Lengkapi Kunjungan Perdanamu Ke Jepara Dengan Membeli Oleh Oleh Khas Ini!

Diposting pada

Berwisata sambil berburu oleh2 adalah serangkaian kegiatan yang sulit ditinggalkan. Keduanya memiliki keterikatan yang tidak bisa dipisahkan. Hal tersebut juga yang banyak dilakukan oleh wisatawan saat berkunjung ke Jepara.

Kota Jepara juga memiliki pariwisata Pantai yang mempesona. Jepara juga terkenal sebagai Kota pengrajin ukiran kayu terbesar di Jawa Tengah. Nah, jika kamu sedang kunjungan atau wisata ke Jepara, jangan pulang dulu kalau belom membawa oleh2 khas berikut ini deh.

1. Kacang Listrik

foto by tic.jepara.go.id

Meskipun namanya Kacang Listrik bukan berarti kalau makanan ini nyetrum ya guys. Penamaan Kacang Listrik ini karena dulunya penjual makanan ini disebelah tiang listrik.

Makanan unik dan nyentrik satu ini patut masuk kedalam daftar oleh2mu nih. Kamu bisa membelinya di beberapa toko oleh2 seperti Pusat Oleh-oleh Kacang Khas Jepara di Jl. Raya Jepara-Kudus KM 2.5 dengan baderol harga mulai dari 15ribuan saja.

2. Kerupuk Echo

foto by tic.jepara.go.id

Jepara memang terkenal dengan wisata pantainya yang mempesona, sehingga tak heran banyak makanan berasal dari olahan hewan laut disini. Salah satu makanan olahan laut yang paling terkenal disini adalah Kerupuk Echo.

Untuk mendapatkan Kerupuk Echo kamu bisa meluncur ke Jalan Yos Sudarso Nomor 7, tidak jauh dari Alun2 Kota Jepara. Untuk membeli oleh2 ini kamu tidak akan menguras dompet kok, karena harganya terjangkau yaitu hanya 20ribu saja.

BacaJuga:  Pantai Kartini Jepara Jawa Tengah, Ada Kura Kura Raksasa

3. Keripik Bawang

foto by bukalapak.com

Cemilan khas Jepara yang bisa dijadikan oleh2 berikutnya adalah Keripik Bawang. Makanan yang satu ini rasanya berbeda dengan keripik2 pada umumnya. Rasanya sudah pasti gurih dan enak, kamu wajib cicipi sendiri seperti apa nikmatnya.

Shopping Centre Jepara adalah tempat yang paling recommended untuk berburu Keripik Bawang. Kamu bisa membeli aneka macam Keripik Bawang dengan harga ramah dikantong di tempat ini. Harga per bungkus Keripik Bawang biasa dijual dengan kocek 10ribu.

4. Kaos Qimo

foto by jeparahariini.com

Selain terkenal sebagai kerajinan ukiran kayu, Jepara juga populer karena pembuatan kaos khasnya. Mungkin jika kota lain seperti Dagadu Jogja dan Joger Bali, nah kalau di Jepara namanya Qimo. Kaos ini sangat cocok untuk dipakai oleh semua kalangan terutama anak muda.

Karena desain kaosnya sangat kekinian dan kreatif banget. Satu buah kaos Qimo dijual dengan harga mulai dari 30ribuan. Jika tertarik membelinya, kamu hanya perlu datang ke outletnya langsung di Jl. KH Moliki Nomor 2, Pengkol.

5. Carang Madu

foto by food.detik.com

Carang Madu ialah sebuah makanan yang berbahan dasar tepung beras, santan, dan gula. Bentuk dari Carang Madu ini juga unik banget lho, seperti ranting bambu.

Pasar Welahan adalah tempat yang paling pas untuk membeli Carang Madu. Untuk mendapatkan Carang Madu ini kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar 20ribu saja. Sebagai penikmat kuliner, kamu wajib banget cicipi Carang Madu ini guys.

6. Durian Petruk

foto by urbanina.com

Kualitas Durian Jepara ternyata bisa disandingkan dengan Durian Palembang lho. Durian Jepara alias Durian Petruk ini memiliki bentuk yang unik dan rasanya pun sangat lezat. Durian Petruk ini biasa dijajakan di pinggir jalan seperti di kawasan Bate Alit dan Bate Gede.

BacaJuga:  15 Hotel Murah dengan Fasilitas Lengkap di Jepara, Harga Mulai Rp.184.000

Untuk bisa menikmati kudapan lezat ini kamu harus rela mengeluarkan kocek yang cukup banyak. Durian Petruk ini dibanderol denganharga mulai dari 50ribu-150ribu tergantung ukurannya. Durian lovers, rugi banget deh kalau nggak mampir cicipi dan beli Durian Petruk ini.

7. Batik Kartini

foto by infobatik.id

Bisa memakai pakaian yang digunakan oleh Ibu Kartini adalah suatu kebangaan tersendiri. Jika berkunjung ke Jepara, tentu kamu bisa membeli Batik Kartini ini yang motifnya diciptakan langsung oleh Ibu Kartini saat dulu kala.

Batik Kartini ini terkenal sekali dikalangan pecinta Batik Nusantara. Untuk bisa mendapatkan Kebaya Kartini kamu bisa datang ke Batik Jepara Kembang Mulyo. Harga dari Kebaya Kartini ini juga sangat beragam mulai dari 150ribu.

8. Tenun Troso

foto by tenuntroso.com

Selain kain Batik, membeli Tenun Troso khas Jepara juga wajib sekali dilakukan. Kain Tenun Troso ini memiliki keunikan tersendiri dalam proses pembutannya, sehingga mampu menghasilkan kain yang berkualitas. Kain Tenun Troso ini berbahan katun dan sutera sehingga adem untuk dipakai.

Harga Tenun Troso ini memang cenderung cukup mahal yakni sekitar 130ribu sampai jutaan rupiah. Kamu bisa datang ke Toko Kain Tenun Jepara di Komplek Kain Ratu Utama Nomor 3A.

9. Perhiasan Monel

foto by yogyakarta.panduanwisata.id

Selain ukiran kayu, penduduk Jepara juga memanfaatkan bahan monel untuk pembuatan perhiasan. Kerajinan ini berasal dari wilayah Kalimanyatan.

Monel Jepara ini biasa dibentuk menjadi sebuah perhiasan seperti cincin, gelang, galung, anting, dsb. Kocek untuk membeli Perhiasan Monel ini juga cukup murah yaitu cuman 12ribuan aja. Jika ingin beli oleh2 ini datanglah ke Pusat Kerajinan Monel di Jl. Krasak Raya Nomor 154.

10. Pernak-pernik Ukiran Kayu

foto by mytrip123.com

Tak afdol rasanya jika sudah jauh2 berwisata ke Jepara tapi tidak membawa pulang oleh2 khas yang satu ini. Nah, kamu bisa nih bawa pulang aneka kerajinan ukiran kayu Jepara yang berbentuk tasbih, gelang, dan aksesoris lainnya.

BacaJuga:  15 Paket Honeymoon ke Karimunjawa Hemat dan Murah Mulai dari 2 Jutaan Aja!

Kamu bisa pergi ke Chandra Jepara Wood Craft dengan menyiapkan kocek mulai dari 5ribuan saja. Aksesoris ini bisa dijadikan oleh2 atau hadiah untuk orang2 terdekatmu nih.

Setelah membaca daftar rekomendasi diatas, kamu sudah ada gambaran kan mau borong oleh2 apa dari Jepara? Jangan lupa buat daftar list orang2 yang akan kamu beri oleh2nya ya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.