10 Oleh-Oleh Khas Jawa Timur Untuk Orang Tersayang

Diposting pada

Jalan-jalan keliling ke berbagai daerah di provinsi Jawa Timur memang tak lengkap rasanya kalau kita tidak mencari oleh-oleh buat dibawa pulang.

Walaupun jajanan tradisional di Jawa Timuran ini kebanyakan menggunakan bahan gula merah serta santan dan rata-rata bercitarasa manis, namun semuanya tak lantas membuat lidah gampang bosan.

Nah, bila  Sahabat JejakPiknik saat ini mungkin sedang plesiran ke Jawa Timur, berikut  10 oleh-oleh khas daerah Jatim yang  wajib untuk dibawa pulang. Penasaran, apa saja? Yuk, kita simak.

1.Madu Mongso Madiun

Foto By Klikmadiun.com

Oleh-oleh khas Jawa Timur pertama namanya yaitu madu mongso. Buah tangan asli dari kabupaten Madiun ini berupa makanan ringan dengan bahan dasarnya terbuat dari tape ketan hasil fermentasi.

Untuk cirinya, warnanya hitam dan citarasanya perpaduan antara manis asam. Dan biasanya madu mongso ini dibungkus dalam kemasan warna-warni agar kelihatan menarik.

Tak perlu bingung mencari madu mongso karena jajanan tradisional satu ini mudah ditemukan di toko oleh-oleh di berbagai daerah di Jawa Timur mulai dari Madiun, Ponorogo hingga Blitar.

Untuk harganya, umumnya dibanderol mulai dari Rp.60.000/kg, tergantung ukurannya. Dan madu mongso ini juga kini mulai dipasarkan secara online agar memudahkan konsumen mendapatkannya.

2. Pudak Gresik

By idntimes.com

Selanjutnya ada pudak, yakni salah satu jenis oleh-oleh khas kota Gresik yang bahannya terbuat dari tepung beras, gula pasir, serta  santan kelapa.

BacaJuga:  10 Gambar Monumen Sampang Madura, Rute Menuju ke Sana, Lokasi Alamat + Keindahan Bangunan

Pudak ini biasanya dibungkus menggunakan kemasan “ope”atau pelepah daun pinang dan terdiri dari berbagai varian rasa ada pandan, sagu, gula merah dan gula pasir.

Disamping rasanya yang khas, kemasan pudak ini juga cukup unik dan bahannya pun sudah mulai langka serta cara pembuatannya tidak sederhana.

Dan salah satu pusat oleh-oleh terbaik akan penganan ini adalah Toko Pudak Sari Kelapa Group di jln.Sindujoyo. Lapak tersebut lokasinya sangat trategis dekat ke alun-alun. Soal harga, cukup murah  hanya Rp.14.000-Rp.25.000/renteng.

3. Kue Geti Tulungagung

Foto By semuatentanginfoterkini.blogspot.com

Nah, buat yang doyan ngemil penganan berbahan dasar kacang, kue geti juga bisa menjadi oleh-oleh andalah loh buat dibawa pulang saat berkunjung ke Tulungagung ataupun ke Blitar.

Kue geti ini adalah jajanan tradisional berbahan dasar kacang tanah, gula merah serta wijen. Selain rasanya enak, cemilan tersebut juga sangat gurih sehingga tak heran banyak orang menyukainya.

Untuk mendapatkannya,  satu tempat paling pas buat dikunjungi adalah UD.Primadona B.Suparmi di Gondangsari, Jabalsari, Kec.Sumbergempol, Tulungagung. Disini, harga penganan tersebut dijual hanya Rp.8.500/bungkus dengan isi 12 biji geti.

4. Sale Pisang Pacitan

Foto By IndonesiaKaya.com

Nah, oleh-oleh khas Pacitan satu ini, pasti Sahabat JejakPiknik tahu kan bahan utamanya apa? Yup, penganan tersebut  memang terbuat dari pisang disisir kemudian dijemur guna untuk mengurangi kadar air agar lebih awet dan tahan lama.

Untuk membuat sale pisang ini ada tiga cara yakni satu dengan cara tradisional, kedua pengasapan dan ketiga dibasahi menggunakan natrium bisulfit. Nah, Sahabat JejakPiknik pilih yang mana?

Sale pisang ini sangat mudah ditemui di pusat oleh-oleh yang ada di sekitar Pacitan dan harganya, rata-rata dibanderol kisaran Rp.5.000/bungkusnya. Murah kan?

5. Manco Trenggalek

Foto By Tokopedia.com

Sahabat JejakPiknik suka jajanan bercitarasa manis dan renyah? Coba saja camilan khas Trenggalek satu ini, namanya manco. Penganan tersebut bahannya terbuat dari adonan tepung ketan yang digoreng hingga garing kemudian dibalut gula merah lalu ditaburi biji wijen.

