Selain Prol Tape, Ini Dia 10 Oleh-Oleh Khas Jember Paling Banyak Diburu Wisatawan

Diposting pada

Kabupaten Jember adalah salah satu tempat wisata paling banyak diminati taktala sedang berkunjung ke provinsi Jawa Timur.

Ditambah lagi, setelah “Jember Festival Fashion” dikenal masyarakat luas, menjadikan kota ini semakin menarik di mata para pecinta traveling.

Nah, jika Sahabat JejakPiknik tertarik menjadikan Jember sebagai destinasi wisata berikutnya jangan sampai lupa bawa pulang oleh-oleh yang khas ya dari daerah di bagian timur pulau Jawa ini.

Tak perlu bingung mencari buah tangan apa yang pas untuk dibawa pulang, karena 10 daftar oleh-oleh khas Jember berikut bisa menjadi solusinya.

1. Prol Tape

Foto By tokopedia.com

Jember memang terkenal akan aneka olahan tapenya yang nikmat, tak heran jika makanan ini kerap dijadikan buah tangan oleh para wisatawan.

Salah satu hasil olahannya sebut saja seperti prol tape, yakni salah satu jajanan tradisional yang memiliki citarasa nikmat dengan tekstur lembut menyerupai bolu.

Menariknya lagi, oleh-oleh khas Jember satu ini telah dimodifikasi dengan berbagai varian rasa mulai dari original, kismis, cokelat  hingga keju.

Dan Primadona adalah merk paling terkenal yang banyak diburu wisatawan. Selain enak, harganya pun terjangkau mulai Rp.19.000-Rp.23.000/kotaknya.

2. Pia Tape

Foto By tokopedia.com

Selain dijadikan prol, oleh-oleh khas Jember lainnya yang bahan dasarnya juga terbuat dari tape adalah pia tape.

Pia tape ini citarasanya tentu berbeda dari makanan pada umumnya karena telah dimodifikasi dengan berbagai varian rasa seperti coklat, pisang, keju, strawberry dan masih banyak lagi.

BacaJuga:  Mudik Ke Gresik, Jangan Lupa Bawa 10 Oleh-Oleh Ini Ya!

Pia tape sangat mudah ditemui di sejumlah toko oleh-oleh di Jember, salah satunya alamat toko paling pas dikunjungi ada di jalan Dharmawangsa, Krajan, Kaliwining, kec.Rambipuji.

Berbicara soal harganya, pia tape ini biasanya dijual kisaran Rp.13.000 per kotak dengan isi 10 potong. Nah, murah banget kan?

3. Batik

Foto By tokopedia.com

Sebagai salah satu warisan budaya Indonesia, hampir semua daerah di Nusantara ini memiliki batik dengan ciri khas masing-masing, tak terkecuali dengan Jember.

Batik khas Jember ini coraknya berbeda dari biasanya dimana motifnya kebanyakan mengacu pada daun tembakau yang menjadi andalan di daerah tersebut.

Untuk menemukannya tidak sulit karena banyak penjual batik di Jember dan harganya bervariasi, tergantung bahan serta tingkat kesulitan membuatnya.

4. Cerutu

Foto By barang-bekas-jember.blogspot.com

Sebagai salah satu pusat penghasil tembakau terbesar di Indonesia, tentu cerutu menjadi buah tangan paling wajib dibawa taktala berkunjung ke Jember.

Kualitas cerutu khas Jember ini popularitasnya tidak hanya di dalam negeri saja loh tapi juga sudah sampai ke luar benua.

Dan cerutu paling banyak diminati adalah milik PTPN X yang dibanderol mulai Rp.2.300-Rp.50.000/batang, dengan pilihan citarasa ada mild, medium atau berat.

5. Suwar-Suwir

Foto By travel.kompas.com

Oleh-oleh khas Jember berikutnya yang tak kalah mantap untuk dibawa pulang dan cocok dibagikan ke tetangga namanya adalah suwar-suwir.

Mendengar nama buah tangan ini, Sahabat JejakPiknik tentu banyak yang bertanya-tanya kan bagaimana sih bentuk suwar-suwir itu?

Nah, suwar-suwir adalah salah satu makanan khas Jember berupa dodol yang bahannya terbuat dari tape dan memiliki tekstur agak keras tapi tetap renyah.

