Selain Brem, 10 Oleh-Oleh Khas Madiun Ini Juga Mantap Untuk Dibawa Pulang

Diposting pada

Madiun adalah nama sebuah kota di Jawa Timur yang belakangan ini sering dikunjungi karena memiliki banyak destinasi wisata menarik dan kekinian, pastinya tak kalah hits dari Jakarta.

Namun saat pulang dari Madiun, rasanya ada saja yang kurang jika kita tidak membawa oleh-oleh khas setempat buat keluarga di rumah ataupun teman-teman.

Selama ini kalau berbicara oleh-oleh khas Madiun pasti tidak jauh-jauh dari brem atau pecel. Padahal banyak lagi buah tangan bagus lainnya yang bisa kita beli sebagai bingkisan untuk orang-orang dirumah.

Dan berikut ini adalah 10 daftar oleh-oleh khas Madiun yang bagus untuk dibawa pulang versi JejakPiknik.com.

1. Sambal Pecel

Foto By BLANJA.com

Oleh-oleh khas Madiun pertama yang paling banyak diminati dan sangat terkenal namanya adalah sambal pecel.

Memang benar di daerah lain di Indonesia juga mempunyai sambal pecel tapi khas Madiun ini citarasanya berbeda, jadi sangat wajib buat dicoba.

Untuk bahannya sendiri terbuat dari kacang tanah, cabai, daun jeruk, serta bumbu rempah dan memiliki citarasa cenderung manis pedas.

Mencari sambal pecel di Madiun bukanlah hal sulit karena hampir semua toko atau pusat oleh-oleh menjualnya dan soal harga hanya Rp.9.000/bungkus. Murah kan?

2. Kue Manco

Foto By tokopedia.com

Makanan enak khas Madiun lainnya yang juga bagus dibawa pulang sebagai buah tangan buat orang-orang tersayang adalah kue manco.

Kue berbahan dasar ketan yang awalnya dibuat di ds.Tambak Mas ini adalah salah satu warisan nenek moyang paling legendaris dan masih eksis sampai sekarang.

Jajanan tradisional manco tersedia dalam beberapa varian rasa mulai dari ketan, beras hingga kacang dan memiliki citarasa gurih serta manis.

Selain itu kue manco juga sangat mudah ditemui di toko oleh-oleh di kota Madiun dan soal harga pun begitu murah, hanya Rp.5.000-Rp.10.000/bungkusnya.

3. Bluder Cokro

Foto By idntimes.com

Selain kue manco, makanan nikmat bernama bluder ini juga termasuk jajanan paling populer yang kerapkali dijadikan buah tangan.

Bluder cokro ini awalnya didirikan pada tahun 19 Agustus 1889 oleh Nyonya Susana, yang mana pada mulanya menggunakan resep orang Belanda dan kemudian diinovasi lagi.

Seiring perkembangan inovasinya, bluder cokro kini memiliki banyak varian rasa ada kismis, cokelat, keju, abon, kacang, fruty tam, smoked beef, nutella, selai nanas, blubbery strawberry, mix match dan original.

Kue bercitarasa manis dan bertekstur lembut ini cocok dijadikan buah tangan buat semua kalangan. Selain itu, penganan tersebut juga tahan 6 hari karena dibuat secara tradisional serta bebas bahan pengawet.

Untuk membelinya, silahkan datang ke alamat tokonya di jln.Hayam Wuruk No.51-53 di Madiun. Harganya? Murah kok, hanya 8-10 ribu rupiah saja.

4. Brem

Foto By bukalapak.com

Brem terkenal sebagai ikon dari kota Madiun, tak heran jika makanan ringan ini selalu menjadi  oleh-oleh andalan paling sering dibawa pulang para wisatawan.

Brem sendiri bahannya terbuat dari sari ketan yang telah difermentasi dan memiliki bentuk kotak pipih dengan warna putih serta sedikit kuning.

