Ini Dia 10 Daftar Oleh-Oleh Khas Dari Jawa Tengah

Diposting pada

Sama seperti Jakarta, hampir semua kota di provinsi Jawa Tengah juga layak dikunjungi buat mengisi waktu liburan mulai dari Solo, Pekalongan, Boyolali, Jepara, Purworejo, Purwodadi, Purbalingga, Sukoharjo hingga ke Bumiayu.

Setiap kota di Jawa Tengah ini tak hanya menyajikan pesona wisatanya masing-masing tapi juga menyediakan segudang oleh-oleh yang khas baik berupa makanan, minuman, masakan atau aneka souvenir.

Selain banyak variasinya, untuk menemukan buah tangan khas Jawa Tengah juga sangatlah mudah, karena ada banyak sekali toko oleh-oleh yang menjualnya.

Nah, Sahabat JejakPiknik penasaran apa saja oleh-oleh khas Jawa Tengah yang paling oke untuk dibawa pulang? Yuk, kita simak ulasan dibawah ini.

1. Sale Pisang

Foto By blog.omiyago.com

Oleh-oleh pertama yang bisa dibawa pulang dari provinsi Jateng adalah sale pisang, yakni salah satu kudapan lezat berasal dari desa Mangli, kota Kebumen.

Bahan dasar makanan ini adalah pisang yang diiris tipis-tipis kemudian dikeringkan dengan cara dijemur dibawah terik matahari agar awet dan tahan lama.

Setelah kering kemudian digoreng dengan balutan tepung, sehingga citarasanya sedikit manis dan gurih, berbeda dari sale pisang di daerah lain.

Untuk mendapatkannya, silahkan mengunjungi para perajin sale pisang di desa Mangli. Tidak  hanya dapat harga murah berkisar Rp.18.000, disini kita juga bisa  melihat bagaimana cara pembuatannya.

2. Kamir

Foto By solo.tribunnews.com

Ada yang suka menonton film Doraemon? Nah, pasti tahu dong apa makanan kesukaan robot kucing ini? Yup, namanya dorayaki.

Nah, Jawa Tengah juga punya loh dorayaki tapi namanya lebih dikenal dengan kamir. Selain cocok mengganjal perut saat lapar juga mantap dijadikan oleh-oleh.

Kue hasil produksi home industry kota Pemalang ini bisa bertahan sampai 3 hari jadi  sangat cocok bila ingin dijadikan buah tangan.

Untuk membelinya, kue Kamir Bu Chamidah di Jln.Semeru Mulyoharjo, Pemalang adalah tempat terbaik. Selain enak, harganya pun murah hanya Rp.1.000/buah.

3. Rengginang

Foto By tokopedia.com

Buah tangan khas Jawa Tengah selanjutnya yang juga bagus untuk dibawa pulang namanya rengginang, yakni salah satu makanan ringan berasal dari kota Kudus.

Meski awalnya cemilan ini hanya eksis pada saat lebaran atau berbagai acara hajatan namun kini rengginang juga turut hadir sebagai salah satu oleh-oleh khas dari Jawa Tengah.

Kerupuk bulat pipih yang dibuat oleh home industry ini banyak ditemukan di toko online atau pusat oleh-oleh di Jateng. Sebungkusnya biasanya dibanderol  hanya berkisar 12-20 ribu aja.

4. Telur Lurik

Foto By jejakpiknik.com

Nah, bila Sahabat JejakPiknik kebetulan berkunjung ke daerah Pati, salah satu oleh-oleh yang paling pas untuk dibawa pulang adalah telur lurik.

Buah tangan berbahan dasar telur tersebut diolah dengan cara diasapi hingga cangkangnya berubah menjadi kecoklatan. Rasanya yang sangat nikmat, dijamin akan membuat ketagihan.

Nah, bagi yang ingin berburu, bisa datang ke ds.Batursari di Batangan, Pati. Harganya cukup murah kok hanya Rp.2.400-Rp.3.000/butir.

5. Intip Mini

Foto By food.detik.com

Buah tangan khas Jateng berikutnya yang citarasanya tak kalah enak adalah intip mini, yakni salah satu jajanan tradisional berasal dari daerah Sragen.

