12 Daftar Oleh-Oleh Khas Jakarta Yang Harus Kamu Tahu

Diposting pada

Sampai sekarang kota Jakarta masih menjadi salah satu destinasi wisata yang menjadi sasaran oleh para wisatawan.

Bukan hanya turis lokal seperti Aceh, Bandung, Bali, Cirebon, Jogja, Garut, Malang, Kalimantan, Tangerang, Lampung, Lombok, Palembang, Surabaya, Riau tapi juga dari Australia, Arab, China, Jepang, Malaysia, Korea dan Hongkong.

Namun ketika kita mengunjungi ibukota Indonesia ini rasanya kurang lengkap apabila tidak membawa oleh-oleh yang khas dari Jakarta.

Jakarta sendiri memiliki banyak jenis oleh-oleh bukan hanya makanan atau souvenir tapi ada juga camilan ringan, minuman, barang unik lainnya hingga beberapa kue artis kekinian yang lagi hits.

Lantas, apa saja ya kira-kira oleh-oleh khas Jakarta yang paling cocok untuk dibawa pulang buat pacar, teman terdekat ataupun keluarga? Yuk kita cari tahu sama-sama jawabannya!

1. Dodol Betawi

Foto By merdeka.com

Jika Sahabat JejakPiknik suka cemilan manis, maka buah tangan pertama yang wajib untuk dibeli adalah dodol khas Betawi.

Jajanan tradisional khas Betawi ini tekstur dan cara pembuatannya memang sama seperti dodol pada umumnya. Bedanya, bahannya terbuat dari ketan hitam, ketan putih dan durian.

Untuk mendapatkannya tidaklah sulit karena banyak pusat oleh-oleh yang menjualnya dan salah satu tempat paling terkenal ialah toko Dodol Betawi Gurih Rasa. Alamat spot ini berada di Jln.Angsana No.26, Pejaten, Jakarta Selatan.

Soal harga, dodol biasanya dibanderol mulai 8 sampai 70 ribuan, tergantung ukuran dan rasa. Kudapan ini juga termasuk salah satu contoh jenis makanan tahan lama jadi akan sangat pas jika dijadikan bingkisan buat keluarga di rumah.

2. Roti Buaya

Foto By wisataria.com

Sesuai namanya, roti khas Jakarta ini memang memiliki bentuk seperti buaya dan biasanya sering dijadikan sebagai hantaran pada saat lamaran dalam tradisi Betawi oleh pihak calon pengantin pria.

Namun tenang saja, Sahabat JejakPiknik tak harus melakukan lamaran ala Betawi dulu untuk bisa mencicipinya karena sekarang kita bisa beli kue ini buat dijadikan oleh-oleh buat orang terdekat.

BacaJuga:  Hari Gini Belom Pernah Kongkow di 10 Cafe Menteng Ini? Rugi Banget Sih Kamu!

Kue ini bisa ditemukan hampir di setiap sudut Ibukota baik di Bintaro, Karet Kuningan, hingga ke kota Bekasi dan kawasan bandara sekalipun.

Mengenai harganya sendiri cukup bervariasi, tergantung ukuran dan juga tempat dimana kita membelinya. Biasanya 5-10 ribuan untuk potongan kecil lalu 250 ribu buat yang utuh besar.

Salah satu tempat referensi untuk membelinya adalah Roti Buaya di Kebayoran Baru, Tebet, Jakarta Selatan. Di toko yang buka 24 jam ini, harganya biasanya dibanderol mulai 60-100 ribuan, tergantung ukuran.

3. Bir Pletok

Foto By yukepo.com

Meskipun mengandung kata bir, namun sebenarnya minuman khas Jakarta ini bebas dari alkohol dan tidak akan membuat kita mabuk.

Justru sebaliknya, bir pletok ini sangat aman untuk dikonsumsi karena terbuat dari bahan alami seperti jahe, daun pandan, batang serai dan juga rempah lainnya.

Penasaran seperti apa rasanya? Nah, untuk  mendapatkannya Sahabat JejakPiknik bisa datang ke Jln.Belanak 2, Jakarta Timur. Bir Pletok ini biasanya dibanderol mulai dari Rp.10.000 aja.

4. Kue Geplak

Foto By romlah.com

Nah, untuk buah tangan berikut dinamakan demikian karena pada saat proses pembuatan, kue tersebut diolah dengan cara di geplak atau ditepuk-tepuk.

Kue satu ini memiliki ciri berawarna putih dan cokelat. Karena terbuat dari tepung beras, tak heran jika teksturnya pun begitu lembut kemudian rasanya cukup manis.

Meski sulit ditemukan karena lebih sering dijadikan hantaran pada saat lamaran sama seperti roti buaya namun Sahabat JejakPiknik masih bisa kok mendapatkan kue kering satu ini.

Untuk mendapatkannya, silahkan datang ke Jln.H.Taiman No.358, Pasar Rebo. Di lokasi ini harga kue geplak dijual cukup murah hanya mulai dari Rp.15.000 saja.

5. Kue Kembang Goyang

Foto By bukalapak.com

Jika Sahabat JejakPiknik kebingungan mencari makanan enak apa yang pas untuk dijadikan buah tangan, tak perlu khawatir beli saja kue kembang goyang.

