Mudik Ke Nganjuk, Jangan Lupa Bawa 10 Oleh-Oleh Ini Ya Sob!

Diposting pada

Berlibur memang suatu agenda yang sangat penting untuk mengobati rasa jenuh agar otak  kembali fresh dan bisa berpikir jernih dari biasanya.

Namun saat berlibur, rasanya akan kurang lengkap bila kita pulang tapi tidak membawa oleh-oleh khas dari daerah yang dikunjungi.

Nah, apabila Sahabat JejakPiknik kebetulan berencana liburan namun masih bingung dimana tempat paling cocok untuk dituju bersama keluarga ataupun teman, mungkin Nganjuk bisa jadi pilihan.

Nganjuk merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal akan beberapa tempat wisata menarik.

Namun selain itu, Nganjuk juga ternyata sangat terkenal memiliki beberapa makanan serta souvenir khas yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Mau tahu apa saja oleh-oleh khas Nganjuk yang bisa Sahabat JejakPiknik bawa pulang untuk orang-orang tersayang? Berikut daftar lengkapnya.

1. Onde-Onde Ketawa

Foto By intanayufadillah.student.umm.ac.id

Salah satu makanan khas Nganjuk yang paling populer untuk dijadikan buah tangan adalah onde-onde ketawa.

Bila biasanya onde-onde memiliki bentuk bulat dan ditengahnya diberi isian seperti kacang ijo, namun tidak dengan makanan khas Nganjuk satu ini.

Onde-onde khas Nganjuk justru memiliki bentuk padat dan terdapat rekahan seperti bunga di bagian tengahnya. Soal rasa tak perlu diragukan lagi, tidak hanya renyah namun juga gurih.

Onde-onde ketawa ini sangat mudah ditemukan di pusat atau toko oleh-oleh di sekitar kota Nganjuk. Selain enak, harganya pun sangat terjangkau hanya berkisar Rp.13.000 saja.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Kedung Tumpang Tulungagung + Jalan Menuju Lokasi Wisata

2. Dumbleg

Foto By goodnewsfromindonesia.id

Selain onde-onde, Nganjuk juga masih punya makanan yang tidak kalah populer namanya yaitu dumbleg. Penganan tersebut juga kerap dibeli wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

Makanan yang tak lekang oleh masa ini bentuknya mirip dengan dodol atau pudak khas kota Gresik. Dan bahan utamanya sendiri terbuat dari tepung beras.

Ciri dari dumblek ini adalah bentuknya besar serta panjang seperti lontong dan bertekstur kenyal namun manis saat dimakan.

Dumbleh banyak dijajakan di pasar tradisional ataupun toko oleh-oleh dan harganya hanya dibanderol mulai Rp.9.000-Rp.10.000 saja.

3. Sambal Pecel

Foto By cookpad.com

Walaupun pecel mudah ditemui di seluruh daerah di Indonesia namun khas Nganjuk satu ini rasanya tak kalah nikmat, Sahabat JejakPiknik wajib untuk mencobanya.

Rasanya yang gurih dan tidak terlalu pedas membuat sambal pecel ini aman untuk disantap semua kalangan. Dan  akan sangat nikmat bila dipadukan dengan sepiring nasi hangat serta sayur-sayuran segar.

Untuk membawanya sebagai buah tangan, Sahabat JejakPiknik bisa membeli yang sudah dikemas di sejumlah toko oleh-oleh ataupun pasar tradisional.

Untuk satu pack sambal pecel ini, Sahabat jejakPiknik hanya perlu menyediakan uang Rp.7.000 saja. Selain citarasanya gurih, harganya juga murah meriah kan?

4. Kerupuk Upil

Foto By cookpad.com

Mendengar nama cemilan khas Nganjuk satu ini mungkin sedikit agak kotor, namun soal rasa Sahabat JejakPiknik jangan anggap sepele ya.

Dinamakan demikian bukan berarti bahannya terbuat dari upil karena bahannya sama seperti pembuatan kerupuk pada umumnya cuma proses penggorengannya dibantu dengan pasir.

Rasanya yang unik, gurih dan juga renyah membuat cemilan ringan satu ini sangat cocok bila dijadikan teman makan ataupun saat duduk santai.

Kerupuk upil juga banyak dijajakan di warung ataupun toko oleh-oleh dan harganya hanya berkisar Rp.5.000-Rp.15.000/bungkus, tergantung besarnya.

