rp.18.000 saja untuk mendapatkan tiga bungkus terasi khas Indramayu ini.

5. Kaos Kafka

Foto By facebook.com

Kaos adalah salah satu souvenir yang paling dinantikan dan pastinya akan sangat bermanfaat buat si penerimanya.

BacaJuga:  15 Hotel Murah di Ciater Bandung, Fasilitas Super Oke Harga Mulai Rp.350.000

Dan di Indramayu sendiri, ada kaos unik yang bagus buat dijadikan buah tangan. Selain desainnya unik, temanya kekinian, modelnya up to date, harganya juga terjangkau.

Untuk membelinya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke toko baju di Jln.Tridaya Barat, Karanganyar, Kab.Indramayu. Disini, harga kaos ini dijual mulai Rp.70.000 saja, tergantung ukurannya.

6. Dodol Laragudig

Foto By cookpad.com

Tak hanya mangga, di Indramayu masih ada banyak aneka jenis dodol enak lainnya yang bahannya terbuat dari bermacam-macam komposisi, salah satunya seperti laragudig ini.

Dodol laragudig ini begitu populer karena memiliki rasa manis. Selain nikmat,  makanan tersebut juga dibuat dengan cara tradisional dan tanpa bahan pemanis buatan.

Dodol laragudig ini juga sangat mudah ditemui di sejumlah toko oleh-oleh yang ada di sekitar kota Indramayu. Untuk harga, tak perlu khawatir masih ramah dikantong.

7. Kerupuk Bonggol Pisang

Foto By cireboncinnamon.com

Kerupuk memang menjadi cemilan paling tepat untuk menikmati santai sore sembari menikmati secangkir minuman menyegarkan.

Nah, jika Sahabat JejakPiknik kebetulan berkunjung ke Indramayu,  kerupuk bonggol pisang adalah salah satu cemilan paling oke untuk dibawa pulang.

Kerupuk bonggol pisang ini rasanya renyah dan gurih karena merupakan makanan non-kolestrol serta jauh dari borax.

Produk tersebut bisa dengan mudah dibeli di sejumlah pusat oleh-oleh di sekitar Indramayu dan untuk harganya, umumnya dijual kisaran Rp.12.000 saja.

8. Ikan Asin Jambal Roti

Foto By tokopedia.com

Meski terdengar seperti makanan ndeso, tapi ikan asin jambal roti khas Indramayu ini harganya cukup mahal loh. Bahkan bisa dibilang kuliner kelas premium.

Ikan asin jambal roti ini bahan bakunya terbuat dari ikan kadukang ataupun mayung yang terbatas jumlahnya. Selain memiliki gizi dan protein tinggi, penganan tersebut juga diolah secara profesional tanpa bahan pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Venetian Water Carnaval Bekasi, Wahana Kolam Renang Waterpark + Alamat Lokasi

Sahabat JejakPiknik bisa membeli ikan asin jambal roti ini di sejumlah pusat oleh-oleh yang ada di sekitar Indramayu. Untuk harganya, satu kilogramnya umumnya dibanderol kisaran Rp.95.000 saja.

9. Lepet

Foto By indonesiakaya.com

Dilihat sekilas, makanan ini memang sangat mirip dengan lemper. Namun, bedanya lepet tidak diisi suwiran ayam melainkan kacang tolo yang dibungkus menggunakan daun kelapa.

Selain cocok mengganjal perut saat dalam perjalanan, lepet ini juga menjadi oleh-oleh paling pas untuk dibawa pulang.

Untuk mendapatkan lepet,  pasar-pasar tradisional adalah alamat paling pas buat dikunjungi. Di tempat ini, harga makanan tersebut biasanya dibanderol sekitar Rp.1.000 saja per buahnya.

10. Sirup Mangga

Foto By bukalapak.com10 Oleh Oleh Khas Indramayu + Alamat Tempat Toko Pusat Yang Sangat Nikmat

Dan terakhir yang paling tidak boleh dilewatkan saat berkunjung dari daerah Indramayu adalah sirup buah mangga.

Sesuai namanya, sirup ini bahannya terbuat dari mangga jenis gedong gincu yang kemudian diolah tanpa pemanis buatan dan tentunya menggunakan bahan alami.

Sirup mangga ini juga sangat mudah ditemukan baik di pusat oleh-oleh ataupun pasar tradisional. Cukup dengan modal Rp.20.000 saja, Sahabat JejakPiknik sudah bisa mendapatkan satu botol minuman enak tersebut.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.