Intip mini ini  terbuat dari kerak nasi yang diolah dengan resep khusus dan banyak ditemui di Dukuh Kedungdowo, Hadiluwih dan di Jati,Sumberlawang, Sragen.

Di Sragen ini, cemilan bercitarasa gurih dan nikmat yang kriuk-kriuk tersebut pada umumnya dijual hanya seharga Rp.1.200-Rp.2.000 saja. Murah banget kan coy?

6. Manco

Foto By tokopedia.com

Berikutnya ada manco atau peli kipu, yaitu  salah satu buah tangan khas Jawa tengah yang paling sering dibawa pulang saat berkunjung ke daerah Blora.

Meski tampilannya sederhana tapi jajanan tradisional ini memiliki citarasa yang tidak boleh dianggap sepele. Karena sekali mencicipinya, Sahabat JejakPiknik akan ketagihan terus.

Selain enak, kue manco juga mudah ditemukan di pasar tradisional Blora dan sebungkusnya biasanya dibanderol hanya kisaran Rp.8.000-Rp.20.000 saja.

7. Olahan Carica

Foto By carica.co.id

Berkunjung ke Jawa Tengah tak lengkap rasanya bila pulang tidak membawa berbagai olahan carica khas kota Banjarnegara.

Carica adalah pepaya gunung berukuran mini yang kerap dijadikan sebagai bahan pembuatan  sirup, keripik, manisan atau berbagai makanan lainnya.

Aneka olahan carica ini sangat mudah ditemui baik di pasar-pasar tradisional atau toko oleh-oleh. Mengenai harga sudah tentu bervariasi tergantung jenisnya.

8. Dumbeg

Foto By Travelingyuk.com

Berkunjung ke Rembang, rasanya kurang puas jika pulang tidak membawa buah tangan yang dikenal dengan nama dumbeg.

Dumbeg adalah salah satu makanan tradisional yang bentuknya menyerupai terompet dan dibuat dari adonan tepung beras, air nira serta gula pasir kemudian dibungkus daun lontar.

Untuk mendapatkan penganan bercitarasa gurih manis ini tidaklah sulit, karena banyak dijual di pasar tradisional dengan harga kisaran hanya Rp.500/biji sementara per ikatnya Rp.5.000.

9. Kue Rangin

Foto By masakandapurku.com

Oleh-oleh khas Jawa Tengah selanjutnya yang cocok untuk dibawa pulang adalah kue rangin, yakni salah satu jajanan legendaris sejak tahun 1950an berasal dari daerah Demak.

Jajanan tradisional berbahan dasar adonan ketan serta kelapa parut ini bentuknya sangat mirip dengan kue pancung. Rasanya yang gurih cocok untuk menemani secangkir kopi.

Di Demak, kue rangin ini mudah dijumpai baik di pasar tradisional atau toko oleh-oleh dan harganya dijual hanya kisaran Rp.20.000/kotak.

10. Keripik Buah

Foto By bukalapak.com

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang ingin menikmati kelezatan aneka buah dengan bentuk lain, maka membeli keripik khas Kendal sebagai oleh-oleh adalah solusi terbaik.

Aneka keripik Kendal ini bahan utamanya terbuat dari berbagai macam buah segar mulai dari nangka, nanas, pisang, salak, apel dan lain sebagainya.

Untuk menemukannya tidaklah sulit, karena banyak dijual di toko oleh-oleh yang tersebar di Kendal dan harganya hanya berkisar Rp.10.000/bungkus.

Nah, itulah 10 buah tangan khas Jateng paling recommended. Selain daftar diatas sebenarnya masih banyak lagi buah tangan dari Jawa Tengah yang mantap buat dibawa pulang, seperti:

  • Nopia Purwokerto
  • Getuk Triok Magelang
  • Geti Wonogiri
  • Bandeng Presto Semarang
  • Lanting Cilacap
  • Kacang Bogares Tegal
  • Slondok Klaten
  • Telur asin Brebes
  • Torakur Bandungan
  • Gethuk Iris Batang

Banyak banget kan buah tangan khas Jateng? Nah, sekarang tidak perlu bingung lagi kan mau bawa pulang oleh-oleh apa, Sahabat JejakPiknik tinggal pilih aja sesuai selera.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.