10 Daftar Oleh-Oleh Khas Magelang Yang Ramah Dikantong

Diposting pada

Magelang, mendengar nama kota satu ini pasti pikiran Sahabat JejakPiknik langsung tertuju ke candi Borobudur kan? Ayo ngaku aja.

Lah, bukannya candi Borobudur ada di Jogja ya? Bukan, warisan dunia ini sebenarnya berada di Magelang, yakni salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah.

Nah, berbicara tentang Magelang, yang kita bahas kali ini bukanlah tentang candi Borobudur atau tempat wisatanya ya tapi mengenai oleh-oleh khasnya.

Sahabat JejakPiknik sudah pada tahu belum apa saja oleh-oleh khas Magelang yang paling hits di kalangan wisatawan? Nah, ini dia daftar lengkapnya.

1. Getuk Trio

Foto By simbokmasak.blogspot.com

Oleh-oleh pertama yang paling banyak diminati dan kerapkali dijadikan sebagai buah tangan dari kota Magelang namanya yaitu getuk trio.

Getuk trio itu bukan nama kelompok penyanyi ya tapi salah satu kreasi kuliner unik dan enak yang sedang naik daun di kota Magelang.

Diberi nama demikian karena camilan berbahan dasar singkong ini memiliki tiga lapis warna yakni putih, cokelat dan merah muda.

Getuk yang menawarkan rasa unik antara manisnya gula merah dan gurihnya santan ini termasuk makanan tahan lama, jadi cocok bila dijadikan oleh-oleh.

Untuk menemukan getuk trio ini tidak sulit karena banyak dijual di toko oleh-oleh dan harga hanya berkisar Rp.11.000-Rp.14.000 saja.

2. Gethuk Bolen

Foto By Travelingyuk.com

Berbeda dari gethuk trio, kudapan kedua yang juga masuk dalam jajaran oleh-oleh khas kota Magelang ini terbuat dari singkong kemudian dibalut kulit pastry dan dibubuhi pasta.

BacaJuga:  Candi Cetho Karanganyar, Inilah 8 Panorama Indah Candi di Atas Awan

Selain tampilannya menarik menyerupai sebuah mangkok mini, citarasa gethuk bollen satu ini juga sangat lezat.

Dan Fiory Bakery&Patisery di Jln.Diponegoro No.17, kota Magelang adalah tempat pertama kali gethuk bollen ini dibuat.

Untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik silahkan berkunjung ke Fiory Bakery ini. Selain bisa melihat cara pembuatannya, disini harga gethuk bollen juga murah hanya Rp52.500 per kotak dengan isi 12 buah.

3. Keripik Slondok

Foto Bymagelangonline.com

Buat Sahabat JejakPiknik yang suka cemilan renyah-renyah, slondok bisa dibeli sebagai oleh-oleh untuk orang di rumah.

Keripik slondok yang bahan dasarnya terbuat dari singkong ini tersedia dalam beberapa rasa ada original, manis dan pedas.

Keripik slondok juga sangat mudah didapatkan di sejumlah pusat oleh-oleh yang tersebar di kota Magelang dan harganya dibanderol hanya kisaran Rp.15.000 sebungkusnya.

Selain banyak dijual di pusat oleh-oleh, kripik slondok juga banyak dijajakan toko-toko online seperti Bukalapak atau Tokopedia.

4. Pothil

Foto By tokopedia.com

Mendengar nama buah tangan satu ini, Sahabat JejakPiknik pasti bingung dan bertanya-tanya oleh-oleh jenis apa sih pothil itu?

Nah, pothil adalah salah satu makanan ringan khas Magelang yang bentuknya mirip cincin, warnanya kecoklatan dan memiliki citarasa gurih.

Dan seiring perkembangan inovasi kuliner, cemilan ringan tersebut pun kian dimodifikasi menjadi beberapa varian rasa ada keju, pizza serta jagung bakar.

Selain kerap dijadikan cemilan, photil juga sering dimakan sebagai pelengkap lauk seporsi nasi ataupun makanan berkuah seperti bakso maupun soto.

Sebungkus pothil yang renyah ini biasanya dibanderol hanya sekitar Rp.8.000-Rp.10.000 aja  dan gampang ditemui di setiap toko oleh-oleh di Magelang.

5. Tape Ketan

Foto By shopee.com

Buah tangan khas Magelang selanjutnya yang juga tak kalah enak untuk dibawa pulang buat bingkisan perjalanan adalah tape ketan.