Kue yang digoyang-goyang pada saat di goreng ini bentuknya menyerupai bunga dan terbuat dari tepung beras, santan, vanili, gula serta sedikit garam.

BacaJuga:  15 Tempat Makan di Cibubur Yang Enak Untuk Makan Bersama

Untuk membelinya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke warung Mpok Nini di jalan Belanak 2, Jakarta timur. Pasal harga, cukup ramah dikantong kok, karena kita hanya perlu merogoh kocek sekitar 15 ribuan saja.

6. Kue Semprong

Foto By menginspirasibersama.blogspot.com

Masih dari golongan makanan kering, kue bernama semprong ini juga menjadi salah satu daftar buah tangan yang bisa Sahabat JejakPiknik bawa pulang buat orang di rumah.

Kue berbentuk gulungan dengan citarasa manis dan gurih tersebut paling cocok dikonsumsi dengan secangkir kopi atau teh hangat di pagi hari.

Selain di toko online, salah satu spot paling tepat untuk mendapatkannya adalah pusat oleh-oleh Semprong Glory di jln.KS.Tubun III No.02, Slipi, Jakarta Barat. Disini, kue tersebut dijual hanya kisaran Rp.25.000 saja.

7. Kaos Jakarta

Foto By tribunnews.com

Kaos khas daerah mungkin menjadi salah satu souvenir paling umum yang mudah ditemui di berbagai kota di Nusantara bukan hanya Yogyakarta tapi juga Jakarta.

Merujuk pada Kaskus sebagai sumber, kaos tersebut motifnya bervariasi karena didesain dengan gambar atau foto-foto ikon kota Jakarta.

Selain di sekitar kawasan Kota Tua, kaos ini juga dijual di toko grosir di Tanah Abang dan harganya pun sangat terjangkau, jadi bisa diborong dalam jumlah yang banyak.

Untuk kisaran harganya biasanya kaos oblong ini dibanderol mulai dari Rp.35.000 sampai Rp.100.000/pieces, tergantung ukurannya.

8. Kebaya Betawi

Foto By trapedia.com

Nah, buat para kaum wanita yang ingin tampil modis saat acara formal, sepertinya membeli kebaya khas Betawi menarik juga.

Meski desainnya sederhana namun kebaya Betawi tersebut terlihat sangat elegan sehingga siapa  saja yang memakai pasti akan terlihat keren dan cantik.

Selain dijual murah di pusat grosir di Tanah Abang, Kebaya Betawi juga banyak ditemukan di Thamrin City, Jln.KH.Mas Mansyur, Kebon Melati, Jakarta Pusat. Untuk harganya sendiri biasanya dibanderol mulai dari Rp.110.000-Rp.280.000/pieces.

9. Marguerite Nougat

Foto By zomato.com

Marguerite nougat ini adalah semacam permen yang dibuat dari madu atau gula dan juga kacang-kacangan baik itu kenari, pistachio maupun hazel.

Kudapan manis yang dibuat oleh Claudia Syanny ini memiliki banyak varian rasa ada green tea, blueberry, strawberry juga chocomilk.

Untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke tokonya langsung di Boulevard Timur NB1#36, Kelapa Gading.  Soal harga tak perlu khawatir masih terjangkau kok.

BacaJuga:  Tebet! Surganya Tongkrongan, Sudah Pernah Coba 10 Tempat Ini?

10. Vava Cake

Foto By travel.dream.co.id

Untuk memeriahkan deretan daftar oleh-oleh khas Jakarta, artis cantik Titi Kamal juga turut menghadirkan kue enak bernama Vava Cake.

Kue artis kekinian ini bentuknya seperti bolu gulung dan memiliki banyak varian rasa, ada mocca, pandan, red velvet hingga chocolate.

Sekotak Vava Cake biasanya dijual mulai 60-125 ribuan, tergantung ukurannya. Jika ingin membelinya Sahabat JejakPiknik bisa datang ke tokonya langsung di Jln.Raya No.28-29, Pejaten barat, Pasar Minggu, Jaksel.

11. Akar Kelapa

Foto By kumparan.com

Dinamakan demikian karena makanan khas Jakarta satu ini bentuknya memang mirip seperti akar kelapa dan memiliki citarasa gurih juga manis.

Kue berbahan dasar tepung terigu ini sangat mudah di temui baik di Blok M atau pasar Tanah Abang.

Dan salah satu tempat paling terkenal adalah toko oleh-oleh Mpok Romlah di jalan Swadaya II No.20B, Jagakarsa. Untuk harganya biasanya dibanderol kisaran Rp.70.000/kg.

12. Keripik Suling Wijen

Foto By wisata-tanahair.com

Buah tangan terakhir yang juga cukup andal untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari kota Jakarta namanya adalah keripik suling wijen.

Keripik ini bisa didapatkan di pusat oleh-oleh Sowan di jln.Danau Sunter R35-37, Tanjung Priok, Jakarta utara. Untuk sekotaknya, biasanya kita hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp.25.000 saja.

Nah, sekarang sudah tau kan apa saja oleh-oleh khas Jakarta. Jadi kalau Sahabat JejakPiknik bertandang ke Ibukota jangan sampai lupa membawa salah satu daftar diatas ya!

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.