10 Oleh-Oleh Khas Ngawi Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Diposting pada

Ngawi merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Timur yang letaknya berbatasan langsung dengan wilayah Jateng.

Tak hanya menawarkan segudang destinasi wisata menarik, kota Ngawi juga ternyata dikenal mempunyai banyak sekali jenis oleh-oleh khas yang cocok untuk dibawa pulang.

Lantas  apa saja sih oleh-oleh khas Ngawi yang menjadi primadona di kalangan wisatawan? Penasaran kan? Langsung aja yuk kita simak sama-sama ulasan dibawah ini.

1. Keripik Tempe

Foto By pricearea.com

Oleh-oleh khas Ngawi pertama yang paling sering dibawa pulang para wisatawan sebagai bingkisan adalah keripik tempe.

Makanan ringan berwujud keripik ini sebenarnya sangat mudah kita jumpai di berbagai kota di Indonesia dan salah satunya adalah daerah Ngawi.

Meski terlihat sederhana, tapi keripik satu ini memiliki citarasa tersendiri. Buat yang ingin tahu rasanya, membelinya sebagai oleh-oleh adalah  ide paling bagus.

Tak hanya bercitarasa gurih, keripik tempe khas Ngawi tersebut juga tersedia dalam beberapa varian rasa yang siap memanjakan lidah.

Keripik tempe sendiri mudah dijumpai baik di pusat oleh-oleh ataupun toko-toko online dan harganya cukup variatif, mulai dari Rp.2.000-Rp.25.000/bungkus, tergantung beratnya.

2. Ledre

Foto By abaut-ngawi.blogspot.com

Ledre sebenarnya merupakan jajanan tradisional masyarakat Bojonegoro tapi makanan ini juga akan banyak Sahabat JejakPiknik jumpai di daerah Ngawi, provinsi Jatim.

Ledre adalah semacam makanan ringan yang bentuknya menyerupai egg roll, astor atau kue semprong dan terbuat dari tepung beras, pisang raja, santan, gula pasir, telur serta lainnya.

Meski tampak sederhana, tapi makanan ringan berwarna cokelat ini rasanya cukup manis dan aroma pisangnya pun begitu khas.

BacaJuga:  Lebaran di Malang, Mengikuti Prepekan Pasar Sampai Kupatan

Ledre sendiri banyak dijual di toko oleh-oleh yang tersebar di Ngawi dan harganya biasanya dibanderol hanya kisaran Rp.12.000 saja sebungkusnya.

3. Jenang Ketan

Foto By asli-wong-ngawi.blogspot.com

Jenang atau dodol adalah makanan khas masyarakat Indonesia yang juga mudah ditemui di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya termasuk kabupaten Ngawi.

Sesuai namanya, jenang khas kota Ngawi ini  terbuat dari ketan, gula merah dan juga santan. Bisa dibilang tidak jauh berbeda dari dodol pada umumnya.

Jenang ketan ini juga tersedia di semua toko oleh-oleh di Ngawi, Sahabat JejakPiknik tinggal pilih mana toko yang ingin dituju. Untuk harganya  relatif terjangkau.

4. Ratu Menyok

Foto By smartpluspro.com

Meski merupakan jajanan kekinian, tapi buah tangan yang sedang naik daun bernama ratu menyok ini adalah salah satu oleh-oleh paling wajib dibawa pulang dari kota Ngawi.

Ratu menyok adalah makanan ringan berwujud kue yang bahannya dibuat dari ubi atau singkong kemudian dipadu dengan gurihnya keju dan lumernya cokelat.

Untuk bisa mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik silahkan datang ke outletnya langsung di Jln.Ronggowarsito  No.88 atau Jln.Dr.Wahidin No.24 depan RSUD Soeroto kota Ngawi.

Di toko bernama Sarang Beleys ini harga sekotak ratu menyok dibanderol hanya sekitar 40 ribu saja. Masih relatif terjangkau kan?

5. Kue Lapis

Foto By cookpad.com

Selain ratu menyok, masih ada satu lagi makanan kekinian yang cukup hits dari Ngawi, mau tahu apa? Namanya yaitu kue lapis.