BacaJuga:  Ada Pengantin Terjun? Simak Penjelasannya di Air Terjun Pengantin

5. Bawang Merah

Foto By merdeka.com

Meski hanya berupa bumbu dapur, namun bawang merah juga layak buat dijadikan sebagai buah tangan saat berkunjung ke daerah Nganjuk.

Bawang merah adalah salah satu hasil pertanian yang paling banyak ditemukan di daerah Nganjuk. Jadi wajar saja jika bumbu dapur tersebut kerap dijadikan buah tangan oleh para wisatawan terutama kalangan ibu-ibu.

Bawang merah yang sudah diolah dan dikemas tersebut paling mudah dijumpai di pasar tradisional atau toko oleh-oleh dan untuk harganya cukup bervariasi.

6. Tepo Mbah Umbruk

Foto By jejakpiknik.com

Makanan khas Nganjuk berikutnya yang juga cukup oke untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh adalah tepo mbah umbruk, yakni salah satu penganan nikmat menyerupai lontong.

Tepo ini terbuat dari beras dan biasanya dibungkus menggunakan daun pisang. Tak hanya citarasanya yang enak, aromanya pun begitu menggoda.

Tepo juga merupakan makanan enak yang mudah ditemukan di setiap sudut kota Nganjuk dan harganya pun sangat terjangkau.

7. Getuk Pisang

Foto By unsurtani.com

Oleh-oleh ini sebenarnya berasal dari Kediri namun karena banyak ditemukan di  Nganjuk, sehingga makanan tersebut pun menjadi salah satu buah tangan yang bisa dibawa pulang saat berkunjung ke daerah tersebut.

Getuk ini citarasanya sangat unik, tidak seperti makanan pada umumnya, dikarenakan bahan dasarnya terbuat dari pisang.

Di Nganjuk Sahabat JejakPiknik bisa mendapatkan getuk pisang dengan menyambangi UD. Barokah di Jln.Raya Prambon. Di tempat ini harga penganan enak tersebut biasanya dijual hanya kisaran Rp.20.000-Rp.30.000 saja.

8. Beras Kencur Nirwana

Foto By othersta.com

Buah tangan selanjutnya yang juga menarik untuk dibawa pulang dari Nganjuk adalah beras kencur nirwana. Sahabat JejakPiknik sudah pernah mencobanya?

Nah, beras kencur nirwana berwujud minuman ini tak hanya nikmat namun juga berkhasiat untuk menyehatkan serta menyegarkan tubuh.

BacaJuga:  10 Daftar Mall Baru Terbesar di Jember dan Alamatnya Lengkap

Untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik silahkan datang ke toko oleh-oleh di jln.Gatot Subroto No.02, kota Nganjuk. Mengenai harga, hanya Rp.50.000/dus, dengan isi 10 botol.

9. Keripik Tempe

Foto By cookpad.com

Walau merupakan cemilan sederhana dan mudah ditemui di beberapa daerah di Indonesia namun keripik tempe khas Nganjuk ini citarasanya tak kalah enak.

Rasanya yang sangat renyah dan gurih akan sangat cocok bila dijadikan sebagai cemilan di waktu senggang bersama dengan orang tersayang.

Keripik tempe tersebut bisa dengan mudah didapatkan di sejumlah toko oleh-oleh di Nganjuk dan harganya pun relatif terjangkau, tak sampai menguras  isi dompet.

10. Batik Khas Nganjuk

Foto By infobatik.id

Selain Pekalongan, Nganjuk juga punya batik dengan ciri khas tersendiri. Kerajinan ini akan sangat cocok untuk dibagikan ke keluarga ataupun pasangan.

Untuk pembuatannya, batik khas Nganjuk ini dibuat menggunakan cap atau stempel dan motif paling favorit dari daerah tersebut adalah gambar tugu Anjuk Ladang(jayastamba).

Untuk menemukannya tidaklah sulit, Sahabat JejakPiknik silahkan mampir ke galeri-galeri batik yang ada di sekitar Nganjuk. Mengenai harga, tentunya sangat bervariasi tergantung bahan, corak serta tingkat kesulitan membuatnya.

Nah, demikianlah informasi terkait oleh-oleh khas Nganjuk. Bagaimana, Sahabat JejakPiknik sudah bisa tentukan mana yang akan diboyong pulang buat buah tangan?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.