10 Referensi Oleh Oleh Khas Kalimantan Yang Paling Banyak Diincar Oleh Wisatawan

Diposting pada

Nusantara kita ini memang memiliki kekayaan yang sangat melimpah. Hampir di seluruh penjuru Indonesia memiliki pesona wisata yang menawan, salah satunya seperti Kalimantan. Pulau Borneo ini terdiri dari beberapa provinsi yaitu Kalimantan Timur, Tengah, dan Selatan.

Mengunjungi satu persatu ketiga provinsi tersebut bisa menjadi petualangan yang seru. Jika kamu berminat untuk menjelajah Pulau Kalimantan, selain mencari tau tempat wisata yang akan dikunjungi, ada baiknya jika ketahui juga kira2 apa aja oleh2 khas Kalimantan ini yuk.

1. Dodol Kandangan

foto by ksmtour.com

Perlu kamu ketahui, kalau di Banjarmasin juga ada lho Dodol yang rasanya tak kalah enak dengan Dodol Garut, namanya Dodol Kandangan. Tekstur dan rasa dari makanan ini tidak berbeda dengan dodol pada umumnya.

Varian rasa Dodol Kandangan yang paling banyak diincar adalah Dodol rasa durian. Harga satu pak dodol kandangan ini mulai dari 3ribu-10ribu dan bisa didapatkan di Toko Wadai Banjar.

2. Bingka Khas Kalimantan Timur

foto by kabarkuliner.com

Jika memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Kaltim, jangan lupa untuk membeli Kue Bingka ini. Kue yang berbahan dasar kentang ini menjadi salah satu oleh2 favorit wisatawan. Karena tekstur kue ini basah, sehingga panganan ini hanya tahan beberapa jam saja.

Harga per paket yang biasa dibanderol untuk Kue Bingka ini adalah 25ribuan tergantung dari ukurannya. Kamu bisa membeli Bingka ini di Toko Oleh-Oleh Khas Balikpapan Gulung Jenebora. Pastikan kamu membeli kue ini jaraknya tidak terlalu jauh dengan jam kepulanganmu ya.

BacaJuga:  10 Kost Harian dengan Harga Mulai Rp.75.000 di Kota Samarinda

3. Amplang

foto by merahputih.com

Amplang ialah salah satu oleh2 khas Banjarmasin yang sering disebut dengan Kuku Macan. Bahan dasar pembuatan amplang ini terdiri dari tepung kanji dan ikan tengiri. Jika sudah diolah dan digoreng hasil Amplang ini menyerupai Kerupuk.

Rasa dari Amplang ini tentu renyah, gurih, dan empuk. Cocok sekali dijadikan camilan sambil nonton film dirumah. Toko Andalas adalah tempat yang recommended untuk membeli Amplang dengan harga terjangkau yaitu mulai dari 50 ribu tergantung kemasannya.

4. Keripik Kelakai

foto by indonesiakaya.com

Di Kalimantan Tengah ada sebuah tanaman yang khas yang hidup dan diolah menjadi panganan super enak, namanaya Kelakai. Keripik Kelakai ini memiliki kandungan gizi yang cukup banyak seperti mineral dan zat besi. Proses pembuatan Keripik Kelakai ini terbuat dari rempah2 asli.

Rasa dari Keripik Kelakai ini gurih dan renyah, pas banget dijadikan camilan ringan atau dimakan bersama nasi. Harga satu bungkus Keripik Kelakai ini ialah 5ribu-12ribu. Bisa beli cemilan ini di Pusat Oleh Oleh Borneo Palang Karaya Jalan RTA Milono.

5. Rabuk Ikan

foto by resepcaramasak.org

Rabuk Ikan juga layak masuk kedalam list oleh2mu yang berasal dari Banjarmasin. Tekstur Rabuk Ikan ini mirip dengan abon. Campuran ikan yang digunakan ialah jenis ikan tengiri dan gabus. Ditambah dengan racikan rempah2 yang khas membuat Rabuk Ikan ini terasa lebih enak.

Oleh2 ini cocok dijadikan lauk makan yang sehat dan bergizi. Untuk bisa mendapatkan Rabuk Ikan kamu perlu pergi ke Toko Galuh Banjar yang beralamat di Jalan S. Parman Nomor 5 dengan harga sekitar 30ribu sebungkusnya.

6. Onde-Onde Ungu

foto by jelajahsamboja.com

Pecinta onde2 wajib banget icip sensasi berbeda yang berasal dari Balikpapan ini nih. Onde-onde Ungu ini juga banyak diburu oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke Balikpapan. Warna ungu yang dihasilkan oleh Onde-onde Ungu ini berasal dari tanaman Ubi Ungu.

BacaJuga:  10 Makanan Khas Pontianak Yang Perlu Kamu Coba

Varian rasa dari Onde2 Ungu ini ada keju, cokelat, dan kacang ijo. Kamu bisa ke Rumah Kue Brownies di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 9A dan harga satuan onde2 ini adalah 4ribuan saja.

7. Kue Cucur

foto by potretbenua.com

Jika kamu biasanya hanya menemui Kue Cucur Cokelat, di Kalimantan Tengah ada lho Cucur Kuning dan Putih. Kue Cucur ini sebenarnya salah satu makanan yang masih digunakan untuk sebagai sesajen di beberapa ritual tradisional.

Namun buat wisatawan yang tertarik untuk membawa makanan ini sebagai oleh2 bisa membelinya di Pasar Tradisional di sekitaran Kalimantan Tengah. Harga untuk satu biji cucur ini ialah seribu perak.

8. Mantau

foto by sahabatnesia.com

Jika berkunjung ke Balikpapan, sempatkan untuk membeli Mantau terlebih dahulu sebelum kembali ke kota asalmu. Makanan ini menjadi salah satu kudapan yang enak karena memiliki rasa lezat dan gurih.

Harga untuk satu pack Mantau juga masih relatif murah yaitu tak lebih dari 50ribu dan terdiri dari 10 biji. Kamu bisa mendapatkan kudapan ini di Pondok Mantau Jalan Ahmad Yani Nomor 28.

9. Bakpia

foto by tokopedia.com

Oleh2 makanan lainnya yang berasal dari Balikpapan adalah Bakpia. Bukan hanya Jogja saja yang memiliki panganan Bakpia lezat, Kalimantan Timur juga punya lho. Ciri khas dari Bakpia Balikpapan ini ukurannya lebih besar ketimbang yang di Jogja.

Untuk varian rasa tak berbeda jauh ada kacang ijo, keju, dan cokelat. Harga satu pack Bakpia ini adalah 25ribu dan bisa dibeli di Rumah Pia Yasmin.

10. Kain Songket

foto by allenashop.blogspot.com

Jika bosan dengan oleh2 makanan, kamu bisa membeli Kain Songket khas Balikpapan ini nih guys. Motif dan Corak Warna dari Kain Songket ini terbilang sangat khas. Sehingga keren jika digunakan sebagai outfit kondangan.

BacaJuga:  10 Barbershop Paling Recommended di Balikpapan, Kamu Kah Salah Satu Pelanggannya?

Harga kain songket ini memang cukup mahal yaitu sekitar 150ribu. Kamu bisa datang ke Pasar Inpres Kebun Sayur Jl. Raya Letjend Soprapto untuk membelinya.

Jadi itulah beberapa referensi oleh2 khas Kalimantan dari kami. Semoga perjalanan wisatamu ke Kalimantan bisa ditutup dengan memborong oleh2 diatas ya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.