Ini Dia 10 Oleh-Oleh Khas Kediri Yang Enak dan Wajib Dibawa Pulang

Diposting pada

Kediri adalah salah satu kota di provinsi Jawa Timur yang juga sering dijadikan destinasi wisata oleh para pelancong dari berbagai daerah.

Walaupun tidak sepopuler Jakarta dan Surabaya, namun sebenarnya ada banyak hal menarik dari kota Kediri ini yang bisa dijumpai mulai dari tempat wisata, kuliner dan aneka souvenir.

Tapi pada artikel kali ini kami akan mengajak Sahabat JejakPiknik untuk lebih mengenal lagi tentang oleh-oleh khas Kediri yang paling legendaris dan banyak diburu wisatawan.

Sahabat JejakPiknik penasaran kan? Nah, ini dia daftarnya.

1. Tahu Pong

Foto By makananoleholeh.com

Oleh-oleh khas Kediri pertama yang paling populer adalah tahu pong. Cemilan ringan satu ini berbeda dari makanan pada umumnya karena bagian dalam tahunya kosong melompong.

Tahu pong sendiri paling sering disajikan dengan sambal petis atau cabe rawit agar rasanya semakin nikmat.

Sebenarnya camilan ini mudah ditemui di Kediri tapi yang paling terkenal adalah toko Tahu Poo di Jln.Yos Sudarso No.92, Pakelan dan Takwa Bahkacung di jalan Trunojoyo No.59.

Cukup dengan menyediakan uang mulai Rp.10.000-Rp.20.000 saja, kita sudah bisa bawa pulang satu bungkus tahu pong yang populer ini.

2. Stik Tahu

Foto By tokopedia.com

Jika biasanya tahu diolah dengan cara digoreng atau dijadikan pelengkap tumisan sayur, tapi tidak demikian di kota Kediri.

Di Kediri, bahan makanan terbuat dari kedelai ini justru diolah menjadi cemilan enak, salah satu hasilnya adalah stik tahu.

BacaJuga:  10 Gambar Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya, Sejarah Laksamana + Lokasi Google Map

Stik tahu memang mudah ditemukan dimana saja dan bukan merupakan inovasi baru namun khas Kediri ini teksturnya lebih renyah dan rasanya pun sangat gurih.

Stik tahu paling mudah ditemukan di kawasan jln.Pattimura dan Yos Sudarso. Dan umumnya dijual dengan harga mulai dari Rp.10.000-Rp.20.000/bungkusnya.

3. Tahu Takwa/Kuning

Foto By tokopedia.com

Dari sekian banyaknya varian olahan tahu di Kediri, tahu takwa adalah oleh-oleh yang paling terkenal dan banyak diburu para wisatawan.

Dilihat dari gambar, tahu ini memiliki ciri berwarna kuning dan bertekstur lebih padat, tapi ketika digoreng akan terasa kriuk serta lembut di bagian dalam.

Agar lebih praktis dan mudah dibawa pulang sebagai oleh-oleh, tahu takwa ini telah dikemas dalam kotak yang terbuat dari anyaman bambu.

Selain mudah ditemukan di pusat oleh-oleh, tahu takwa juga dijual secara online dan hanya dibanderol mulai dari Rp.20.000-Rp.35.000/kotaknya.

4. Gethuk Pisang

Foto By resepmasakanmudah.com

Selain tahu takwa, oleh-oleh terkenal lainnya yang bagus buat dibawa pulang dari kota Kediri adalah gethuk pisang.

Mendengar namanya saja, sudah jelas diketahui jika jajanan tradisional ini bahan dasarnya pasti menggunakan olahan buah pisang.

Gethuk pisang biasanya dikemas seperti lontong namun dengan tekstur lebih padat dan berwarna kecoklatan.  Soal citarasa sangat unik, tak hanya manis legit tapi juga agak asam.

Gethuk pisang paling mudah ditemui di dsn.Jatisari, ds.Krenceng, kecamatan Kepung, kota Kediri, Jatim.  Di kawasan tersebut ada banyak home industry yang memproduksi makanan ini dan harganya dibanderol mulai Rp.700-Rp.6.500/biji, tergantung ukurannya.

5. Keripik Bekicot

Foto By khaskedirijatim.wordpress.com

Sahabat JejakPiknik suka menyantap kuliner ekstrim? Jika ya, makanan khas Kediri satu ini wajib banget untuk dicoba.

