Mantap, 10 Oleh-Oleh Khas Purwokerto Ini Siap Memanjakan Orang Tersayang

Diposting pada

Purwokerto adalah sebuah daerah di Jawa Tengah yang memiliki banyak potensi wisata menarik mulai dari keindahan alamnya, kulinernya hingga aneka oleh-olehnya.

Berbicara tentang oleh-oleh, meskipun tidak sepopuler Jakarta namun siapa sangka jika kota Purwokerto ini memiliki banyak jenis buah tangan yang bagus untuk dibawa pulang.

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang kebetulan sedang berkunjung ke kota Keripik tersebut bersama keluarga, jangan lewatkan bawa pulang 10 oleh-oleh khas Purwokerto berikut ini ya.

1. Tempe Mendoan

Foto By Liputan6.com

Oleh-oleh khas Purwokerto yang wajib untuk dibawa pulang adalah tempe mendoan. Nah, mendengar namanya, Sahabat JejakPiknik pasti sudah tahu kan apa bahan dasarnya?

Yup, makanan tradisional ini bahannya memang terbuat dari tempe yang diiris tipis-tipis lalu dibalut dengan adonan tepung terigu agar citarasanya semakin gurih, enak dan renyah.

Sebagai pelengkap, mendoan ini biasanya diberi tambahan taburan daun bawang kemudian disajikan bersama cabe rawit atau sepiring nasi hangat.

Selain nikmat disantap di tempat, tempe mendoan yang dalam keadaan mentah juga sangat cocok dibawa sebagai oleh-oleh.

Untuk harga satuannya, mendoan biasanya dibanderol hanya Rp.1.000-Rp.2.500 saja dan tersedia hampir di setiap toko oleh-oleh yang tersebar di Purwokerto.

2. Gethuk Goreng

Foto By gathotthiwulyutum.com

Aneka makanan ringan khas Purwokerto lainnya yang citarasanya tak kalah nikmat dan akan sangat cocok dijadikan buah tangan buat keluarga di rumah namanya yaitu gethuk goreng.

BacaJuga:  7 Hotel Romantis Untuk Tempat Bulan Madu di Semarang, Mulai Harga Rp.413.000

Sesuai namanya, jajanan tradisional berbahan dasar singkong dan gula jawa ini diolah dengan cara digoreng. Soal citarasa tak perlu dipertanyakan lagi, tak hanya manis tapi juga empuk.

Gethuk goreng ini dapat dengan mudah ditemui di pusat oleh-oleh ataupun toko online yang tersebar di sepanjang kecamatan Sokaraja, kota Purwokerto.

Harganya? Tenang, masih sangat terjangkau kok, biasanya hanya dibanderol kisaran 8-10 ribu saja untuk satu beseknya dengan berat kurang lebih 4 ons.

3. Keripik Tempe

Foto By id.jagoanbelanja.com

Dijuluki sebagai kota Keripik, ya memang karena hampir semua toko oleh-oleh di sepanjang Purwokerto ini banyak ditemukan makanan ringan yang kriuk-kriuk.

Salah satu jenis penganan kriuk-kriuk itu ya seperti keripik tempe ini. Mendengar namanya saja, Sahabat JejakPiknik sudah bisa kan menebak apa bahan utamanya?

Kripik ini bahan dasarnya sama seperti mendoan, yang membedakannya tempenya digoreng sampai kering sehingga rasanya lebih nikmat dan renyah.

Cemilan ringan asli dari Banyumas ini harganya murah meriah hanya berkisar Rp.14.000 aja satu bungkusnya dan banyak dijual di toko oleh-oleh yang ada di sekitar Purwokerto.

4. Klanting

Foto By tokopedia.com

Selain kripik tempe, makanan ringan bercitarasa lezat yang dikenal dengan nama klanting ini juga sangat layak buat dijadikan buah tangan.

Klanting ini bahan dasarnya terbuat dari tepung berbumbu yang diolah dengan cara digoreng dan memiliki bentuk menyerupai angka delapan atau ada juga berbentuk seperti cincin.

Rasanya yang gurih dan renyah sangat cocok untuk dijadikan cemilan di sore hari sembari ditemani secangkir kopi atau minuman segar.