BacaJuga:  Bosen Melanda Tengah Malam? Nongkrong Aja Ke Cafe 24 Jam di Malang Ini!

Untuk mendapatkannya tak perlu pusing-pusing karena hampir semua toko oleh-oleh di Trenggalek menjual jajanan ini dan harganya pun cukup murah hanya berkisar Rp.8.000-Rp.20.000/bungkusnya.

6. Gethuk Pisang Kediri

Foto By ekokepet.com

Berkunjung ke kota Kediri, belum afdol jika Sahabat JejakPiknik tidak membawa pulang oleh-oleh bernama gethuk pisang ini.

Gethuk pisang adalah makanan khas Kediri yang konon katanya merupakan camilan tradisional turun temurun sejak zaman kerajaan.

Tidak seperti getuk pada umumnya yang kebanyakan terbuat dari ubi atau sukun, namun sesuai namanya penganan ini bahan utamanya menggunakan pisang.  Penasaran ingin mencobanya?

Sahabat JejakPiknik bisa membelinya langsung ke pusatnya  di Dsn.Jatisari, Krenceng, Kepung, Kediri. Selain dapat melihat proses pembuatannya, disini harga gethuk juga dibanderol murah berkisar Rp.700-Rp.6.500/bijinya, tergantung ukurannya.

7. Onde-Onde Mojokerto

Foto By Fimela.com

Mudik ke Mojokerto atau ke Jombang kurang pas rasanya kalau Sahabat JejakPiknik pulang tanpa membawa buah tangan bernama onde-onde.

Onde-onde adalah sejenis jajanan pasar berbahan dasar tepung terigu atau ketan dan kemudian diolah dengan cara digoreng maupun direbus lalu permukaannya ditaburi dengan wijen dan di dalamnya diberi kacang hijau.

Dan salah satu merk paling terkenal adalah Onde-onde Arasa. Letak tokonya berada di jalan Bypass Mojokerto KM.50, Jabon, Kec.Mojoanyar. Soal harga, hanya berkisar Rp.25.000/kotaknya.

8. Wingko Babat Lamongan

Foto By Poskotanews.com

Nah, buah tangan berikutnya ini adalah salah satu contoh camilan renyah yang berasal dari desa Babat, kota Lamongan dan dikenal dengan nama wingko.

Wingko ini bahannya terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan serta gula. Bentuknya bundar dan biasanya disajikan dalam potongan-potongan kecil.

Wingko babat sangat mudah ditemui di toko oleh-oleh dan mengenai harga, biasanya cemilan ini dijual kisaran Rp.35.000/kardusnya dengan isi 10 biji.

BacaJuga:  10 Gambar Tunjungan Plaza Surabaya, Hotel Dekat Lokasi + Denah Peta Map Alamat

9. Kue Lapis Surabaya

Foto By Jualo.com

Berkunjung ke kota Surabaya, Sahabat JejakPiknik tahu apa nama oleh-oleh paling terkenal disana? Yup, betul sekali, namanya adalah kue lapis.

Kue istimewa bercitarasa premium ini rasanya sangat enak, empuk serta lembut di mulut. Ditambah lagi, aromanya sangat wangi membuat siapa saja tergoda ingin memakannya.

Kue lapis ini juga mudah ditemui di toko-toko kue di Surabaya dan mengenai harganya, rata-rata dibanderol mulai Rp.25.000-Rp.26.000/kotaknya.

10. Dodol Jambu

Foto By Jitunews.com

Buah tangan terakhir ada dodol Jambu, yakni salah satu oleh-oleh khas Jawa Timur yang berasal dari daerah Ngawi.

Sesuai namanya, kudapan ini dibuat dari jambu merah dan diolah dengan cara yang sama seperti pembuatan dodol pada umumnya.

Dodol jambu ini bisa Sahabat JejakPiknik beli secara online ataupun dengan mengunjungi toko oleh-oleh yang ada di sekitar kota Ngawi. Untuk harganya sangat ekonomis hanya Rp.6.000 saja.

Nah, selain deretan daftar diatas sebenarnya masih ada banyak lagi buah tangan khas Jawa Timur lainnya yang juga bisa Sahabat JejakPiknik bawa pulang seperti:

  • Suwar-suwir Jember
  • Malang Strudel
  • Tempe Sanan Pandean
  • Jenang Candi Magetan
  • Kerupuk Upil Nganjuk
  • Bipang Jangkar Pasuruan
  • Minuman Pokak Probolinggo
  • Tahu Kuning Pare
  • Kue Latok Lumajang
  • Bandeng Asap Sidoarjo
  • Ikan Kunir Situbondo dan
  • Ampo Tuban
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.