Makanan ringan ini rasanya ada bermacam-macam mulai dari susu, coklat, kacang sampai berbagai rasa buah-buahan.

Untuk mendapatkan suwar-suwir terbaik, toko Primadona di dekat Pasar Tanjung, Jember biasanya menjadi tempat paling tepat. Selain rasanya nancap di lidah, harganya juga ramah dikantong hanya berkisar Rp.15.000-Rp.20.000/kg.

BacaJuga:  10 Oleh-Oleh Khas Jawa Timur Untuk Orang Tersayang

6. Jenang Waluh

Foto By familygoers.com

Makanan tradisional khas Jember lainnnya yang tak boleh ketinggalan untuk dibawa pulang adalah jenang waluh.

Jenang waluh sendiri adalah salah satu jenis dodol yang terbuat dari ketan serta kelapa tua dan memiliki tekstur lembut juga kenyal saat disantap.

Dan merk jenang waluh paling favorit adalah Sari Rasa. Untuk mendapatkannya, silahkan ke tokonya di jln.Trunojoyo No.91, Kauman, Kaliwates, Jember.

Mengenai harganya tak perlu khawatir, karena jenang waluh ini biasanya dibanderol dengan sangat terjangkau.

7. Edamame

Foto By edamame-jombang.blogspot.com

Nah, bagi Sahabat JejakPiknik penggemar kuliner Tiongkok, sudah pernah belum mencoba makanan enak bernama edamame?

Edamame adalah sejenis kedelai Jepang yang diolah menjadi berbagai makanan enak seperti pia, bolu hingga coklat dan termasuk sebagai oleh-oleh primadona di  Jember, Jawa Timur.

Selain menawarkan rasa lezat, makanan ini juga diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi resiko kanker loh.

Tertarik mencobanya? Gampang, semua olahan edamame ini bisa ditemui dengan mudah kok di sejumlah toko oleh-oleh dan mengenai harga, tentu bervariasi tergantung jenisnya.

8. Brownies Tape

Foto By citra-rasa-jember.blogspot.com

Bila pada umumnya kue brownies terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan cokelat, namun tidak demikian dengan yang ada di kota Jember.

Di Jember, kue enak bertekstur lembut ini bahan dasarnya justru menggunakan tape singkong sehingga citarasanya pun semakin legit.

Brownies tape yang sudah diinovasi dengan berbagai varian rasa seperti coklat, keju, kacang dan original ini harganya relatif terjangkau mulai 20 ribuan saja.

Selain terjangkau, brownies tape juga mudah ditemui di toko oleh-oleh manapun di Jember, salah satunya Purnama Jati di Jln.Bungur No.09, Gebang, Patrang.

9. Olahan Kopi dan Coklat

Foto By barang-bekas-jember.blogspot.com

Selain tembakau, Jember juga terkenal sebagai penghasil kopi terbaik di Jawa Timur, jadi sangat wajar jika ada banyak oleh-oleh khasnya yang terbuat dari olahan bahan tersebut.

BacaJuga:  10 Oleh-Oleh Yang Paling Top Dibawa Pulang Dari Mojokerto

Tidak hanya dalam bentuk bubuk, kopi dan coklat(kakao) ini juga diolah menjadi permen, es krim hingga sebuah blok.

Untuk mendapatkan berbagai olahan tersebut, mampir aja ke Puslit Kopi dan Kakao di  Nogosari, Jember. Harganya tentu bervariasi tergantung jenis produknya.

10. Martabak Malabar

Foto By jejakpiknik.com

Jenis makanan khas Jember lainnya yang juga cocok untuk dibawa pulang adalah martabak malabar, yakni salah satu penganan nikmat dengan isian daging kambing serta aneka rempah khusus.

Tak cukup hanya menawarkan citarasa lezat, aroma martabak malabar tersebut juga sangat menggoda membuat siapa saja tertarik ingin segera mencicipinya.

Untuk membelinya, Sahabat JejakPiknik silahkan datang ke lapak martabak malabar Achmad di pertigaan jln.Trunojoyo. Soal harga, kita hanya perlu menyiapkan 30 ribu saja.

Nah, itulah sederet oleh-oleh khas Jember yang perlu diketahui selain dari prol tape. Jadi jika Sahabat JejakPiknik berkunjung ke daerah ini, jangan lupa membeli salah satunya ya!

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.