Di setiap gigitannya, brem bertekstur padat ini akan melebur dan rasa adem, segar serta manis langsung menyebar di dalam mulut.

Selain enak, varian rasanya banyak,  harganya pun ramah dikantong hanya Rp.5.000-Rp.15.000/kotak. Untuk citarasa terbaik, brem mirasa  paling juara.

5. Madumongso

Foto By klikmadiun.com

Tak hanya brem, madumongso juga termasuk jajaran oleh-oleh paling populer di Madiun. Sahabat JejakPiknik tahu tidak seperti apa bentuknya?

Jadi madumongso itu adalah sejenis jajanan dengan bahan utama ketan hitam yang kemudian diolah menjadi tape melalui  fermentasi setelah itu dimasak bersama campuran gula dan santan hingga teksturnya menyerupai dodol.

Jajanan yang dibungkus dengan kertas warna-warni ini memiliki rasa manis dan sedikit asam, pastinya bisa bikin Sahabat JejakPiknik ketagihan.

Untuk mencari tempat menjual madumongso tidak sulit karena bisa ditemui hampir di setiap toko oleh-oleh dan harganya hanya Rp.65.000/kg.

6. Mimosa Lemon

Foto By madiunjalan2.blogspot.com

Minuman khas Madiun satu ini sempat terkenal pada zamannya karena rasanya segar dan aromanya pun begitu khas mirip saritemu.

Mimosa ini rasanya akan sangat nikmat jika dicampur dengan biji selasih serta air es dan harganya pun begitu murah hanya Rp.12.500 saja di toko oleh-oleh.

7. Kue Semprong

Foto By tokopedia.com

Makanan ringan khas Madiun lainnya yang tak kalah nikmat dan cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan yaitu kue semprong.

Kue semprong ini bahannya terbuat dari campuran tepung tapioka, gula merah serta kelapa dan makanan ringan tersebut bisa bertahan sampai 8 bulan jika dikemas dengan rapi.

Nah, karena itu kue gurih dan renyah mirip egg roll ini akan sangat cocok dijadikan buah tangan saat pulang dari Madiun.

Selain harganya ramah di kantong, kue semprong juga mudah didapatkan di sejumlah pusat oleh-oleh di kota Madiun.

8. Kripik Tempe

Foto By id.jagoanbelanja.com

Cemilan ringan berikutnya yang bagus dan bisa dibawa pulang sebagai alternatif bingkisan dari kota Madiun adalah kripik tempe.

Memang kripik tempe mudah ditemui di daerah lain tapi khas Madiun ini citarasanya berbeda karena menggunakan resep turun-temurun sejak puluhan tahun lalu.

Kripik tempe juga banyak dijual di sejumlah toko oleh-oleh yang tersebar di Madiun dan harganya pun sangat sangat terjangkau.

9. Lempeng Puli

Foto By tokopedia.com

Buah tangan berikutnya yang tak kalah enak untuk dibawa pulang namanya adalah lempeng puli, yakni sejjenis makanan ringan khas Madiun berwujud kerupuk.

Kerupuk puli ini bahannya terbuat dari nasi yang digepengkan kemudian dijemur sampai kering dan memiliki warna kekuning-kuningan.

Selain dijual dengan harga relatif terjangkau, lempeng puli juga bisa dengan mudah ditemui di pusat oleh-oleh.

10. Pentol Corah

Foto By zakyfamily.com

Kuliner enak yang terbuat dari campuran tepung terigu, kanji dan aneka bumbu rempah ini juga cocok loh untuk dijadikan sebagai buah tangan.

Makanan yang dikenal dengan nama pentol corah ini paling nikmat bila disajikan bersama ceker ayam goreng serta aneka kerupuk.

Pentol corah paling mudah ditemui di toko oleh-oleh dan biasanya harganya dibanderol hanya Rp.5.000 saja sebungkusnya.

Nah, itulah sederet daftar buah tangan paling rekomendasi dari Madiun. Jadi sekarang, tak perlu bingung lagi ya mencarinya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.