12 Daftar Oleh-Oleh Khas Medan Yang Selalu Menjadi Incaran

Diposting pada

Medan adalah salah satu daerah di provinsi Sumatera Utara yang memiliki banyak destinasi wisata menarik. Bahkan beberapa spot di kota tersebut tak hanya dikenal oleh wisatawan lokal namun juga mancanegara.

Selain memiliki banyak tempat wisata, ternyata kota Medan juga punya segudang makanan dan oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang oleh para pelancong.

Sama dengan kota lainnya di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Aceh, aneka oleh-oleh khas Medan pun sangat beragam.

Selain makanan ada juga berupa souvenir, barang unik, baju, cemilan ringan hingga kue artis kekinian yang lagi hits.

Nah, bagi Sahabat JejakPiknik yang sekarang sedang berkunjung ke Medan dan bingung mau beli oleh-oleh apa untuk keluarga atau orang terdekat, tenang saja.

Pada artikel  berikut JejakPiknik rangkum sebanyak 12 daftar nama oleh-oleh khas Medan lengkap dengan alamat beserta harganya. Langsung aja ya disimak!

1. Bika Ambon

Foto By tokopedia.com

Buah tangan pertama yang paling wajib untuk Sahabat JejakPiknik bawa pulang dari kota Medan namanya adalah bika ambon.

Bika ambon adalah salah satu makanan yang sangat terkenal di kota Medan dan menjadi oleh-oleh primadona di kalangan wisatawan disana.

Diberi nama demikian karena kue enak dan nikmat satu ini pertama kali dibuat di jalan Ambon, Sei Kera, kota Medan, Sumatera Utara.

Ciri khas dari kue murah ini adalah bentuknya menyerupai balok, warnanya kuning pekat dan terdapat lubang-lubang serat seperti sarang semut.

Salah satu produsen bika paling terkenal di ibukota Sumut adalah Zulaikha dengan alamat berada di Jln.Mojopahit No.62 dan 96 DEF.

Untuk harganya bika dibanderol mulai dari Rp.30.000-Rp.50.000. Dan kue enak ini memiliki beberapa pilihan varian rasa yakni ada pandan, durian, keju serta moka.

BacaJuga:  Lebaran Seru di Medan, Open House Ala Kesultanan Deli Hingga Makanan Khasnya

2. Bolu Meranti

Foto By waspada.id

Sama seperti bika ambon, kue enak khas Medan satu ini diberi nama demikian karena pembuatan pertama kalinya itu yakni di jalan Meranti,

Kue yang memiliki tekstur sangat lembut dan empuk ketika dimakan bernama bolu meranti ini juga termasuk buah tangan primadona di ibukota Sumut.

Penganan tersebut varian rasanya pun cukup beragam ada keju, nanas, strawberry, blueberry, moka, coklat juga abon.

Jika ingin mendapatkannya, cukup mudah Sahabat JejakPiknik bisa datang ke jalan Kruing No.2K, Medan 20211.

Soal harga biasanya dipasarkan kisaran 40-75 ribu, tergantung rasanya. Kue ini juga termasuk makanan tahan lama jadi sangat cocok jika dijadikan buah tangan.

3. Pancake Durian

Foto Bylimakaki.com

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang suka sekali dengan durian, maka wajib untuk membeli oleh-oleh khas Medan satu ini.

Penganan bernama pancake ini bahannya terbuat dari daging buah durian yang kemudian diolah sehingga menghasilkan rasa manis dan lembut di mulut.

Jika ingin mencicipinya satu tempat paling pas untuk dikunjungi adalah Durian House di jln.Sekip No.67H, Medan Petisah.

Atau bisa juga dibeli secara online dan soal harganya biasanya dijual kisaran 75-80 ribuan, tergantung ukuran.

4. Napoleon

Foto By ksmtour.com

Untuk memeriahkan daftar oleh-oleh khas Medan, aktor tampan Irwansyah juga turut serta menghadirkan kue artis kekinian yang dikenal dengan nama Napoleon.

Penganan ini adalah perpaduan antara bolu gulung Medan dan Napoleon cake asli dari negara Perancis.

Soal rasa tak perlu khawatir, kue blasteran tersebut telah dimodifikasi sedemikian rupa agar sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia. Untuk pilihan varian rasanya ada banyak yaitu green tea, keju, durian serta red velvet.

Toko Napoleon ini berada di jalan KH.Wahid Hasyim No.46/35 Babura dan sudah mendapat sertifikat label halal dari MUI. Untuk membawa pulang sekotak kue tersebut kita hanya perlu modal mulai 65 ribuan saja.

5. Teri Bajak

Foto By travel.trubus.id

Nah, jika Sahabat JejakPiknik sedang berkunjung ke Medan dan bingung mencari mana buah tangan yang tahan lama, mungkin teri bajak bisa menjadi solusinya.