Kue lapis khas Ngawi yang diperkenalkan oleh Andri Raharjo tersebut bisa dibilang berbeda dari makanan pada umumnya. Selain original, kudapan tersebut juga tersedia dalam dua rasa lainnya yaitu red velvet dan pandan.

Tak hanya rasanya yang nikmat, sebagai oleh-oleh khas kue lapis satu ini juga sudah dikemas dengan wadah unik agar semakin menarik di mata para pelanggan.

BacaJuga:  6 Daftar Travel Malang Tulungagung Termurah Mulai Rp.55.000

Untuk membelinya, silahkan datang ke homebase Pawoncake di Jln.Hasanudin No.15 di kota Ngawi. Disini, sekotak kue lapis ini dibanderol cukup terjangkau hanya 50 ribu aja.

6. Cokelat Tempe

Foto By awicho.com

Selain dijadikan cemilan berupa keripik, di daerah Ngawi tempe juga diolah menjadi kudapan manis yang dipadukan dengan cokelat. Sahabat JejakPiknik sudah pernah mencobanya?

Nah, jika belum maka membelinya sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah ataupun tetangga bisa menjadi ide paling brilliant.

Cokelat tempe juga termasuk jajanan kekinian dari kota Ngawi yang sedang naik daun dan banyak diminati oleh para wisatawan.

Jika ingin membelinya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke rumah produksinya langsung di RT.06 RW.01 Danguk, Karangjati, Ngawi. Mengenai harga hanya berkisar 10-25 ribu saja, tergantung varian rasanya.

7. Dodol Jambu

Foto By bukalapak.com

Di kota Ngawi, Sahabat JejakPiknik akan menemukan makanan enak yang dikenal dengan dodol jambu. Mendengar namanya saja, sudah pasti tahu kan apa bahan dasar dari kudapan ini?

Makanan khas Ngawi ini cara pembuatannya masih sama seperti proses membuat dodol pada umumnya, yang membedakannya hanyalah dari segi rasanya.

Bila Sahabat JejakPiknik tertarik membelinya, lapak Nona Eva di ds.Hargomulyo, Ngrambe, adalah tempat paling pas buat dikunjungi. Soal harga, biasanya dibanderol mulai 6 ribu saja.

8. Kaos Ngawi

Foto By twitter.com

Berburu yang namanya buah tangan, tak melulu harus berupa makanan, Sahabat JejakPiknik juga bisa membawa pulang kaos khas Ngawi.

Selain bahannya nyaman dan berkualitas, kaos ini juga akan sangat bermanfaat, si penerima tentu akan sangat senang bila mendapatkannya.

Kaos ini bisa Sahabat JejakPiknik temui di toko-toko souvenir. Mengenai harganya terbilang cukup murah hanya berkisar 90 ribuan saja.

BacaJuga:  10 Cafe Paling Kece Untuk Hangout di Surabaya, Paling Baru 2019!

9. Kerajinan Kayu Ukir

Foto By ikupad.com

Selain kaos dan aneka macam kuliner, Ngawi juga menawarkan kerajinan kayu ukir sebagai buah tangan untuk dibawa pulang.

Aneka ukiran kayu jati ini bentuknya bermacam-macam mulai dari tempat minuman, hiasan dinding, furnitur dan lain sebagainya.

Kerajinan kayu ukir ini bisa Sahabat JejakPiknik dapatkan dengan menyambangi galeri yang berada di desa Banjarejo, Kec.Kedunggalar. Untuk harga cukup bervariasi mulai 20 ribuan hingga jutaan rupiah, tergantung jenisnya.

10. Batik Ngawi

Foto By sritumurunkimngawi.blogspot.com

Batik adalah salah satu warisan yang bisa ditemui hampir di setiap daerah di Indonesia, tak terkecuali dengan kota Ngawi.

Meski termasuk kota kecil tapi Ngawi juga memiliki hasil kerajinan batik, tentunya dengan corak dan motif tersendiri.

Batik Ngawi ini paling mudah ditemui di ds.Munggut, Padas dan Banyubiru di Widodaren. Mengenai harga sangat bervariasi, tergantung kualitas serta tingkat kesulitan pembuatan.

Demikianlah informasi seputar buah tangan khas Ngawi yang paling rekomendasi. Semoga bermanfaat dan selamat berburu oleh-oleh ya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.