Selain dijual dengan harga terjangkau, klanting juga mudah didapatkan di sejumlah pusat oleh-oleh atau toko online di sekitar Baturaden, Purwokerto.

5. Nopia

Foto By trendpurwokerto.com

Makanan ringan khas Purwokerto berbentuk unik seperti telur dan berwarna putih ini juga termasuk buah tangan paling banyak diburu wisatawan.

BacaJuga:  6 Air Terjun di Sekitar Rembang Jawa Tengah Yang Panoramanya Sangat Eksotis

Cemilan bernama nopia tersebut bahannya terbuat dari tepung terigu yang dibuat dengan cara dipanggang menggunakan tungku khusus.

Nopia ini sendiri tersedia dalam berbagai varian rasa pilihan mulai dari gula jawa, pandan, durian, bawang, strawberry dan masih banyak lagi.

Nopia juga banyak dijual di toko oleh-oleh yang tersebar di Purwokerto, salah satu tempat paling terkenal adalah milik Pak Narwan.

Harga Nopia sendiri biasanya dibanderol kisaran Rp.11.000-Rp.25.000/bungkus, tergantung beratnya. Nah, masih sangat terjangkau bukan?

6. Cenil

Foto By jajanyuk.com

Jajanan tradisional yang memiliki warna beragam dan bercitarasa manis satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di lidah para penikmat kuliner.

Meski menggunakan bahan dasar yang sama seperti pada umumnya tapi cenil khas daerah Purwokerto ini menawarkan citarasa agak berbeda, jadi tak salah dong untuk dicicipi.

Cenil sendiri sangat mudah ditemui baik di pasar tradisional maupun pusat oleh-oleh di Purwokerto dan harganya pun dijual dengan begitu terjangkau.

7. Combro

Foto By dapurkobe.co.id

Selain cenil, jajanan pasar bernama combro ini juga bisa loh dijadikan buah tangan untuk  orang-orang di rumah ataupun tetangga.

Combro versi Purwokerto ini bahannya terbuat dari singkong yang sudah diparut halus kemudian didalamnya diberi sambal oncom bercitarasa gurih dan pedas.

Combro paling mudah ditemui di pasar tradisional dan soal harga tak perlu khawatir dompet jebol karena biasanya dibanderol dengan sangat terjangkau.

8. Dage

Foto By oleholehbanyumas.com

Jajanan pasar lainnya yang citarasanya tak kalah enak dan sangat cocok dijadikan oleh-oleh dari Purwokerto namanya yaitu dage.

Meski namanya terdengar masih sangat asing tapi cemilan ringan tersebut rasanya nikmat loh karena bahannya terbuat dari tempe serta campuran ampas kelapa yang digoreng kering.

Dage juga mudah ditemukan di pasar tradisional dan harganya dibanderol hanya kisaran Rp.1.000/bijinya. Meski murah, bukan berarti rasanya murahan ya.

BacaJuga:  Wisata Pantai Pasir Putih Karang Jahe Kota Rembang

9. Lumpia Boom

Foto By oleholehbanyumas.com

Selain Semarang, kota Purwokerto juga punya makanan bernama lumpia, pastinya dengan keunikan tersendiri dimana ukuran lebih jumbo dan isiannya juga banyak.

Makanan yang dikenal dengan nama lumpia boom ini biasanya paling nikmat bila disajikan bersama nasi, lalapan dan sambal pedas.

Untuk menemukannya tidaklah sulit karena banyak toko oleh-oleh menjualnya dan harganya pun hanya berkisar Rp.7.000-Rp.8.000 saja.

10. Jenang Jaket

Foto By jenangnya.blogspot.com

Di Banyumas, jenang jaket merupakan salah satu makanan yang wajib disajikan saat acara pernikahan. Dan jajanan tradisional ini juga kerap dijadikan sebagai buah tangan loh.

Jenang jaket yang terbuat dari tepung tersebut memiliki perpaduan rasa antara kenyal dan manisnya gula jawa.

Untuk mendapatkannya, daerah Mersi di Banyumas adalah tempat paling pas dikunjungi. Soal harga, masih sangat terjangkaulah.

Nah, itulah 10 oleh-oleh khas Purwokerto paling rekomendasi untuk dibawa pulang. Dari kesemua daftar, mana yang sudah pernah Sahabat JejakPiknik coba?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.