Pasalnya cemilan ringan berwujud keripik ini bahan dasarnya terbuat dari bekicot, sejenis siput yang paling banyak dijumpai saat musim hujan.

BacaJuga:  10 Koleksi Foto Museum Airlangga Kediri, Lokasi Alamat, Sejarah Legenda, Jam Buka + Manfaat Isi Rudi Isbandi Gubeng

Ketika masih hidup, bekicot memang terlihat menjijikkan namun siapa sangka di tangan para pakar kuliner hewan ini justru diolah menjadi salah satu makanan paling menggiurkan.

Selain rasanya yang lezat, Sahabat JejakPiknik tak perlu khawatir karena bekicot ini diolah secara higienis, jadi aman untuk dikonsumsi.

Keripik bekicot sendiri banyak ditemui di toko oleh-oleh di daerah Pare dan harganya dibanderol mulai dari 50 ribuan hingga ratusan ribu per kilogram.

6. Cokelat Tempe

Foto By tokopedia.com

Tidak hanya olahan tahu saja yang terkenal dari Kediri, di daerah ini juga ada banyak oleh-oleh unik dengan citarasa tak kalah lezat, misalnya saja cokelat tempe.

Nah, sesuai dengan namanya cemilan baru ini bahan dasarnya memang terbuat dari tempe yang diiris tipis-tipis kemudian dibalut dengan cokelat sehingga menghasilan citarasa manis.

Penasaran kan seperti apa rasanya? Bayangkan saja, tempenya yang begitu gurih berpadu dengan manisnya cokelat. Maknyus deh.

Untuk membelinya, Niki Cokelat Tempe di Sambirejo, kec.Gampangrejo, Kediri adalah spot paling rekomendasi. Bagaimana dengan harganya? Tenang, murah kok hanya berkisar 1-10 ribuan saja per bungkusnya.

7. Tenun Ikat Bandar

Foto By liputan6.com

Berbicara tentang buah tangan khas Kediri, tidak selamanya harus makanan, barang unik seperti tenun ikat bandar juga menarik loh dijadikan oleh-oleh.

Tenun ikat adalah salah satu karya tenun Indonesia yang berasal dari helaian benang pakan serta benang lungsin dan paling banyak diproduksi oleh masyarakat Bandar Kidul di Kediri.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, tentunya Sahabat JejakPiknik harus menyambangi desa Bandar Kidul. Kalau soal harga, tidak bisa dipastikan karena tergantung variasinya, biasanya sih dibanderol mulai 140 ribuan.

8. Kopi Berontoseno

Foto By firmankasan.com

Bagi Sahabat JejakPiknik yang mengaku pecinta kopi hitam, sudah pernah belum mencoba kopi berontoseno khas Kediri ini?

BacaJuga:  5 Travel Malang Situbondo Dengan Harga Termurah Mulai Rp.105.000

Kopi berontoseno ini meskipun aromanya sangat menyengat tapi citarasanya begitu nikmat loh, tak heran banyak orang menyukai minuman tersebut dan kerap dijadikan buah tangan.

Selain rasanya yang sangat nikmat, kopi ini juga dijual dengan harga terjangkau mulai 27 ribu per bungkus dan bisa ditemui di jln.Dhoho No.151, kota Kediri.

9. Sambal Tumpang

Foto By masakandapurku.com

Selain kulinernya, bahan pelengkap makanan bernama sambal tumpang ini juga menjadi salah satu buah tangan paling sering dibawa pulang dari kota Kediri.

Sambal tumpang tersebut bahan dasarnya terbuat dari tempe dan kerap disajikan dengan nasi pecel khas Kediri.

Selain enak disantap di tempat, sambal tumpang ini juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Belinya tentunya yang sudah dibungkus dalam kemasan ya.

Harga satu kemasan sambal tumpang sendiri relatif terjangkau dan sangat mudah didapatkan baik di pasar tradisional maupun pusat oleh-oleh.

10. Tas Batik

Foto By khaskedirijatim.wordpress.com

Nah, bagi para kaum Hawa yang saat ini mungkin ingin menambah koleksi tas di lemari, jangan lupa bawa pulang souvenir khas Kediri tersebut ya!

Selain kualitasnya terjamin, harganya juga memuaskan loh, tidak sampai menguras dompet dan bisa ditemui di toko-toko souvenir di sekitar daerah wisata di Kediri.

Nah, demikianlah informasi terkait 10 oleh-oleh khas Kediri yang bisa kami rekomendasikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.