BacaJuga:  Sunrise Hill Gedong Songo Bandungan, Tempat Paling Kece Untuk Menikmati Senja

Tape ketan khas Magelang ini cirinya berwarna hijau, yang mana warna tersebut berasal dari perasan daun katuk. Jadi sangat aman untuk dikonsumsi.

Salah satu merk paling terkenal adalah “Tape Ketan 181” yang beralamat di Jln.Pemuda No. 181, Selain strategis dan mudah dijangkau, harganya pun murah hanya berkisar 35 ribu.

Tape ketan tersebut juga termasuk salah satu jajanan tradisional yang bisa awet selama 3-4 hari jika disimpan didalam lemari es.

6. Wajik dan Jenang Ny.Week

Foto By visitmagelang.id

Sahabat JejakPiknik bingung mencari buah tangan khas kota Magelang yang enak dimakan sembari minum teh? Coba saja wajik dan jenang Ny.Week.

Wajik Ny.Week ini teksturnya sangat lembut dan terdiri dari dua varian rasa, ada gula kelapa dengan warna cokelat dan pandan berwarna hijau.

Selain bisa mendapatkannya di tempat produksinya langsung di jalan Magelang-Purworejo, wajik ini juga mudah ditemukan di sejumlah toko oleh-oleh.

Mengenai harga, cukup bervariasi ada yang mulai belasan ribu untuk kemasan kecil dan Rp.40.500 buat ukuran 900gr.

7. Grubi

Foto By seputar-jateng.com

Puas berburu makanan enak bernama pothil, kerupuk slondok, gethuk dan wajik, kini saatnya untuk membawa pulang grubi.

Grubi itu adalah sejenis jajanan tradisional khas Magelang yang bahannya terbuat dari ubi jalar dan memiliki bentuk menyerupai bola-bola.

Meski hampir tersingkir karena kehadiran jajanan kekinian, namun grubi masih tetap dapat ditemui di setiap toko oleh-oleh yang ada di Magelang.

Untuk harganya, grubi ini dibanderol dengan harga sangat terjangkau hanya Rp.500/butir sementara sebungkusnya cuma Rp.10.000-Rp.50.000 aja.

8. Gula Kacang/Ampyang

Foto By okopedia.com

Gula kacang, mendengar nama kudapan satu ini Sahabat JejakPiknik pasti bisa menebak kan apa bahan utamanya?

Dinamakan demikian, ya karena bahan dasarnya memang terbuat dari kacang yang disiram cairan gula merah, kemudian didiamkan hingga bentuknya mengeras.

BacaJuga:  10 Gambar Kawah Sikidang Wonosobo, Tiket Masuk Wisata, Rute Menuju Lokasi + Jam Buka

Selain rasanya gurih dan manis, ampyang yang dibanderol mulai 15-25 ribu per bungkus ini juga gampang banget ditemui di toko oleh-oleh di Magelang.

9. Permen Tape

Foto By dapur.website

Bila di Bandung tape kebanyakan diolah menjadi bahan makanan seperti bolu ataupun roti, maka tidak demikian dengan kota Magelang.

Di kota Magelang, tape justru dijadikan sebagai bahan pembuatan kudapan berupa permen yang mana sudah terlebih dahulu dicampur dengan gula putih serta parutan kelapa.

Awalnya, permen tape hanya bisa dinikmati saat Idul Fitri namun sekarang kudapan ini sudah dapat disantap kapan saja.

Permen tape juga banyak dijual di pusat oleh-oleh ataupun toko-toko online dan harganya dibanderol hanya Rp.20.000/kg.

10. Buntil

Foto By agrowindo.com

Membawa pulang makanan tradisional sebagai buah tangan? Kenapa tidak, coba saja bawa buntil, semua pasti akan ketagihan dibuatnya saking enaknya.

Buntil adalah makanan khas Magelang berbahan dasar daun talas muda yang didalamnya diisi campuran parutan kelapa, ikan asin, udang atau petai.

Buntil sendiri banyak dijual di pasar Tukangan Magelang dan biasanya dibanderol hanya kisaran Rp.2.000 saja. Murah kan?

Nah, itulah  sederet daftar buah tangan khas daerah Magelang yang paling recommended buat dibeli. Bagaimana, sudah siap memborong semuanya?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.