10 Oleh-Oleh Yang Paling Top Dibawa Pulang Dari Mojokerto

Diposting pada

Mojokerto adalah salah satu  nama daerah di provinsi Jawa Timur yang letaknya berada di sebelah barat daya kota Surabaya dan hanya berjarak sekitar 50 km saja.

Mojokerto yang kerap dijuluki kota Onde-onde ini juga terkenal sebagai salah satu tempat wisata paling sering dikunjungi wisatawan Jatim.

Selain menyediakan segudang tempat wisata menarik, kota ini juga menawarkan  banyak jenis oleh-oleh yang khas dari daerah tersebut.

Penasaran apa saja oleh-oleh khas Mojokerto paling hits yang sering diburu wisatawan? Ini dia daftar selengkapnya. Check this out!

1. Onde-Onde

Foto By pesonanusantara.co.id

Jajanan tradisional yang cukup populer di kota Mojokerto dan menjadi oleh-oleh paling andal untuk dibawa pulang namanya adalah onde-onde.

Mendengar namanya tentu bukan hal asing lagi buat Sahabat JejakPiknik, mengingat cemilan tersebut sangatlah mudah ditemui di berbagai daerah lain di Indonesia.

Onde-onde ini bahannya terbuat dari tepung ketan yang kemudian dibentuk menyerupai bola-bola kecil lalu bagian dalamnya diisi kacang hijau dan luarnya dibaluri wijen.

Untuk mendapatkan citarasa terbaik, salah satu merk paling terkenal yang wajib diburu ialah milik Bo Liem di Jln.Empu Nala No.43, Mojokerto. Di toko ini sebungkus onde-onde hanya dibanderol 40 ribuan saja dengan isi 10 biji.

2. Kerupuk Rambak

Foto By bukalapak.com

Jajanan khas Mojokerto selanjutnya yang juga cocok untuk dijadikan buah tangan namanya adalah kerupuk rambak.

Kerupuk rambak yang dibuat penduduk desa Doas, Triwulan dan warga Kauman, Bangsal ini cukup terkenal loh bukan hanya di kalangan lokal namun juga sampai ke luar kota.

Kerupuk rambak tersebut bahan utamanya dibuat dari kulit sapi kering yang kemudian diolah dengan bumbu khusus agar memiliki citarasa khas.

Dan cemilan ringan ini sangat mudah ditemui di pinggir-pinggir jalan atau pusat oleh-oleh. Untuk satu kilonya kita hanya perlu budget 18-52 ribu saja, tergantung kualitasnya.

3. Kerupuk Upil

Foto By m.brilio.net

Mendengar nama makanan ringan ini mungkin sedikit agak kotor namun begitu kita tak perlu khawatir karena cemilan tersebut berwujud kerupuk dibuat dari bahan yang aman.

Bahan pembuatan cemilan ini sama seperti kerupuk pada umumnya. Diberi nama demikian karena proses penggorengannya tidak menggunakan minyak goreng melainkan pasir.

Bagi warga Mojokerto, kerupuk upil biasanya dijadikan sebagai pelengkap makanan lainnya seperti gado-gado atau sambal petis.

Selain warung pinggir jalan atau pasar tradisional, kerupuk upil juga mudah ditemui di toko oleh-oleh dengan harga Rp.6.000/kg. Murah kan? jadi jangan lupa borong yang banyak ya.

4. Sinom

Foto By instagr4m.com

Nah, untuk menikmati santai sore sembari melahap onde-onde yang super lezat, jangan lupa sediakan minuman segar bernama sinom ya Sahabat JejakPiknik.

Sinom ialah minuman khas Mojokerto yang bahannya terbuat dari daun asam muda. Selain menyehatkan, juga sangat menyegarkan bila dikonsumsi saat cuaca sedang panas.

Sinom paling mudah ditemui di sekitar tempat wisata di Mojokerto dan dibanderol hanya kisaran Rp.5.000-Rp.8.000/botol, tergantung ukurannya.