BacaJuga:  15 Makanan Khas Medan Yang Paling Jago Memanjakan Lidah

Lauk pendamping ini terbuat dari ikan teri yang sudah diolah kemudian diberi sambal pedas agar rasanya semakin nikmat.

Sebungkus teri bajak biasanya dibandeol mulai dari 40 ribuan saja dan Sahabat JejakPiknik bisa mendapatkannya dengan mudah di pusat oleh-oleh di SM.Raja atau di Amir Hamzah No.17, Medan.

6. Kopi Sidikalang

Foto By anekatempatwisata.com

Bagi Sahabat JejakPiknik yang mengaku sebagai coffee lovers, minuman nikmat khas kota Medan bernama kopi Sidikalang ini wajib buat dibawa pulang.

Kopi berjenis robusta yang berasal dari daerah Sidikalang ini rasanya berbeda dari arabica karena kandungan kafeinnya bisa mencapai 70-80 persen.

Untuk mendapatkannya tidak sulit, hampir semua pusat oleh-oleh menjualnya dan harganya pun cukup terjangkau.

7. Sirup Markisa

Foto By travel.tribunnews.com

Sebagai daerah penghasil markisa, tak heran jika di Medan kita bisa menemukan minuman segar berbahan dasar dari buah tersebut.

Sirup ini warnanya kuning orange dan rasanya cenderung asam juga manis. Olahan markisa tersebut sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung vitamin C yang tinggi. Akan sangat nikmat bila ditemani sepiring sate kerang.

Sirup markisa ini juga mudah ditemui baik di supermarket, toko oleh-oleh ataupun pasar-pasar dan harganya dibanderol hanya kisaran belasan hingga puluhan ribu saja, tergantung ukuran botolnya.

8. Durian Kupas

Foto By food.detik.com

Selain dijadikan bahan pembuatan pancake, di Medan durian juga dijual dalam bentuk siap makan dan biasanya dikemas di wadah berbagai ukuran.

Salah satu produsen durian terbaik di Medan yang cukup terkenal dan banyak diburu oleh para wisatawan namanya adalah Ucok Durian.

Dan selain Ucok, salah satu tempat terbaru yang hits di 2019 namanya yaitu Bolang durian, letaknya di jln.Iskandar Muda. Tak perlu takut soal harga karena masih sangat terjangkau kok.

9. Lemang

Foto By fimela.com

Lemang adalah makanan khas Medan berbahan dasar ketan putih serta santan yang memiliki bentuk menyerupai lontong dan biasanya diolah dengan cara dibakar diatas bara api.

BacaJuga:  Butuh Upgrade Tempat Hangout Baru? Gih Ke 10 Cafe di Medan Ini

Bagi masyarakat sekitar, lemang biasanya paling nikmat bila disajikan dengan selai srikaya dan ditemani secangkir kopi hangat.

Lemang juga mudah ditemui di sepanjang jalan Tebing Tinggi-Medan dan harganya pun dibanderol mulai dari 10 ribuan saja.

10. Medan Par Par

Foto By vellimarwan.com

Tidak hanya Napoleon, satu lagi kue artis kekinian yang juga turut memeriahkan daftar oleh-oleh di ibukota Sumatra Utara namanya yaitu Medan  Par Par.

Kuliner milik Oki Setiana Dewi ini namanya diambil dari bahasa Batak yang artinya adalah berlipat ganda. Letak tokonya berada di jln.KH.Wahid Hasyim No.60A/24 dan harganya dibanderol hanya kisaran 65-70 ribuan saja.

11. Kain Ulos

Foto By pesona.travel

Selain makanan, kain tenun yang sering digunakan pada saat pesta adat Batak ini juga adalah salah satu buah tangan paling wajib untuk dibawa pulang.

Kain ulos kebanggaan masyarakat Sumatra Utara ini berbentuk seperti sebuah selendang dan memiliki banyak motif, bisa diselempangkan ke badan atau dapat juga jadi pengikat kepala.

Ada banyak tempat yang menjualnya, namun satu spot paling terkenal ialah Pajak Central di MT.Haryono. Masalah harga cukup bervariasi, tergantung motifnya.

12. Kaos Khas Medan

Foto By wisatajawatimur.xyz

Jika Sahabat JejakPiknik ingin mencari cinderamata yang awet dan tahan lama, beli kaos khas Medan sepertinya bisa jadi pilihan paling tepat.

Selain nyaman, kaos ini motifnya juga beraneka macam ada yang menggunakan kata-kata khas Medan atau gambar-gambar landmark disana.

Harganya biasanya dibanderol mulai 80 ribuan dan Sahabat JejakPiknik bisa mendapatkan kaos ini dengan mudah di Jln.Periuk No.11A.

Itulah dia 12 daftar oleh-oleh khas Medan yang paling populer.  Semoga dapat membantu dan selamat berlibur Sahabat JejakPiknik.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.