5. Kerupuk Memble

Foto By tempatwisataindonesia.id

Selain upil atau rambak, di Mojokerto masih ada banyak lagi makanan ringan lainnya yang citarasanya tak kalah enak dan sangat cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh, salah satunya yaitu kerupuk memble.

Sama seperti upil, nama cemilan ini juga terdengar sangat unik dan bahan pembuatannya pun tak jauh berbeda dari kerupuk pada umumnya.

Perbedaannya adalah dari segi pengolahannya dimana untuk membuatnya dibutuhkan 2 buah wajan penggorengan sekaligus, satu berisi minyak panas, satunya lagi bersuhu sedang.

Selain harganya terjangkau  dan banyak dijumpai di toko oleh-oleh, kerupuk memble tersebut juga telah dikemas secara modern, jadi sangat praktis buat dibawa sebagai buah tangan.

6. Sepatu Kulit

Foto By validnews.id

Selain aneka jajanan tradisional yang cukup enak, Mojokerto juga menawarkan berbagai item fashion berkualitas buat dijadikan buah tangan, salah satu contohnya sepatu kulit.

Sepatu kulit khas Mojokerto ini selain terbuat dari bahan berkualitas, juga didesain dengan fashionable. Cocok  dijadikan bingkisan buat orang tua ataupun pasangan.

Jika Sahabat JejakPiknik tertarik membelinya, coba saja datang ke dsn.Setoyo, Balongmojo, Mojokerto. Selain harganya relatif terjangkau, di sentra oleh-oleh ini kita juga dapat melihat langsung cara pembuatannya.

7. Kerajinan Bambu

Foto By kumparan.com

Tak hanya sepatu kulit, di Mojokerto kita juga dapat berburu berbagai kerajinan bambu untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Aneka kerajinan bambu tersebut bentuknya bermacam-macam mulai dari lampu hias, mainan anak-anak dan lain sebagainya.

Berbagai  kerajinan anyaman bambu tersebut bisa didapatkan di  kampung Penarip, gg.IV, kec.Prajurit Kulon, Mojokerto. Soal harga, tenang aja masih terjangkau kok.

8. Kerajinan Pahat Batu

Foto By antarafoto.com

Bukan hanya anyaman bambu saja, di Mojokerto juga terdapat berbagai hasil kerajinan pahat batu yang juga sangat cocok buat dijadikan buah tangan.

Selain menyediakan aneka kerajinan pahat batu berupa gantungan kunci hingga patung di kawasan ukiran yang berada di kecamatan Trowulan ini kita juga bisa pesan sesuai selera.

Untuk harganya, tak perlu khawatir karena semuanya dibanderol dengan sangat bervariasi, tergantung jenis dan tingkat kesulitan pembuatan.

9. Botok Tempe

Foto By jejakpiknik.com

Nah, bagi Sahabat JejakPiknik yang domisilinya tidak jauh dari  Mojokerto, botok tempe juga layak dibawa sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Botok tempe khas kota Onde-onde ini  terbuat dari ampas kelapa, sehingga tak heran jika rasanya pun begitu istimewa. Sahabat JejakPiknik wajib mencobanya.

Untuk membelinya, warung lesehan Mbah Parti di depan Masjid Al-Fatah Alun-alun adalah tempat paling rekomendasi. Soal harga, hanya 5 ribu saja, sudah lengkap dengan nasi jagung.

10. Keripik Ketela

Foto By tokopedia.com

Nah, bila Sahabat JejakPiknik kebetulan berkunjung ke Pacet, maka salah satu buah tangan yang wajib untuk dibawa pulang adalah keripik ketela.

Selain tersedia dengan berbagai varian rasa mulai manis, renyah hingga asin. Keripik ketela yang dijual terjangkau ini juga paling mudah ditemui di kawasan-kawasan wisata di Pacet.

Sekian info seputar buah tangan khas Mojokerto yang bisa dimasukkan dalam daftar must buy list selanjutnya. Semoga bermanfaat dan selamat berburu oleh-oleh ya buat Sahabat JejakPiknik.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.